9 Kampus dengan Jurusan Kuliah Seni Rupa, Musik, Tari, Budaya

9 Kampus dengan Jurusan Kuliah Seni Rupa, Musik, Tari, Budaya – Ketika memilih jurusan studi, diperlukan banyak pertimbangan karena menyangkut karier dan passion. Apabila dirimu tertarik dengan bidang seni, ada jurusan kuliah yang cocok untuk dipilih.

Kampus Jurusan Seni di Indonesia

isi.ac.id

Memilih jurusan kuliah perlu dilakukan dengan matang, termasuk dengan menjadikan passion atau cita-cita sebagai pertimbangan. Misalnya saja sejak kecil dirimu sudah tertarik dengan acara-acara bertema budaya atau kesenian, ketika di bangku kuliah dirimu dapat mendalami bidang tersebut. Ketertarikan pada budaya juga dapat muncul ketika dirimu sudah dewasa dan merasa kagum dengan hal-hal seni. Bidang seni memang seakan tidak pernah ada habisnya dipelajari, apalagi Indonesia memiliki keragaman budaya yang tersebar di seluruh nusantara.

Jika memang ingin fokus menggeluti bidang kesenian setelah lulus sekolah menengah, dirimu tidak perlu memaksakan diri untuk masuk jurusan yang tidak dirimu sukai. Sebab, ada banyak kampus di Indonesia yang memiliki jurusan bidang seni, mulai dari jenjang diploma hingga doktoral. Bahkan, dirimu bisa meneruskan studi di luar negeri apabila ingin mendalami bidang seni. Sebagai referensi, berikut ini adalah informasi terkait kampus-kampus dengan jurusan kuliah terkait dengan kesenian, seperti Jurusan Seni Rupa, Jurusan Seni Musik, Jurusan Tari, dan Jurusan Budaya.

1. Institut Kesenian Jakarta

fbs.unj.ac.id

Kampus swasta Institut Kesenian Jakarta atau IKJ terletak di Jalan Sekolah Seni No.1 (Raden Saleh, Kompleks Taman Ismail Marzuki Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Jakarta Pusat, 10330). Sesuai dengan namanya, dirimu akan mendapati jurusan terkait seni di kampus swasta ini. Terdapat Fakultas Film dan Televisi, Fakultas Seni Pertunjukan, Fakultas Seni Rupa, dan Sekolah Pascasarjana. Setelah mendapatkan gelar sarjana, peluang untuk meneruskan studi hingga jenjang magister di Jurusan Penciptaan dan Pengkajian Seni pun bisa dirimu tempuh di Institut Kesenian Jakarta.

Jurusan apa saja yang bisa dirimu tempuh di IKJ? Di Fakultas Film dan Televisi, dirimu dapat mengambil pendidikan jenjang Diploma III ataupun Strata 1 (S1), sedangkan di Fakultas Seni Pertunjukan, jurusan yang bisa dirimu ambil cukup beragam. Terdapat Jurusan Antropologi Tari, Jurusan Etnomusikologi, Jurusan Seni Musik, Jurusan Seni Tari, dan Jurusan Seni Teater untuk jenjang S1. Apabila memilih Fakultas Seni Rupa, dirimu dapat memilih Jurusan Desain Interior, Jurusan Desain Komunikasi Visual, Jurusan Desain Produk, Jurusan Kriya Seni, dan Jurusan Seni Murni.

2. Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

isbi.ac.id

Kampus negeri yang sering disebut dengan ISBI Bandung ini terletak di Jalan Buah Batu No.212, Cijagra, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40265. Kampus yang memiliki 3 fakultas dan 1 program pascasarjana ini membuka program untuk Diploma III (D3), Diploma IV (D4), Sarjana (S1), dan Magister (S2). Berikut ini adalah informasi terkait fakultas dan jurusan yang dapat dirimu pilih di ISBI Bandung.

• Fakultas Seni Pertunjukan: Jurusan Tari (S1), Jurusan Seni Karawitan (S1), Jurusan Teater (S1), Jurusan Angklung dan Musik Bambu (D4), Jurusan Tari Sunda (D4)
• Fakultas Seni Rupa dan Desain: Jurusan Seni Murni (S1), Jurusan Tata Rias dan Busana (D4), Jurusan Kriya Seni (D3)
• Fakultas Budaya dan Media: Jurusan Antropologi Budaya (S1), Jurusan Televisi dan Film (D4)
• Program Pascasarjana: Jurusan Penciptaan dan Pengkajian Seni (S2)

3. Institut Seni Indonesia Denpasar

isi-dps.ac.id

Bagi dirimu yang berdomisili di Bali, adanya kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar bisa menjadi pilihan. Kampus negeri ini terletak di Jalan Nusa Indah, Sumerta Kaja, Kecamatan Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali 80236. Jurusan terkait seni yang bisa dirimu tempuh di kampus ISI Denpasar antara lain:

• Fakultas Seni Pertunjukan: Jurusan Tari (S1), Jurusan Seni Karawitan (S1), Jurusan Seni Pedalangan (S1), Jurusan Pendidikan Sendratasik (S1), Jurusan Musik (S1)
• Fakultas Seni Rupa dan Desain: Jurusan Fotografi (S1), Jurusan Desain Mode (D4), Jurusan Film dan Televisi (D4)
• Program Pascasarjana: Jurusan Seni (S2)

4. Institut Seni Indonesia Surakarta

isi-ska.ac.id

Peluang untuk meneruskan studi di kampus negeri yang fokus pada bidang seni pun bisa dirimu dapatkan di Institut Seni Indonesia Surakarta. Lokasi kampus ini terdapat di Jl. Ki Hajar Dewantara No.19, Jebres, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57126. Terdapat dua fakultas terkait seni di kampus ISI Surakarta, yaitu Fakultas Seni Pertunjukan dan Fakultas Seni Rupa dan Desain.

