Beasiswa Kuliah D3, D4, S1, S2, dan S3 2019/2020, serta Beasiswa untuk SMP / SMA / sederajat

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi mengenai Beasiswa Kuliah D3, D4, S1, S2, dan S3 2019/2020, serta Beasiswa untuk SMP / SMA / sederajat. Informasi ini perlu diketahui agar siswa ataupun mahasiswa bisa mendapatkan informasi mengenai beasiswa yang diminati. Langsung saja simak informasinya di bawah ini.

https://soalterbaru.com/

Berdasarkan Undang Undang mengenai Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia bahwa Pendidikan Tinggi merupakan jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang meliputi program pendidikan Diploma, Sarjana (S1), Magister (S2), Spesialis, dan Doktor (S3).

Mahalnya biaya kuliah di perguruan tinggi terkadang membuat niat seseorang yang ingin menempuh pendidikan menjadi hilang. Mungkin yang seperti itu niatnya kurang kuat. Bagi yang memiliki niat yang kuat, maka tidak ada hal yang bisa menghalangi untuk terus menempuh pendidikan tinggi meskipun biaya yang masih kurang memadai.

Masalah biaya bisa diatasi yang salah satunya dengan beasiswa. Beasiswa adalah satu hal yang sangat diinginkan oleh calon mahasiswa ataupun mahasiswa lama.  Bagi calon mahasiswa, dengan diperolehnya beasiswa, maka ketika kuliah nanti bisa memperoleh full kuliah gratis atau uang tambahan dari beasiswa tersebut yang dapat dipergunakan untuk keperluan kuliah. Sedangkan bagi mahasiswa lama, tak jauh berbeda dengan calon mahasiswa, beasiswa yang diperolehpun bisa dipergunakan untuk keperluan kuliah.

Jenis dan karakteristik beasiswa yang ditawarkan oleh perguruan tinggi ada bermacam-macam. Dari segi sumber dana, ada beasiswa yang bersumber dari pemerintah, perusahaan, pihak swasta, dan pihak kampus sendiri, beasiswa kerja sama luar negeri, dan lain-lain.

Sedangkan dari segi pendanaan, terdapat dua jenis beasiswa yaitu Beasiswa Penuh (Full Scholarship) dan Beasiswa Sebagian (Partial Scholarship). Berikut penjelasan singkatnya :

  • Beasiswa Penuh, meliputi seluruh komponen pendidikan seperti biaya kuliah, biaya penelitian, biaya hidup, akomodasi, buku, asuransi, tiket perjalanan (PP), dan fasilitas lainnya tergantung dari penyedia beasiswa
  • Beasiswa Sebagian, hanya sebagian atau beberapa atau bahkan hanya satu komponen pendidikan saja yang ditanggung oleh pemberi beasiswa. Misalnya memberikan benefit pembebasan biaya perkuliahan saja tanpa memberikan biaya-biaya lainnya.

Siapa saja yang bisa mendapatkan beasiswa tersebut? Siapa saja tentu bisa mendapatkannya, baik itu mahasiswa D3, D4, S1, S2, ataupun S3 bisa, asalkan mampu untuk memenuhi persyaratan dari beasiswa tersebut.

Setelah mampu memenuhi persyaratan, kemudian melakukan pendaftaran dan mengikuti seleksi. Jika sesuai dengan kriteria dari beasiswa yang diikuti, maka akan dinyatakan berhak untuk memperoleh beasiswa tersebut.

Begitu banyaknya beasiswa kuliah yang bisa diperoleh oleh calon mahasiswa ataupun mahasiswa lama. Maka bagi kalian yang benar-benar menginginkan beasiswa, cari informasinya dan kejar beasiswa tersebut hingga dapat. Andai tidak dapat beasiswa yang satu, maka coba dapatkan beasiswa yang lain.

Sumber informasi beasiswa bisa diperoleh cari internet dengan mengunjungi blog yang berisi beasiswa seperti blog ini, mengunjungi blog kampus, atau bertanya pada bagian kemahasiswaan di kampus kalian masing-masing. Tanyakan secara detail mengenai beasiswa yang ada dan dibuka.

Berikut ini admin rangkum Daftar Beasiswa Kuliah D3, D4, S1, S2, dan S3, baik beasiswa dalam negeri atau luar negeri yang diberikan secara penuh atau sebagian, serta Beasiswa untuk SMP / SMA / sederajat. Langsung saja simak di bawah ini.

