Biaya Kuliah dan Biaya Hidup Mahasiswa di Singapura dalam Rupiah

Biaya Kuliah dan Biaya Hidup Mahasiswa di Singapura dalam Rupiah — Biaya Kuliah di Singapura dalam Rupiah, Biaya Hidup di Singapura dalam Rupiah, Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Singapura untuk Sebulan, Panduan Kuliah di Singapura, Perkiraan Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Singapura, Gambaran Biaya Hidup dan Kuliah di Singapura, Hitung Biaya Kuliah dan Hidup di Singapura Sebulan dalam Rupiah, Kehidupan Mahasiswa Singapura, Biaya Kuliah Mahasiswa.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi mengenai Biaya Kuliah dan Biaya Hidup Mahasiswa di Singapura dalam Rupiah. Informasi ini ditujukan khususnya bagi calon mahasiswa yang ingin menempuh pendidikan tinggi di Singapura. Langsung saja simak informasinya di bawah ini.

https://www.biayakuliah.web.id/

Melanjutkan pendidikan ke luar negeri merupakan impian semua orang. Biasanya orang akan memilih Negara terdekat terlebih dahulu sebagai destinasi jenjang berikutnya. Salah satu contohnya Singapura. Mungkin banyak yang belum mengetahui tentang biaya kuliah dan biaya hidup mahasiswa di Singapura.

Singapura sendiri memiliki beberapa universitas yang ternama dan sudah melahirkan banyak orang sukses sebagai lulusannya. Biaya kuliah dan biaya hidup mahasiswa di Singapura pun tentu beragam. Namun apakah sama terjangkaunya dengan di Indonesia atau justru harus memiliki kocek tebal untuk melanjutkan pendidikan di Negara ini? berikut ini ulasannya.

A. Beberapa Universitas Di Singapura dan Biaya Kuliahnya

Di singapura terdapat universitas-universitas ternama yang selalu menjadi incaran semua orang. Beberapa universitas di Singapura sangat terkenal dan juga banyak diminati  karena puluhan ribu orang melanjutkan pendidikan di sana. Berikut beberapa nama universitas yang ada di Singapura.

1. Universitas Di Singapura dan Biaya Kuliahnya : National Universityof Singapura

NUS merupakan universitas yang menjurus ke arah bidang sains dan penelitian. Namun, jangan berkecil hati bagi yang menyukai seni serta ilmu sosial, hukum, bisnis, kedokteran dan juga komputerisasi. Di universitas ini juga menyediakan jurusan-jurusan tersebut. Biaya kuliah di universitas ini sekitar 80 juta hingga 100 juta per tahunnya untuk program sarjana.

Apabila di total, biaya hingga lulus kuliah adalah sekitar 300 jutaan. Tentu saja biaya tersebut berbeda untuk setiap jurusannya. Jika memilih jurusan yang lumayan rumit dan jangka waktu kuliah lebih lama dari yang lain seperti kedokteran, maka dapat menghabiskan biaya sekitar 300 juta per tahunnya. Apabila berminat ke jurusan musik dapat menghabiskan biaya 130 jutaan per tahunnya. 

Biaya kuliah ini selalu berbeda karena akan terus meningkat setiap tahunnya yaitu sekitar 500 ribu hingga 1 juta. Namun tenang saja, biaya ini hanya berlaku untuk mahasiswa baru di setiap tahunnya. Jadi untuk para mahasiswa yang sudah tahun pertengahan tidak perlu takut akan mendapat penambahan biaya lagi.

2. Universitas Di Singapura dan Biaya Kuliahnya : Nanyang Technological Universitas

Jurusan yang paling terkenal di universitas ini adalah jurusan Renaissance Engineering Programme. Setiap tahunnya pasti ada lulusan dari jurusan ini dengan nilai cumlaudedan bekerja di bidang yang mengagumkan. Untuk menempuh pendidikan di jurusan ini akan menghabiskan biaya sekitar  180 juta per tahunnya. 

