9 Persiapan Diri Untuk Mulai Kuliah Saat New Normal

9 Persiapan diri untuk mulai kuliah saat new normal – Pandemi Covid-19 masih belum berakhir. Selama masa pandemi, terdapat banyak penyesuaian yang dilakukan, baik dalam bidang ekonomi maupun bidang pendidikan. Jika sebelum pandemi kegiatan studi atau perkuliahan dilakukan dengan sistem tatap muka, saat pandemi berlangsung kegiatan kuliah dilakukan dengan daring. Perkembangan kondisi Covid-19 yang sudah mulai membaik di beberapa wilayah menjadi alasan adanya pemberlakukan new normal.

Persiapan Kuliah Mahasiswa Saat New Normal

pixabay.com

Kebiasaan para mahasiswa saat new normal dan sebelum pandemi akan sangat berbeda. Ada protokol kesehatan yang wajib dipatuhi untuk meminimalisir penularan Covid-19. Sebagai mahasiswa yang akan menjalani studi saat new normal, terdapat persiapan khusus yang perlu dilakukan. Persiapan tersebut perlu diterapkan ketika mahasiswa berada di dalam kelas saat perkuliahan maupun saat berinteraksi dengan mahasiswa lainnya. Benda-benda penting yang wajib dibawa mahasiswa saat new normal diantaranya adalah.

1. Hand Sanitizer

Persiapan pertama yang harus dibawa mahasiswa saat new normal adalah hand sanitizer. Ketika berada di tempat yang tidak menyediakan area cuci tangan, anda bisa menggunakan hand sanitizer tersebut. Pilih hand sanitizer berukuran kecil yang bisa dibawa kemana pun, sehingga lebih praktis. Gantungkan pada tas atau letakkan pada bagian yang mudah dijangkau.

Saat ini, terdapat banyak pilihan jenis hand sanitizer, mulai dari yang berbentuk gel hingga yang berbentuk cair. Pilih hand sanitizer sesuai kebutuhanmu. Apabila anda ingin praktis, gunakan hand sanitizer cair yang dimasukkan ke dalam botol spray. Dengan demikian, anda dapat menyemprotkannya pada area meja, kursi, atau tempat-tempat yang berpotensi dipegang banyak orang.

Wangi hand sanitizer yang bervariasi pun bisa menjadi pertimbanganmu sebelum membeli. Pastinya anda akan semakin bersemangat menjaga kebersihan jika hand sanitizer pilihanmu harum. Namun, sebelum membeli hand sanitizer, perhatikan kandungan alkohol di dalamnya. anda juga perlu memperhatikan kondisi kulitmu karena seringkali hand sanitizer membuat kulit menjadi kering.

2. Masker

pixabay.com

Jangan lupa untuk memakai masker kemana pun anda berada. Masker dipercaya mampu mencegah penularan Covid-19 karena meminimalisir percikan droplets ketika berbicara. Hindari melepas masker di tempat umum atau di tempat orang berkerumum. Sebisa mungkin jangan lepaskan masker ketika sedang berbicara dengan orang lain.

Adanya berbagai jenis masker di pasaran tidak akan membuatmu mati gaya. Sebagai mahasiswa, tentu memakai masker standar atau masker medis akan membuat bosan. Untunglah saat ini sudah tersedia masker fashion yang bisa anda padukan dengan pakaian kuliah sehingga tetap modis. Sebelum membeli masker, anda perlu mengecek ketahanan masker dan cara perawatannya agar tetap awet.

3. Face Shield

eddies.com

Perlengkapan mahasiswa di masa new normal yang diwajibkan Perguruan Tinggi salah satunya adalah face shield. anda bisa mendapatkannya dengan mudah secara offline di apotek atau toko kesehatan maupun secara online. Pilihlah face shield yang nyaman dan tidak terlalu kencang. Untuk menyimpan face shield, anda perlu berhati-hati agar mika bagian depan tetap bening dan tidak tergores.

4. Tisu

Bawalah tisu untuk mengelap bagian yang berpotensi disentuh banyak orang. Tisu juga bisa anda gunakan untuk mengeringkan tangan setelah mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. Jagalah tangan agar tetap kering menggunakan tisu dibandingkan kain lap. Tidak perlu khawatir barang bawaan kuliah akan menjadi berat karena saat ini ada banyak jenis tisu berukuran kecil yang dijual.

