Biaya Pendaftaran Ujian Mandiri 2020 di Berbagai PTN Favorit

Biaya Pendaftaran Ujian Mandiri 2020 di Berbagai PTN Favorit – Buat anda yang kemarin ketinggalan daftar SNMPTN atau SBMPTN, mungkin Jalur Ujian Mandiri bisa menjadi pilihan jika anda ingin melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menyebut, kuota setiap Program Studi yang disediakan untuk calon mahasiswa baru yang mengikuti seleksi mandiri ditetapkan paling banyak 30 persen dari daya tampung Program Studi yang bersangkutan. Nah, bila anda berkeinginan untuk masuk PTN melalui jalur Seleksi Mandiri, cek biaya pendaftaran Ujian Mandiri 2020 di berbagai PTN beriktu ini.

Info Terbaru Ujian Mandiri 2020 di Berbagai PTN

google.com

Bila anda berkeinginan untuk masuk PTN melalui jalur Ujian Mandiri, mengetahui biaya pendaftaran Ujian Mandiri 2020 di sejumlah PTN bisa menjadi langkah awal persiapan. Selain itu, anda juga harus mengetahui sejumlah persyaratan hingga materi yang nantinya akan diujiankan. Namun, perlu dipahami bahwa di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini, ketentuan pelaksanaan Ujian Mandiri di sejumlah PTN masih bisa mengalami perubahan. Sehingga, anda pun masih perlu mengonfirmasi kembali informasi yang ada melalui website resmi masing-masing PTN.

1. IPB (Jalur Skor UTBK)

ipb.ac.id

Pelaksanaan Jalur Ujian Mandiri IPB sendiri sudah dilaksanakan sejak tahun 2019 dengan kuota maksimum 30%. Adapun berikut informasi lebih lengkap terkait pendaftaran hingga biaya pendaftaran Jalur Ujian Mandiri IPB Jalur Skor UTBK tahun 2020.

Syarat Pendaftaran

  • Peserta adalah lulusan SMA/MA/SMK* IPA Tahun 2018, 2019, atau 2020.
  • Peserta harus sehat jasmani dan rohani.
  • Bagi peserta UTBK tahun 2020, hanya skor UTBK tahun 2020 yang dapat digunakan untuk seleksi UTMBK. Pendaftaran dilakukan melalui laman pendaftaran.admisi.ipb.ac.id
  • Bagi peserta yang memilih menggunakan skor UTBK, maka cukup mengunggah Kartu Peserta UTBK tanpa harus mengikuti ujian tulis UTM-BK IPB.
  • Bagi Peserta yang menggunakan skor UTBK, pastikan Kartu Peserta adalah tahun 2020. Selain tahun 2020, tidak akan diikutsertakan dalam seleksi

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran yang harus dibayar untuk mengikuti Ujian Mandiri IPB Jalur Skor UTBK 2020 adalah sebesar Rp300.000.

2. IPB (Ujian UTMBK)

i1.wp.com

UTMBK merupakan salah satu penerimaan mahasiswa program sarjana IPB jalur mandiri. Terdapat dua metode seleksi yang digunakan, yaitu melalui ujian tulis berbasis komputer yang dilaksanakan oleh IPB atau menggunakan skor UTBK. Seorang calon mahasiswa boleh memilih salah satu dari dua metode seleksi tersebut. Bagi yang tidak mempunyai skor UTBK maka calon mahasiswa harus mengikuti ujian tulis berbasis komputer yang diselenggarakan oleh IPB secara online.

Syarat Pendaftaran

  • Peserta adalah lulusan SMA/MA/SMK* IPA Tahun 2018, 2019, atau 2020.
  • Peserta harus sehat jasmani dan rohani.
  • Bagi peserta yang tidak mengikuti UTBK tahun 2020, maka harus mengikuti ujian tulis berbasis komputer yang diselenggarakan oleh IPB.
  • Peserta UTM-BK harus memilih 1 (satu) atau 2 (dua) program studi yang ditawarkan.
  • Peserta diperkenankan memilih pilihan ketiga yaitu pilihan IPB dimana apabila peserta tidak diterima di pilihan 1 dan pilihan 2 maka bersedia dipilihkan oleh IPB selama nilainya memenuhi persyaratan.
  • Peserta UTMBK kelas internasional wajib mengikuti tes UTMBK dalam bahasa Inggris dan tidak bisa menggunakan skor UTBK tahun 2020. Informasi mengenai kelas internasional.

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran yang harus dibayar untuk mengikuti Ujian Mandiri IPB Jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer yang dilaksanakan oleh IPB adalah sebesar Rp500.000.

3. ITB (USM-ITB)

itb.ac.id

Ujian Mandiri ITB diprioritaskan bagi calon mahasiswa yang sebelumnya gagal dalam jalur seleksi SNMPTN, SBMPTN atau seleksi program Kelas Internasional ITB tahun 2020. Kuota penerimaan melalui jalur ini sendiri adalah sebanyak 30 persen dari total daya tampung yang disediakan oleh ITB. Penyelenggaraan Ujian Mandiri ITB sendiri akan menggunakan beberapa penilaian, seperti UTBK dan portofolio.

Syarat Pendaftaran

  • Berasal dari SMA/MA jurusan IPA atau SMA/MA jurusan IPS atau lulusan Paket C jurusan IPA/IPS. Siswa dapat mengikuti Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) selama memiliki nilai rapor lengkap semester 1 s.d. semester 6.
  • Memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional).
  • Memiliki dan mengunggah nilai Rapor lengkap semester 1 s.d. semester 6.
  • Memiliki nilai UTBK SBMPTN 2020.
  • Tidak diterima sebagai calon mahasiswa ITB melalui jalur seleksi SNMPTN/SBMPTN atau seleksi program Kelas Internasional ITB tahun 2020.
  • Khusus untuk pendaftar ke FSRD, mengikuti Tes Kemampuan Seni Rupa.
  • Lulusan tahun 2018 dan 2019 dapat mendaftar SM-ITB asalkan memiliki nilai UTBK SBMPTN 2020.
  • Tidak buta warna, baik buta warna total maupun buta warna parsial, bagi peminat:
    1. Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) – Program Sains
    2. Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) – Program Rekayasa
    3. Sekolah Farmasi (SF)
    4. Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) – Kampus Ganesa
    5. Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) – Kampus Cirebon
    6. Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) – Kampus Ganesa
    7. Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) – Kampus Cirebon
    8. Program Studi Kimia (FMIPA)
    9. Program Studi Teknologi Pasca Panen (SITH – Program Rekayasa)
    10. Program Studi Teknik Geologi (FITB) – Kampus Ganesa
    11. Program Studi Teknik Kimia (FTI – Kampus Ganesa)

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran Ujian Mandiri ITB tahun 2020 adalah sebesar Rp100.000 per orang. Khusus bagi peserta yang memilih Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB, biaya pendaftaran Seleksi Mahasiswa Pascasarjana ITB adalah sebesar Rp150.000 per orang. Di mana biaya ini sudah termasuk biaya pelaksanaan tes keterampilan Seni Rupa.

