9 Materi UTBK TPS Pengetahuan Kuantitatif yang Sering Keluar

Materi Pengetahuan Kuantitatif pada Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) adalah poin ke-4 dari Tes Potensi Skolastik (TPS) yang diuji dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi negeri (SBMPTN) dan ujian mandiri yang diselenggarakan oleh masing-masing universitas negeri. Tiga pokok materi lain adalah Pemahaman Bacaan dan Menulis, Penalaran Umum, dan Pengetahuan dan Pemahaman Umum. Dalam 1 materi Pengetahuan Kuantitatif, ada beberapa sub materi yang besar kemungkinannya untuk diuji dalam seleksi. Oleh karena itu, materi ini baik untuk dipersiapkan menjelang hari ujian berlangsung oleh para peserta yang ingin melanjutkan studinya di perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia.

Informasi Materi UTBK TPS Pengetahuan Kuantitatif yang Sering Diuji

pexels.com

Pada dasarnya, TPS Pengetahuan Kuantitatif digunakan untuk mengukur kemampuan peserta dalam memahami soal matematika dasar. Pola soal yang diberi pun juga beragam, mulai dengan soal cerita, gambar, dan data yang harus diolah menjadi angka dan fakta yang benar. Oleh karena itu, materi TPS yang satu ini sering menjadi perhatian para pejuang PTN karena butuh pemahaman ekstra. Supaya calon peserta UTBK lebih mudah untuk berkenalan dengan tipe soal, anda bisa mulai dengan perkenalan dengan nama-nama materi yang selalu diuji di TPS bagian Pengetahuan Kuantitatif. Hal ini dilakukan supaya anda tau rumus apa yang seharusnya dipakai untuk memecahkan persoalan yang diuji di lembar soal.

1. Garis dan Program Linear

Soal TPS Pengetahuan Kuantitatif jenis Garis dan Program Linear ini banyak digunakan untuk pelajaran yang berkaitan dengan ekonomi, pertanian, dan perdagangan. Inti dari soal ini adalah menghitung biaya minimum atau keuntungan maksimum. Oleh karena itu, soal yang diberikan lebih seperti pemecahan kasus pada para pedagang dan pemilik industri. Ada tahapan yang bisa dipakai untuk menjawab soal garis dan program linear:

  1. Mengubah soal menjadi bentuk matematika.
  2. Dengan model matematika, dapat membentuk sistem pertidaksamaan dan fungsi tujuan.
  3. Menggambar grafik dengan menentukan titik-titik potong grafik.
  4. Menghitung nilai fungsi berdasarkan titik-titik potongan.
  5. Program linear telah selesai berdasarkan nilai fungsi.

Contoh soal Garis dan Program Linear

Seorang penjahit mempunyai persediaan 4 m kain wol dan 5 m kain satin. Dari kain tersebut akan dibuat 2 model baju. Baju pesta 1 memerlukan 2 m kain wol dan 1 kain satin, sedangkan baju pesta II memerlukan 1 m kain wol dan 2 m kain satin. Baju pesta I dijual dengan harga Rp600.000,- dan baju pesta II dijual dengan harga Rp500.000,-. Jika baju pesta tersebut dijual, hasil penjualan maksimum penjahit tersebut adalah…

  1. Rp1.800.000,-
  2. Rp1.700.000,-
  3. Rp1.600.000,- 
  4. Rp1.250.000,-
  5. Rp1.200.000,-

2. Matriks

Setiap tahun, soal tentang Matriks pasti keluar. Bentuk soalnya adalah yang sekumpulan angka yang dikemas menjadi persegi panjang dan diberi kurung biasa atau kurung siku. Sebenarnya, materi yang bilangannya diberi nama entri atau elemen ini cara menjawabnya simpel. Uniknya, materi ini juga bisa dikaitkan dengan materi matematika dasar lainnya seperti bentuk akar dan eksponen.

Contoh soal Matriks:

3. Invers dan Fungsi Komposisi

Sebenarnya, pengertian Invers dan Fungsi Komposisi bisa dipecah lagi supaya bisa dibedakan, yaitu invers artinya kebalikan, komposisi artinya gabungan, dan fungsi artinya hubungan. Dalam konteks sehari-hari, anda akan menemuinya saat membahas tentang aljabar. anda juga akan menemui peraturan-peraturan fungsi invers dan fungsi komposisi yang sebenarnya bisa anda cerna untuk menjawab soal TPS Pengetahuan Kuantitatif. Beberapa soal UN juga memasukkan materi ini di dalam kisi-kisinya.

