9 Kampus yang Bisa Kuliah Secara Online

9 Kampus yang Bisa Kuliah Secara Online – Pernah membayangkan akan mendapatkan gelar Diploma, Sarjana, bahkan Master melalui kuliah jarak jauh?. Kegiatan perkuliahan saat ini tidak hanya identik dengan perkuliahan tatap muka di kelas. Untuk menjembatani mahasiswa dari berbagai daerah yang ingin menempuh studi, pembelajaran online dinilai efektif. Mahasiswa mau tidak mau pun menyediakan koneksi internet untuk bisa mengikuti kegiatan perkuliahan.

Kampus-Kampus yang Menyelenggarakan Kuliah Online

pixabay.com

Perkuliahan yang dilakukan secara online bisa menjangkau lebih banyak kalangan. Bahkan, mahasiswa yang berasal dari luar pulau pun bisa tetap mendapatkan materi tanpa harus datang ke kampus. Begitu pula dengan para karyawan yang ingin meneruskan studi dan mendapatkan gelar baru. Terdapat kampus yang menyelenggarakan kuliah online secara penuh, tetapi juga ada yang menggabungkannya dengan kuliah tatap muka. Berikut ini adalah ulasan kampus yang mengadakan kuliah online di Indonesia.

1. Universitas Indonesia

Universitas ternama di Indonesia, UI menyelenggarakan perkuliahan online (daring). Program ini disebut dengan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Mahasiswa dapat memperoleh materi kuliah, berinteraksi dengan mahasiswa lainnya, dan mendapatkan pengalaman baru.

Pada kuliah online yang diselenggarakan di UI, mahasiswa mendapatkan kredit, sehingga bisa memperoleh sertifikat atau transkrip nilai. Jadi, perkuliahan online di UI tidak bisa dilakukan asal-asalan karena jika mahasiswa tidak lulus, mahasiswa tidak akan mendapatkan sertifikat. Program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) memudahkan akses pembelajaran dan sumber belajar. Pendidikan pun bisa dijangkau oleh mahasiswa di seluruh Indonesia. Adapun jenis program kuliah online yang diselenggarakan UI antara lain.

  1. Perolehan kredit yang diikuti mahasiswa untuk mendapatkan kredit sesuai SKS yang bersangkutan.
  2. Kuliah bersama berupa kerja sama UI dengan kampus lain.
  3. Program bergelar untuk mendapatkan ijazah dari Universitas Indonesia

2. Institut Teknologi Bandung

itb.ac.id

Institut Teknologi Bandung (ITB) juga menyelenggarakan kuliah online bagi mahasiswa. Berbagai macam bahan materi ajar dan bacaan bisa diakses seluruh mahasiswa. Selain itu, ada pula fitur untuk mengupload tugas, mengikuti kuis, serta melakukan tanya jawab dengan dosen. Adapun jenis kelas yang ditawarkan meliputi kelas maya, yaitu kelas untuk kegiatan pembelajaran dan interaksi lainnya. Ada pula studio yang berupa sarana pengembangan konten multimedia dan videoconference.

3. Universitas Krisnadwipayana

https://biayakuliah.info/

Kuliah online yang diselenggarakan Universitas Krisnadwipayana (UNKRIS) Jakarta dilakukan dengan metode blended learning. Artinya, ada perpaduan antara pembelajaran tatap muka dan pembelajaran secara daring (online). Mahasiswa yang ingin menempuh studi pun tidak akan terkendala waktu, apalagi bagi mahasiswa yang sudah bekerja. Program studi yang ditawarkan untuk kuliah online di Universitas Krisnadwipayana adalah Program Studi Teknik Informatika (S1) dan Program Studi Manajemen (S1).

4. Universitas Sahid

https://mapio.net/

Universitas Sahid atau USAHID mengadakan perkuliahan online untuk jenjang S1 dan S2. Peluang ini banyak dimanfaatkan mahasiswa yang ingin meneruskan studi, namun terkendala waktu dan jarak. Kuliah online diterapkan dengan sistem blender learning, sehingga mahasiswa tetap akan diminta untuk bertatap muka. Jurusan kuliah online yang ditawarkan Universitas Sahid adalah Program Studi Manajemen (S1 dan S2) serta Program Studi Akuntansi (S1). Keuntungan menempuh studi di Universitas Sahid adalah ijazah yang tidak dibedakan dari program reguler.

5. Universitas Mercu Buana

Tawaran untuk kuliah online di Universitas Mercu Buana memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar. Tanpa harus terkendala jarak, waktu, dan lokasi, mahasiswa tetap bisa menempuh studi. Materi yang disampaikan pun dapat diakses mahasiswa dengan mudah. Tentunya mahasiswa tetap perlu berpedoman pada kalender akademik ketika menjalani perkuliahan. Selain itu, adanya mekanisme penugasan dan ujian yang berbeda dari program reguler perlu menjadi perhatian mahasiswa.

Mekanisme kuliah online di Universitas Mercu Buana dilakukan dengan blended learning. Mahasiswa akan diminta menjalani pertemuan tatap muka dan pertemuan online dengan jumlah lebih banyak. Mahasiswa akan dinyatakan hadir di kelas jika sudah melaksanakan kewajiban setiap minggunya, yaitu mengunduh bahan ajar, mengikuti forum, dan mengerjakan tugas. Tentunya ada batas waktu tersendiri untuk setiap penugasan. Pada akhir perkuliahan, mahasiswa wajib mengikuti ujian secara tatap muka.

