Ada Bocoran Hasil SNMPTN 2021? Cek Faktanya di Sini

Ada Bocoran Hasil SNMPTN 2021? Cek Faktanya di Sini – Pendaftar jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 pastinya sudah tidak sabar menantikan pengumuman. Seleksi yang tidak dilakukan dengan sistem tes tertulis ini membuat banyak orang penasaran pada hasilnya.

Fakta Bocoran Hasil SNMPTN Tahun 2021

https://unsplash.com/photos/fotKKqWNMQ4

Jika dirimu termasuk salah satu siswa yang dinyatakan eligible atau layak mendaftar SNMPTN 2021, dirimu bisa bernafas sedikit lega. Sebab, mengikuti seleksi SNMPTN 2021 memungkinkanmu untuk tidak menjalani tes tulis yang mendebarkan. Selain itu, peserta masuk Perguruan Tinggi dari jalur SNMPTN pun tidak sebanyak peserta seleksi UTBK – SBMPTN. Semua sistem seleksi masuk Perguruan Tinggi dapat dilakukan secara online, sehingga dirimu sebagai pendaftar tidak perlu mendatangi kampus tujuan.

Para pendaftar SNMPTN pastinya akan dibuat penasaran dengan hasil seleksinya. Sebab, tidak ada yang tahu jumlah pendaftar suatu program studi atau jurusan di kampus. Tidak ada juga yang mengetahui nilai rapor masing-masing pendaftar. Inilah yang membuat jalur SNMPTN tetap menegangkan meskipun dilakukan tanpa seleksi tertulis. Berikut ini adalah informasi fakta-fakta tentang SNMPTN hingga informasi bocoran hasil SNMPTN 2021 yang perlu dirimu ketahui.

1. Tidak Semua Siswa Bisa Mendaftar SNMPTN 2021

https://unsplash.com/photos/IAXBj6u54nU

Jalur SNMPTN terbilang jalur istimewa karena hanya siswa-siswi pilihan saja yang bisa mengikutinya. Siswa sekolah menengah tidak dapat mengajukan diri untuk bisa mengikuti SNMPTN. Pihak sekolah lah yang akan menyeleksi siswa-siswi eligible atau dinyatakan layak dengan melihat nilai rapor dan prestasi lainnya. Kebijakan untuk mengirimkan siswa-siswi terbaik dimiliki oleh sekolah. Pihak sekolah tidak bisa mengirimkan seluruh siswa-siswinya sekalipun sekolah tersebut adalah sekolah favorit.

Sudah ada ketentuan pengiriman siswa eligible mengacu pada akreditasi masing-masing sekolah. Bagi sekolah yang sudah terakreditasi A, saat pendaftaran SNMPTN sekolah dapat mengirimkan 40 persen siswa siswi terbaiknya. Peluang ini sangat menguntungkan pelajar di sekolah tersebut. Sekolah yang mendapatkan akreditasi B pun bisa mengirimkan siswa-siswinya untuk mendaftar SNMPTN dengan kuota 25 persen. Adapun sekolah yang terakreditasi C atau sekolah yang belum terakreditasi juga berkesempatan mengirimkan 5 persen siswa-siswinya.

2. Biaya Mengikuti SNMPTN 2021 Gratis

unsplash.com

Peserta yang mengikuti jalur SNMPTN tahun 2021 tidak dikenakan biaya pendaftaran sama sekali atau gratis. Tentu ini menjadi kelebihan tersendiri. Jika mendaftar melalui jalur lainnya, siswa akan dikenakan biaya pendaftaran sesuai kelompok yang dipilih (saintek atau soshum). Biaya pendaftaran masuk Perguruan Tinggi melalui seleksi nasional besarannya sudah ditentukan agar seragam. Namun, biaya seleksi jalur mandiri di kampus-kampus negeri ataupun swasta tidak sama. dirimu perlu mencari tahu biaya seleksi mandiri apabila berencana mengikutinya.

3. Pendaftar SNMPTN 2021 Bisa Bebas Biaya Kuliah

unsplash.com

Apakah pendaftar SNMPTN 2021 juga dibebaskan biaya kuliah?. Pastinya dirimu yang ingin kuliah secara gratis akan mencari informasi terkait biaya studi. Sebab, ada jurusan yang dibuka saat pendaftaran SNMPTN 2021 dan jurusan tersebut terkenal mahal.

Apabila ingin mendapatkan biaya kuliah gratis setelah dinyatakan diterima SNMPTN 2021, cobalah untuk mendaftar Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Selama menempuh studi, pemerintah akan memberikan bantuan studi dan biaya hidup bagi pemegang kartu tersebut. Besaran bantuan bervariasi berdasarkan jenjang yang dipilih dan masa studinya.

Perlu dirimu ketahui bahwa pendaftar KIP Kuliah harus berasal dari kalangan ekonomi kurang mampu yang berprestasi. Jadi, pendaftar KIP K tidak akan diterima begitu saja tetapi harus melalui seleksi berkas dan verifikasi oleh panitia. Apabila dirimu tidak memenuhi persyaratan penerima KIP Kuliah, masih ada alternatif mencari beasiswa selama menempuh studi di Perguruan Tinggi nanti.