5. Sarung Tangan

Menjaga kebersihan tangan selama masa pandemi sangat penting untuk dilakukan. Sebab, Covid-19 dapat menular karena seseorang memegang area wajah, mata, mulut, dan hidung. Dengan memakai sarung tangan, anda bisa menjaga diri untuk tidak menyentuh area pada wajah. Sarung tangan juga akan melindungimu ketika harus berinteraksi secara fisik dengan banyak orang, misalnya bersalaman.

Namun, perlu anda perhatikan bahwa pemakaian sarung tangan yang tidak tepat justru akan meningkatkan risiko penularan. Pelajari cara memakai dan melepas sarung tangan dengan benar agar anda tidak tertular. Jangan menyentuh kembali bagian luar sarung tangan ketika melepasnya karena virus bisa menempel kembali ke tangan.

6. Alat Tulis Pribadi

pixabay.com

Mahasiswa seringkali lupa atau malas membawa alat tulis ketika kuliah dan lebih memilih untuk meminjam. Namun, pada saat new normal, usahakan untuk tidak meminjam alat tulis, baik pulpen maupun penghapus pada teman kuliah. Bawalah alat tulis sendiri meskipun hanya sedikit. Saling meminjamkan barang akan meningkatkan risiko penularan, apalagi anda tidak tahu aktivitas yang dilakukan temanmu.

7. Alat Makan Pribadi

pixabay.com

Kondisi tempat makan pada masa new normal berangsur-angsur pulih seperti biasa. Namun, hal tersebut tidak boleh membuatmu lengah dan malas untuk menerapkan protokol kesehatan. Ketika berada di kampus atau area sekitarnya dan ingin makan, gunakan alat makan pribadi. Terdapat alat makan praktis, misalnya sendok dan garpu dari bahan plastik yang dijual bersama kotak penyimpannya. Dengan membawa alat makan pribadi, risiko penularan virus dari alat makan dapat diminimalisir.

Tetap berhati-hatilah ketika memutuskan untuk makan di luar bersama teman-teman. Terapkan protokol kesehatan dan jaga jarak di tempat makan. Jika ingin bercanda atau mengobrol dalam waktu lama, anda perlu melihat situasi dan kondisi. Jangan sampai anda justru berlama-lama di tempat makan saat tempat tersebut sedang penuh. Apabila memungkinkan, sebaiknya anda membungkus makanan dan memakannya di kost atau di rumah agar lebih aman.

8. Botol Minum

reviewed.com

Jagalah kesehatan tubuh dengan minum dalam jumlah yang cukup. Namun, selama masa new normal, anda perlu membawa botol minum sendiri. Jangan sampai bergantian minum dengan satu botol yang sama dengan teman. Risiko penularan virus melalui minuman tentu sangat tinggi. Jadi, anda perlu berjaga-jaga dengan senantiasa mengisi botol minum dan membawanya kemana pun saat pergi. Selain lebih aman, anda juga dapat menghemat pengeluaran untuk membeli minuman di luar.

9. Alat Ibadah

Bagi mahasiswa muslim, perkuliahan yang dilakukan seharian seringkali melewati waktu beribadah. Persiapan yang bisa dilakukan saat kuliah adalah dengan membawa alat ibadah sendiri. Lakukan ibadah di tempat yang besar dengan menerapkan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak. Adanya masjid kampus atau mushola berukuran besar bisa menjadi tempat tujuan untuk menunaikan ibadah. Hindari beribadah di tempat yang sempit, apalagi sampai harus berkerumun.

Demikian informasi 9 persiapan diri untuk mulai kuliah saat new normal sebagai referensimu sebelum perkuliahan tatap muka dimulai. Sebagai mahasiswa, bukan tidak mungkin anda tetap tampil gaya meskipun kondisi di luar masih dalam masa pandemi. Carilah perlengkapan kuliah di tempat fashionable dengan harga terjangkau. Untuk memudahkan pencarian, anda dapat membeli perlengkapan kuliah new normal di marketplace pilihanmu tanpa perlu datang langsung ke lokasi.

Jangan lupa pula mencari hunian kost nyaman dekat kampus agar mobilitas selama new normal semakin lancar. Adanya aplikasi pencari kost Mamikos menjadi solusi bagi anda yang ingin survey lokasi namun terkendala waktu dan biaya. Mamikos memungkinkanmu melakukan booking kost secara online dan melakukan pembayaran, sehingga kost sudah siap huni ketika anda tiba. Segera download aplikasi Mamikos di ponselmu untuk mendapatkan kost terbaik sekarang juga.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close