Bacaan Doa Menghadapi Ujian UTBK Agar Lulus SBMPTN 2020!

Bacaan Doa Menghadapi Ujian UTBK Agar Lulus SBMPTN 2020! – Tantangan untuk bisa diterima di kampus tujuan melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) memang berat. Jalur SBMPTN yang diselenggarakan setelah pelaksanaan jalur SNMPTN selesai ini akan diikuti seluruh siswa-siswi lulusan Sekolah Menengah sederajat di Indonesia. Sebagai persayaratan untuk mengikuti SBMPTN, pendaftar wajib mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Doa Menghadapi Ujian UTBK Agar Lulus SBMPTN 2020

pixabay.com

Ujian Tulis Berbasis Komputer akan diselenggarakan pada bulan Juni 2020, tepatnya 5 – 12 Juli 2020. Selagi masih ada waktu untuk persiapan fisik dan materi ujian, gunakan waktu sebaik mungkin untuk belajar agar peluang lulus semakin tinggi. Tidak hanya itu, dirimu juga perlu berdoa agar diberi kemudahan oleh Tuhan yang Mahakuasa. Bagaimanapun juga, ada banyak kemungkinan yang akan terjadi sebelum pelaksanaan ujian UTBK 2020. Mamikos akan memberikan referensi doa agar dirimu semakin siap menghadapi UTBK 2020.

Doa untuk Menghadapi Ujian UTBK 2020

Doa tentang kelancaran ujian UTBK agar lulus SBMPTN 2020 memang tidak spesifik dijelaskan dalam Al Quran. Namun, secara umum yang diharapkan oleh peserta ujian UTBK adalah kemudahan dalam mengerjakan soal ujian. Selain itu, doa tentang pengakuan kelemahan diri agar dibantu oleh Allah SWT juga wajib dipanjatkan. Berikut ini referensi doa agar UTBK 2020 semakin lancar.

1. Doa Agar Dimudahkan Mengerjakan Soal UTBK 2020

رَبِّ يَسِّرْ وَأَعِنْ وَلَا تُعَسِّرْ

Lafadz: Rabbi yassir wa a‘in wa lâ tu‘assir

Arti: “Wahai Tuhanku, mudahkanlah. Bantulah [aku]. Jangan Kau persulit,”

Sumber: Imam An-Nawawi, awal Raudhatut Thalibin, Darul Fikr.

2. Doa Ketika UTBK 2020 akan Dilaksanakan

اَللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Lafadz: Allaahumma laa sahla illaa maa ja’altahu sahlan wa anta taj’alul hazna idzaa syi’ta sahlan.
Arti: “Ya Allah! Tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya.”

Sumber: Shahih Ibnu Hibban No. 2427 (Syaikh ‘Abdul Qadir Al Arna’uth menyatakan shahih dalam Takhrij Al Adzkar hal. 106)

3. Doa Agar Diberi Kelancaran Lisan

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي, وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي, وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي, يَفْقَهُوا قَوْلِي

Lafadz: Rabbisy syrahlii shadrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam millisaanii, yafqahu qaulii

Arti: Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.

Sumber: Surat Thaahaa ayat 25-28

4. Doa Agar Dimudahkan dalam Belajar UTBK

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا

Lafadz: Rabbi zidnii ‘ilmaa

Arti: Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan.

Sumber: Surat Thaahaa ayat 114

5. Dzikir Agar Dimudahkan UTBK 2020

dirimu dapat memperbanyak dzikir pada Allah SWT sebelum UTBK dimulai atau setelah selesai dilaksanakan.

وَقَالَ : أَحَبُّ الْكَلاَمِ إِلَى اللهِ أَرْبَعٌ: سُبْحَانَ اللهِ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ، وَلاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ، وَاللهُ أَكْبَرُ، لاَ يَضُرُّكَ بِأَيِّهِنَّ بَدَأْتَ

Arti: Rasulullah Shallallahu’ Alaihi wa Sallam bersabda: “Perkataan yang paling disenangi oleh Allah adalah empat: Subhanallah, Alhamdulillah, Laa ilaha illallah, dan Allaahu akbar. Tidak mengapa bagimu untuk memulai yang mana di antara kalimat tersebut.

Sumber: Shahih Muslim no. 1685

6. Shalawat

Bacalah shalawat pada Nabi Muhammad SAW apabila dirimu menemukan ada soal yang sulit. dirimu dapat membaca shalawat ketika ragu pada pilihan jawaban pada soal UTBK. Setelah membaca shalawat, hati akan menjadi lebih tenang dan pikiran pun akan terasa lebih jernih.

Kapan Harus Membaca Doa Lancar UTBK 2020?