Daftar Beasiswa Kuliah D3, D4, S1, S2, dan S3, serta Beasiswa untuk SMP / SMA / sederajat

1. Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi

Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi namun berpotensi akademik baik.

Bidikmisi ini diberikan kepada calon mahasiswa D3 dan S1. Untuk calon mahasiswa D3, bidikmisi akan diberikan selama 6 semester. Sedangkan untuk mahasiswa S1, bidikmisi akan diberikan selama 8 semester.

Bidikmisi hanya ada di perguruan tinggi dalam negeri, baik itu di perguruan tinggi negeri (PTN), perguruan tinggi keagamaan islam negeri (PTKIN), dan beberapa perguruan tinggi swasta (PTS).

Lebih lanjut baca : Beasiswa untuk Calon Mahasiswa Baru

2. Djarum Beasiswa Plus

Djarum Beasiswa Plus merupakan beasiswa yang diberikan oleh Djarum Foundation. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa D4 dan S1 yang sudah menempuh pendidikan.

Beasiswa ini hanya ada di perguruan tinggi tertentu yang bekerja sama dengan Djarum Foundation, baik itu di sekolah tinggi, politeknik, institut, dan universitas, yang berstatus negeri ataupun swasta yang ada di Indonesia.

Lebih lanjut baca informasi berikut : Djarum Beasiswa Plus

3. Beasiswa DataPrint

Beasiswa DataPrint adalah beasiswa yang diberikan oleh Dataprint. Beasiswa ini diberikan kepada pelajar atau mahasiswa aktif dari tingkat SMP / SMA hingga perguruan tinggi untuk jenjang D3 / D4 / S1 dan yang terlibat aktif di kegiatan atau organisasi sekolah / perguruan tinggi.

Informasi lebih lanjut baca : Beasiswa Data Print

4. Beasiswa PPA dan BBP PPA

Sejak tahun 2012, istilah Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM) disesuaikan dengan istilah yang sejalan dengan ketentuan yang ada yaitu menjadi Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (Beasiswa-PPA) dan Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BBP-PPA). Jadi PPA berubah menjadi Beasiswa PPA,dan Beasiswa PPA menjadi BBP-PPA.

Beasiswa PPA dan BBP PPA diberikan kepada mahasiswa jenjang S1 dan Diploma IV yang minimal duduk pada semester II dan paling tinggi duduk pada semester VIII.

Informasi lebih lanjut baca pada artikel berikut : Beasiswa PPA dan BBP PPA

5. Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Beasiswa unggulan kemendikbud merupakan beasiswa yang diberikan  oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang ditujukan untuk mendukung upaya peningkatan kualitas sumberdaya manusia Indonesia melalui penyediaan bantuan pendidikan dan pelatihan baik melalui jalur gelar maupun non gelar.

Ada bermacam-macam beasiswa unggulan kemendikbud, diantaranya yaitu Beasiswa Masyarakat Berprestasi, Beasiswa 3T, dan Beasiswa Pegawai Kemendikbud.

Beasiswa ini diberikan bagi mahasiswa untuk melanjutkan studi pada jenjang pendidikan Sarjana (S1), Magister (S2), dan atau Doktor (S3).

Informasi lebih lanjut baca : Beasiswa Unggulan Kemendikbud

6. Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP merupakan program beasiswa yang diselenggarakan oleh Pemerintah Indonesia melalui LPDP, dalam rangka menghasilkan sumber daya manusia Indonesia yang berkarakter pemimpin, profesional, saintis, dan teknokrat.

Beasiswa ini sangat beragam, yaitu :

  • Beasiswa Reguler
  • Beasiswa Afirmasi
  • Beasiswa Afirmasi PNS, TNI, Dan POLRI
  • Beasiswa Dokter Spesialis
  • BUDI
  • Beasiswa Disertasi
  • Beasiswa Santri
  • Beasiswa Indonesia Timur
  • Beasiswa Afirmasi Prestasi Olimpiade Bidang Sains, Teknologi, Dan Keterampilan

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kungjungi artikel : Beasiswa LPDP

7. Beasiswa Mahaghora

Beasiswa Mahaghora adalah beasiswa yang diberikan oleh PT Mahaghora bagi putra-putri Indonesia untuk mengembangkan pendidikan pada jenjang Universitas pada program Diploma 3 (D3) dan Sarjana (S1).

Beasiswa ini ditujukan bagi siswa-siswa kelas 12 SMA / sederajat atau lulusan SMA / sederajat maksimal 3 tahun terakhir kelulusannya, dan belum kuliah.

