9 Cara Mempersiapkan Diri Untuk Kuliah Agar Tidak Jadi Gelandangan

9 Cara Mempersiapkan Diri Untuk Kuliah Agar Tidak Jadi Gelandangan – Setelah bersusah payah mengikuti beragam seleksi masuk perguruan tinggi, dirimu akhirnya telah diterima di kampus impianmu. Kini, kehidupanmu yang baru sebagai mahasiswa akan segera dimulai. Untuk menghadapinya, dirimu harus mempersiapkan diri dengan matang agar tidak kelimpungan karena kehidupan kampus yang sangat berbeda dengan saat dirimu masih sekolah. Simak beberapa cara mempersiapkan diri untuk kuliah dari Mamikos berikut ini.

Informasi Terbaru Beragam Cara Mempersiapkan Diri Untuk Kuliah

unsplash.com

Kehidupan seorang mahasiswa bisa dikatakan berbeda 180 derajat jika dibandingkan dengan kehidupanmu saat masih sekolah. Tugas akan menjadi lebih banyak dan kehidupanmu akan semakin dinamis ketika dirimu sudah menjadi seorang mahasiswa. Saat fase pertama menjadi mahasiswa, dirimu mungkin akan kaget dan bisa jadi dirimu akan keteteran karena perbedaan yang signifikan antara kuliah dan sekolah. Untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya hal tersebut, dirimu harus mempersiapkan diri untuk kuliah dengan beberapa cara berikut ini.

Daftar Lengkap 9 Cara Mempersiapkan Diri Untuk Kuliah

Tidak hanya persiapan secara teknis, inilah beberapa cara mempersiapkan diri untuk kuliah yang telah Mamikos rangkum untuk dirimu.

1. Mempersiapkan Mental

unsplash.com

Seperti yang sudah Mamikos sebutkan di atas, kehidupan perkuliahan dengan kehidupanmu saat masih SMA akan sangat berbeda. Kalau saat sekolah dirimu terbiasa diberikan semuanya oleh sekolah, hidup sebagai mahasiswa mengharuskan dirimu untuk mencari tahu segalanya sendiri. dirimu harus merubah mentalmu agar dirimu lebih tahan banting saat harus menghadapi tumpukan tugas dan para dosen. Latihlah mentalmu dengan mencoba untuk bisa menerima saran dari orang lain dan jangan terlalu cepat puas ketika dirimu dipuji.

Tidak hanya itu, persiapan mental juga merupakan aspek penting dalam mempersiapkan diri untuk kuliah terutama bagi dirimu yang akan merantau. Percayalah bahwa kehidupan akan kost akan lebih berat dibanding ketika dirimu masih tinggal bersama orang tua. dirimu harus bangun sendiri, mencari makan sendiri, dan dirimu jauh dari orang tuamu ketika dirimu merasa lelah dengan tugas yang menumpuk. Maka dari itu, bangunlah dirimu menjadi bermental baja agar dirimu tidak mudah menyerah menghadapi dunia kuliah.

2. Mempelajari Sistem Transportasi

unsplash.com

Mempelajari sistem transportasi di daerah kampus juga merupakan aspek yang penting dalam mempersiapkan diri untuk kuliah. Kalau dirimu merantau dan tidak memiliki kendaraan, maka mau tidak mau dirimu harus menggunakan kendaraan umum untuk bepergian. Mungkin tidak menjadi masalah jika tempat tinggalmu dekat dengan kampus dan di daerah tersebut sudah tersedia layanan ojek online. Tapi dirimu akan cukup kesulitan jika kostmu jauh dan ojek online belum beroperasi di daerah kampusmu.

dirimu bisa mencoba untuk mencari tahu jalur atau trayek kendaraan umum seperti bus kota. Pada umumnya, kendaraan umum memiliki jalur yang melewati tempat publik seperti kampus. Dengan begitu, dirimu bisa tahu dirimu harus naik jalur apa untuk berangkat dan jalur mana untuk pulang ke kost. dirimu bisa menentukan akan tinggal di kost daerah mana yang banyak dilalui kendaraan umum.

3. Mempersiapkan Peralatan Penunjang

unsplash.com

Jika saat sekolah dirimu hanya butuh buku dan alat tulis, maka peralatan yang dirimu butuhkan akan lebih beragam. Peralatan paling utama yang wajib dirimu miliki adalah laptop atau komputer untuk mengerjakan tugas. Selain itu, laptop atau komputer milikmu juga harus dilengkapi dengan perangkat lunak yang bisa dirimu gunakan untuk mengerjakan tugas. Beberapa perangkat lunak dasar yang harus dirimu miliki misalnya Microsoft Word, PowerPoint, dan browser.

Berbeda jurusan perkuliahan yang diambil maka berbeda pula peralatan yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan sebagai mahasiswa. Mahasiswa kedokteran mungkin butuh membeli stetoskop dan alat pengukur tensi, sementara mahasiswa jurnalistik butuh membeli kamera dan laptop. Pastikan bahwa dirimu sudah tahu peralatan dasar yang harus dirimu miliki sebagai salah satu cara mempersiapkan diri untuk kuliah. Selain itu, dirimu juga harus mempersiapkan budget tertentu untuk bisa membeli peralatan tersebut.