4. ITS (SKM ITS)

siedoo.com

Seleksi mandiri di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) diberi nama Seleksi Kemitraan dan Mandiri (SKM). Tujuan dari penerimaan mahasiswa baru melalui SKM adalah menjaring calon mahasiswa yang berkualitas, dan meningkatkan kerjasama dan pemerataan kesempatan. Dalam pelaksanaannya, Program SKM-ITS terbagi menjadi 2 (dua) jenis yaitu Seleksi Kemitraan dan Seleksi Mandiri. Di mana Seleksi Kemitraan diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK sejenis yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dan merupakan utusan instansi mitra (Perusahaan/Pemprov/Pemkab/Pemkot) yang mempunyai nota kesepahaman dengan ITS ditunjukkan dengan adanya MoU dan MoA. Sedangkan, Seleksi Mandiri diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK sejenis yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dari masyarakat umum yang berminat. Adapun info lebih jelasnya sebagai berikut.

Syarat Pendaftaran

  • Pendaftar adalah siswa SMA/MA/SMK-sejenis lulusan 2018, 2019, atau 2020 yang telah memiliki nilai UTBK Tahun 2020 atau no peserta Tes Kemampuan Akademik ITS.
  • Bagi pendaftar yang salah satu pilihan prodinya adalah Desain Produk Industri, Desain Komunikasi Visual atau Desain Interior DIHARUSKAN mengunggah PORTOFOLIO.
  • Bagi pendaftar yang akan mendaftar melalui Seleksi Kemitraan, selain persyaratan di atas, juga berlaku ketentuan sebagai berikut:
    1. Pendaftar adalah utusan instansi mitra yang tercantum dalam daftar mitra ITS. Daftar mitra ITS adalah mitra yang telah melakukan kerjasama dengan ITS yang ditandai dengan adanya MoU dan MoA antara mitra dengan ITS.
    2. Setelah melakukan pendaftaran, peserta harus mengirimkan bukti pendaftaran kepada instansi terkait, selanjutnya instansi tersebut DIWAJIBKAN mengirimkan rekap calon peserta SKM yang direkomendasikan (format rekap rekomendasi dapat diunduh pada contoh file rekomendasi) kepada Wakil Rektor I – ITS (email: [email protected]) dengan tembusan Kasubdit. Admisi ITS (email : [email protected]
    3. Pendaftar yang namanya tidak masuk dalam “Daftar peserta yang direkomendasikan instansi mitra ITS” tidak diangap sebagai peserta Program Kemitraan.

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran Program SKM ITS adalah sebesar Rp250.000 per peserta. Calon peserta dapat membayar biaya pendaftaran melalui loket/Teller/ATM/Internet Banking untuk Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, dan Bank BTN. Untuk panduan cara pembayaran dapat dilihat langsung di laman smits.its.ac.id.

5. SMMPTN Barat

2.bp.blogspot.com

SMM PTN Barat merupakan jalur seleksi mandiri yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi di Indonesia secara bersama-sama. Program SMM PTN Barat 2020, pada dasarnya merupakan jalur seleksi mandiri oleh masing-masing perguruan tinggi yang teknis pelaksanaannya dilakukan secara bersama-sama. SMM PTN Barat adalah seleksi berdasarkan hasil ujian tulis dalam bentuk cetak (UTBC) atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa yang dilakukan secara bersama dibawah koordinasi panitia SMM PTN Barat.

Syarat Pendaftaran

  • Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C, harus memiliki ijazah.
  • Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2020, telah memiliki Surat Keterangan Lulus yang memuat sekurang-kurangnya informasi jati diri, pas foto yang bersangkutan, serta dibubuhi cap yang sah.
  • Peserta seleksi dalam kondisi kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran pada program studinya.
  • Ijazah adalah 3 tahun terakhir 2018, 2019, dan 2020 kecuali untuk beberapa universitas:
    1. UMRAH, UNJA, dan Unimal tahun ijazah 5 tahun terakhir (2016, 2017, 2018, 2019, dan 2020);
    2. ISBI menerima tahun ijazah 10 tahun terakhir yaitu mulai ijazah dari tahun 2011 sampai dengan 2020 dan Paket C maksimal umur 25 tahun; dan
    3. UPR 3 tahun terakhir (2018, 2019, dan 2020) untuk Fakultas Kedokteran dan 5 tahun terakhir (2016, 2017, 2018, 2019, dan 2020) untuk fakultas lainnya.

Biaya Pendaftaran

Berdasarkan informasi terbaru dari laman smmptnbarat.id, untuk dapat mengikuti SMMPTN Barat calon peserta harus membayar biaya pendaftaran sebesar Rp300.000. Nantinya, biaya pendaftaran ini dapat dibayarkan pada waktu yang ditetapkan melalui Bank mitra yang telah ditetapkan. Sebagai catatan, biaya pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.

6. UB (SM UB)

siedoo.com

Selain melalui Jalur SNMPTN dan SBMPTN, UB juga menerima mahasiswa baru melalui Jalur Seleksi Mandiri di mana seluruh kegiatan pendaftarannya dilaksanakan melalui laman resminya di selma.ub.ac.id. Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya merupakan seleksi masuk melalui ujian tulis yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Brawijaya. Pendaftaran Seleksi Mandiri UB sendiri akan mulai dibuka mulai tanggal 15 Juli hingga 27 Juli 2020.