Baca lebih lanjut : Beasiswa Mahaghora

8. Beasiswa OSC Metro TV

Beasiswa OSC Metro TV adalah beasiswa yang diselenggarakan atas kerja sama antara Metro TV dengan Avitex Cat Tembok. Beasiswa OSC Metro TV diperuntukkan bagi siswa-siswi lulusan tahun ini dan tahun lalu yang ingin kuliah jenjang Sarjana (S1) di PTS terfavorit yang menjadi mitra dari beasiswa OSC dengan menggunakan beasiswa penuh selama 8 semester berturut-turut.

Informasi lebih lanjut baca di : Beasiswa OSC Metro TV

9. Beasiswa Pertamina Sobat Bumi

Beasiswa Pertamina Sobat Bumi merupakan beasiswa yang diberikan oleh Pertamina Foundation bagi mahasiswa sarjana (S1) yang kuliah di Perguruan Tinggi mitra dari Pertamina Foundation.

Informasi lebih lanjut silahkan baca pada artikel : Beasiswa Pertamina Sobat Bumi

10. Beasiswa Tanoto

Beasiswa Tanoto merupakan beasiswa yang diberikan Tanoto foundation. Beasiswa ini diberikan kepada kalangan pelajar (SMP & SMA sederajat), mahasiswa (S1 & S2), dan guru (PNS dan honorer).

Informasi lebih lanjut baca di : Beasiswa Tanoto

11. Beasiswa BCA Finance

Beasiswa BCA Finance merupakan beasiswa yang disediakan oleh BCA kepada mahasiswa / mahasiswi berprestasi yang sedang menempuh pendidikan di jenjang Sarjana (S1) semua jurusan di Perguruan Tinggi Negeri ataupun Perguruan Tinggi Swasta.

Mahasiswa setidaknya minimal telah / sedang menyelesaikan semester 2. Untuk beasiswa yang diberikan lamanya maksimal 8 semester.  Jika mahasiswa tidak selesai kuliah dalam waktu 8 semester, maka mahasiswa membayar biaya kuliahnya sendiri.

Untuk informasi lebih lanjut, baca : Beasiswa BCA Finance

12. Beasiswa Bank Indonesia

Sebagai bentuk dukungan pada dunia pendidikan di Indonesia, Bank Indonesia memberikan beasiswa kepada para mahasiswa atau mahasiswa jenjang Sarjana (S1) yang telah menyelesaikan sekurang-kurangnya 3 (tiga) semester atau telah menempuh sebanyak 40 (empat puluh) SKS.

Bagi kalian yang berminat, silahkan daftarkan diri dengan mengikuti semua ketentuan yang berlaku. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan temukan di website resmi kampus anda, atau tanyakan pada bagian kemahasiswaan.

13. Beasiswa Bank BRI

Bank BRI juga turut memajukan pendidikan kita dengan memberikan beasiswa pada para mahasiswa program S1 minimal semester 3 dan maksimal semester 7, sedangkan program D3 minimal semester 3 dan maksimal semester 5 bagi mahasiswa berprestasi ataupun kurang mampu.

Informasi lebih lanjut dapat dilihat langsung di website resmi kampus anda, atau tanyakan pada bagian kemahasiswaan.

14. Beasiswa Bank BNI

Selain beasiswa Bank Indonesia dan Bank BRI, Bank BNI juga turut memajukan dunia pendidikan dengan memberikan beasiswa kepada para mahasiswa terutama yang berasal dari keluarga kurang mampu. Untuk informasi lebih lanjut tanyakan pada bagian kemahasiswaan di kampus anda.

15. Beasiswa Mizan

Beasiswa Mizan ditujukan bagi seluruh mahasiswa S1, S2, dan S3 yang sedang menyelesaikan tugas akhir yaitu Skripsi, Tesis, atau Disertasi. Tak hanya mendapatkan beasiswa, hasil karya tulis yang terpilih juga memiliki kesempatan untuk diterbitkan.

Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa ini dapat dibaca pada artikel : Beasiswa Mizan

16. Beasiswa Karya Salemba Empat

Beasiswa Karya Salemba Empat merupakan beasiswa yang diselenggarakan oleh Yayasan Karya Salemba Empat (KSE). Beasiswa yang diberikan berupa tunjangan pendidikan akan diberikan kepada program studi Strata 1 (S1) yang telah menempuh pendidikan minimal di semester kedua.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan baca pada website resmi Kaya Selemba Empat atau di website resmi kampus anda.

