Beberapa Etika Terhadap Orang Tua

Pendahuluan

Zaman ini semakin usang semakin berkembang, banyak sekali budaya masuk kelingkungan daerah hidup kita melalui banyak sekali cara, beberapa diantaranya yaitu melalui media televisi dan internet.
Informasi dan tayangan yang diberikan oleh media tersebut menyerupai TV dan internet yang gampang salah satunya yaitu problem perilaku atau atitude ata adab. Terhusus lagi problem perilaku atau atitude atau adat terhadap orang tua. Tidak sedikit tayangan yaitu tayangan ihwal problem orang bau tanah dan anak.
Sehingga ketika ini banyak orang bau tanah yang tidak di hormati oleh anaknya dan orang yang lebih muda. Padahal perilaku atau adat atau atitude yang baik terhadap orangtua ini sangatlah penting.  Kenapa demikian alasannya yaitu hal ini menyangkut keridoaanya.

Artinya :
Dari Abdulloh bin Amr dia berkata : ” Rosululloh SAW bersabda ridho Alloh pada ridho orang bau tanah dan marah Alloh pada marah orang tua. (HR Al Baihaqi)

Bahkan dalam alqur’an disebutkan berkata ‘ah’ saja tidak dibenarkan.

“Dan Tuhan-mu telah memerintahkan biar kau jangan beribadah melainkan hanya kepada-Nya dan hendaklah berbuat baik kepada ibu-bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya hingga berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau menyampaikan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik. Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, ‘Ya Rabb-ku, sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik saya pada waktu kecil.’” (Al-Israa’ : 23-24)

Akhir – final ini banyak yang salah arti terhadap penghormatan kapada orang tua. Banyak yang berkata buat apa menghormati orang yang bau tanah kaya itu sudah maling jahat pemabuk lagi.

Baca Juga  Pengaruh Negatif Media Massa Dapat Menciptakan Anak Membangkang

Padahal meskipun demikian adanya sebagai seorang anak harus tetap menghormatinya. Bahkan Alloh menyuruh kita beroda ‘Ya Rabb-ku, sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik saya pada waktu kecil.
Kewajiban sebagai seorang anak jikalau orangtuanya bersalah hanyalah mendoakannya supaya menjadi orang yang baik kembali kepada jalan orang – orang yang sholeh.

Sumber Gambar  Pencarian Google

Nah berkaca dari hal tersebut Guru Madrasah ingin sedikit menuliskan ihwal beberapa adat kepada orang bau tanah yang diambil dari beberapa sumber, gampang – mudahan penuh manfaat untuk kita semuanya. aammin.

Beberapa Adab Terhadap Orang Tua

Tidak Memandang Orang Tua dengan pandangan tajam

Memandang dengan tajam maksudnya yaitu melotot. Melotot pada orangtua tidaklah mencerminkan atitude adat kelakuan atau ahlak yang baik.
Ingatlah seorang anak pada kesannya nanti akan jadi orangtua juga. Bersikaplah yang baik pada orang bau tanah alasannya yaitu orang bau tanah sudah mencintai kita dari kecil hingga besar.

….Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang……..

Tidak Meninggikan Suara kepada orang Tua

Meninggikan bunyi maksudunya sanggup jadi memebentak. Hal tersebut menjadi hal yang sanggup menyakiti orang tua. Ingat Rido Alloh tergantung ridho orang tua.
Berkata “ah” saja ketika di mintai tunjangan sudah dilarah apalagi hingga meninggikan suara.

 …..dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik…..

Tidak Mendahului Mereka Dalam Berkata

Ketika sedang berbicara diskusi atapun mungkin ngobrol ataupun mungkin berdebat alasannya yaitu keingina anak atau orangtua, maka adat yang baik kelakuan yang terhormat yaitu tidak mendahului mereka berbicara. Biarkan selesai berbicara kemudian ungkapkan keingin kita.
Dan meski di ingat tidak meninggikan suara.

Baca Juga  Pengaruh Negatif Media Massa Dapat Menciptakan Anak Membangkang

Tidak Dudu Dihadapan orang Tua yang sedang Berdiri

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengaduh (karena sakit), ketika itu kami shalat bermakmum di belakang beliau, sedangkan dia dalam keadaan duduk, dan Abu Bakar memperdengarkan takbirnya kepada orang-orang. Lalu dia menoleh kepada kami, maka dia melihat kami shalat dalam keadaan berdiri. Lalu dia memberi instruksi kepada kami untuk duduk, kemudian kami shalat dengan mengikuti shalatnya dalam keadaan duduk. Ketika dia mengucapkan salam, maka dia bersabda, ‘kalian gres saja hampir melaksanakan perbuatan kaum Persia dan Romawi, mereka berdiri di hadapan raja mereka, sedangkan mereka dalam keadaan duduk, maka janganlah kalian melakukannya. Berimamlah dengan imam kalian. Jika dia shalat dalam keadaan berdiri, maka shalatlah kalian dalam keadaan berdiri, dan jikalau dia shalat dalam keadaan duduk, maka kalian shalatlah dalam keadaan duduk” (HR. Muslim, no. 413)

Mengutamakan Orang Tua Dalam Urusan Duniawi

Contoh hal menyerupai ini yaitu menyerupai dalam makan, minum dan kasus lainnya.
Dalam hal ini ada sebuah hadits sebagi berikut ini

“Ya Allah bekerjsama saya mempunyai orang bau tanah yang sudah bau tanah renta, dan saya juga mempunyai istri dan anak wanita yang saya beri mereka makan dari mengembala ternak. Ketika selesai menggembala, saya perahkan susu untuk mereka. Aku selalu dahulukan orang tuaku sebelum keluargaku. Lalu suatu hari ketika panen saya harus pergi jauh, dan saya tidak pulang kecuali sudah sangat sore, dan saya dapati orang tuaku sudah tidur. Lalu saya perahkan untuk mereka susu sebagaimana biasanya, kemudian saya bawakan ember berisi susu itu kepada mereka. Aku berdiri di sisi mereka, tapi saya enggan untuk membangunkan mereka. Dan saya pun enggan memberi susu pada anak perempuanku sebelum orang tuaku. Padahal anakku sudah meronta-ronta di kakiku alasannya yaitu kelaparan. Dan demikianlah terus keadaannya hingga terbit fajar. Ya Allah jikalau Engkau tahu saya melaksanakan hal itu demi mengharap wajahMu, maka bukalah celah bagi kami yang kami sanggup melihat langit dari situ. Maka Allah pun membukakan sedikit celah yang menciptakan mereka sanggup melihat langit darinya“

Baca Juga  Pengaruh Negatif Media Massa Dapat Menciptakan Anak Membangkang

Demikian temtang Beberapa Adab Terhadap Orang Tua gampang – mudahan bermanfaat khususnya buat penulis dan umumnya buat para pembaca. aamiin.

Sumber Rujukan
https://muslim.or.id/27537-beberapa-adab-terhadap-orang-tua.html
https://muslimah.or.id/7344-larangan-berkata-ah-kepada-kedua-orang-tua.html

loading...