Syarat Pendaftaran

  • Warga Negara Indonesia (WNI);
  • Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2018, 2019 dan 2020;
  • Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2018 dan 2019 harus sudah memiliki ijazah;
  • Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2020 yang belum memiliki ijazah maka wajib memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah dan/atau Ijazah. Surat Keterangan Lulus sekurang-kurangnya memuat informasi identitas diri dan foto berwarna terbaru yang bersangkutan, serta disahkan oleh sekolah (stempel terkena foto);
  • Bagi lulusan Sekolah di Luar Negeri harus memiliki surat penyetaraan ijazah dari KEMDIKBUD;
  • Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran Seleksi Mandiri UB tahun 2020 adalah sebesar Rp500.000 per orang untuk kelompok Saintek dan Soshum. Sedangkan, untuk peserta yang memilih kelompok Campuran maka harus membayar biaya pendaftaran sebesar Rp750.000. Biaya pendaftaran ini nantinya disetor pada Bank BRI, Bank Mandiri atau Bank BNI seluruh Indonesia (semua kanal pembayaran) di seluruh Indonesia dengan menunjukkan kode pembayaran yang dimiliki.

7. UGM (UTUL UGM)

disk.mediaindonesia.com

Universitas Gadjah Mada juga membuka Jalur Ujian Tulis UGM (UTUL UGM). Perlu diketahui bahwa UTUL UGM ini adalah jalur seleksi mandiri yang menggunakan kombinasi hasil UTBK dengan nilai UTUL yang diselenggarakan oleh UGM. Bila dibandingkan dengan tahun 2019, di tahun 2020 ini kuota untuk UTUL UGM mencapai 40 persen. Ini berarti, potensi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur tersebut lebih besar dibandingkan tahun 2019, hanya 30 persen.

Syarat Pendaftaran

  • Persyaratan Umum:
    1. Warga Negara Indonesia;
    2. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2020, 2019, dan 2018:
    3. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2020 harus memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) atau Surat Keterangan Lulus (SKL) yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi cap/stempel dari sekolah/lembaga penyelenggara paket C yang sah atau ijazah (apabila sudah ada);
    4. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2019 dan 2018 harus memiliki ijazah;
    5. Ijazah/SKHUN/SKL wajib dibawa pada saat mengikuti ujian tulis.
    6. Mengikuti UTBK Tahun 2020;
    7. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih.
  • Kelengkapan Dokumen:
    Siapkan scan dokumen berikut ini untuk diunggah (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; hasil scan harus dapat dibaca dengan jelas). Adapun dokumen yang harus dilengkapi antara lain:
    1. Lulusan tahun 2020: Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) atau Surat Keterangan Lulus (SKL) atau Ijazah (apabila sudah ada);
    2. Lulusan tahun 2019 dan 2018: Ijazah asli.
    3. Bukti Pendaftaran UTBK Tahun 2020
    4. KTP/Kartu Keluarga
    5. Surat Pernyataan Keaslian Dokumen

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran yang ditetapkan untuk calon mahasiswa jalur seleksi Ujian Tulis (UTUL) Universitas Gadjah Mada (UGM) antara lain sebagai berikut mengutip situs resmi UGM:

  • Biaya Pendaftaran Pilihan Lokasi Tes Yogyakarta
    Soshum: Rp325.000
    Saintek: Rp325.000
    Campuran: Rp350.000
  • Biaya Pendaftaran Pilihan Lokasi Tes Luar Yogyakarta
    Soshum: Rp550.000
    Saintek: Rp550.000
    Campuran: Rp575.000

8. UI (SIMAK UI)

image.cermati.com

SIMAK UI adalah seleksi mandiri untuk masuk UI terpadu berbagai jenjang dan program pendidikan yang ada di Universitas Indonesia (UI). Kabarnya, UI menyediakan 3.769 kursi bagi mahasiswa baru jenjang Vokasi, S1 Reguler dan S1 Paralel melalui jalur masuk ujian tulis SIMAK UI. Berbeda dari tahun sebelumnya, di tahun 2020 ini ujian SIMAK UI akan diadakan secara daring (online) karena pertimbangan situasi pandemik Covid-19.

Syarat Pendaftaran

Secara umum persyaratan pendaftaran berdasar program pendidikan antara lain:

  • S1 Reguler diperuntukkan lulusan SMA/Sederajat dengan usia ijasah maksimal 3 tahun pada masa pendaftaran
  • Vokasi/S1 Paralel diperuntukkan lulusan SMA/Sederajat tanpa batasan usia ijasah
  • S1 Kelas Internasional diperuntukkan lulusan SMA/Sederajat dengan usia ijasah maksimal 5 tahun dan memiliki seritikat TOEFL/IELTS. Jenis TOEFL yang diakui adalah yang disertifikasi ETS (PBT/ITP skor min. 500 atau iBT skor min. 61 atau CBT skor min. 173) atau IELTS dengan skor minimum 5.5. Beberapa fakultas menerapkan persyaratan skor yang lebiih tinggi, info lebih jelas dapat dilihat di website pendaftaran.
  • S1 Ekstensi/Paralel lulusan D3 diperuntukkan lulusan D3, D4 atau S1 yang ditunjukkan dengan salinan (copy) ijasah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir.

Biaya Pendaftaran

Untuk bisa mengikuti SIMAK UI 2020, peserta wajib membayar biaya pendaftaran dengan rincian sebagai berikut:

  • Vokasi, S1 Paralel dan S1 Reguler
    Biaya 2 pilihan pertama IPA atau IPS sebesar Rp400.000. Boleh antar program pendidikan S1 Reguler, S1 Paralel dan Vokasi.
    Biaya 3 pilihan pertama IPA dan IPS sekaligus (IPC) sebesar Rp500.000. Boleh antar program pendidikan S1 Reguler, S1 Paralel dan Vokasi.
    Setiap pilihan berikutnya dikenakan tambahan Rp60.000.
    Ketentuan pemilihan prodi yakni S1 Reguler maksimal 3 pilihan, S1 Paralel maksimal 3 pilihan dan Vokasi maksimal 3 pilihan. Total maksimal pilihan adalah 6 program studi. Jadi dalam satu formulir, pendaftar dapat memilih beberapa prodi dari program pendidikan yang berbeda sekaligus. Prodi yang dipilih dapat berupa kelompok IPA seluruhnya, atau prodi kelompok IPS seluruhnya, atau terdiri dari beberapa prodi kelompok IPA dan prodi kelompok IPS sekaligus (biasa dikenal kelompok IPC).
  • S1 Kelas Internasional
    Biaya pendaftaran untuk program S1 Kelas Internasional adalah sebesar Rp1.300.000 dengan 1 pilihan program studi.
  • S1 Ekstensi/Paralel lulusan D3
    Biaya pendaftaran untuk Program S1 Ekstensi/Paralel untuk lulusan D3 adalah sebesar Rp650.000 dengan 1 pilihan program studi.