Namun jangan takut bagi yang ingin menempuh jurusan lain. Ada beberapa jurusan lain seperti humaniora, seni, ilmu sosial, bisnis dan juga kedokteran di universitas ini. Untuk jurusan humaniora, seni, ilmu sosial dan bisnis biasanya akan menghabiskan biaya 80 juta hingga 90 juta setiap tahunnya.

Sementara untuk jurusan kedokteran memiliki biaya yang hampir sama dengan jurusan Renaissance Engineering Programme yaitu 170 juta per tahunnya. Setiap tahunnya, NTU memiliki program MBA yang masuk di jajaran 30 besar program MBA terbaik. Jadi bukan tidak mungkin jika kampus ini disebut sebagai kampus impiannya para mahasiswa di seluruh Negara.

3. Universitas Di Singapura dan Biaya Kuliahnya : Singapore Management University

Universitas ini merupakan kampus yang terletak di jantung kota Singapura. Banyak mahasiswa yang juga tertarik dengan kampus ini terutama dengan jurusan hukumnya. Biaya kuliah untuk jurusan hukumnya adalah 130 juta per tahunnya. Untuk program sarjana di jurusan lainnya adalah sekitar 120 juta per tahunnya.

Meskipun mahal, namun kampus ini banyak diminati karena letaknya yang strategis dan dekat oleh banyak tempat di pusat kota Singapura. Sehingga bukan tidak mungkin jika kampus ini masuk jajaran kampus favorit di Singapura. Mengingat letaknya yang berada di jantung kota, biaya kuliah dan biaya hidup mahasiswa di Singapura apabila kuliah di universitas ini mungkin akan sedikit lebih tinggi.

4. Universitas Di Singapura dan Biaya Kuliahnya : Singapura Universityof Technology and Design

Sudah dapat dipastikan dari namanya jika kampus ini berpusat pada jurusan teknologi dan juga design. Universitas ini sudah melahirkan banyak penemu dan inovator yang hebat. Banyak calon mahasiswa yang tertarik kuliah di universitas ini, khususnya para pecinta teknologi dan desain.

Untuk biayanya, rata-rata biaya kuliah program sarjana di SUTD adalah sekitar 130 juta per tahunnya sedangkan untuk program khusus tentu saja biayanya lebih mahal daripada biaya kuliah program sarjananya. Namun meskipun lebih mahal, program khusus ini justru banyak diminati oleh para mahasiswa Indonesia.

5. Universitas Di Singapura dan Biaya Kuliahnya : Singapore University Social Sciences

Kampus ini merupakan kampus dimana salah satu lulusannya adalah anak dari Presiden Indonesia. Sesuai dengan namanya, kampus ini terbaik di bidang sains dan ilmu sosial. Cukup banyak jurusan yang ada di universitas ini mulai dari pemasaran, akuntansi, manajemen SDM, manajemen logistik PAUD dan beberapa jurusan lainnya.

Universitas ini merupakan kampus terlengkap di bagian jurusan perkuliahan se-Singapura. Untuk biaya kuliahnya, jurusan akuntansi di Universitas ini memiliki biaya paling mahal yaitu 330 jutaan rupiah. Sedangkan untuk program sarjana di jurusan lainnya adalah sedikit lebih murah yaitu 320 jutaan rupiah.

Sebenarnya masih banyak kampus lainnya yang ada di Singapura. Seperti contohnya saja SingaporeInstituteof Technology atau SIT yang memiliki biaya kuliah sebesar 260 jutaan per tahunnya. Ada juga Lasalle yang memiliki biaya kuliah sebesar 300 jutaan per tahunnya dan NanyangAcademyof Fine Arts atau NAFA yang memiliki biaya kuliah termahal yaitu 360 jutaan per tahunnya. 

Meskipun memiliki harga-harga yang fantastis, namun kampus-kampus ini telah menjadi favorit para mahasiswa Indonesia di Singapura. Terutama bagi yang ingin memiliki kesuksesan di beberapa bidang khusus.