4. Cepat Beradaptasi

unsplash.com

Menyesuaikan diri dengan cepat juga merupakan salah satu mempersiapkan diri untuk kuliah bagi dirimu para mahasiswa baru. Agar dirimu tidak mudah mengeluh dan betah menjalani hari-hari sebagai mahasiswa, dirimu harus bisa beradaptasi dengan lingkungan kampus. Cara termudah untuk bisa cepat beradaptasi adalah dengan mencari teman sebanyak-banyaknya, baik itu dari teman satu angkatan maupun kakak tingkat. Cobalah untuk bertanya pada kakak tingkatmu cara mereka mempersiapkan diri untuk kuliah ketika mereka masih menjadi mahasiswa baru sebagai referensi.

5. Mempersiapkan Pakaian

unsplash.com

Mengetahui aturan pakaian juga merupakan salah satu cara mempersiapkan diri untuk kuliah yang cukup penting. Kalau saat sekolah dirimu memakai seragam yang telah ditentukan, maka kuliah membebaskanmu menggunakan pakaian apa saja. Namun, kebebasan tersebut masih tetap ada batasnya. Pada umumnya, setiap perguruan tinggi hanya menetapkan aturan berpakaian yang rapi dan sopan serta memakai sepatu. Namun, semua itu biasanya dikembalikan lagi kepada masing-masing jurusan.

Terkadang setiap jurusan memiliki aturan masing-masing soal pakaian mahasiswa, ada yang bebas tapi ada juga yang penuh peraturan. Selain itu, setiap dosen juga biasanya memiliki preferensi masing-masing, ada dosen yang memperbolehkan memakai kaos berkerah dan celana jeans, tetapi ada juga dosen yang mengharuskan mahasiswanya memakai kemeja dan celana kain. Maka dari itu, dirimu harus mencari tahu kira-kira pakaian seperti apa yang diperbolehkan dan dilarang dikenakan saat kuliah.

6. Mempelajari Kampus

unsplash.com

Mempelajari tentang kampus juga menjadi hal yang penting saat dirimu akan mempersiapkan diri untuk kuliah. Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang kampusmu, baik itu tentang budaya, sistem administrasi, hingga penilaian akademik. Cari tahu juga tentang karakter tiap dosen agar dirimu tahu bagaimana caranya menghadapi mereka di kelas. Dengan mengetahui hal-hal tersebut, dirimu akan lebih mudah beradaptasi dan tidak kebingungan saat harus mengurus sesuatu.

7. Mencari Tahu Kegiatan Mahasiswa Kampus

unsplash.com

Menjadi seorang mahasiswa bukan berarti dirimu harus terus menerus belajar. Kehidupan akademik dan non akademik seorang mahasiswa harus terus berjalan secara beriringan dan seimbang. Selain kuliah, dirimu mungkin bisa mengikuti beragam unit kegiatan mahasiswa atau UKM. Melalui UKM, dirimu bisa menambah pengalaman yang penting untuk menghadapi dunia kerja nantinya.

Sehingga, dirimu juga harus mencari tahu kegiatan apa saja yang ada di kampus sebagai salah satu cara mempersiapkan diri untuk kuliah. Cobalah untuk mencari kegiatan kampus yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu. Jika dirimu merasa bahwa tidak ada UKM yang cocok, dirimu bisa coba untuk mengikuti kepanitiaan event yang digelar oleh kampusmu. Dari sana dirimu juga akan belajar dan mendapat banyak pengalaman serta teman.

8. Belajar Manajemen Waktu dan Uang

unsplash.com

Kuliah tidak sama dengan sekolah yang telah terjadwal teratur setiap harinya. Meskipun memang terjadwal, namun jadwal kuliah bisa berbeda setiap harinya. Terkadang dirimu akan kuliah mulai dari pagi hingga sore, namun dirimu juga akan menemukan hari di mana dirimu akan kuliah pagi hari saja. Sehingga, dirimu harus pintar-pintar menyusun dan memanajemen waktu agar dirimu tetap bisa mengerjakan tugas, beristirahat, dan menjalankan kuliah sebagaimana mestinya.

Selain waktu, cara mempersiapkan diri untuk kuliah yang lainnya adalah manajemen keuangan. Pengeluaran seorang mahasiswa biasanya akan lebih besar karena harus membeli ini dan itu untuk kuliah lapangan. Belum lagi kalau dirimu mengikuti pergaulan kampus yang terkadang mengharuskanmu mengeluarkan uang yang tidak sedikit. dirimu harus bijak mengatur pengeluaran dan menentukan teman agar dirimu tidak boros.

9. Mencari Tempat Tinggal

unsplash.com

Sebagai seorang mahasiswa perantau, salah satu aspek penting dalam mempersiapkan diri untuk kuliah di daerah lain adalah dengan mencari kost-kostan. Kunci utama memilih kost terbaik adalah dengan melakukan survei dan mencari kost di dekat kampusmu. Cara tersebut akan membantumu menekan pengeluaran bulanan untuk transportasi karena dirimu bisa berjalan kaki ke kampus. Selain itu, cari juga kost-kostan yang strategis (misal dekat dengan percetakan atau laundry) agar dirimu menjadi lebih dimudahkan saat butuh mengurus sesuatu.

Demikian informasi yang bisa Mamikos sampaikan seputar beberapa cara mempersiapkan diri untuk kuliah agar kehidupanmu sebagai mahasiswa berjalan lancar. Meskipun tidak seseram yang dibayangkan, dirimu tetap harus berjaga-jaga untuk kemungkinan terburuk selama dirimu kuliah nanti. Pastikan bahwa persiapanmu telah matang dan tuntas agar dirimu tidak kebingungan saat menjalani kuliah nanti. Semoga informasi ini bermanfaat! Untuk dirimu yang sedang bingung mencari tempat tinggal di dekat sekolah atau kampus idaman, dirimu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close