Contoh soal Invers dan Fungsi Komposisi:

4. Persamaan dan Pertidaksamaan

Penggunaan materi persamaan dan pertidaksamaan juga sering ditemukan dalam pelajaran fisika, kimia, geografi, ekonomi, dan sejenisnya. Kedua istilah ini mempunyai karakteristiknya masing-masing. Untuk persamaan, di dalam rumus biasanya menggunakan banyak tanda sama dengan =. Sedangkan pertidaksamaan, pasti rumusnya menggunakan tanda besar >, kecil <, dan sejenisnya. Yuk, kita lihat contoh soalnya.

Contoh soal Persamaan:

Contoh soal Pertidaksamaan:

5. Bunga dan Diskon

Materi Bunga dan Diskon juga dekat penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Ada juga yang menyebut materi ini dengan sebutan Aritmatika Sosial. Pada soal yang akan ditemui, bisa saja anda disuruh mencari untung dan rugi setelah menabung selama n tahun. Ada juga soal yang menanyakan harga jual atau beli sebuah barang dari sebuah toko. 

Contoh soal Bunga dan Diskon:

Sebuah toko elektronik menjual televisi dan memperoleh keuntungan 25%. Jika harga beli televisi tersebut Rp3.600.000,-, maka harga jualnya adalah…

  1. Rp3.700.000,-
  2. Rp4.250.000,-
  3. Rp4.050.000,-
  4. Rp4.500.000,-

6. Pola Bilangan

Soal yang satu ini sering ada di nomor urut pertama, baik di buku soal belajar materi TPS atau di kertas soal try out UTBK. Hal ini dikarenakan soal yang akan anda hadapi tergolong mudah dan cepat untuk diselesaikan. Untuk menemui angka yang tepat, anda hanya perlu mencari pola; apakah dengan kali, bagi, tambah, atau kurang dan dengan cara lompat berapa angka, dan masih banyak lagi. Soal ini sebaiknya yang anda kerjakan duluan kalau anda menemuinya di lembar soal nanti.

Contoh soal Pola Bilangan:

x, 12, 2, 8, -2, -4, y…. Nilai yang tepat untuk menggantikan x dan y adalah:

  1. 3 dan -3
  2. 6 dan -6
  3. 9 dan -9
  4. 12 dan -12
  5. 15 dan -15

7. Pecahan

Faktanya, anda sering menemui penggunaannya di kehidupan nyata. Contoh gampangnya adalah saat anda membeli sesuatu setengah atau 1 per 8, dan semacamnya. Dalam matematika, hal ini ada penyelesaiannya tersendiri. Juga dalam soal TPS Pengetahuan kuantitatif, bentuk soal bisa dalam bentuk lingkaran yang diarsir atau angka biasa. Kalau anda menemuinya dengan angka seperti ½, maka 1 disebut pembilang dan 2 disebut penyebut. 

Contoh soal Pecahan:

Jika diambil empat bilangan pecahan dan diperoleh hasil penjumlahannya adalah 5/4 maka bilangan pecahan yang tidak terambil adalah ……

  1. 1/2
  2. 1/3
  3. 1/4
  4. 1/5
  5. 1/6

8. Geometri

Materi Geometri juga akan dibagi 2; Barisan Geometri dan Deret Geometri. Barisan geometri melihat perbandingan setiap suku dengan suku sebelumnya. Sedangkan untuk deret geometri merupakan jumlah dari suku-suku suatu barisan geometri. Untuk memudahkan menghafal perbedaan keduanya, barisan geometri rumusnya menggunakan Un dan untuk deret geometri menggunakan Sn.

Contoh soal Geometri:

9. Akar dan Eksponen

Materi terakhir yang dari tahun ke tahun diuji di UTBK TPS Pengetahuan Kuantitatif adalah Akar dan Eksponen. Sejatinya, kedua hal tersebut adalah bersahabat. Kalau kita paham cara memecahkan soal Akar, kita akan mudah belajar yang lain, termasuk Eksponen. Dalam pengaplikasinya pun, anda akan sering menemui mereka. Maka tidak heran, kalau soal ini sering muncul di ujian dan juga sudah dianggap sebagai dasar matematika. 

Contoh soal Akar:

Contoh soal Eksponen:

Sekarang, anda pasti sudah tau mau belajar materi TPS Pengetahuan Kuantitatif mulai dari yang mana. Alangkah lebih baik kalau anda memulai dari yang dasar, seperti Pola Bilangan. anda harus tau juga bahwa per butir soal ada waktu pengerjaannya. Oleh karena itu, anda juga harus tau kemampuan matematika di soal UTBK sudah sepaham atau mahir yang mana supaya anda bisa selesai sesuai dengan waktu dan soal-soal yang anda yakin jawabannya benar. Setelah anda selesai belajar atau selesai mengikuti tes, yuk buruan download aplikasi Mamikos untuk langsung booking kamar kos yang dekat dari kampus impianmu.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close