Baca Info Penting Mengenai SNMPTN, UTBK & SBMPTN 2020

Baca Info penting mengenai SNMPTN, UTBK & SBMPTN 2020 – ujian masuk PTN menjadi hal yang ditakuti para lulusan siswa sekolah menengah. Selain karena persaingannya cukup ketat, materi ujiannya pun berbeda dari ujian sekolah. Ujian masuk PTN bahkan dianggap menentukan karier seseorang kedepannya.

Tidak jarang perjuangan masuk PTN dilakukan dengan keras. Banyak siswa yang mengambil pelajaran tambahan di bimbel atau mengikuti kursus privat. Sambil berusaha mendapatkan nilai terbaik, dirimu pun perlu mengetahui informasi penting tentang ujian masuk PTN. Berikut ini adalah informasi yang akan membantumu masuk PTN melalui jalur SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN.

Baca Info Penting Mengenai SNMPTN, UTBK & SBMPTN 2020

• Perbedaan SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN


Bagi dirimu yang belum mengenal dan belum bisa membedakan jalur masuk perguruan tinggi, Mamikos akan menjabarkannya. SNMPTN adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Tidak semua siswa bisa mengikuti seleksi ini karena pelaksanaannya diatur oleh sekolah masing-masing. UTBK adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer. SBMPTN adalah Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri.

Persyaratan yang ditetapkan untuk mengikuti masing-masing jalur masuk PTN tersebut pun bervariasi. Jika ingin mengikuti SNMPTN, pastikan bahwa nilai rapor pada semester 1-5 di sekolah cukup bagus. SNMPTN merupakan seleksi yang prosesnya perlu direkomendasikan oleh pihak sekolah. Lain halnya dengan SBMPTN yang prosesnya mandiri dan tidak melibatkan pihak sekolah.

• Pendaftaran SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN


Tanggal pendaftaran SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN tidak sama. Saat ini, jadwal pelaksanaan SNMPTN tahun 2020 sudah diumumkan. dirimu bisa mulai mempersiapkan diri untuk melakukan tahapan berikut.

• Pendaftaran SNMPTN

1. Registrasi akun LTMPT: 2 Desember 2019 – 7 Januari 2020
2. Mengisi PDSS: 13 Januari – 6 Februari 2020
3. Proses pemeringkatan siswa dari sekolah: 13 Januari – 6 Februari 2020
4. Tanggal pendaftaran SNMPTN 2020: 11 – 25 Februari 2020
5. Pengumuman hasil SNMPTN: 4 April 2020

• Pendaftaran UTBK

UTBK tahun 2020 akan dilakukan berdasarkan jadwal berikut:

  1. Registrasi akun LTMPT: 7 Februari – 5 April 2020
  2. Pendaftaran UTBK: 30 Maret – 11 April 2020
    Biaya yang perlu dikeluarkan bagi calon mahasiswa yang akan mendaftar jurusan Saintek dan Soshum sama, yaitu sebesar 200 ribu rupiah. Jika ingin mengambil ujian campuran, biaya yang perlu dikeluarkan sebesar 300 ribu rupiah.
  3. Pelaksanaan UTBK: 20 – 26 April 2020
    Penyelenggaraan UTBK berlangsung selama 7 hari. Alokasi sesi ujian per hari ada dua, yaitu sesi pagi (07.00–10.30) dan sesi siang (12.30 – 16.15). Pastikan dirimu memilih tes yang sesuai dengan kesiapan. Bagi dirimu yang ingin mengambil ujian campuran, waktu ujian yang diperlukan tentu lebih lama. Tetap ada ada dua sesi yang ditawarkan, yaitu sesi pagi (07.00 –11.45) dan sesi siang (12.30 – 17.15).
  4. Pengumuman hasil UTBK: 12 Mei 2020

• Pendaftaran SBMPTN

Jika dirimu belum diterima di jalur SNMPTN, masih ada waktu untuk mengikuti SBMPTN 2020. Jadwal SBMPTN 2020 adalah sebagai berikut.

  1. Pendaftaran SBMPTN: 2 – 13 Juni 2020
  2. Pengumuman hasil SBMPTN: 30 Juni 2020
    Tidak perlu berkecil hati jika dirimu belum berhasil lolos masuk PTN melalui SBMPTN. Tunggu pengumuman resmi ujian mandiri dari masing-masing PTN dari LTMPT. Pengumuman akan dikeluarkan maksimal pada 31 Juli 2020.

• Informasi Penting SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN


Terdapat perbedaan yang cukup signifikan terkait ketiga macam tes masuk PTN. Penerimaan mahasiswa baru kini dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Simak baik-baik ya informasi berikut:

1. Perubahan Daya Tampung

Tahun ini, daya tampung dari jalur masuk PTN melalui tes mengalami perubahan. Kuota yang dialokasikan untuk jalur SNMPTN minimal adalah 20 persen. Lain halnya dengan kuota yang dialokasikan untuk jalur SBMPTN minimal 40 persen. Masih ada jalur seleksi mandiri di PTN yang mengalokasikan kuota maksimal 30 persen.