B. Biaya Kuliah di Singapura Berdasarkan Jenjang Pendidikannya

Kampus di Singapura tentunya tidak jauh berbeda dengan kampus di Indonesia. Biaya kuliah di Singapura disesuaikan dengan gelar yang akan ditempuh hingga lulus. Biasanya untuk gelar diploma, biaya kuliah yang harus dikeluarkan adalah 60 juta hingga 180 jutaan rupiah.  Untuk program sarjana, biaya yang dikeluarkan adalah 300 juta hingga 600 jutaan per tahunnya.

Sementara biaya untuk program S2 atau magister di jurusan non medis sekitar 300 sampai 600 juta per tahun dan jurusan medis sekitar 500 sampai 900 juta per tahun. Tentu saja biaya ini adalah kisaran harga yang sudah di kurs ke Rupiah. Karena apabila masih dengan kurs Singapura maka harga kuliah ini termasuk murah.

Untuk program foundation hanya menghabiskan biaya sekitar 12.000 hingga 18.000 Dolar Singapur saja. Untuk program magister menghabiskan biaya sekitar 30.000 hingga 90.000 DollarSingapur. Setiap tahunnya biaya kuliah ini akan berbeda. Setiap kampus akan mengalami penambahan biaya bagi mahasiswa baru sekitar 500 ribu hingga 1 juta rupiah.

Tentu saja biaya ini akan selalu dipengaruhi dengan kurs rupiah yang berlaku. Biaya kuliah dan biaya hidup mahasiswa di Singapura memang berbeda dengan biaya kuliah dan juga biaya hidup di Indonesia atau pun Negara lainnya.

C. Daftar Biaya Hidup Yang Harus Dibayar Selama Kuliah Di Singapura

Dibandingkan dengan biaya kuliahnya, biaya hidup mahasiswa Singapura ternyata lebih murah. Mahasiswa di Singapura dapat memilih tempat tinggal sesuai dengan biaya yang dimiliki dan harganya pun relatif terjangkau. Di Singapura pun banyak tempat makan dan juga hangoutyang murah dan gak bikin kantong mahasiswa jebol. Berikut ini ulasannya.

1. Biaya Hidup di Singapura : Biaya Tempat Tinggal

Jika ingin memulai suatu aktivitas baru di suatu tempat yang asing harus dimulai dari mencari tempat tinggal yang pas. Di Singapura, banyak tempat tinggal yang terjangkau dan juga dekat dengan daerah kampus. Mahasiswa Indonesia dapat memilih beberapa tempat yang dapat dijadikan acuan untuk tempat tinggal selama masa perkuliahan. Ada beberapa jenis tempat tinggal yang bisa ditempati, seperti:

a. Kondominium

Jika mahasiswa Indonesia memiliki dana lebih dan juga menginginkan privasi untuk diri sendiri maka kondominium adalah pilihan utama. Dengan fasilitas yang memadai, maka menjamin pula kenyamanan mahasiswa selama tinggal di sana. Harga sewa kondominium bervariasi. 

Keberadaannya yang dengan pusat kota, menjadikan harga sewa kondominium ini lumayan mahal yaitu 7000 Dollar Singapura per bulan atau setara dengan 73 jutaan per bulan. Apabila sedang naik bisa mencapai 15.000 dolar singapura atau setara dengan 140 juta rupiah. Biaya kuliah dan biaya hidup mahasiswa di Singapura perbedaannya cukup jauh, terlebih jika nominal uangnya di rupiahkan.

Namun sebenarnya harga ini tergolong mahal karena masuk dalam kurs Indonesia. Apabila dalam kurs dolar singapura, harga kondominium ini tergolong murah atau terjangkau. Dengan memiliki fasilitas memadai seperti lapangan tenis dan juga kolam renang serta memiliki 3 kamar pada setiap kondominium maka harga yang ditetapkan termasuk murah.

b. Apartemen Pribadi

Di Singapura ada beberapa apartemen yang hampir serupa dengan kondominium. Yang membedakan adalah fasilitas yang ada di kondominium tidak ada di apartemen pribadi. Apartemen di Singapura biasanya dari bangunan tua yang dikalahkan oleh bangunan baru kondominium.

