Begini Cara Memilih Jurusan SBMPTN Yang Benar

Begini Cara Memilih Jurusan SBMPTN Yang Benar – SBMPTN 2019 merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN. UTBK dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2017, 2018, dan 2019 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2017, 2018, dan 2019. Pengelolaan dan pengolahan data untuk kepentingan seleksi jalur SBMPTN dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). LTMPT adalah satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia.

Salah satu faktor penting yang tak boleh dilupakan saat akan mengikuti SBMPTN adalah memilih jurusan. Bukan sembarang memilih, ada beberapa tips yang bisa diikuti agar pilihan jurusan tepat sesuai minat, serta memiliki peluang diterima yang tinggi. Apa saja?

Begini Cara Memilih Jurusan SBMPTN Yang Benar, Calon Maba Harus Baca!

1. Memastikan anda punya skor tinggi UTBK

Yang pertama dan yang utama, anda harus memastikan mempunyai skor tinggi UTBK. Mengapa? Karena dengan skor atau nilai nilai yang tinggi akan menjadi peluang untuk bisa lolos di SBMPTN tahun ini. Cari tahu informasi sebanyak-banyaknya mengenai jumlah skor minimal dibutuhkan untuk lolos jurusan idaman atau jurusan yang anda pilih.

2. Jangan asal pilih jurusan

Salah satu cara biasa dilakukan peserta supaya bisa lolos SBMPTN yaitu memilih jurusan peminat sedikit sehingga persaingan tidak begitu ketat. Bisa saja itu dterapkan, tetapi jangan asal menentukan pilihan. Pastikan pilihan itu tetap sesuai dengan minat dan kemampuan masing-masing agar saat menjalani kuliahnya nanti tidak menjadi beban karena tidak suka dengan jurusan tersebut.

3. Setelah itu tentukan prioritas

CPNs 2018

Sudah umum diketahui jurusan yang menjadi pilihan pertama merupakan akan menjadi prioritas penentu. Adapun pilihan kedua menjadi alternatif namun tetap harus dipilih sesuai kemampuan. Untuk itu, sadari kembali dan benar-benar pikirkan secara matang dalam menentukan pilihan jurusan agar bisa diterima di SBMPTN tahun ini.

4. Jangan lupa, masih ada alternatif lain

Tidak perlu berlama-lama kecewa jika nanti tidak diterima di jurusan PTN yang dipilih meski sudah melakukan persiapan sebaik mungkin. Masih ada alternatif lain melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Calon mahasiswa bisa mengambil jalur seleksi mandiri atau memilih jurusan sama di PTN atau perguruan tinggi swasta (PTS). Selain PTN jalur mandiri, banyak juga PTS di Indonesia menyediakan berbagai jurusan favorit dengan kualitas tidak kalah dari PTN dari sisi mutu pendidikan maupun peluang kerja di masa depan.

5. Yakin dengan pilihan yang sudah anda pilih tersebut

Peserta SBMPTN harus yakin jurusan yang dipilih sudah sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan diri. Mintalah saran dan rekomendasi dari orang terdekat atau bila perlu berkonsultasi dengan tenaga profesional yang bisa dipercaya. Perlu diingat, pertimbangan mereka hanya bersifat sebagai masukan. Keputusan menentukan pilihan tetap berada di tangan masing-masing. Kesampingkan perasaan gengsi dan ikut-ikutan dengan teman. Sebab, saat nanti diterima di jurusan favorit itu, calon mahasiswa sendiri yang akan menjalani dan berjuang menyelesaikan hingga akhir studi.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Begini Cara Memilih Jurusan SBMPTN Yang Benar

Begini Cara Memilih Jurusan SBMPTN Yang Benar


Sumber: Mamikost

loading...
loading...
close