Alur dan Jadwal Pendaftaran SIMAK UI 2021/2022

Saat ini informasi tentang SIMAK UI memang banyak dicari di internet, terutama tentang Jadwal Pendaftaran SIMAK UI 2021. SIMAK UI atau Seleksi Masuk UI adalah ujian seleksi terpadu yang diadakan oleh pihak Universitas Indonesia khusus untuk calon mahasiswa yang ingin menempuh pendidikan di universitas ini. 

Salah satu syarat yang dibutuhkan untuk bisa mengikuti SIMAK UI adalah memiliki nilai UTBK. Untuk itu Anda harus mendaftar untuk ikut SBMPTN 2021. Sedangkan untuk nilai UTBK yang dipakai adalah tahun 2021. Sedangkan jika Anda tak memiliki nilai UTBK maka bisa mendaftar masuk UI dengan melalui jalur pendaftaran mandiri. 

Alur Pendaftaran dan Jadwal SIMAK UI Tahun Akademik 2021/2022

Ada ketentuan khusus yang diperuntukkan bagi peserta SIMAK UI untuk kesempatan memilih program studi yang ada di universitas. Bahwa setiap peserta SIMAK UI hanya memiliki kesempatan untuk memilih maksimal 6 program studi yang diinginkannya secara langsung. 

Ketentuan untuk memilih program studi pun ada tersendiri. Dimana untuk S1 reguler, S1 paralel dan program studi vokasi masing-masing ditentukan maksimal hanya 3 program studi saja. 

Sedangkan untuk memilih jenis program studi pun bisa dari kelompok jurusan IPA atau IPS seluruhnya, atau gabungan dari kedua kelompok yang ada. Lalu apa saja tahapan Jadwal Pendaftaran SIMAK UI 2021? Yuk simak ulasannya berikut ini. 

 1. Membuat akun

Untuk bisa mendaftar SIMAK UI Anda harus memiliki akun terlebih dahulu. Anda bisa mendapatkannya dengan mengunjungi laman website resmi milik UI yaitu penerimaan.ui.ac.id. Isi formulir menggunakan data Anda yang terbaru dengan teliti. Kemudian kirim untuk mendapatkan akun yang kemudian dipakai untuk mendaftar. 

2. Unggah foto

Untuk bisa mendaftar Anda juga memerlukan pas foto berwarna dengan ketentuan ukuran 4×6. Agar bisa mengunggahnya, Anda terlebih dahulu melakukan scan pada pas foto Anda tersebut sehingga saat dibutuhkan untuk diunggah Anda tinggal mencarinya di folder dalam komputer Anda. 

Sebaiknya gunakan pas foto yang terbaru, atau bisa juga dengan menggunakan pas foto yang digunakan pada ijazah SMA Anda. Foto nanti akan terpasang di kartu yang memuat Jadwal Pendaftaran SIMAK UI 2021.

 3. Mendaftar SIMAK UI

Tahapan berikutnya adalah dengan melakukan pendaftaran SIMAK UI setelah sebelumnya log in terlebih dahulu dengan menggunakan username dan password dari akun yang sudah Anda buat di tahapan awal. 

Buka menu Buat Pendaftaran lalu isi formulir yang sudah tersedia dengan baik dan benar. Agar supaya isian formulir Anda benar, sebelumnya persiapkan terlebih dahulu data dan berkas yang dibutuhkan untuk pengisian formulir pendaftaran. 

 4. Verifikasi pendaftaran

Langkah ini dilakukan untuk memastikan bahwa isian formulir yang Anda lakukan pada saat pendaftaran sudah benar. Selain itu, pada saat formulir diisi, Anda juga sudah diberi tahu tentang rincian biaya yang harus ditanggung selama pendidikan. Verifikasi memastikan Anda sudah mengetahui info tersebut. 

 5. Unggah berkas pendaftaran

Kemudian tahapan berikutnya adalah untuk mengunggah berkas pendaftaran yang harus dilampirkan dalam Jadwal Pendaftaran SIMAK UI 2021. Agar supaya proses unggah berkas berjalan lancar, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Diantaranya adalah untuk mempersiapkan berkas yang diminta dan melakukan scan dengan baik.

Kemudian tips yang kedua adalah lakukan unggah berkas dengan kualitas jaringan yang bagus. Jangan sampai berkas Anda ternyata tak terunggah hanya karena kualitas jaringan yang buruk. 

 6. Bayar biaya pendaftaran

Untuk melakukan pembayaran biaya pendaftaran SIMAK UI Anda bisa melakukannya via transfer ATM. Saat ini untuk melakukan pembayaran pendaftaran melalui bank yang ditunjuk bisa dilakukan dengan menggunakan nomor virtual account yang diberikan pada saat pendaftaran. 