9. UM Malang

auth.um.ac.id

Dalam rangka penerimaan mahasiswa baru, Universitas Negeri Malang (UM) membuka pendaftaran mahasiswa baru Seleksi Mandiri untuk Program Sarjana (S-1) dan Program Diploma 3 (D-3) secara online. Di mana Jalur Seleksi Mandiri ini sendiri terbagi menjadi dua jalur, yakni Jalur Seleksi Mandiri Berdasarkan Nilai UTBK-SBMPTN atau Tes Mandiri Berbasis Komputer (TMBK) dan Jalur Seleksi Mandiri Jalur Prestasi. Adapun untuk informasi selengkapnya sebagai berikut.

Syarat Pendaftaran

  • Seleksi Mandiri Berdasarkan Nilai UTBK-SBMPTN
    1. Lulusan SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara (tidak harus sudah mengikuti UTBK-SBMPTN tahun 2020).
    2. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah).
  • Seleksi Mandiri Jalur Prestasi
    1. Program Diploma 3 (D3) Jalur Prestasi:
      Lulusan SMA/MA/SMK/MAK tahun 2020.
      Siswa peringkat 1, 2, 3 tingkat SMA/MA peminatan IPA/ IPS/Bahasa atau peringkat 1, 2, 3 tingkat program studi/program keahlian SMK/MAK (berdasarkan nilai raport yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kepala sekolah).
      Siswa SMA/MA/SMK/MAK peraih prestasi non-akademik peringkat/juara 1, 2 dan 3 serendah-rendahnya tingkat Kabupaten/Kota dalam lomba/kejuaraan yang diperoleh dalam 3 (tiga) tahun terakhir dan diselenggarakan oleh lembaga yang kredibel.
    2. Program Sarjana (S1) Jalur Prestasi:
      Lulusan SMA/MA/SMK/MAK tahun 2020
      Siswa SMA/MA/SMK/MAK peraih peringkat/juara 1, 2, 3serendah-rendahnya tingkat provinsi yang diperoleh dalam 3 (tiga) tahun terakhir dan diselenggarakan oleh lembaga yang kredibel.

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran yang harus dibayar untuk mengikuti Jalur Seleksi Mandiri yang dilaksanakan oleh UM Malang adalah sebesar Rp300.000.

10. Unair (UM Unair)

minews.id

Jalur Mandiri UM Unair ini adalah jalur seleksi calon mahasiswa baru yang diselenggarakan secara khusus oleh panitia dari perguruan tinggi penyelenggara. UNAIR menyediakan daya tampung sebanyak 40 persen untuk Jalur Mandiri. Jika tahun lalu, Unair membuka kuota total sebanyak 5.500 mahasiswa baru, maka tahun ini Unair akan menambah 500 kuota mahasiswa baru.

Syarat Pendaftaran

  • Merupakan siswa lulusan SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2018 dan 2019 harus sudah memiliki ijazah.
  • Merupakan siswa lulusan SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2020 telah memiliki sekurang-kurangnya Kartu UNAS/Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN)/Surat Keterangan Lulus (SKL) Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.
  • Memiliki nilai UTBK
  • Memiliki status kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih, yang dikeluarkan oleh pusat layanan kesehatan pemerintah
  • Memiliki Surat Keterangan Bebas Narkoba
  • Saat Pendaftaran ulang /registrasi peserta diwajibkan membawa identitas asli dan resmi serta semua dokumen peserta yang diperlukanuntuk diverifikasi
  • Bagi Warga Negara Indonesia (WNI) namun merupakan lulusan dari luar negeri, adapun berikut adalah persyaratan yang wajib anda penuhi:
    1. Lulus dari Satuan Pendidikan yang setara dengan SMA/MA/SMK (Sesuai dengan peraturan Dikdasmen Kemendikbud RI) pada Tahun 2018,2019, atau 2020.
    2. Lulusan tahun 2020 sekurang-kurangnya telah memiliki SUrat Keterangan Lulus (SKL) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pas foto berwarna terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah.
    3. Memiliki Skor UTBK.
    4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran dan pekerjaan sesuai kompetensi program studi yang dipilih.

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran Program Sarjana Jalur Mandiri Universitas Airlangga adalah sebesar:

  • Rp300.000,- untuk Kelompok SAINTEK/SOSHUM (2 pilihan prodi)
  • Rp500.000,- untuk Kelompok CAMPURAN (2 Pilihan prodi dengan syarat 1 pilihan harus berbeda jalur, Contoh: 1 SAINTEK dan 1 SOSHUM atau sebaliknya)

11. Undip (UM Undip)

Memperhatikan situsi Nasional berkenaan dengan masih adanya wabah COVID-19, maka penerimaan mahasiswa baru jalur MANDIRI, yang sedianya dilaksanakan melalui Ujian Tertulis diganti dengan Seleksi Ujian Mandiri S1 berdasarkan portofolio. Untuk itu peserta wajib mengisi data portofolio, yakni rapor semester 1-5 dan atau prestasi lainnya yang diunggah melalui aplikasi yang disediakan.

