Bagaimana Sistem Penilaian UTBK SBMPTN 2021?

Bagaimana sistem penilaian UTBK SBMPTN 2021? – Apakah dirimu salah satu calon peserta yang akan mengikuti UTBK – SBMPTN tahun 2021? Pahami tata cara mengikuti jalur masuk tersebut serta sistem penilaian yang digunakan agar dirimu bisa menentukan cara belajar yang tepat demi masuk program studi idaman.

Sistem Penilaian UTBK SBMPTN

www.umn.ac.id

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) merupakan syarat wajib yang harus dilakukan pendaftar SBMPTN 2021. Tanpa nilai UTBK, dirimu tidak bisa mengikuti SBMPTN sebagai seleksi masuk di Perguruan Tinggi. Nilai UTBK diibaratkan sebagai penentu diterima atau tidak diterimanya seseorang, sehingga sebisa mungkin peserta UTBK perlu mendapatkan nilai tertinggi.

Salah satu cara sukses berhasil meraih UTBK yang tinggi adalah dengan memahami sistem penilaian UTBK SBMPTN 2021. Jangan sampai peserta mengharapkan nilai terbaik namun mengisi seluruh pilihan jawaban asal-asalan. Jika ada sistem pengurangan nilai pada jawaban salah, hal tersebut akan berpengaruh pada nilai peserta UTBK. Oleh karena itu, berikut ini ulasan mengenai sistem penilaian yang digunakan pada UTBK 2021 agar dirimu tetap bisa mendapatkan nilai terbaik.

Sistem Penilaian UTBK 2021

Sistem penilaian yang digunakan pada UTBK SBMPTN 2021 akan berpengaruh pada cara penilaian UTBK 2021. Berdasarkan informasi dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), sistem penilaian yang digunakan untuk UTBK 2021 adalah Item Response Theory (IRT).

Perbedaan Sistem Penilaian UTBK 2021 Gelombang 1 dan 2

Sistem penilaian IRT pada UTBK 2021 diterapkan untuk pendaftar gelombang 1 dan gelombang 2 UTBK SBMPTN 2021. Hal ini sekaligus menjawab pertanyaan “apakah IRT pada gelombang 1 dan gelombang 2 UTBK akan berbeda?”. Jadi, dirimu tidak perlu khawatir karena mekanisme penilaian UTBK pada dua gelombang tersebut sama. Selain itu, ada pula mekanisme scoring bersamaan yang diterapkan pada UTBK SBMPTN tahun 2021.

Adanya kabar burung terkait sistem penilaian UTBK – SBMPTN gelombang 2 lebih rendah dipastikan tidak benar oleh ketua LTMPT. Apalagi informasi bahwa peserta UTBK gelombang 1 akan mendapatkan skor tinggi lebih mudah daripada peserta UTBK gelombang 2. Kabar tersebut sudah dipastikan salah dan dikonfirmasi oleh LTMPT selaku penyelenggara.

Peserta tidak perlu memilikirkan skor gelombang UTBK yang berbeda karena informasi tersebut bohong. Sebaiknya, peserta UTBK-SBMPTN fokus pada usaha masing-masing agar bisa mendapatkan nilai terbaik. Maksimalkan skor Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Potensi Akademik (TPA) agar bisa sesuai harapan. Dengan nilai UTBK 2021 yang tinggi, peserta bisa diterima di PTN pilihannya.

Jumlah Soal UTBK SBMPTN 2021

Jumlah soal-soal yang akan dikerjakan pendaftar pada UTBK SBMPTN nanti diprediksi sebagai berikut:

  1. Jumlah soal Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK: 120 soal
  2. Jumlah soal Tes UTBK 2021 Kelompok Saintek: 80 soal (masing-masing bidang 20 soal)
  3. Jumlah soal Tes UTBK 2021 Kelompok Soshum: 100 soal (soal UTBK tersebut sudah termasuk matematika IPS. Namun, karena tahun 2021 tidak ada matematika IPS, total soal yang diberikan adalah 80 dengan masing-masing bidang 20 soal.

Selain perlu mempersiapkan diri untuk mengerjakan soal-soal TPS, peserta juga perlu belajar materi sesuai kelompok ujian yang dipilih. Tantangan lebih besar akan ditemui peserta yang memilih UTBK kelompok campuran. Sebab, peserta harus belajar lebih banyak dan melakukan manajemen waktu yang baik agar bisa menguasai seluruh materi.

