8 Universitas yang Ada Jurusan Filsafat

8 Universitas yang ada Jurusan Filsafat- Jurusan Filsafat mungkin tidak temasuk dalam jurusan yang senantiasa ramai peminat, khususnya dalam bidang sosial humaniora. Padahal, filsafat merupakan ibu dari dari segala ilmu pengetahuan.

pexels.com

Kampus Prodi Filsafat

Di jurusan filsafat, dirimu nantinya akan banyak mengasah nalar kritis yang dirimu punya. Ilmu ini memang dikenal mengandalkan logika sehingga lulusannya diharapkan mampu mengembangkan berbagai macam gagasan dengan mencermati berbagai macam persoalan kehidupan sehari-hari. Meski bukan termasuk jurusan yang ramai peminat, daya tampung di jurusan filsafat pada umumnya cukup terbatas. Jika dirimu penasaran, inilah kampus-kampus di mana dirimu bisa menemui jurusan filsafat.

1. Universitas Gadjah Mada

ugm.ac.id

Di Universitas Gadjah Mada, jurusan Filsafat memiliki fakultas tersendiri. Pada mulanya, fakultas ini tergabung bersama Fakultas Sastra, Pedagogik, dan Filsafat (SPF). UGM termasuk kampus yang memiliki jurusan filsafat dengan jenjang pendidikan yang lengkap, mulai dari Sarjana (S1), Magister Filsafat (S2), hingga Doktor Filsafat (S3). Tak tanggung-tanggung, ketiga jenjang ini sudah mendapatkan status akreditasi A dari BAN-PT.

Fakultas Filsafat UGM didirikan atas dasar kebutuhan di bidang ilmu pengetahuan dasar dan ilmu pengetahuan umum. Fakultas ini resmi berdiri pada tahun 1967. Lulusan dari jurusan filsafat UGM diharapkan mampu memiliki pengetahuan mendasar yang menyeluruh, serta terlatih berpikir secara kritis, logis, dan integratif.

2. Universitas Indonesia

fib.ui.ac.id

Jika di UGM jurusan Filsafat memiliki fakultas sendiri, di Universitas Indonesia program studi Filsafat termasuk dalam Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya. UI sendiri memiliki dua jenjang program studi Ilmu Filsafat yang sudah resmi terakreditasi A yakni program S1 dan S2. Sementara untuk jenjang strata tiga, nilai akreditasi di jurusan Ilmu Filsafat UI adalah B.

Lulusan Filsafat UI nantinya akan menjadi sarjana bidang ilmu pengetahuan budaya yang sanggup menganalisis filsafat dari berbagai bidang. Kompetensi dari lulusan jurusan ini diantaranya mampu membangun argumentasi terkait masalah-masalah epistemologi, etika, serta ontologi.

3. Universitas Katolik Parahyangan

regional.kompas.com

Bukan hanya universitas negeri saja yang memiliki jurusan filsafat. Universitas swasta seperti Universitas Katolik Parahyangan juga memiliki program studi Filsafat untuk jenjang program sarjana. Program studi ini pun sudah dinyatakan memiliki pencapaian berupa nilai akreditasi A dari BAN-PT.

Menurut situs resmi Unpar, bidang kajian ilmu filsafat meliputi manusia (Anthropos), alam semesta (Cosmos), dan Allah (Theos). Ketiga bidang kajian tersebut nantinya akan dipelajari secara lebih mendalam melalui berbagai macam ilmu, seperti ilmu sejarah, penalaran, serta bahasa. Lulusan Filsafat Unpar nantinya diharapkan mampu memiliki kepekaan terhadap perkembangan zaman, termasuk memahami persoalan sosio-kultural hingga ke tingkat global. Jangka waktu perkuliahan di jurusan ini idealnya selama 8 semester dan maksimal 14 semester.

4. Sekolah Tinggi Ilmu Filsafat Driyarkara

driyarkara.ac.id

Sekolah Tinggi Ilmu Filsafat Driyarkara merupakan institusi pendidikan tinggi yang berlokasi di Jakarta. Sekolah tinggi ini muncul atas dasar cita-cita para pendirinya yang mendambakan institusi filsafat di Indonesia yang berdiri sendiri dan terbuka untuk umum demi lebih mengembangkan ilmu filsafat di Jakarta. Nama Driyarkara sendiri diambil dari sosok Prof. Dr. Nicolaus Driyarkara, SJ yang menaruh perhatian pada berbagai perosalan aktual yang dihadapi oleh manusia, terutama yang dialami oleh masyarakat Indonesia. Sebagai akademisi, Driyarkara sendiri dikenal dengan ajaran “manusia adalah kawan bagi sesama”.

5. Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram

stahn-gdepudja.ac.id

Pembelajaran mengenai ilmu filsafat ada kalanya terfokus pada agama atau keyakinan tertentu. Maka ada pula institusi pendidikan tinggi berbasis agama yang memiliki jurusan Filsafat seperti Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram.

STAHN Gde Pudja Mataram adalah perguruan tinggi agama yang berada dalam naungan Kementerian Agama Republik Indonesia. Berlokasi di kota Mataram, Nusa Tenggara Timur, STAHN Gde Pudja Mataram resmi berdiri pada tahun 2001. Sebagai sekolah tinggi agama Hindu, jurusan Filsafat di institusi pendidikan tinggi ini memiliki misi mengembangkan pembelajaran kritis dalam bidang teologi Hindu.

6. Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Widya Sasana

stfwidyasasana.ac.id

Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Widya Sasana merupakan perguruan tinggi swasta yang berlokasi di kota Malang, Jawa Timur. Perguruan tinggi ini memiliki dua jenjang untuk program studi filsafat yaitu S1 Filsafat Agama Kristen/ Filsafat Keilahian dan S2 Ilmu Filsafat.

Meski jurusan filsafat di kampus ini lekat dengan agama Kristen/ Katolik, misi yang diusung tetap mengacu pada nilai-nilai kemanusiaan yang bersidat universal. Selain itu, lulusan program studi ini juga diharapkan mampu mewujudkan pengabdian kepada masyarakat dengan menjunjung tinggi nilai-nilai persaudaraan sejati. Untuk mendaftar jurusa filsafat di Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Widya Sasana, dirimu bisa berasal dari semua jurusan saat masih SMA.

7. Universitas Hindu Indonesia

uhi.ac.id

Selain Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram, Universitas Hindu Indonesia juga memiliki program studi Ilmu Filsafat Hindu. Program studi ini diperuntukkan bagi mereka yang berminat untuk kuliah di jenjang sarjana atau S1 dan termasuk dalam Fakultas Ilmu Agama, Seni, dan Budaya.

Berlokasi di kota Denpasar, Bali, Prodi Ilmu Filsafat Hindu bertujuan mempersiapkan lulusannya untuk menjadi anggota masyarakat yang mampu mengembangkan serta menerapkan ilmu pengetahuan teknologi dengan Agama dan Kebudayaan Hindu Indonesia sebagai landasannya.

8. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

spmb.uinjkt.ac.id

Sesuai dengan nama universitasnya, jurusan filsafat di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta secara lebih lengkap disebut sebagai Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam. Program studi filsafat di universitas ini ada pada jenjang S1 dan S2. Kedua jenjang tersebut sama-sama terdaftar sebagai jurusan filsafat dengan nilai akreditasi A.

Masa studi untuk jurusan Filsafat UIN Syarif Hidayatullah Jakarta adalah maksimal 4,5 tahun. Sebagaimana tertulis pada situs resminya, visi yang diusung program studi ini adalah unggul dan terkemuka dalam bidang Kalam dan Filsafat Islam dengan mengintegrasikan keislaman, keilmuan, dan keindonesiaan dalam mewujudkan masyarakat madani. Terkait dengan dunia kerja, Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta juga berupaya meningkatkan kerja sama dengan berbagai instansi demi membuka jaringan kerja untuk lulusan ini.

Nah, itu tadi 8 universitas yang memiliki program studi filsafat versi Mamikos. Semoga berguna bagi dirimu yang tertarik dengan bidang ilmu ini, ya. Adakah yang belum pernah dirimu dengar sebelumnya?

Selain mengenai kampus jurusan filsafat, dirimu juga bisa menemukan berbagai macam informasi terkait jurusan kuliah, pendidikan, dan kost-kostan di website Mamikos. Cari tahu juga lokasi kost dekat kampus incaranmu dengan meng-install aplikasi Mamikos di smartphone milikmu.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close