Syarat Pendaftaran

  • Siswa lulusan SMA/SMK/MA atau yang sederajat, lulus ujian persamaan, atau yang setara lainnya (paket C) tahun 2020, 2019 dan 2018
  • Memenuhi persyaratan sesuai program studi yang dituju,
  • Usia maksimal 22 tahun,

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran wajib dibayarkan oleh semua peserta baik jalur reguler, kemitraan maupun KIP-K. Adapun besaran biaya pendaftaran yang harus dibayar antara lain:

  • Pilihan Kelompok Saintek/Soshum: Rp300.000,-
  • Pilihan Kelompok Campuran: Rp500.000,-

12. UNJ (Penmaba UNJ)

Universitas Negeri Jakarta (UNJ) juga membuka Jalur Seleksi Mandiri di tahun 2020 ini. Seleksi Mandiri UNJ sendiri lebih dikenal dengan nama Penmaba Tes Tulis. Pendaftaran Penmaba Tes Tulis UNJ ini dapat dilakukan online melalui situs web http://pendaftaran.unj.ac.id/.

Syarat Pendaftaran

  • Lulusan SMA atau sederajat tahun lulus 2018, 2019, atau 2020
  • Peserta memiliki ijazah/Surat Keterangan Lulus.
  • Peserta memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih.
  • Program Studi yang dipilih dari Fakultas MIPA harus dari SMA IPA atau SMK pada jurusan yang linier dengan program studi yang dipilih.

Biaya Pendaftaran

  • Biaya pendaftaran SAINTEK atau SOSHUM: Rp300.000,- (Tanpa Uji Keterampilan)
  • Biaya pendaftaran CAMPURAN: Rp450.000,- (Tanpa Uji Keterampilan)
  • Biaya ujian keterampilan adalah Rp300.000,- per pilihan prodi keterampilan dengan ketentuan:
    1. Apabila peserta memilih lebih dari satu program studi serumpun dalam olahraga, maka biaya uji keterampilan adalah Rp300.000,–
    2. Apabila memilih dua program studi yang masing-masing memerlukan uji keterampilan yang berbeda maka biaya uji keterampilan adalah Rp600.000,–
    3. Apabila memilih tiga program studi yang masing-masing memerlukan uji keterampilan yang berbeda, maka biaya uji keterampilan adalah Rp900.000,-
  • Mengacu kepada ketentuan biaya ujian keterampilan, maka biaya pendaftaran peserta yang memilih program studi yang memerlukan ujian keterampilan sama dengan biaya pendaftaran kelompok SAINTEK, SOSHUM, dan CAMPURAN ditambah dengan Biaya Ujian Keterampilan yang mengacu pada ketentuan poin ketiga.

13. Unnes (SM Unnes)

Universitas Negeri Semarang (Unnes) telah membuka jalur Seleksi Mandiri (SM Unnes) S1 dan D3 2020 untuk siswa lulusan SMA/SMK/MA atau yang sederajat, lulus ujian persamaan, atau yang setara lainnya (Paket C) tahun 2020, 2019, dan 2018. Berkenaan dengan masih adanya wabah COVID-19, maka penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Mandiri Unnes yang sedianya dilaksanakan melalui Ujian Tertulis diganti dengan Seleksi Mandiri berdasarkan portofolio. Pendaftaran secara online melalui https://penerimaan.unnes.ac.id/ mulai 18 Mei – 3 Agustus 2020.

Syarat Pendaftaran

  • Siswa lulusan SMA/SMK/MA atau yang sederajat, lulus ujian persamaan, atau yang setara lainnya (Paket C) tahun 2020, 2019, dan 2018;
  • Memenuhi persyaratan sesuai program studi yang dituju;
  • Usia maksimal 22 tahun.

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran peserta SM Unnes dapat dibayar melalui Bank BNI 46 di seluruh Indonesia dengan menunjukkan PIN pendaftaran. Biaya pendaftaran tersebut meliputi:

  • Biaya pendaftaran peserta SM-UNNES 2020 pilihan kelompok Saintek/Soshum sebesar Rp 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah).
  • Biaya pendaftaran peserta SM-UNNES 2020 pilihan kelompok Campuran sebesar Rp 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah).
  • Khusus bagi pendaftar Jalur KIP-K tidak dikenakan biaya pendaftaran

14. Unpad (Jalur SMUP)

Seleksi Mandiri Universitas Padjajaran (SMUP) adalah jalur mandiri yang diselenggarakan oleh Universitas Padjajaran. Jalur SMUP ini tidak menitikberatkan pada kemampuan ekonomi calon mahasiswa. Namun pada kemampuan akademik dengan pengembangan model dan proses seleksi yang berstandar nasional dan mengacu pada prinsip adil, transparan, fleksibel, efisien, akuntabel serta sesuai dengan perkembangan teknologi. Calon mahasiswa yang mengikuti seleksi akan dikenakan biaya yang berbeda-beda sesuai dengan kemampuan ekonominya.

Syarat Pendaftaran

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Lulusan SMA/MA/SMK/Paket C Tahun 2018, 2019, atau 2020

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran SMUP 2020 adalah sebesar Rp100.000 untuk peserta yang akan menggunakan nilai UTBK tahun 2020. Sedangkan, untuk peserta yang akan mengikuti ujian secara daring wajib membayar biaya pendaftaran sebesar Rp150.000.

15. UNS (Seleksi Mandiri Jalur Ujian)

Seleksi Mandiri Universitas Sebelas Maret (SM UNS) adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan oleh UNS di luar jalur SNMPTN dan SBMPTN. Salah satu Seleksi Mandiri UNS ada Seleksi Mandiri Jalur Ujian (SMJU) yang menggunakan nilai UTBK yang dikeluarkan oleh LTMPT dan Nilai Ujian Tulis (UTUL) UNS yang diselenggarakan oleh Universitas Sebelas Maret. Adapun info lebih jelasnya sebagai berikut.