4. Terdapat Aturan Dalam Memilih Lokasi Kampus Tujuan

unsplash.com

Pemilihan program studi atau jurusan pada jalur SNMPTN tidak sebebas pada seleksi jalur tulis atau jalur mandiri. dirimu akan diberikan kesempatan untuk memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN berbeda. Namun, jika dirimu memilih dua program studi, maka salah satu lokasi PTN program studi tersebut harus sesuai dengan asal SMA/SMK/MA pendaftar. Misalnya dirimu berasal dari Bandung maka salah satu program studi harus di kampus yang terdapat di Bandung. Ketentuan tersebut tidak berlaku apabila dirimu hanya memilih satu program studi. Jika memilih satu program studi, dirimu akan dibebaskan memilih kampus di lokasi mana pun.

Kesempatan mendaftar SNMPTN 2021 juga lebih besar bagi siswa SMK. Pada SNMPTN 2021, terdapat banyak pilihan politeknik yang menawarkan program studi jenjang D4. Nantinya lulusan akan mendapatkan gelar Sarjana Sains Terapan. Pendaftar dari SMK juga bisa memilih program studi tertentu yang mensyaratkan jurusan dari SMK atau latar belakang siswa dari SMK.

5. Tidak Ada Informasi Hasil Sebelum Pengumuman Resmi

unsplash.com

Sudah mendapatkan hasil seleksi SNMPTN sebelum pengumuman resmi? Berhati-hatilah karena informasi tersebut tidak bisa dipercaya sepenuhnya. Pihak kampus akan menjaga kerahasiaan calon mahasiswa yang diterima. Jadi, pengumuman diterima atau tidaknya pendaftar di kampus tujuan hanya bisa diketahui tanggal 22 Maret 2021 melalui website resmi. Jangan percaya pada informasi yang beredar tentang hasil seleksi SNMPTN yang dapat diakses lebih awal, apalagi jika ada syarat harus membayar atau mengirimkan dokumen tertentu. Jadi, tidak ada bocoran pada SNMPTN 2021.

6. Hasil SNMPTN Bisa Diakses Melalui Laman Mirror

unsplash.com

Bagaimana cara mengakses pengumuman SNMPTN 2021? Pendaftar bisa mengakses pengumuman kelulusan dari rumah masing-masing berbekal gadget dan koneksi internet. Alamat yang dapat diakses adalah https://portal.ltmpt.ac.id. Ketika pengumuman SNMPTN dirilis, biasanya website yang digunakan akan menjadi down karena jumlah pengakses yang melebihi batas. Oleh karena itu, dirimu bisa menggunakan laman mirror atau website alternatif untuk melihat pengumuman kelulusan SNMPTN 2021. Berdasarkan data tahun 2020, laman mirror dari PTN yang dapat diakses antara lain:

  1. Link mirror Institut Pertanian Bogor (IPB): http://snmptn.ipb.ac.id
  2. Link mirror Institut Teknologi Bandung (ITB): http://snmptn.itb.ac.id
  3. Link mirror Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS): http://snmptn.its.ac.id
  4. Link mirror Universitas Airlangga (UNAIR): http://snmptn.unair.ac.id
  5. Link mirror Universitas Andalas (UNAND): http://snmptn.unand.ac.id
  6. Link mirror Universitas Diponegoro (UNDIP): http://snmptn.undip.ac.id
  7. Link mirror Universitas Gadjah Mada (UGM): http://snmptn.ugm.ac.id
  8. Link mirror Universitas Hasanuddin (UNHAS): http://snmptn.unhas.ac.id
  9. Link mirror Universitas Indonesia (UI): http://snmptn.ui.ac.id
  10. Link mirror Universitas Sriwijaya (UNSRI): http://snmptn.unsri.ac.id
  11. Link mirror Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH): http://snmptn.unsyiah.ac.id
  12. Link mirror Universitas Tanjungpura (UNTAN): http://snmptn.untan.ac.id

7. Pendaftar yang Diterima SNMPTN Tidak Bisa Mendaftar SBMPTN

Pertimbangkan baik-baik pemilihan program studi saat SNMPTN 2021. Apabila dirimu diterima di program studi tujuanmu dan sudah menyelesaikan seluruh proses daftar ulang serta pemberkasan, dirimu akan dinyatakan resmi sebagai mahasiswa kampus tujuan. Hal ini menyebabkan dirimu tidak akan diizinkan untuk mengikuti UTBK, sehingga kesempatanmu untuk mengikuti SBMPTN menjadi gugur. Jadi, jangan coba-coba memilih program studi yang tidak disukai.

Setelah membaca fakta-fakta terkait bocoran hasil SNMPTN 2021, semoga dirimu bisa lebih bijak dalam menanggapi pemberitaan terkait hasil SNMPTN. Pastikan bahwa sumber informasi tentang SNMPTN yang dirimu dapatkan resmi dari penyelenggara SNMPTN atau dari panitia LTMPT. Saat ini akses terhadap informasi bisa diperoleh dari website resmi, laman media sosial, atau melalui email. Semoga bermanfaat.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close