2. Kuota Pendaftaran SNMPTN 2020 untuk Sekolah

Masing-masing sekolah berpeluang mendaftarkan siswa-siswinya yang berprestasi. Namun, kuota yang dialokasikan bagi sekolah tidak sama karena didasarkan pada sistem akreditasi. Sekolah dengan akreditasi A memiliki porsi terbesar dalam mengirimkan 40% siswa-siswinya. Sekolah dengan akreditasi B bisa mengirim 25 persen siswanya, sedangkan sekolah dengan akreditasi C bisa mengirim 5 persen.

3. Siswa Hanya Bisa Mengikuti UTBK Satu Kali

Jika tahun lalu siswa bisa mengikuti UTBK dua kali, tahun ini perubahan kebijakan telah diterapkan. Pada tahun 2020 ini siswa yang hendak mengikuti UTBK hanya diberikan kesempatan satu kali saja. Alasannya, terdapat evaluasi tahun lalu yang menggambarkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan dari hasil tes pertama dan kedua. Bahkan, ada yang malah mengalami penurunan nilai pada tes kedua.

4. Bisa Mengambil Tes Campuran di UTBK

Tenang saja bagi dirimu yang ingin kuliah lintas jurusan di tahun 2020 nanti. Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memberikan peluang bagi dirimu untuk mengambil tes campuran. Tes ini biasanya diambil oleh siswa yang berasal dari jurusan IPA yang berminat kuliah di jurusan IPS.
Materi Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA) pun sama. Hanya saja, TKA yang diberikan pada tes campuran baru bisa dilakukan setelah mengambil TPS dan TKA Saintek serta TKA Soshum.

5. Pihak Sekolah Wajib Mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS)

Sebelum mendaftarkan siswa untuk maju ke SNMPTN, pihak sekolah harus mengisi PDSS. Data yang telah terisi kemudian akan diverifikasi siswa dan dikirimkan. Siswa pun harus memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan. Tidak jauh berbeda dari syarat SNMPTN tahun 2019, tahun 2020 ini nilai rapor semester 1-5 perlu disertakan. Selain itu, siswa juga harus memiliki prestasi akademik serta mengunggah portofolio bagi yang ingin masuk bidang seni atau olahraga.

6. Sistem Single Sign On (SSO)

Mungkin sebagian dari dirimu ada yang masih asing dengan istilah sistem Single Sign On atau SSO. Sistem ini sebenarnya ditujukan bagi sekolah untuk meminimalisir penyimpangan. Biasanya, kecurangan ketika memberikan peringkat pada peserta didik sering terjadi. Ada peserta didik yang seharusnya tidak masuk seleksi SNMPTN namun diikutkan oleh sekolah. SSO akan dicek ulang oleh pihak LTMPT. Apabila ditemukan data yang mencurigakan atau aneh, pihak LTMPT akan melakukan kroscek ulang.

7. Wajib Memiliki Akun LTMPT

Konsekuensi dari adanya SSO adalah perlu dibuatnya akun LTMPT. Seluruh calon peserta yang akan mengikuti ujian tes masuk SNMPTN, UTBK, serta SNMPTN harus membuat akun LTMPT. dirimu bisa membuka website portal.ltmpt.ac.id pada waktu yang sudah ditentukan.

8. Bisa Mengajukan Keringanan Biaya Kuliah

Calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu masih bisa mengajukan keringanan. Bantuan biaya pendidikan yang dinamakan bidikmisi akan terintegrasi dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Namun, calon penerima bantuan harus mempelajari syarat dan ketentuan yang diberikan melalui kip-kuliah.kemdikbud.go.id dan adik.kemdikbud.go.id. Setelah semua syarat terpenuhi, pendaftaran bisa dilanjutkan ke website kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Kemudahan yang akan didapatkan tidak hanya bisa diterima ketika kuliah saja. Pendaftaran UTBK bagi calon peserta yang menerima KIP Kuliah serta ADik pun bisa dilakukan secara gratis. Langsung saja masukkan NISN dan NPSN yang sudah dimiliki.

Setelah baca info penting mengenai SNMPTN, UTBK & SBMPTN 2020, persiapkanlah diri sebaik mungkin. Apabila ingin memilih kampus yang jauh dari tempat tinggal, gunakan aplikasi pencari kost terbaik Mamikos untuk memudahkan pencarian. dirimu tidak perlu datang langsung ke lokasi untuk survey harga dan fasilitas.
Aplikasi Mamikos memungkinkanmu untuk mencari hunian kost sekalipun jauh dari rumah. Bahkan, ada fasilitas room tour dan booking kost secara online. Dengan kemudahan tersebut, studimu di kampus favorit tidak akan mengalami kendala. Segera download aplikasi Mamikos di ponsel kesayanganmu dan dapatkan seluruh kemudahannya.

Klik dan dapatkan kost yang dirimu idamkan:


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close