Syarat Pendaftaran

  • Warga Negara Indonesia.
  • Lulusan SMA/MA/SMK/SMALB atau yang sederajat paling lama tiga tahun terakhir.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih.
  • Mendaftarkan diri sebagai peserta SM UNS.
  • Mengikuti UTBK LTMPT atau UTUL UNS pada tahun berjalan.
  • Memiliki dokumen prestasi nonakademik, antara lain:
    1. Sertifikat prestasi kejuaraan olimpiade sains dan teknologi, lomba karya ilmiah remaja, olahraga, atau seni pada tingkat internasional, nasional, dan provinsi sebagai juara 1, 2, atau 3 yang diperoleh selama masa studi di SMA/SMK/MA atau
    2. Sertifikat Hafidzul Al-Qur’an minimal 15 Juz yang diperoleh selama masa studi di SMA/SMK/MA
  • Bagi peserta yang memilih program studi bPend. Jasmani, Kesehatan & Rekreasi, Pend. Kepelatihan Olahraga dipersyaratkan yang bersangkutan memiliki tinggi badan minimal 160 cm bagi putra dan minimal 155 cm bagi putri dan mengunggah portofolio.
  • Bagi peserta yang memilih program studi Kriya Seni/Tekstil, Seni Rupa Murni (Seni Lukis, Grafis, Patung, Keramik), Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, dan Pendidikan Seni Rupa dipersyaratkan mengunggah portofolio.

Biaya Pendaftran

Biaya pendaftaran Seleksi Mandiri Jalur Ujian (SMJU) yang menggunakan nilai UTBK yang dikeluarkan oleh LTMPT adalah Rp200.000. Sedangkan, untuk peserta yang mendaftar Seleksi Mandiri Jalur Ujian (SMJU) dan mengikuti Ujian Tulis (UTUL) wajib membayar biaya pendaftaran sebesar Rp350.000. Biaya pendaftaran SM UNS dapat disetor di Teller atau ATM salah satu bank mitra UNS. Peserta cukup dengan menunjukkan Kode Pembayaran yang sudah diperoleh saja.

16. UNS (Seleksi Mandiri Jalur Prestasi)

Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) juga memiliki Seleksi Mandiri Jalur Prestasi (SMJP) yang bertujuan menjaring calon mahasiswa lulusan SMA/MA/SMK atau sederajat paling lama tiga tahun terakhir yang memiliki prestasi baik akademik maupun nonakademik (olimpiade sains dan teknologi, lomba karya ilmiah remaja, olahraga, seni, dan Hafidzul Al-Qur’an).

Syarat Pendaftaran

  • Warga Negara Indonesia.
  • Lulusan SMA/MA/SMK/SMALB atau yang sederajat paling lama tiga tahun terakhir.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih.
  • Mendaftarkan diri sebagai peserta SM UNS.
  • Rapor mulai semester 1 (satu) sampai dengan 5 (lima), atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK 4 (empat) tahun, atau siswa akselerasi semester 1 sampai semester 4 (empat).
  • Surat rekomendasi dari sekolah yang menyatakan bahwa peserta merupakan 20 % terbaik mulai semester 1 (satu) sampai dengan 5 (lima), atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK 4 (empat) tahun, atau 30 % terbaik mulai semester 1 (satu) sampai semester 4 (empat) bagi program akselerasi yang memilih Prodi Kedokteran.
  • Surat rekomendasi dari sekolah yang menyatakan bahwa peserta merupakan 40 % terbaik mulai semester 1 (satu) sampai dengan 5 (lima), atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK 4 (empat) tahun, atau 60 % terbaik mulai semester 1 (satu) sampai semester 4 (empat) bagi program akselerasi yang memilih prodi selain Kedokteran.
  • Memiliki dokumen prestasi nonakademik, antara lain:
    1. Sertifikat prestasi kejuaraan olimpiade sains dan teknologi, lomba karya ilmiah remaja, olahraga, atau seni pada tingkat internasional, nasional, dan provinsi sebagai juara 1, 2, atau 3 yang diperoleh selama masa studi di SMA/SMK/MA atau
    2. Sertifikat Hafidzul Al-Qur’an minimal 15 Juz yang diperoleh selama masa studi di SMA/SMK/MA
  • Bagi peserta yang memilih program studi bPend. Jasmani, Kesehatan & Rekreasi, Pend. Kepelatihan Olahraga dipersyaratkan yang bersangkutan memiliki tinggi badan minimal 160 cm bagi putra dan minimal 155 cm bagi putri dan mengunggah portofolio.
  • Bagi peserta yang memilih program studi Kriya Seni/Tekstil, Seni Rupa Murni (Seni Lukis, Grafis, Patung, Keramik), Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, dan Pendidikan Seni Rupa dipersyaratkan mengunggah portofolio.

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran Seleksi Mandiri Jalur Prestasi (SMJP) adalah Rp350.000. Biaya pendaftaran SM UNS dapat disetor di Teller atau ATM salah satu bank mitra UNS. Peserta cukup dengan menunjukkan Kode Pembayaran yang sudah diperoleh saja.

17. UNY (Seleksi Berbasis Skor UTBK)

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) juga sudah membuka pendaftaran Seleksi Mandiri untuk program S1. Seperti yang dilansir dari laman resmi UNY, daya tampung mahasiswa program S1 tahun ini untuk jalur mandiri hanya menampung sebanyak 1574 mahasiswa baru. Kali ini, jalur penerimaan untuk program S1 bisa dipilih melalui beberapa jalur, salah satunya SM-Skor UTBK (Seleksi Berbasis Skor UTBK).

Syarat Pendaftaran

  • Seleksi calon mahasiswa baru S1/D4 berdasar skor hasil UTBK Tahun 2020.
  • Peserta adalah lulusan SMA/MA/SMK Tahun 2018, 2019, atau 2020 yang mengikuti UTBK tahun 2020.
  • Pilihan program studi harus sesuai dengan kelompok ujian UTBK yang diikuti pada tahun 2020.
  • Peserta yang memilih prodi olahraga atau seni harus mengunggah portofolio sesuai pilihan prodi.
  • Memilih maksimum 2 (dua) program studi S1/D4.

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran SM-Skor UTBK (Seleksi Berbasis Skor UTBK) adalah Rp200.000. Biaya pendaftaran SM-Skor UTBK (Seleksi Berbasis Skor UTBK) dapat melalui Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BTN. Peserta cukup dengan menunjukkan Kode Pembayaran yang sudah diperoleh saja.

18. UNY (Seleksi Non-Tes Berbasis Nilai Rapor)

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) juga membuka penerimaan Seleksi Mandiri dengan menggunakan prestasi akademik yang berbasis pada nilai rapor. Jenis Seleksi Mandiri UNY yang satu ini kerap disebut SM-Prestasi Akademik (Seleksi Non-Tes Berbasis Nilai Rapor).

