Apa Itu Prodi, Kaprodi, Dekan, Rektor, Kajur dan Dospem Hingga Kating? Mahasiswa Baru Wajib Tahu!

Apa Itu Prodi, Kaprodi, Dekan, Rektor, Kajur dan Dospem Hingga Kating? Mahasiswa Baru Wajib Tahu! – SNMPTN, SBMPTN, dan beberapa Seleksi Mandiri tahun 2020 ini telah selesai dilaksanakan. Dari berbagai jalur penerimaan tersebut, masing-masing perguruan tinggi telah mengumumkan daftar peserta yang diterima menjadi mahasiswa baru di perguruan tinggi bersangkutan. Untuk menghadapi kehidupan sebagai mahasiswa baru, ada baiknya dirimu mempersiapkan diri dengan matang. Salah satunya adalah dengan mengetahui beberapa istilah perkuliahan yang berikut ini.

Informasi Terbaru Istilah Perkuliahan yang Wajib Diketahui Mahasiswa Baru

unsplash.com

Menjadi mahasiswa baru berarti dirimu akan menjalani kehidupan yang baru di lingkungan yang baru juga. Berbeda dari saat dirimu masih sekolah di bangku SMA atau SMK, ada beberapa hal yang harus dirimu pahami saat dirimu akan mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Ada beberapa istilah perkuliahan yang harus dirimu ketahui agar dirimu tidak salah paham saat dirimu harus mengurus sesuatu. Beberapa istilah perkuliahan yang mungkin harus dirimu ketahui adalah Prodi, Kaprodi, Dekan, Rektor, Kajur, Dospem, dan Kating seperti yang akan Mamikos jelaskan di bawah ini.

Istilah Perkuliahan Untuk Mahasiswa Baru

1. Prodi

unsplash.com

Istilah perkuliahan yang pertama harus dirimu ketahui adalah prodi. Prodi sendiri sebenarnya merupakan kepanjangan dari istilah program studi. Prodi adalah kesatuan rencana belajar yang digunakan sebagai pedoman jalannya pendidikan akademik yang penyelenggaraannya berdasarkan suatu kurikulum. Keberadaan prodi di suatu perguruan tinggi memiliki tujuan agar mahasiswa bisa menguasai suatu pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai dengan target kurikulum pendidikan yang digunakan.

dirimu mungkin bingung karena ada orang yang menyebut jurusan sementara dirimu memahaminya sebagai prodi. Pada dasarnya, prodi dan jurusan adalah hal yang sama dalam dunia perkuliahan. Namun, istilah prodi lebih umum digunakan di jenjang pendidikan tinggi dibandingkan dengan istilah jurusan.

2. Kaprodi

unsplash.com

Istilah perkuliahan yang kedua yang wajib dirimu ketahui sebagai mahasiswa baru adalah Kaprodi. Kepala Program Studi atau Kaprodi adalah pemimpin tertinggi di jurusan atau program studi yang juga biasanya dijabat oleh seorang dosen. Kaprodi juga bisa dirimu sebut sebagai Kajur atau Ketua Jurusan, tergantung istilah mana yang biasa digunakan oleh kampusmu.

3. Dekan

unsplash.com

Istilah perkuliahan yang harus dirimu ketahui selanjutnya adalah jabatan Dekan. Jika Kaprodi memimpin di tingkat program studi atau jurusan, Dekan merupakan pemimpin tertinggi yang berada di tingkat fakultas. Fakultas sendiri sebenarnya terdiri atas beberapa program studi yang berada di rumpun yang sama (misal Fakultas ISIPOL terdiri dari program studi Ilmu Hubungan Internasional, Sosiologi, Ilmu Pemerintahan, dan Ilmu Administrasi Negara).

Dekan sendiri merupakan jabatan yang bertanggung jawab dengan pelaksanaan pendidikan dan urusan-urusan lain yang ada di fakultas. Dalam menjalankan tugasnya, seorang Dekan biasanya dibantu oleh Wakil Dekan. Sama dengan Kaprodi, biasanya jabatan ini juga diisi oleh dosen yang berada di lingkup fakultas. Dekan biasanya memiliki kantor sendiri di tingkat fakultas yang disebut dengan Dekanat.

4. Rektor

unsplash.com

Istilah perkuliahan berikutnya yang wajib dirimu ketahui adalah istilah Rektor. Rektor adalah istilah yang umumnya merujuk kepada jabatan pemimpin perguruan tinggi baik itu di Indonesia dan beberapa negara lainnya. Seorang Rektor biasanya juga memiliki kantor sendiri seperti Dekan yang disebut dengan Rektorat.

Dalam menjalankan tugasnya, seorang Rektor pada umumnya dibantu oleh beberapa Wakil Rektor yang menangani bidang yang berbeda-beda. Misalnya ada Wakil Rektor bidang kemahasiswaan dan Wakil Rektor bidang pendidikan. Agar lebih mudah memahami, dirimu bisa menyamakan istilah Rektor dengan jabatan Kepala Sekolah saat dirimu masih mengenyam pendidikan sebelum berkuliah.

