Alffy Rev dan Launchpad yang Mengubah Hidupnya

Alffy Rev atau yang bernama asli Awwalur Rizqi al-Firori merupakan pemuda kelahiran Trawas, Mojokerto, 18 Juni 1995. Alffy Rev adalah seorang YouTuber, komposer, produser musik dan sinematografer. Ia menempuh pendidikan formal di jurusan seni musik SMKN 9 Surabaya. Ia sempat melanjutkan pendidikannya di sekolah tinggi multimedia, meski ia tak menyelesaikan studinya tersebut karena kendala biaya. Ia harus memilih antara membayar kuliah atau membeli launchpad. Ia akhirnya membeli launchpad yang bisa mengubah kehidupannya, ia yakin bisa hidup sebagai pemusik setelah mengenal alat tersebut. Melalui karya-karyanya yang berkualitas, ia mengedepankan nilai luhur nasionalisme dan budaya daerah.

Alffy menemukan identitas bermusik lewat kombinasi digital dan tradisional. Pada setiap karyanya, ia selalu mengangkat kesenian lokal. Namun ia tidak menutup diri hanya seputar seni tradisional Jawa, karena ia masih mempelajari budaya Nusantara daerah lain. Alffy Rev selalu memasukkan lagu-lagu nasional Indonesia dan unsur musik dari sejumlah suku di Indonesia, seperti Bali dan Batak yang relevan dengan musik zaman sekarang. Dia memasukkan musik elektronik (EDM) dan unsur musik tradisional ke dalam lagu-lagu nasional Tanah Air.

Alffy Rev mulai dikenal oleh masyarakat sejak mengaransemen lagu ‘Indonesia Raya’. Aransemen tersebut sempat menimbulkan kontroversi di tengah masyarakat Indonesia. Dalam karyanya, Alffy menggabungkan unsur Electronic Dance Music (EDM) dengan instrumen gamelan saat menggubah lagu Indonesia Raya. Meskipun telah banyak ditonton hingga jutaan viewers, video aransemen lagu tersebut dianggap telah mengubah nilai-nilai moral yang terdapat dalam lagu aslinya. Lagu kebangsaan Indonesia Raya yang diaransemen oleh Alffy Rev menuai pro dan kontra. Ada yang mendukung dan ada pula yang meminta musisi muda tersebut untuk menghapus lagunya karena tidak sesuai dengan UU No 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan.

Alffy menegaskan bahwa alam dan budaya Indonesia tidak bisa lepas dari idealisme karyanya. Nasionalisme yang ia bawa sebisa mungkin akan selalu ditanamkan melalui kampanye karyanya. Tantangan yang ia hadapi yaitu ingin mengemas satu per satu budaya dan alam Indonesia dalam balutan seni audio-visual. Tidak berhenti di dunia musik, Alffy juga menggeluti bidang sinematografi. Beberapa karya sinematografinya ia wujudkan dalam visualisasi video klip karyanya sendiri.****

(Kampus Center dari beberapa sumber)

Sumber: Kampuscenter.com

Loading...
loading...
close