Syarat Pendaftaran

  • Seleksi calon mahasiswa baru S1 dan/atau D4 berbasis nilai rapor.
  • Peserta adalah lulusan SMA/MA/SMK Tahun 2018, 2019, atau 2020.
  • Nilai rapor wajib diinputkan saat login untuk mengisi formulir pendaftaran melalui laman http://pmb.uny.ac.id
  • Memilih 1 (satu) prodi S1/D4 yang diminati.

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran SM-Prestasi Akademik (Seleksi Non-Tes Berbasis Nilai Rapor) adalah Rp200.000. Biaya pendaftaran Seleksi Non-Tes Berbasis Nilai Rapor) dapat melalui Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BTN. Peserta cukup dengan menunjukkan Kode Pembayaran yang sudah diperoleh saja.

19. UNY (Seleksi Non-Tes Berbasis Prestasi)

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) juga membuka penerimaan Seleksi Mandiri yang berbasis pada prestasi. Jenis Seleksi Mandiri UNY yang satu ini kerap disebut SM-Prestasi Unggul (Seleksi Non-Tes Berbasis Prestasi).

Syarat Pendaftaran

  • Seleksi calon mahasiswa baru D4 dan S1 berbasis nilai rapor dan piagam prestasi minimal tingkat Kabupaten/Kota. Hafidz Al-Qur’an bisa dibuktikan dengan sertifikat Hafiz Quran.
  • Peserta adalah lulusan SMA/MA/SMK Tahun 2018, 2019, atau 2020.
  • Bukti prestasi akademik wajib diunggah melalui laman http://pmb.uny.ac.id
  • Peserta memilih 1 (satu) program studi D4/S1 yang diminati.

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran SM-Prestasi Unggul (Seleksi Non-Tes Berbasis Prestasi) adalah Rp200.000. Biaya pendaftaran SM-Prestasi Unggul (Seleksi Non-Tes Berbasis Prestasi) dapat melalui Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BTN. Peserta cukup dengan menunjukkan Kode Pembayaran yang sudah diperoleh saja.

20. UPN Jatim (Jalur Mandiri Prestasi)

Seleksi penerimaan mahasiswa baru Jalur Mandiri Jenjang Sarjana (S1) di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur Tahun 2020 merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara mandiri oleh UPN “Veteran” Jawa Timur. Jalur Mandiri UPN “Veteran” Jawa Timur dikelompokkan dalam 3 Pola, salah satunya ada Jalur Mandiri Prestasi (JMP) yang menggunakan nilai UTBK-SBMPTN 2020 dan Prestasi Kejuaraan selama 3 tahun terakhir.

Syarat Pendaftaran

  • Warga Negara Indonesia (WNI);
  • Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2018, 2019 dan 2020;
  • Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2018 dan 2019 harus sudah memiliki ijazah;
  • Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2020 telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah atau Ijazah Paket C.
  • Surat Keterangan Lulus sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap/stempel yang sah;
  • Peserta seleksi Jalur Mandiri memiliki kesehatan yang baik sehingga membantu kelancaran proses pembelajaran di program studinya (sehat jasmani dan rochani).
  • Khusus untuk Prodi Saintek harus bisa membedakan warna dengan jelas (tidak buta warna)
  • Bagi peserta yang memilih kualifikasi Sains dan Ilmu Pengetahuan, Olahraga, Seni dan Budaya maka wajib menyertakan Prestasi Kejuaraan Juara 1 s/d 3 dalam 3 tahun terakhir beserta bukti sertitifikat/piagam/medali.
  • Bagi peserta yang memilih kualifikasi prestasi di bidang Keagamaan wajib Hafal Al-Quran minimal 5 Juz dan menyertakan bukti sertifikat/ijazah/syahadah atau surat keterangan dari pesantren, madrasah atau Lembaga Tahfiz Al Quran dan sejenisnya.
  • Bagi peserta yang memilih kualifikasi prestasi di bidang Youtube Content Creator, wajib mempunyai unggahan video dengan subcribers 10.000 dan viewers 20.000 – 25.000. Mempunya Content Video bersifat orisinil idenya, mendidik, bermanfaat, kreatif, dan menarik (bukti screenshot dan alamat link channel youtube). Mengikuti uji ketrampilan pembuatan video dengan tema konten “Cinta Tanah Air”.

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran Jalur Mandiri Prestasi (JMP) UNY adalah Rp350.000. Biaya pendaftaran Jalur Mandiri Prestasi (JMP) dapat disetor pada Bank BNI seluruh Indonesia (semua kanal pembayaran) dengan menunjukkan Kode Pembayaran.

21. UPN Jatim (Jalur Mandiri Reguler)

Seleksi penerimaan mahasiswa baru Jalur Mandiri Jenjang Sarjana (S1) di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur Tahun 2020 merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara mandiri oleh UPN “Veteran” Jawa Timur, dengan menggunakan nilai UTBK sebagai dasar seleksi dan kriteria lain. Jalur Mandiri UPN “Veteran” Jawa Timur dikelompokkan dalam 3 Pola, salah satunya ada Jalur Mandiri Reguler (JMR). Diketahui, Jalur Mandiri Reguler (JMR) ini adalah jalur mandiri yang menggunakan nilai UTBK–SBMPTN 2020.

Syarat Pendaftaran

  • Warga Negara Indonesia (WNI);
  • Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2018, 2019 dan 2020;
  • Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2018 dan 2019 harus sudah memiliki ijazah;
  • Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2020 telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah atau Ijazah Paket C.
  • Surat Keterangan Lulus sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap/stempel yang sah;
  • Peserta seleksi Jalur Mandiri memiliki kesehatan yang baik sehingga membantu kelancaran proses pembelajaran di program studinya (sehat jasmani dan rochani).
  • Khusus untuk Prodi Saintek harus bisa membedakan warna dengan jelas (tidak buta warna)

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran Jalur Mandiri Reguler (JMR) UNY adalah Rp350.000. Biaya pendaftaran Jalur Mandiri Reguler (JMR) dapat disetor pada Bank BNI seluruh Indonesia (semua kanal pembayaran) dengan menunjukkan Kode Pembayaran.

