9 Jurusan Kuliah Lulusan SMK Multimedia dan Prospek Kerjanya

Jurusan Multimedia yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan jurusan yang dekat sekali dengan penggunaan komputer dan implementasinya di kehidupan sehari-hari. Seperti yang kita telah ketahui, pendekatan pelajaran di SMK lebih mengedepankan praktikum yang sejalan dengan dunia kerja. Namun, banyak juga siswa-siswi lulusan SMK ingin memperdalam ilmunya dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yang dipercaya bisa memberi pengetahuan yang lebih luas di bidang yang sudah ditekuni semasa sekolah. Oleh karena itu, Mamikos dengan senang hati memberi inspirasi tentang jurusan di perkuliahan yang prospek kerjanya terjamin untuk lulusan SMK.

Informasi Jurusan Kuliah Lulusan SMK Multimedia dan Prospek Kerjanya

pexels.com

Daftar jurusan kuliah untuk siswa dan siswi lulusan SMK jurusan Multimedia beserta prospek kerjanya berikut merupakan sekian dari banyaknya program studi yang ditawarkan oleh universitas-universitas impian para calon mahasiswa. anda bisa memakai informasi berikut sebagai acuan dan inspirasi dalam mengambil jurusan di jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Untuk memilih jurusan pun harus sesuai dengan minat dan bakat yang sudah anda kembangkan selama masa sekolah, sehingga anda termotivasi untuk memperdalam bidang yang anda sukai. Tidak jarang beberapa jurusan berikut merupakan hobimu yang sering anda lakukan di luar jam sekolah karena renjana adalah hasil dari apa yang anda lakukan.

1. Jurusan Sistem Komputer

pexels.com

Walaupun dalam praktiknya fokus dalam desain dan penguasaan teknologi informasi, lulusan SMK jurusan Multimedia bisa mengambil program studi Sistem Komputer. Hal ini dikarenakan para lulusannya mendapat bekal mengenai komputer. Materi perkuliahan yang akan dipelajari lebih pada gabungan Teknik Elektro dan Ilmu Komputer. Artinya, anda akan mempelajari perangkat keras dan lunak, ditambah dengan sistem komunikasi, jaringan, dan coding yang disebabkan oleh perkembangan zaman. 

Prospek kerja lulusan jurusan Sistem Komputer akan berkutat di bidang Programmer dan IT Consultant karena saat di bangku SMK dulu anda sudah punya dasar berkomunikasi.

2. Jurusan Desain Komunikasi Visual

pexels.com

Jurusan yang sering disingkat DKV ini dikenal dengan jurusannya ahli desain. Namun, untuk merancang dan menggambar sebuah gambar, dibutuhkan sebuah kemampuan untuk “berbicara” pada konsumen. anda juga akan mengasah keahlian dalam menggunakan aplikasi pengolah gambar, juga melengkapinya dengan pemahaman situasi di sekitar secara kritis dan analisa yang tepat. Jadi, kemampuan komunikasi dalam gambar harus merangkum hal verbal, tekstual, dan pastinya visual. Pada umumnya, akan ada 3 penjurusan; komunikasi grafis, komunikasi visual periklanan, dan komunikasi multimedia.

Prospek kerja lulusan Desain Komunikasi Visual bisa menjadi Fotografer, Ilustrator, dan Web Designer di perusahaan yang bergerak di bidang periklanan, biro konsultan desain, dan industri game.

3. Jurusan Film dan Televisi

pexels.com

Selanjutnya, anda juga bisa memilih program studi Film dan Televisi. Nantinya, anda juga akan mengembangkan pengetahuan tentang proses di balik layar TV dan proses pembuatan film yang sudah didapatkan di bangku sekolah dan memperdalamnya di bangku kuliah. Tugas yang akan anda terima juga berdasarkan mata kuliah yang anda ambil, seperti menulis skrip iklan, menyusun storyboard, tata kamera, penyutradaraan, hingga kembali ke sejarah film dan televisi yang perlu anda ketahui. anda akan menggunakan lagi kemampuan berkomunikasi dan memadukannya dengan ketelitian, ketekunan, dan wawasan yang luas.

Prospek kerja untuk lulusan jurusan Film dan Televisi adalah yang jelas anda bisa ada di balik layar, seperti menjadi Jurnalis, dan juga hal-hal di luar itu yang masih ada kaitannya seperti Marketing, Ahli Riset Media, dan bidang kreatif lainnya.

4. Jurusan Animasi

pexels.com

Singkat cerita, program studi Animasi masih berada dalam satu departemen dengan dari jurusan DKV. Tetapi, dalam jurusan ini, masih ada pencabangannya lagi yaitu animasi film dan game. Lulusan SMK jurusan Multimedia sudah mendapatkan pelajaran tentang efek 2D dan 3D. Di jurusan ini, anda akan belajar lagi tentang special effect, penyusunan storyboard, dan penulisan skenario. Lalu, anda juga akan disuguhi topik pembentukan tokoh utama yang unik dan pengolahan audio dan sound effect, serta cara pendistribusiannya ke khalayak ramai. Kemampuan yang akan diasah meliputi ketelitian dan komunikasi yang jelas pada tiap karakter dari segi pesan.