6. Universitas Bina Nusantara

wikimedia.org

Sudah bukan hal yang aneh lagi jika Universitas Bina Nusantara (BINUS) diakui sebagai kampus jurusan informatika dengan reputasi unggul. Kampus BINUS tidak hanya menyelenggarakan perkuliahan offline dengan tatap muka saja, tetapi juga perkuliaan online. dirimu bisa mengikuti Binus Online Learning agar bisa mengakses pembelajaran online.

Program studi yang ditawarkan untuk kuliah online di BINUS cukup beragam, mulai dari jenjang Sarjana (S1) hingga Master (S2). Untuk program studi jenjang S1, terdapat Program Studi Akuntansi, Program Studi Teknik Informatika, dan Program Studi Sistem Informasi. Masih ada peluang untuk meneruskan studi di BINUS pada jenjang Master pada Program Studi Teknik Informatika, Program Studi Sistem Informasi, dan Program Studi Teknik Industri.

7. Universitas Al Azhar Indonesia

https://uai.ac.id/

Kuliah online dari Universitas Al Azhar Indonesia diterapkan dengan blended learning. Kampus yang sudah berdiri sejak tahun 2000 ini menawarkan beberapa program studi yang bisa diambil mahasiswa untuk dijalani secara online. Adapun program yang ditawarkan adalah Program Studi Manajemen (S1) dengan konsentrasiManajemen Pemasaran & Kewirausahaan serta Konsentrasi Manajemen Keuangan & Perbankan Syariah. Selain itu, da pula Program Studi Akuntansi (S1) dan Program Studi Hukum (S1) dengan konsentrasi Hukum Ekonomi Teknologi.

8. Universitas MH. Thamrin

Universitas MH. Thamrin juga mengadakan kuliah online dengan sistem blended learning. Selain perlu menjalani kuliah secara online, mahasiswa juga akan diminta menempuh kuliah tatap muka. Meskipun demikian, mahasiswa mendapatkan akses mudah pada berbagai macam referensi belajar, seperti e-journal, e-book, perpustakaan digital, dan sebagainya. Program studi kuliah online yang ditawarkan Universitas MH Thamrin adalah Program Studi Sistem Informasi (S1) dan Program Studi Teknik Informatika (S1).

9. London School of Public Relations

https://www.terasbalinews.com/

Kesempatan untuk menempuh kuliah online tanpa harus bertatap muka bisa dirimu dapatkan di kampus London School of Public Relations. Penyelenggaraan kuliah secara online tanpa perlu datang ke kampus akan memudahkanmu dalam membagi waktu. Nantinya, mahasiwa akan menjalani perkuliahan selama 8 semester dengan total 145 SKS. Prospek karier lulusan London School of Public Relations pun sangat luas, sehingga dirimu bisa mempertimbangkannya.

Persiapan Kuliah Online

Persiapkan diri dengan baik untuk mengikuti kuliah online. Meskipun dirimu tidak datang ke kampus secara langsung, dirimu tetap tidak boleh menjalani kuliah asal-asalan. Apalagi jika biaya kuliah online cukup besar. Agar mendapatkan hasil maksimal, berikut ini persiapan mahasiswa untuk kuliah online.

  1. Kuota internet. Pastinya dirimu tidak ingin perkuliahan terkendala karena kuota yang habis mendadak. Oleh karena itu, kuota yang dirimu gunakan untuk kuliah online sebisa mungkin dipersiapkan sejak awal. Lakukan antisipasi jika kuliah berbentuk video call, sehingga membutuhkan banyak kuota. Jika memungkinkan, dirimu pun dapat memanfaatkan internet wifi di rumah atau di kost.
  2. Buku catatan. Sekalipun dirimu menempuh kuliah online dengan tidak datang langsung ke kampus, dirimu tetap perlu menyiapkan alat tulis. Hindari mengandalkan materi dari slide dosen. Ketika ada dosen yang menerangkan, catat materi tambahan yang tidak tercantum pada slide materi presentasi. Tambahkan pula hasil diskusi atau pertanyaan terkait materi.
  3. Pertanyaan diskusi. Bersikap kritis saat kuliah online berlangsung sangat mungkin dilakukan. Agar persiapanmu matang, pelajari materi sehari sebelum kuliah dilakukan. Gunakan sumber tambahan berupa buku ataupun jurnal. Semakin banyak dirimu membaca, akan semakin banyak pula pertanyaan yang akan muncul.
  4. Kalender kuliah atau agenda. Perkuliahan yang dilakukan secara online sangat mungkin membuat mahasiswa lupa. Untuk mengantisipasi mahasiswa yang lupa jadwal, catat setiap ada jadwal baru. Jika diperlukan, pasang pengingat tiga puluh menit sebelumnya. Cara ini juga bisa dirimu lakukan ketika mendapatkan tugas kuliah. Dengan mencantumkan tanggal pemberian tugas dan deadline, dirimu bisa belajar lebih disiplin.

Demikian informasi kampus-kampus yang bisa kuliah secara online. Kini, akses pendidikan tidak terbatas pada jarak, sehingga dirimu bisa memaksimalkan kesempatan studi. Pilihlah kampus dengan jurusan sesuai passionmu. Jika merasa kesulitan membayar biaya studi, carilah peluang beasiswa kuliah dari kampus maupun instansi lainnya. Selalu ada jalan jika dirimu mau mencoba dan bersemangat. Semoga berhasil!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close