22. UPN Yogya (Jalur Mandiri Prestasi)

Seleksi Mandiri UPN Jogja merupakan jalur masuk UPN Jogja yang diselenggarakan oleh UPN Jogja untuk Program Diploma dan Program Sarjana. Bagi peserta yang ingin mendaftar di UPN Jogja tahun 2020, dapat melihat info lengkap di laman www.pmb.upnyk.ac.id. Jalur Masuk SM UPNVY terdiri dari dua jenis, salah satunya ada Jalur Prestasi yang menggunakan gabungan Nilai UTBK dan Prestasi Akademik/Nonakademik. (Prestasi bidang olimpiade sains, olahraga dan seni peringkat 1 – 3 tingkat kabupaten/kota, Provinsi, Nasional, dan Internasional 3 tahun terakhir, Hafiz Al-Quran Minimal 5 Juz, Ketua OSIS selama sekurangnya satu periode dan Youtube Content Creator minimal 10.000 subscriber).

Syarat Pendaftaran

  • Pendaftar SM UPNVY berasal dari peserta SBMPTN tahun 2020 dan tidak diterima di jalur SBMPTN tahun 2020.
  • Pendaftar yang tidak memilih program studi di UPN Jogja pada SBMPTN tahun 2020 dapat mengikuti SM UPNVY tahun 2020.
  • Pendaftar dapat memilih program studi yang sama atau berbeda dengan pilihan pada SBMPTN tahun 2020 dengan ketentuan sebagai berikut :
    1. Pendaftar yang mengikuti SBMPTN tahun 2020 pada kelompok ujian saintek. hanya dapat memilih kelompok program studi saintek
    2. Pendaftar yang mengikuti SBMPTN tahun 2020 pada kelompok ujian soshum. hanya dapat memilih kelompok program studi soshum
    3. Pendaftar hanya dapat memilih 2 (dua) program studi dengan program studi pilihan 1 (satu) dan program studi pilihan 2 (dua) yang ada di UPN Jogja.

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran SM UPNVY adalah sebesar Rp250.000. Pembayaran dapat dilakukan di Bank BNI 46 melalui (Teller. ATM dan Internet Banking) Biaya pendaftaran yang telah dibayarkan tidak dikembalikan dengan alasan apapun.

23. UPI (SM UPI)

Seleksi Mandiri Universitas Pendidikan Indonesia (SM UPI) Tahun 2020 dilakukan untuk memfasilitasi masih banyaknya calon mahasiswa yang berpotensi tinggi namun belum dapat lulus pada seleksi SNMPTN dan SBMPTN. Melalui kesempatan mengikuti seleksi mandiri di UPI diharapkan calon mahasiswa yang berpotensi tinggi tersebut dapat mengapai cita-citanya dan berkontribusi dalam pembangunan nasional, khususnya dalam bidang pendidikan. SM UPI diselenggarakan dengan menggunakan data nilai UTBK tahun 2020, Tes Psikologi Bidang Minat dan Tes Terpadu.

Syarat Pendaftaran

  • Lulusan SMA/MA/SMK/Paket C tahun 2020, 2019, dan 2018.
  • Memiliki sertifikat nilai UTBK LTMPT 2020.
  • Mempunyai kesehatan fisik yang tidak mengganggu kelancaran belajar di program studi pilihannya.
  • Pendaftar yang memilih program studi Pendidikan IPA (International Program on Science Education/IPSE) mampu berbahasa Inggris secara aktif (perkuliahan diselenggarakan dalam Bahasa Inggris).
  • Pendaftar yang memilih program studi Ilmu Pendidikan Agama Islam mampu membaca Alqur’an.
  • Pendaftar yang memilih program studi Seni Rupa, Desain Komunikasi Visual, Film dan Televisi, Pendidikan Kimia, Kimia dan Keperawatan (S1/D3) tidak buta warna (total maupun parsial).
  • Pendaftar SM UPI dapat memilih 2 (dua) Program Studi pada kelompok bidang minat yang sama.
  • Pendaftaran dilakukan secara online pada laman http://pmb.upi.edu
  • Uang yang sudah disetor ke bank tidak dapat diminta kembali.
  • Setiap pendaftar hanya diberikan satu kali kesempatan untuk melakukan pendaftaran secara daring (online).
  • Jika peserta ingin mengubah kembali pilihan program studi setelah proses pendaftaran selesai dilakukan, maka pendaftar harus melakukan proses dari awal serta melakukan pembayaran uang pendaftaran kembali ke bank.
  • Mengisi Form Pernyataan Kesediaan Membayar Biaya Pendidikan dan mengunggahnya pada proses pendaftaran SM UPI.

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran SM UPI 2020 dalah sebesar Rp350.000. Pembayaran Biaya Pendaftaran dimululai pada 3 Juni 2020 dan berakhir pada 27 Juli 2020 Pukul 15.00 WIB. Pembayaran dapat dilakukan di Bank BNI 46 melalui (Teller. ATM dan Internet Banking). Pendaftar SM UPI 2020 yang memilih program studi berikut ini dikenakan biaya tambahan Rp.150.000,- (seratus lima puluh ribu rupiah) per orang per jenis Ujian Keterampilan yang diikuti disetor bersama biaya pendaftaran:

  • Pendidikan Seni Rupa (FPSD);
  • Pendidikan Seni Tari (FPSD);
  • Pendidikan Seni Musik (FPSD);
  • Desain Komunikasi Visual (FPSD);
  • Musik (FPSD);
  • Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (FPOK);
  • Pendidikan Kepelatihan Olahraga (FPOK);
  • Ilmu Keolahragaan (FPOK);
  • PGSD Pendidikan Jasmani (FPOK dan Kampus UPI Sumedang);
  • Kepelatihan Fisik Olahraga (FPOK)

Oke, itulah informasi terbaru terkait biaya pendaftaran Ujian Mandiri 2020 di berbagai PTN favorit yang bisa Mamikos bagikan. Buat anda yang ingin mendaftar melalui Jalur Ujian Mandiri, semoga informasi di atas bisa cukup bermanfaat untuk anda ya! Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, silahkan kunjungi situs Mamikos secara berkala.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close