5. Kajur

unsplash.com

Seperti yang sudah Mamikos sebutkan di atas, istilah perkuliahan yang satu ini sama dengan Kaprodi. Istilah Kajur atau Kepala Jurusan sebenarnya masih sangat umum digunakan di beberapa perguruan tinggi tertentu. Sementara beberapa perguruan tinggi lainnya lebih sering menggunakan istilah Kaprodi untuk merujuk kepada jabatan dosen yang mengepalai sebuah jurusan atau program studi.

6. Dospem

unsplash.com

Istilah perkuliahan yang berikutnya yang juga harus dirimu ketahui adalah istilah Dospem. Dospem atau Dosen Pembimbing biasanya dibagi menjadi dua jenis, yaitu Dosen Pembimbing Akademik dan Dosen Pembimbing Skripsi atau Tugas Akhir. Dosen Pembimbing Akademik atau DPA merupkan dosen yang akan membantu dirimu untuk merencanakan studimu selama dirimu berkuliah. Dospem juga akan membantu setiap mahasiswa yang dibimbing untuk mengatur jadwal maupun mata kuliah yang akan diambil setiap semester.

Selain DPA, ada juga Dosen Pembimbing Skripsi yang memiliki peran yang sangat penting untuk kelulusan mahasiswa. Dospem Skripsi akan membimbing setiap mahasiswa untuk mengerjakan skripsi atau tugas akhir mulai dari awal hingga selesai. Dospem Skripsi biasanya akan memberikanmu arahan, kritik, dan masukan agar dirimu bisa mengerjakan skripsimu hingga lancar sampai akhir. Sehingga, ada baiknya jika dirimu rajin berkonsultasi dengan Dospem Skripsimu agar dirimu bisa menjalani pengerjaan skripsi dengan lancar.

7. Kating

unsplash.com

Istilah perkuliahan terakhir yang juga wajib dirimu ketahui sebagai mahasiswa baru adalah Kating. Pada dasarnya, kating adalah kakak kelas dirimu yang ada di lingkungan kampus. Kating sebenarnya bisa merujuk kepada kakak tingkat yang berada di lingkup jurusan atau program studi, fakultas, maupun tingkat universitas. Dengan mengenal para Kating, dirimu bisa banyak mendapat informasi tentang seluk beluk perkuliahan, mulai dari informasi tentang beasiswa sampai cara izin tidak masuk kuliah.

Jadi, bisa dikatakan bahwa Kating merupakan informan pertama yang akan dirimu temui untuk mengetahui bagaimana dunia perkuliahan yang akan dirimu jalani ke depannya. dirimu bisa berkenalan dengan Kating melalui beragam cara, baik itu melalui ospek maupun melalui organisasi mahasiswa yang sesuai dengan minatmu. Para Kating biasanya akan banyak membantumu dalam menghadapi dunia perkuliahan karena mereka telah terlebih dahulu merasakan asam garam dunia perkuliahan.

Istilah Perkuliahan Lain yang Wajib Diketahui Mahasiswa Baru

Selain istilah perkuliahan yang sudah Mamikos sebutkan di atas, ada beberapa istilah lain yang perlu dirimu ketahui. Berikut daftar lengkapnya.

  1. SKS: Sistem Kredit Semester, satuan beban studi yang dapat diambil seorang mahasiswa dalam mata kuliah.
  2. IP: Indeks Prestasi, sama seperti nilai akhir yang didapatkan di tiap semester dan biasanya memiliki skala nol (0) sampai empat (empat) di Indonesia.
  3. IPK: Indeks Prestasi Kumulatif, nilai kumulatif dari semester pertama hingga semester terakhir yang dihitung dengan menggabungkan semua IP dan dibagi dengan jumlah semester yang telah ditempuh.
  4. Cumlaude: Gelar yang diberikan kepada mahasiswa yang lulus tepat waktu dan memiliki IPK tinggi (biasanya di atas 3,50 untuk jenjang S1).
  5. KRS: Kartu Rencana Studi, kartu isian yang berisi rencana jumlah SKS yang diprogramkan untuk semester yang akan datang.
  6. KTM: Kartu Tanda Mahasiswa, kartu pengenal untuk para mahasiswa yang akan diberikan kepada mahasiswa setelah menyelesaikan proses registrasi secara lengkap.
  7. KKN: Kuliah Kerja Nyata, praktik langsung dan terjun ke masyarakat untuk mempraktikkan teori yang telah didapat di bangku kuliah.

Nah, itu tadi informasi yang bisa Mamikos sampaikan seputar beberapa istilah perkuliahan seperti Prodi, Kaprodi, Dekan, Rektor, Kajur, Dospem, dan Kating. Selain persiapan secara teknis yang harus matang, dirimu juga wajib mempersiapkan diri dengan pengetahuan-pengetahuan dasar seputar dunia perkuliahan seperti mengetahui arti dari istilah-istilah perkuliahan di atas. Tujuannya adalah agar dirimu bisa lebih mudah jika memiliki urusan dengan salah satu di antaranya. Semoga informasi ini bermanfaat! Untuk dirimu yang sedang bingung mencari tempat tinggal di dekat sekolah atau kampus idaman, dirimu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close