Arus Bolak-Balik : Pengertian, Keuntungan, Dan Contoh Soalnya Lengkap

Arus Bolak-Balik : Pengertian, Keuntungan, Dan Contoh Soalnya Lengkap – Tahukah anda apa yang dimaksud dengan Arus Bolak-Balik ??? Jika anda belum mengetahuinya anda sempurna sekali mengunjungi gurupendidikan.com. Karena pada kesempatan kali ini akan membahas perihal pengertian Arus Bolak-Balik, laba Arus Bolak-Balik, dan kekurangan Arus Bolak-Balik Beserta pola soal Arus Bolak-Balik secara lengkap. Oleh alasannya ialah itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini

 Tahukah anda apa yang dimaksud dengan Arus Bolak Arus Bolak-Balik : Pengertian, Keuntungan, Dan Contoh Soalnya Lengkap

Pengertian Arus Bolak-Balik

Arus bolak-balik hanya pergerakan muatan listrik melalui media yang mengubah berubah arah secara berkala. Hal ini berbeda dengan arus searah (DC), di mana pergerakan muatan hanya dalam satu arah dan konstan. Arus (dalam ampere) ialah jumlah muatan listrik yang mengalir melewati suatu titik dalam waktu tertentu. Yang menggerakkan arus ialah gaya gerak listrik disebut tegangan (dalam volt). Jika arusnya bolak balik, maka tegangan juga harus bolak balik, polaritasnya berubah pada siklus teratur. Kaprikornus pengertian arus bolak balik ialah adalah arus yang polaritasnya berubah pada siklus yang teratur.


Keuntungan Arus Bolak-Balik

Keunggulan utama dari arus bolak balik ialah dalam hal transmisi listrik. Sejak awal, Tesla dan westinghouse menyadari bahwa biar tenaga listrik menjadi mudah maka harus sanggup ditransmisikan secara efisien dalam jarak yang jauh. Jaman itu, PLTA ialah pembangkit yang paling populer, sementara sumber air berada pada kawasan yang sangat jauh dari sentra beban yang memerlukan jalur transmisi yang panjang. Baik arus AC maupun DC sama-sama mempunyai tahanan yang menimbulkan daya hilang atau losses dalam proses penghantaran.

Jika dayanya sama, maka semakin tinggi arus maka akan semakin rendah arus yang lewat, semakin rendah arus yang lewat maka akan semakin rendah rugi-rugi daya yang hilang di penghantar. Para engineer awal ini menyadari bahwa untuk sanggup menghantarkan daya secara efisien dalam jarak yang jauh maka tegangan harus dinaikkan setinggi mungkin. Saat ini sudah banyak jalur transmisi yang mempunyai tegangan 500 kV atau setara 500.000 Volt. Menaikkan tegangan sebelum dikirim melalui jalur transmisi sanggup dilakukan dengan memakai trafo (transformer). Dengan trafo, sangat gampang menaikkan dan menurunkan tegangan. Sistem DC tidak bisa melaksanakan ini, dan itulajh keunggulan utama dari arus bolak balik.

Keuntungan berikut dari arus bolak balik ialah pembangkitannya. Salah satu inovasi paling penting dari final 1800-an ialah generator AC, yang merupakan desain yang sederhana yang dibentuk mudah oleh Westinghouse. Mekanikal; sistem dari generator DC jauh lebih rumit, dan kebanyakan DC ketika ini dihasilkan oleh baterai, sel surya, sel materi bakar, atau dengan mengkonversi AC ke DC.

Arus AC juga unggul dalam konsumsi daya. Mesin DC memerlukan sikat dan komutator untuk bekerja, sehingga menjadikannya kompleks dan sulit untuk pemeliharaan. Tesla mematenkan motor induksi AC mudah yang pertama. Kemudian general electric memproduksinya secara massal. Dalam waktu cepat mesin ini telah terpasang di pabrik, tambang dan pertokoan. Sekarang ini motor AC sudah dipakai di rumah tangga untuk pompa air dan pendingin.

Kelebihan lain dari arus bolak balik ialah penggunaannya untuk jenis-jenis lampu modern menyerupai lampu neon atau lampu CFL.


Contoh Soal Arus Bolak Balik

 Tahukah anda apa yang dimaksud dengan Arus Bolak Arus Bolak-Balik : Pengertian, Keuntungan, Dan Contoh Soalnya Lengkap

Dalam rangkaian AC menyerupai yang diperlihatkan pada gambar, R = 40Ω, Vm = 100 V, dan frekuensi generator f = 50 Hz. Dianggap tegangan pada ujung-ujung resistor VR = 0 ketika t = 0. Tentukan:

Loading...

a. arus maksimum,

b. frekuensi sudut generator,

c. arus melalui resistor pada t = 1/75 s

d. arus melalui resistor pada t = 1/150 s

Penyelesaian:

a. Rangkaian resistor murni, Im sanggup dicari dengan persamaan:

Im = Vm/R = 100/40 = 2,5 A

b. Frekuensi sudut anguler (ω)

ω = 2. π .f = 2. π .50 = 100 π

c. Untuk rangkaian resistor murni, tegangan sefase dengan arus, sehingga untuk V = Vm.sin ωt, maka I = Im.sin ωt. Persamaan arus sesaat yaitu:

I(t) = Im.sin ωt = 2,5 sin ωt

 Tahukah anda apa yang dimaksud dengan Arus Bolak Arus Bolak-Balik : Pengertian, Keuntungan, Dan Contoh Soalnya Lengkap

Itulah ulasan tentang Arus Bolak-Balik : Pengertian, Keuntungan, Dan Contoh Soalnya Lengkap Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Baca juga refrensi artikel terkait lainnya disini :

Loading...
loading...
close