Beda! Cara Daftar UTBK SBMPTN untuk Peserta SNMPTN 2021

Beda! Cara Daftar UTBK SBMPTN untuk Peserta SNMPTN 2021 – Baru-baru ini ketua tim pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengeluarkan surat edaran terkait pendaftaran masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Khusus untuk peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 yang tidak lulus nantinya harus bersabar jika ingin kembali mendaftar mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021. Pasalnya peserta SNMPTN tersebut harus menunggu hingga hasil SNMPTN diumumkan terlebih dahulu. Adapun untuk info lengkap terkait cara daftar UTBK SBMPTN bagi peserta SNMPTN 2021 akan Mamikos jelaskan di bawah ini.

Berikut Cara Daftar UTBK SBMPTN untuk Peserta SNMPTN Terbaru

detik.com

LTMPT menegaskan bahwa peserta yang lulus SNMPTN 2021 dilarang untuk mendaftar kembali mengikuti UTBK SBMPTN 2021. Untuk itu, peserta SNMPTN pun diperbolehkan mendaftar UTBK SBMPTN 2021 setelah hasil SNMPTN tersebut diumumkan. Kabarnya, hasil SNMPTN 2021 akan diumumkan pada 22 Maret 2021 mendatang.

Apa itu SNMPTN?

SNMPTN adalah sistem seleksi penerimaan mahasiswa baru tanpa membutuhkan tes atau ujian. SNMPTN kerap disebut juga sebagai jalur undangan dikarenakan indeks penilainnya hanya berdasarkan prestasi akademik. Sebagai catatan, tak semua siswa bisa mendapatkan kesempatan untuk mengikuti jalur SNMPTN.

Apa itu UTBK?

UTBK adalah jenis ujian seleksi yang dipergunakan sebagai metode ujian SBMPTN. Merupakan singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer, UTBK diselenggarakan oleh LTMPT. Selain digunakan sebagai syarat utama untuk mengikuti SBMPTN, nilai UTBK juga dapat dipergunakan untuk mengikuti jalur Seleksi Mandiri.

Apa itu SBMPTN?

SBMPTN adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diadakan secara serentak di seluruh Indonesia melalui UTBK. Merupakan singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, SBMPTN dulunya lebih dikenal sebagai jalur SNMPTN tertulis. Namun di tahun 2013, SNMPTN undangan ini pun akhirnya berubah nama menjadi SBMPTN.

Kapan Pendaftaran SBMPTN 2021 dibuka?

Pendaftaran SBMPTN 2021 akan dibuka mulai pada tanggal 15 Maret 2021, namun bagi peserta yang sebelumnya sudah mengikuti SNMPTN 2021 tidak diperkenankan untuk mendaftar di tanggal tersebut. LTMPT menegaskan bahwa peserta yang sudah mengikuti SNMPTN harus menunggu hasil SNMPTN 2021 diumumkan terlebih dahulu baru diperbolehkan mendaftar. Adapun berikut jadwal lengkap pendaftaran SBMPTN 2021 khusus untuk peserta SNMPTN 2021.

  1. Pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 akan dibuka mulai 15 Maret hingga 1 April 2021.
  2. Khusus bagi siswa lulusan tahun 2019 dan 2020 dianjurkan untuk mendaftar UTBK SBMPTN 2021 pada tanggal 15-20 Maret 2021.
  3. Peserta yang telah dinyatakan diterima pada jalur SNMPTN tidak dapat mendaftar pada jalur UTBK-SBMPTN 2021.
  4. Peserta SNMPTN 2021 dapat mendaftar UTBK-SBMPTN 2021 setelah pengumuman SNMPTN.
  5. Jika peserta SNMPTN 2021 melakukan pendaftaran sebelum pengumuman dan lolos SNMPTN, maka keikutsertaannya di SBMPTN tidak akan diproses dan biaya seleksi yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.

Berapa Biaya UTBK SBMPTN 2021?

Setiap siswa yang ingin mengikuti UTBK SBMPTN 2021 wajib membayar biaya pendaftaran sesuai dengan nominal yang sudah ditentukan oleh LTMPT. Khusus untuk siswa yang memilih kelompok ujian Saintek atau Soshum diwajibkan untuk membayar sebesar Rp200.000. Sedangkan, untuk siswa yang memilih kelompok ujian Campuran diwajibkan untuk membayar biaya pendaftaran sebesar Rp300.000.