• Jurusan Seni Media Rekam: Program Studi Televisi dan Film (S1), Program Studi Fotografi (S1)
• Jurusan Kriya Seni: Program Studi Kriya Seni (S1)
• Jurusan Desain: Program Studi Desain Interior (S1), Program Studi Desain Komunikasi Visual (S1)
• Jurusan Seni Rupa Murni: Program Studi Seni Rupa Murni (S1)
• Jurusan Pedalangan: Program Studi Seni Teater, Program Studi Seni Pedalangan
• Jurusan Etnomusikologi
• Jurusan Tari
• Jurusan Karawitan

5. Institut Seni Indonesia Yogyakarta

isi.ac.id

Kampus seni di kota pelajar juga akan dirimu temukan di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Lokasi kampus negeri di bidang seni ini terletak di Jalan Parangtritis KM.6,5, Glondong, Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55188. Di kampus ini, dirimu bisa memilih berbagai macam jurusan yang terbagi dalam 4 fakultas.

• Fakultas Seni Rupa: Jurusan Seni Murni, Jurusan Batik dan Fashion, Jurusan Desain Interior, Jurusan Desain Komunikasi Visual, Jurusan Desain Produk, Jurusan Tata Kelola Seni
• Fakultas Seni Pertunjukan: Jurusan Tari, Jurusan Karawitan, Jurusan Musik, Jurusan Pendidikan Musik, Jurusan Penciptaan Musik, Jurusan Penyajian Musik, Jurusan Teater, Jurusan Etnomusikologi, Jurusan Pedalangan, Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
• Fakultas Seni Media Rekam: Jurusan Film dan Televisi, Jurusan Animasi, Jurusan Fotografi
• Fakultas Pascasarjana: Magister Penciptaan dan Pengkajian Seni, Doktor Penciptaan dan Pengkajian Seni, Magister Tata Kelola Seni

6. Universitas HKBP Nommensen

uhn.ac.id

Kampus swasta Universitas HKBP Nommensen terletak di Jalan Sutomo No.4A, Perintis, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan, Sumatera Utara 20235. Jurusan seni ditawarkan di kampus ini, yaitu Program Studi Seni Musik di Fakultas Bahasa dan Seni.

7. Universitas Jambi

unja.ac.id

Jika dirimu tinggal di Pulau Sumatera dan ingin berkuliah di kampus negeri jurusan seni, Universitas Jambi bisa menjadi pilihan. Lokasi kampus ini terletak di Jalan Lintas Sumatera Jalan Jambi – Muara Bulian No.Km. 15, Mendalo Darat, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi 36122. Di kampus ini, dirimu bisa mendaftar Program Studi Seni, Drama, Tari dan Musik yang terdapat di Fakultas Ilmu Budaya. Jalur masuk Universitas Jambi juga cukup beragam, seperti melalui SNMPTN, SBMPTN, SMMPTN Barat, dan Seleksi Mandiri Vokasi.

8. Universitas Negeri Jakarta

fbs.unj.ac.id

Universitas Negeri Jakarta (UNJ) terletak di Jalan R.Mangun Muka Raya, RT.11/RW.14, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220. Kampus ini memiliki Fakultas Bahasa dan Seni yang menawarkan program studi di bidang seni. Adapun program studi yang dapat dirimu pilih apabila kuliah di UNJ adalah Program Studi S1 Pendidikan Seni Rupa, Program Studi S1 Pendidikan Seni Tari, dan Program Studi S1 Pendidikan Seni Musik.

9. Universitas Negeri Malang

um.ac.id

Kampus negeri di Malang yang dapat dirimu pilih jika tertarik di bidang seni adalah Universitas Negeri Malang. Lokasi kampus terdapat di Jalan Semarang No.5, Sumbersari, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65145. Program studi yang tersedia di kampus ini adalah Program Studi Pendidikan Seni Rupa dan Program Studi Pendidikan Seni Tari dan Musik.

Setelah mengetahui referensi 9 Kampus dengan Jurusan Kuliah Seni Rupa, Musik, Tari, Budaya tersebut, apakah kampus yang dirimu incar ada dalam daftar? Cari tahu jadwal pendaftaran masuk kampus dan jenis seleksinya. Selain ada jalur masuk kampus seni yang diselenggarakan serentak secara nasional, ada jalur masuk mandiri dengan mekanisme seleksi seleksi sesuai kebijakan kampus masing-masing. Peluang untuk melanjutkan studi di bidang seni juga terbuka lebar di negara lain jika dirimu tertarik terus belajar.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close