Masing-masing calon mahasiswa akan mendapatkan nomor virtual accountnya sendiri yang bisa dipakai untuk melakukan transfer sesuai dengan nominal yang telah ditentukan. Jangan lupa untuk menyimpan bukti struk transfer yang akan diupload agar supaya Anda bisa mendapatkan kartu dan jadwal ujian SIMAK UI nanti. 

 7. Download kartu ujian

Sekarang yang perlu Anda lakukan adalah tinggal mengunduh kartu ujian SIMAK UI milik Anda. Untuk bisa mendapatkannya Anda perlu terlebih dahulu mengirimkan struk bukti transfer biaya pendaftaran yang sudah Anda lakukan. 

Jika Anda membayar dengan menggunakan slip transfer langsung di bank, maka lampirkan saja foto slip tersebut. Setelah diverifikasi barulah Anda bisa mengunduh kartu dan jadwal ujian milik Anda untuk mengikuti SIMAK UI. 

 8. Ikuti ujian SIMAK UI

Dalam kartu ujian akan tercantum Jadwal Pendaftaran SIMAK UI 2021 dan nama Anda sebagai peserta SIMAK UI. Perhatikan dengan baik dan benar agar supaya Anda bisa mengikuti ujian SIMAK UI sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dengan baik dan benar. 

 9. Tunggu pengumuman

Setelah Anda mengikuti ujian SIMAK UI sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh pihak Universitas Indonesia. Berikutnya adalah untuk sabar menunggu pengumuman dari pihak Universitas Indonesia terkait ujian SIMAK UI yang sudah Anda kerjakan. 

Ketentuan Ikut SIMAK UI Secara Online di Masa Pandemi

Selama masa pandemi, ada beberapa ketentuan khusus yang diterapkan terkait ujian SIMAK UI. Setelah kemarin jadwal yang sudah dibagikan ditunda sementara, kini ujian SIMAK UI sudah siap untuk diselenggarakan. Setelah kartu ujian diunduh, berikutnya Anda bisa mengetahui info tentang waktu dan lokasi ujian di dalam kartu ujian tersebut. Dan juga dalam akun pendaftaran disebutkan beberapa informasi awal terkait ujian SIMAK UI yang akan diselenggarakan. 

Info yang pertama adalah bahwa perangkat ujian yang harus dipersiapkan adalah seperangkat laptop dengan kamera atau komputer desktop dengan webcam, tablet dan HP. Sedangkan untuk aplikasi yang dibutuhkan adalah aplikasi Chrome atau Firefox. 

Jangan lupa untuk menonaktifkan fitur adds on atau aplikasi lain yang terpasang di browser agar supaya ujian Anda bisa berlangsung dengan lancar tanpa gangguan. Kemudian atur waktu dan tanggal yang ada di perangkat laptop atau komputer yang Anda gunakan agar supaya sesuai dengan jadwal ujian yang akan Anda tempuh nanti. 

Sebaiknya pastikan koneksi internet yang Anda miliki memiliki kualitas jaringan yang bagus. Pihak universitas sudah menyatakan tak akan bertanggung jawab jika ujian gagal dilakukan hanya karena kualitas jaringan yang buruk. 

Pun demikian dengan kualitas koneksi perangkat gadget yang dipakai. Tak diterima alasan dimana ujian tak bisa dilakukan hanya karena perangkat gadget yang dipakai ternyata loading lama atau rusak saat dipakai. Untuk itu dianjurkan untuk memiliki cadangan perangkat gadget saat ujian dilakukan. 

Pengawasan ujian akan dilakukan dengan menggunakan kamera yang ada di laptop atau komputer. Peserta ujian harus mengerjakan ujian dalam ruangan sendiri tanpa ada orang lain di ruangan tersebut. Peserta juga tidak diperbolehkan untuk bertanya atau membuka buku dan referensi lainnya guna membantu ujian yang sedang dilakukan. 

Baca juga :

  1. Tata Cara Pendaftaran SIMAK UI Lengkap dengan Pembayaran
  2. Pendaftaran SIMAK UI 2021/2022 (Vokasi D3, S1 Dan S2)
  3. Jadwal Lengkap Pendaftaran SIMAK UI, PPKB dan TS 2021
  4. Cara Daftar SIMAK UI Menggunakan KIP Kuliah
  5. Cara Cetak Kartu Peserta SIMAK UI 2020/2021

Selama ujian peserta ujian harus selalu terhubung dengan internet. Dan ujian hanya bisa dilakukan dalam satu kali dalam waktu selama ujian tersebut berlangsung. Sekian ulasan lengkap tentang Jadwal Pendaftaran SIMAK UI 2021, alur dan jadwal lengkapnya untuk bisa Anda jadikan tambahan informasi.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: 

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya 

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close