Cara Penilaian UTBK SBMPTN dengan Sistem Penilaian IRT

Pahami dengan baik sistem penilaian IRT yang akan digunakan pada UTBK SBMPTN 2021 nanti. Sistem penilaian IRT adalah sistem penilaian dengan konsep pemberian bobot nilai berbeda pada setiap sub tes. Adapun konsep penilaian IRT tersebut dilakukan dalam tiga tahap berikut:

  1. Pada tahap pertama, semua jawaban benar akan mendapatkan skor 1 poin, sedangkan soal yang tidak dijawab atau dibiarkan kosong akan mendapatkan skor 0 poin.
  2. Pada tahap kedua, terdapat pendekatan teori respons butir atau item response theory (IRT). Pada tahapan ini, setiap jawaban soal yang benar akan dianalisis lagi karakteristiknya sesuai tingkat kesulitan soal-soal tersebut.
  3. Pada tahap ketiga, skor peserta akan dihitung dari tiap-tiap soal yang didapatkan dari tahap kedua. Peserta akan mendapatkan bobot skor tinggi pada soal-soal yang sulit dan mendapatkan bobot skor lebih rendah pada soal yang lebih mudah.

Setelah semua hasil dijumlahkan, peserta akan mendapatkan hasil UTBK 2021 berupa skor yang rentangnya bervariasi, yaitu:

• Di bawah 300
• 300 – 400
• 401 – 500
• 501 – 600
• 601 – 700
• 701 – 800
• 801 – 900
• Di atas 900

Apakah siswa peserta UTBK 2021 bisa melihat hasil penilaian UTBK 2021? Pihak LTMPT selaku penyelenggara tes resmi menyatakan bahwa hasil penilaian UTBK 2021 tersebut dapat dilihat sehari setelah pengumuman SBMPTN melalui akun LTMPT masing-masing peserta.

Gambaran skor nilai UTBK di setiap program studi kampus biasanya dikeluarkan oleh lembaga bimbingan belajar atau instansi tertentu sebagai prediksi. Bagi peserta UTBK yang mendapatkan skor di atas 800, peserta bisa lebih optimis diterima di program studi pilihannya. Namun, peserta yang mendapatkan nilai UTBK di bawah 300 sebaiknya segera mencari alternatif Perguruan Tinggi dengan jalur seleksi mandiri untuk berjaga-jaga apabila tidak diterima melalui SBMPTN berbekal skor UTBK rendah. Selain itu, sebaiknya pendaftar menghindari jalur masuk Perguruan Tinggi menggunakan skor UTBK apabila tidak yakin dengan hasil yang sudah didapatkan.

Mekanisme Scoring Bersama UTBK SBMPTN 2021

Ketua LTMPT mengumumkan bahwa pihaknya akan melakukan penghitungan skor UTBK atau scoring UTBK gelombang 1 dan gelombang 2 bersamaan. Jadi, setelah UTBK gelombang 1 dan UTBK gelombang 2 dilaksanakan, akan dilakukan penskoran. Penyelenggara tes kemudian akan melihat skor tersebut dan melakukan pembobotan.

Peserta UTBK SBMPTN 2021 diharapkan menghindari informasi sistem penilaian IRT yang beredar selain dari LTMPT, apalagi UTBK belum dimulai. Mendekati hari pelaksanaan UTBK, akan ada banyak oknum yang menyebarkan informasi hoaks dan tidak benar demi keuntungan tertentu. Peserta UTBK 2021 diimbau untuk tidak mudah percaya dan panik ketika menerima informasi yang tidak bersumber dari LTMPT secara langsung.

Setelah membaca artikel di atas, apakah dirimu sudah memahami sistem penilaian UTBK SBMPTN 2021?. Baik dirimu yang mendapatkan jadwal UTBK gelombang 1 pada 12 – 18 April ataupun dirimu yang mendapatkan UTBK gelombang 2 pada 26 April – 2 Mei nanti tetap harus giat belajar agar mendapatkan hasil terbaik. Usahakan untuk mengisi pilihan jawaban pada soal yang dirimu yakini terlebih dahulu daripada yang dirimu ragukan. Namun, tandai bagian-bagian yang dianggap sulit tersebut agar sebelum waktu mengerjakan soal habis dapat diisi. Jangan lupa memeriksa kembali jawaban sebelum dikumpulkan. Selamat berjuang dan semoga berhasil!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close