Untuk harga sewa, apartemen pribadi yang memiliki 3 kamar tidur dipatok harga 5000 hingga 7000 dolar singapura atau sekitar 50 juta hingga 70 juta rupiah. Harga ini hanya berlaku jika apartemen terletak di jantung kota. 

Apabila apartemen terletak di daerah pinggiran kota maka harga yang dipatok pun lebih murah. Biaya kuliah dan biaya hidup mahasiswa di Singapura terkadang memang tergantung letak keberadaannya. Jika terletak di jantung kota tentu biaya akan semakin mahal.

c. HBD Flat

Untuk mahasiswa Indonesia yang memiliki budget rendah, dapat memilih HBD flat yang dibuat pemerintah. Selain harganya yang lebih murah, HBD flat memiliki jangkauan dekat dengan kampus di Singapura. Hampir 80 persen mahasiswa Indonesia yang tinggal di Singapura memilih tempat ini sebagai tempat tinggal hingga lulus dari perkuliahan.

Selain bisa tinggal sendiri, HBD flat dapat di-sharebersama teman agar harga sewa jauh lebih ringan. Rata-rata harga sewa HBD flat di Singapura adalah 2.200 sampai 3000 dolar singapura atau sekitar 20 hingga 30 juta rupiah. Harga ini tentunya dipengaruhi dengan lokasi dan juga luas flat yang akan ditinggali.

d. Paying Guest dan Asrama Kampus

Bagi yang ingin menghemat biaya lagi dapat mencoba untuk menyewa sebuah kamar di apartemen pribadi atau HBD flat seseorang. Biaya yang dikeluarkan lumayan murah. Mahasiswa hanya perlu membayar 500 hingga 1800 dolar singapura saja untuk apartemen dan HBD flat. Satu hal yang harus dipastikan ketika ingin menyewa tempat di apartemen seseorang, sebaiknya dengan seseorang yang dari Negara sama ataupun seseorang yang sudah dikenal.

Bisa juga menetap atau tinggal di asrama yang sudah disediakan oleh pihak kampus. Biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah lagi, hanya sekitar 210 hingga 570 dolar singapura atau sekitar 2 juta hingga 5 juta rupiah. Biaya sewa asrama ini tergantung dengan universitas terkait karena setiap universitas memiliki harga sewa asrama yang berbeda.

Namun karena harga yang dimiliki terjangkau, menjadikan asrama kampus sebagai pilihan pertama bagi para mahasiswa. Hal itu menyebabkan banyak mahasiswa yang akhirnya harus mencari tempat tinggal sewa lainnya karena tidak kebagian tempat di asrama.

2. Biaya Hidup di Singapura : Biaya Makan

Berbeda dengan biaya kuliah dan biaya hidup mahasiswa di Singapura, biaya makan di Singapura terbilang murah. Jika untuk makan di singapura jangan diragukan lagi betapa terjangkaunya. Tempat makan di singapura sangat beragam dan harganya juga murah.

Bagi yang senang dengan masakan rumahan dan ingin memasak makanan sendiri maka dapat menghabiskan biaya sekitar 200 dolar singapura atau setara 2 juta rupiah per bulannya. Jika ingin makan diluar maka dapat menghabiskan biaya sekitar 500 sampai 600 Dollar Singapura atau sekitar 5 juta sampai 6 juta rupiah per bulannya.

3. Biaya Hidup di Singapura : Biaya Transportasi

Berbeda dengan biaya hidup dan biaya kuliahnya, biaya transportasi di Singapura sangat terjangkau di setiap bulannya. Selama sebulan, para mahasiswa hanya perlu menghabiskan biaya transportasi sekitar 1,5 juta rupiah saja apabila menaiki MRT yang memiliki tarif 16 ribu sekali naik.

Untuk yang lebih menyukai naik taksi sebagai transportasi pun tidak perlu risau karena harga yang ditarifkan pun murah. Harga yang ditarifkan adalah 30 ribu sampai 40 ribu untuk satu mil pertama dan akan dikenakan tarif sebesar 2 ribu setiap 400 meter hingga 10 km selama perjalanannya. Biaya makan dan biaya transportasi bisa dibilang lebih murah daripada biaya kuliah dan biaya hidup mahasiswa di Singapura per bulannya. 