Prospek kerja untuk para lulusan jurusan Animasi adalah sebagai Animator Keyframe, Perancang Game, dan pastinya Produser Film Animasi.

5. Jurusan Ilmu Komputer

pexels.com

Di urutan pertama sudah ada jurusan Sistem Komputer yang mempelajari barang-barang yang ada di perangkat keras dan lunak. Di jurusan Ilmu Komputer, fokusnya lebih seputar sains dalam bidang perkomputeran. Salah satu contoh praktiknya, anda harus bisa “menyuruh” komputer untuk bisa melakukan sesuatu yang anda mau dan pastinya anda sudah kenal dengan yang namanya algoritma. Selain dituntut menjadi pribadi yang teliti dan suka matematika, anda juga harus belajar dan bekerja secara terstruktur. 

Prospek kerja lulusan jurusan Ilmu Komputer adalah menjadi Programmer, Software Developer, dan Web Designer.

6. Jurusan Sistem Multimedia

pexels.com

Tujuan dari jurusan Sistem Multimedia pada dasarnya adalah untuk menguasai bidang teknologi dan konten multimedia dalam sistem terdistribusi dengan perangkat dan teknologi multimedia. Kalau di bangku sekolah anda mempelajari banyak hal terkait multimedia, di program studi ini, anda akan lebih diarahkan untuk menjadi lebih inovatif dan mendalami teknisnya, sehingga anda ditargetkan untuk mampu memanfaatkan teknologi dan konten multimedia dengan kreativitas dan manfaat untuk bisa diaplikasikan pada hal-hal yang interaktif. Hasilnya, anda bisa menguasai prinsip dan teknik perancangan aplikasi multimedia, teknik pengembangan Games, dan teknik visualisasi 2D dan 3D yang dapat menyelesaikan masalah demi kebutuhan mengaplikasian multimedia.

Prospek kerja lulusan Sistem Multimedia adalah menjadi Content Creator, Pengembang Aplikasi, dan Games Designer.

7. Jurusan Audio Engineering

pexels.com

Materi perkuliahan di jurusan Audio Engineering tidak melulu tentang membuat musik seperti DJ. anda akan menggabungkan teknik pembuatan audio untuk industri kreatif seperti TV, radio, film, game, dan sebagainya. Alat yang anda gunakan untuk mixing dan mastering pun bisa dengan hardware dan software. Nantinya, anda secara tidak langsung dapat mengembangkan kemampuan untuk fokus ke hal yang detail, bisa bekerja mandiri dan dalam tim, serta berwawasan luas.

Prospek kerja yang bisa anda ambil sebagai lulusan jurusan Audio Engineering adalah menjadi Editor video dan audio, Komponis Musik, dan Audio Post-production Engineer.

8. Jurusan Fotografi

pexels.com

Program studi Fotografi banyak tersebar di institusi pendidikan tingkat tinggi di Indonesia, baik nasional maupun swasta. Kalau fotografi adalah minat dan bakatmu, di jurusan ini anda akan belajar hal-hal yang lebih teoritis, serta menggabungkannya dengan teknik, teknologi, dan ilmu pengetahuan dalam lingkup fotografi. Jadi, bisa dikatakan, anda nantinya bisa mengabadikan serta mempelajari bentuk-bentuk dan peristiwa alam, buatan, dan seni yang bernilai dan bermakna dalam bentuk foto. Setidaknya, anda akan memilih peminatan yang meliputi; fotografi ekspresi, fotografi komersial, dan fotografi jurnalistik.

Prospek kerja jurusan Fotografi adalah Kurator Seni, Operator Kamera untuk studio TV dan film, dan yang pasti fotografer.

9. Jurusan Periklanan

pexels.com

Di urutan-urutan sebelumnya sudah menemui jurusan DKV dan Film dan Televisi. Program studi Periklanan adalah bentuk kecil dari 2 jurusan yang sudah disebutkan terlebih dahulu karena penerapan dalam strategi periklanan ada banyak bentuknya. Strategi yang akan anda pelajari bisa dari beberapa segi dan bentuk kesenian seperti animasi, desain komunikasi visual, dan lain-lain. anda juga akan bertemu dengan pengetahuan-pengetahuan terkait periklanan lainnya seperti teknik menggunakan kamera, recording dan editing, fotografi untuk periklanan, produksi iklan cetak dan elektronik, dan copywriting. Hasilnya, anda akan dibutuhkan industri periklanan saat ini untuk menghasilkan iklan yang menarik konsumen.

Prospek kerja lulusan jurusan Periklanan bisa bekerja di biro iklan dan Pemasaran, Public Relation, Marketing, dan Media Planner.

Setelah anda selesai mencatat daftar program studi kuliah untuk lulusan SMK jurusan Multimedia di atas, jangan lupa juga untuk minta izin orang tua dan kerabat yang selalu mendukung langkahmu. anda harus yakin kalau pilihan jurusan kuliah yang akan anda pilih itu sudah yang terbaik dan bisa menambah ilmu yang sudah anda tekuni sejak sekolah di SMK atau di kegiatan ekstrakulikuler. Kalau sudah, yuk download aplikasi Mamikos dan langsung booking kamar yang dekat dengan kampus di kota impian.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close