Setelah dirimu mendapatkan referensi bacaan doa di atas, dirimu perlu mencari waktu yang tepat untuk membaca doa-doa tersebut. Yakinlah pada Allah SWT bahwa doa-doamu didengar, sehingga dirimu perlu memohon dengan sungguh-sungguh. Di antara waktu terbaik yang bisa dirimu manfaatkan untuk meminta pada Allah SWT agar dilancarkan mengerjakan soal UTBK 2020 adalah:

1. Setelah Shalat Wajib

Tahukah dirimu bahwa doa yang tidak tertolak bisa dipanjatkan setelah melakukan shalat wajib?. Terdapat waktu-waktu istimewa yang memungkinkan doa terkabul lebih cepat, salah satunya setelah shalat wajib ditunaikan. Jangan buru-buru menjalankan aktivitas karena dirimu dapat menambah waktu 5 – 10 menit untuk berdzikir. Sampaikan permohonanmu pada Allah SWT agar dimudahkan mengerjakan UTBK dan diterima melalui jalur SBMPTN 2020.

2. Pada Sepertiga Malam Terakhir

Luangkanlah waktumu untuk berdoa secara khusus pada Allah SWT di sepertiga malam terakhir. Pasang alarm agar bisa bangun sebelum subuh. Niatkan bangun untuk shalat malam sebelum tidur dan berwudhulah. Setelah shalat malam, dirimu bisa meneruskan belajar. Selain lebih tenang, belajar pada pagi hari pun suasananya lebih kondusif karena gangguan lebih sedikit.

3. Ketika Berpuasa

Doa orang yang berpuasa ketika berbuka tidak akan tertolak. dirimu bisa mengkhususkan puasa sunnah pada hari Senin dan Kamis. Selain itu, ada tiga hari setiap bulan yang bisa dirimu gunakan untuk berpuasa juga. Manfaat puasa tidak hanya melatih kesabaran saja, tetapi juga meningkatkan kesehatan. Berdoalah untuk kebaikan di dunia dan akhirat, salah satunya agar diterima SBMPTN 2020.

Tips Agar Doa Lulus UTBK – SBMPTN 2020 Dikabulkan

Rasa harap dan cemas akan terkabulnya doa lulus UTBK – SBMPTN 2020 sangat wajar dirasakan pendaftar kampus. Bahkan, seseorang yang dikenal sangat kalem dan selalu rajin belajar pun merasa tidak yakin akan diterima di kampus impiannya.

Persaingan untuk masuk Perguruan Tinggi melalui jalur SBMPTN memang tidak bisa diprediksi. Dengan berdoa, sebenarnya dirimu sudah berharap pada Allah SWT agar diberi kemudahan. Tapi, di luar sana juga ada banyak orang yang juga berdoa, sehingga dirimu perlu mencari cara agar doa-doamu dikabulkan. Berikut ini adalah aktivitas yang bisa dirimu lakukan:

1. Memperbanyak dzikir di waktu luang dan sempit agar senantiasa diingat Allah SWT.
2. Menunaikan shalat hajat dan berdoa sungguh-sungguh agar diterima SBMPTN 2020.
3. Memperbanyak ibadah sedekah, baik dengan uang, tenaga, maupun dengan ilmu.
4. Berdoa di waktu-waktu mustajab.
5. Menghindari makanan dan minuman haram karena bisa menghalangi terkabulnya doa.

Cara Allah SWT Mengabulkan Doa

Bentuk pengabulan doa dari Allah SWT bisa dilihat dalam berbagai macam bentuk. Pertama, Allah SWT mengabulkan doa lulus SBMPTN 2020 di jurusan sesuai dengan yang dirimu inginkan. Jika itu yang terjadi, berarti apa yang ditakdirkan untukmu memang sesuai dengan harapanmu.

Kedua, Allah SWT mengabulkan doamu untuk lulus SBMPTN ketika dirimu benar-benar siap. Bisa saja ada rencana lain yang menjadikanmu tidak diterima di jalur SBMPTN tahun 2020. Pertama kali mungkin dirimu akan kecewa karena harus menunda masuk PTN atau mengambil gap year. Tapi, dirimu akan segera mengerti alasan doa yang dirimu panjatkan belum dikabulkan sesuai keinginanmu.

Ketiga, Allah SWT mengganti doa agar lulus SBMPTN 2020 dengan hal yang lebih baik. Sebagai manusia yang tidak tahu skenario Allah SWT, sebenarnya ada banyak kejutan hidup di depan sana. Belum tentu dirimu akan sukses berkuliah di program studi tujuan SBMPTN 2020, sehingga Allah SWT menggantinya dengan membuatmu berusaha masuk ke kampus lain.

Siap Menghadapi UTBK Agar Lulus SBMPTN 2020?

Hal terakhir yang dapat dirimu lakukan setelah berusaha belajar dengan keras, menjaga kesehatan tubuh, serta berdoa dan menyelesaikan ujian UTBK adalah pasrah. Semua hasil yang akan dirimu dapatkan nanti adalah yang terbaik. Apabila dirimu diterima di program studi tujuan, bersyukurlah karena Tuhan sudah memberikan takdir sesuai keinginanmu.

Namun, jika ternyata dirimu belum lulus SBMPTN 2020, tidak perlu berkecil hati. dirimu bisa mengevaluasi diri untuk kemudian belajar lebih keras melalui jalur mandiri yang dibuka di kampus tujuanmu pasca SBMPTN. Masih ada banyak jalan untuk menggapai cita-citamu. Semangat!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close