8 Tema Ospek Mahasiswa Terbaru Paling Kreatif

8 Tema Ospek Mahasiswa Terbaru Paling Kreatif – Di masa-masa yang lalu, masa pengenalan kampus yang lebih dikenal dengan sebutan Ospek ini, penuh beragam cerita seram soal perlakuan dari para senior. Hal itu tak jarang menimbulkan kecemasan bagi mahasiswa baru.

Namun, beberapa tahun belakangan ini, metode pelaksaan Ospek sudah berubah. Pengawasan kampus lebih ketat, dan ancaman sanksi dikeluarkan dari kampus hingga pidana mengancam ke senior yang nekat melakukan kekerasan fisik atau perpeloncoan. Ospek kini tak lagi melulu identik dengan perpeloncoan, namun juga bisa jadi momen menyenangkan yang tak terlupakan.

8 Tema Ospek Mahasiswa Terbaru Paling Kreatif Ini Bisa dirimu Coba Kalau Jadi Panitia

1. Ospek dengan tema isu-isu penting yang tengah berkembang

Contoh yang paling kentara adalah Ospek di kampus Hampshire College, Amerika Serikat. Di sana, kegiatan Ospek diisi dengan kegiatan diskusi dan juga game-game. Mahasiswa baru dibuat menjadi beberapa kelompok kemudian per-kelompok akan diajak untuk berdiskusi tentang isu-isu penting yang terjadi belakangan. Selain untuk brainstorming, kegiatan diskusi ini juga akan mempererat keakraban para Maba. Setelah diskuis, akan ada pertandingan basket atau bowling yang biasanya pemainnya adalah senior vs junior.

2. Ospek dengan tema wisata budaya

Seperti contohnya Ospek yang ada di negeri Belanda. Kegiatan Ospek di negeri kincir angin ini biasanya disebut dengan introduction week atau minggu pengenalan. Kegiatan-kegiatan selama introduction week ini kental dengan wisata budaya. Para mahasiswa baru nanti akan didampingi oleh seniornya untuk berjalan-jalan menuju tempat bersejarah di sekitar kampus. Mereka harus melakukan kegiatan ini agar bisa lebih mengenal lingkungan kampusnya.

3. Ospek dengan tema pertukaran budaya

Salah satu yang memakai tema ini adalah beberapa kampus di Australia. Ospek di Australia ini dikenal dengan O-Week. Orientation Week atau O-Week ini adalah waktu di mana para Maba akan melakukan banyak kegiatan-kegiatan yang bisa membuat mereka kenal dengan seluk beluk kampus. Untuk mahasiswa yang berasal dari luar Australia, nanti biasanya akan ada kegiatan pertukaran budaya di mana para Maba menunjukkan skill untuk memasak makanan khas negaranya atau melalukan perform tari-tarian asal negaranya.

4. Ospek dengan tema kedekatan junior dan senior

Negara yang memakai konsep ini adalah Skotlandia. Ospek kebanyakan diisi dengan kegiatan mengadopsi para junior yang dilakukan oleh para senior. Untuk mempererat hubungan persaudaraan, para junior akan diajak menginap di rumah senior selama beberapa hari. Saat siang hari, mereka diajak ke kampus untuk dikenalkan pada lingkungan kampus. Malamnya, mereka menginap di rumah para senior dan biasanya senior sudah mempersiapkan kegiatan-kegiatan yang fun seperti pesta kebun, nonton film bareng-bareng, dan masih banyak lagi.

5. Ospek dengan tema Bela Negara

Tema ini pernah dipakai oleh PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru) USU tahun 2017. Materi PPKMB memuat antara lain tentang sistem pendidikan tinggi kegiatan akademik dan kemahasiswaan serta kebijakan kampus, serta materi bela negara, radikalisme, penyalahgunaan narkoba sehingga dapat mendukung keberhasilan studinya di perguruan tinggi.

Program PKKMB tahun ini sarat dengan tema Bela Negara. Sebuah tema yang dimaksudkan untuk menguatkan tekad dan semangat mahasiswa baru untuk cinta tanah air, negara dan bangsa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

6. Ospek dengan tema solidaritas

Mahasiswa dari berbagai Universitas di Jepang mengadakan Ospek tidak dengan cara membentak-bentak juniornya, melainkan membantu juniornya untuk mengenali lingkungan. Contohnya di Jichi Medical University Jepang (JMU), saat mahasiswa baru datang, mereka disambut dengan ramah oleh senior. Para mahasiswa baru ini diharuskan tinggal di apartemen yang sama selama kuliah.

Mereka yang masuk ke apartemen itu dibagi menjadi 10 kelompok kecil. Setiap kelompok mempunyai satu orang pendamping dari kalangan senior. Para senior inilah yang akan membimbing mahasiswa baru.

7. Ospek dengan tema tur kampus

Perguruan tinggi di Jerman mengadakan orientasi mahasiswa baru alias Ospek paling lama tiga hari. Saat baru datang, mahasiswa baru langsung diterima oleh petinggi universitas mulai dari rektor sampai pejabat kampus tingkat jurusan.

Setelah itu, kegiatan Ospek dilanjutkan dengan keliling kampus. Nantinya para senior akan menuntun mahasiswa baru untuk mengenalkan fasilitas kampus, seluruh bangunan di kampus dan lain-lain.

8. Ospek dengan tema acara sosial dan rekreasi

Di Thailand, Ospek disebut ‘Rapnong’ yang artinya sambutan mahasiswa baru. Kegiatan Rapnong di kampus-kampus Thailand berfokus pada adaptasi kampus, acara sosial, rekreasi, serta mengakrabkan mahasiswa baru dengan para dosen di sana.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

8 Tema Ospek Mahasiswa Terbaru Paling Kreatif

8 Tema Ospek Mahasiswa Terbaru Paling Kreatif

Loading...


Sumber: Mamikost

Loading...
loading...
close