Biaya pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 ini dapat dirimu bayarkan melalui Bank BNI, Bank BRI, Bank Mandiri, atau BTN. Sebagai catatan, seluruh siswa termasuk peserta SNMPTN tetap wajib membayar biaya pendaftaran. LTMPT hanya membebaskan biaya pendaftaran UTBK SBMPTN bagi calon peserta Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) yang dinyatakan telah lolos persyaratan.

Berapa Program Studi yang dapat dipilih di UTBK 2021?

Jika dirimu ingin mengikuti UTBK SBMPTN 2021, maka dirimu hanya diperkenankan untuk memilih paling banyak dua program studi. Jika program studi yang dirimu pilih semuanya dari rumun Saintek, maka dirimu hanya mengikuti ujian kelompok Saintek. Namun, jika program studi yang dirimu pilih semuanya dari rumpun Soshum maka dirimu mengikuti kelompok ujian Soshum. Apabila program studi yang dirimu pilih dari rumpun Saintek dan Soshum, maka dirimu wajib mengikuti kelompok ujian Campuran.

Kapan UTBK 2021?

UTBK kembali dilaksanakan dengan dua gelombang. Nantinya, siswa yang masuk dalam gelombang pertama akan mengikuti UTBK pada 12 hingga 18 April 2021. Sedangkan untuk siswa yang masuk dalam kategori gelombang kedua akan mengikuti UTBK pada 26 April hingga 2 Mei 2021.

Apa Materi UTBK 2021?

Jika di tahun 2020 lalu UTBK hanya mengujikan satu materi saja, maka di tahun ini UTBK kembali mengujikan dua materi yakni Tes Kompetensi Akademik (TKA) dan Tes Potensi Skolastik (TPS). Perlu dirimu ketahui bahwa sebelum tahun 2020, UTBK memang sudah mengujikan kedua tipe tes tersebut. Namun, dikarenakan adanya pandemic Covid-19 maka di tahun 2020 lalu hanya diadakan satu tes saja yakni TPS. 

TPS sendiri merupakan tipe tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan koginitif siswa. Nantinya TPS akan dibagi lagi menjadi beberapa sub ujian, seperti penalaran umum, pemahaman bacaan dan menulis, pengetahuan dan pemahaman umum, serta pengetahuan kuantitatif. Sedangkan TPA dipergunakan untuk mengukut tingkat pengetahuan dan pemahaman keilmuan siswa. Nantinya, soal-soal TPA akan lebih menekankan pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Cara Daftar UTBK SBMPTN 2021

Adapun berikut cara menaftar UTBK SBMPTN 2021 yang wajib dirimu ikuti alurnya.

  1. Calon peserta diwajibkan untuk membuat akun di laman LTMPT menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan tanggal lahir.
  2. Calon peserta bisa login ke laman LTMPT menggunakan username, email dan password yang telah terdaftar.
  3. Memilih menu verifikasi dan validasi data mahasiswa (mengisi biodata, unggah pas foto berwarna terbaru dan verifikasi biodata).
  4. Selanjutnya, pilih menu pendaftaran UTBK (memilih lokasi pusat UTBK PTN, jenis ujian, dan sesi ujian untuk mendapatkan slip pembayaran).
  5. Setelah itu, silahkan membayar biaya ujian di bank (Bank Mandiri, BNI atau BTN) menggunakan slip pembayaran yang harus dilakukan paling lambat 1×24 jam.
  6. Setelah melakukan pembayaran, calon peserta dapat melakukan login kembali ke laman LTMPT.
  7. Kemudian, pilih menu pendaftaran UTBK dan mencetak kartu peserta.
  8. Terakhir, calon peserta diwajibkan untuk mengikuti UTBK sesuai dengan hari, tanggal sesi, dan lokasi pusat UTBK PTN yang dipilih.

Nah, itu tadi informasi yang bisa Mamikos bagikan terkait cara daftar UTBK SBMPTN bagi peserta SNMPTN 2021. Mamikos infokan kembali bahwa peserta SNMPTN yang dinyatakan tidak lolos SNMPTN lah yang dapat mendaftar UTBK SBMPTN 2021. Untuk pendaftarannya sendiri, siswa peserta SNMPTN harus menunggu hasil SNMPTN 2021 keluar terlebih dahulu. Jika dirimu membutuhkan informasi lainnya khususnya terkait info kost-kostan di dekat PTN pilihan, maka silahkan download aplikasi Mamikos.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: 

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya 

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close