17. Beastudi Etos dari Dompet Dhuafa

Beastudi Etos adalah Program investasi sumber daya manusia yang berfokus pada pembinaan, pendampingan, dan pemberdayaan mahasiswa berprestasi dengan keterbatasan ekonomi.

Sasarannya :

  • Lulusan SMA / Sederajat
  • Berasal dari Keluarga Kurang Mampu
  • Berprestasi Secara Akademik / Nonakademik
  • Diterima di salah satu PTN yang direkomendasikan Beastudi Etos

Bentuk Fasilitas :

  • Biaya pendidikan selama 8 (delapan) semester
  • Uang saku sebesar Rp. 600.000/ bulan selama 4 (empat) tahun
  • Asrama mahasiswa selama 2 (dua) tahun
  • Program pembinaan (capacity building/ development program) selama 4 (empat) tahun
  • Program pembinaan sosial (Desa Produktif)
  • Support prestasi dalam dan luar negeri

Untuk informasi lebih lanjut baca pada website resmi Beastudi Etos atau di website resmi kampus anda.

18. Beasiswa PBSB

Beasiswa PBSB merupakan beasiswa yang dikelola oleh Kemenag yang ditujukan bagi santri berprestasi, yaitu santri pondok pesantren yang telah memiliki Nomor Statistik Pondok Pesantren (NSPP) dan telah terdata di kemenag.go.id dengan data yang telah diisi lengkap.

Calon peserta PBSB adalah :

  • Santri yang belajar pada tingkat akhir dan lulus maksimal 3 tahun lalu (termasuk lulusan tahun ini) di Madrasah Aliyah (MA) yang berada di naungan pondok pesantren; atau
  • Santri lulusan Pendidikan Diniyah Formal Ulya (PDF), atau pesantren muadalah (SPM) atau pesantren Salafiyah (PPS) untuk lulusan 3 tahun terakhir.

Untuk informasi lebih lanjut baca di website resmi Beasiswa PBSB

Selain jenis beasiswa yang telah disebutkan di atas, tentu masih banyak lagi jenis beasiswa lainnya untuk beasiswa dalam negeri. Kalian bisa mencarinya sendiri di internet atau bertanya langsung pada bagian kemahasiswaan di kampus masing-masing.

19. Beasiswa Kuliah yang Ditawarkan Pihak Kampus

Selain beasiswa yang ditawarkan oleh pihak perusahaan, ada pula beasiswa yang ditawarkan oleh pihak kampus. Kalian bisa mendapatkan informasinya di kampus secara langsung dengan bertanya pada bagian kemahasiswaan atau lihat langsung di website resmi.

20. Beasiswa Kuliah Luar Negeri

Cukup banyak tawaran beasiswa luar negeri bagi para pelajar atau mahasiswa Indonesia untuk menempuh pendidikan tinggi disana.

Berikut beberapa daftar beasiswa kuliah luar negeri :

  1. Beasiswa S1 Monbukagakusho
  2. Beasiswa S1 OTS
  3. Beasiswa S1 di Rusia
  4. Beasiswa S1 Pemerintah Brunei
  5. Beasiswa S1 Ancora – Khazanah
  6. Beasiswa S1 di Utrecht University
  7. Beasiswa S1 di Korea National University of Arts
  8. Beasiswa S1 di Qatar University
  9. Beasiswa S1 di Boston University
  10. Beasiswa S1 di Australian National University

Itulah beberapa jenis beasiswa kuliah D3, D4, S1, S2, dan S2, serta beasiswa untuk SMP / SMA sederajat yang bisa dipilih. Silahkan pilih salah satu sesuai kenginan atau kemampuan dalam memenuhi persyaratannya.

Persiapkan berkas pendaftarannya selengkap mungkin dan ikuti proses seleksi sebaik mungkin agar beasiswa yang kalian inginkan dapat tercapai. Tentunya dengan beasiswa yang telah diperoleh, bisa digunakan untuk keperluan kuliah dan kehidupan semasa kuliah.

Untuk informasi lain yang diperlukan, silahkan baca pada artikel lainjutan atau baca di website resmi

Daftar Beasiswa untuk Pelajar, Mahasiswa, dan Dosen

Demikian informasi tentang Beasiswa Kuliah D3, D4, S1, S2, dan S3, serta Beasiswa untuk SMP / SMA / sederajat. Semoga informasi tersebut bisa memberikan pencerahan dan arahan beasiswa mana yang harus dipilih. Terima kasih dan ayo bagikan informasi ini pada teman lainnya. 

loading...
loading...
close