4. Biaya Hidup di Singapura : Biaya Utilitas dan Lain-Lain

Biaya ini termasuk dengan biaya pembelian elektronik, keanggotaan mahasiswa, keanggotaan perpustakaan dan juga biaya hangout. Di Singapura, untuk segala jenis biaya tagihan dapat menghabiskan biaya sekitar 2 sampai 6 juta rupiah per bulannya. Jika bisa lebih hemat, maka biaya yang akan dikeluarkan bisa lebih murah lagi.

Untuk biaya langganan internet broadband, langganan ponsel dan juga layanan tv kabel dapat menghabiskan biaya sekitar 2,3 juta rupiah per bulannya. Biaya ini dipengaruhi dengan beberapa fasilitas tambahan lainnya.

Sementara biaya hangoutdi Singapura seperti menonton film dan juga menonton konser dapat menghabiskan biaya kisaran 100 ribu hingga 200 ribuan setiap menonton. Biaya keanggotaan juga disesuaikan oleh setiap kampus dan rata-rata adalah 450 ribu.

Bacaan Terkait : Biaya Kuliah dan Biaya Hidup Mahasiswa di Malaysia dalam Rupiah

D. Bagaimana Cara Mendaftar Kuliah dan Melanjutkan Pendidikan Ke Singapura?

Tentu saja bagi yang berminat untuk kuliah di Singapura ingin mengetahui cara mendaftar kuliah di Singapura. Cara mendaftarnya pun sangat mudah dan dapat dilakukan secara online. 

Dengan mengunduh formulir pendaftaran melewati situs resmi universitas yang dituju, lalu mengisi dan melengkapkan datanya dengan berkas-berkas terkait maka mahasiswa dapat mengirim formulirnya kembali melalui online. Atau tanpa harus diunduh, bisa langsung mengisi data pendaftaran online melalui situs resmi pendaftaran di kampus yang dituju.

Perhatikan pula batas penerimaan formulir pendaftaran karena beberapa universitas memiliki jangka waktu yang berbeda setiap penerimaan formulirnya. Setelah itu, universitas akan menerapkan beberapa tes terkait seleksi calon mahasiswa. Jika mahasiswa Indonesia mengambil program pascasarjana maka wajib mengikuti Graduate Management Admission Test atau GMA Test.

Selain mengisi formulir dan juga serangkaian tes terkait, calon mahasiswa juga harus memiliki visa pelajar. Setelah mendapat keputusan penerimaan di Universitas Singapura maka dapat mengajukan visa pelajar ini. calon mahasiswa harus mengikuti perkuliahan full-time terlebih dahulu untuk mendapatkan visa pelajar ini. 

Visa ini berguna untuk izin tinggal selama pendidikan di Singapura. Dengan memiliki visa pelajar, maka secara resmi calon mahasiswa sudah menjadi warga sementara Singapura selama masa pendidikan.

Jika dibandingkan antara biaya kuliah dan biaya hidup mahasiswa di singapura, tentunya akan lebih berat di biaya kuliahnya. Namun itu tidak menutup kemungkinan banyaknya minat para mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan di Negara ini. 

Dengan memperhitungkan biaya kuliah dan biaya hidup mahasiswa di Singapura selama pendidikan di sana, maka mahasiswa Indonesia dapat bertahan dan memiliki pendidikan yang diimpikan semua orang.


Catatan : Nominal biaya yang dituliskan di atas merupakan perkiraan yang bersumber dari website resmi dan website lainnya yang terpercaya. Tentunya nominal tersebut bisa saja berubah.

Baca Juga :

Demikian ulasan mengenai Biaya Kuliah dan Biaya Hidup Mahasiswa di Singapura dalam Rupiah. Semoga ulasan tersebut dapat memberikan gambaran tentang biaya hidup dan biaya kuliah bagi kalian yang ingin menempuh pendidikan di Singapura.

Loading...
loading...
close