8 Prospek Kerja Jurusan Statistika yang Menjanjikan

8 Prospek Kerja Jurusan Statistika yang Menjanjikan – Mendapatkan karier yang bagus setelah menyelesaikan kuliah di Jurusan Statistika tidak sulit. Sebab, kebutuhan perusahaan terhadap lulusan tersebut kian meningkat.

Prospek Karier Lulusan Jurusan Statistika

pixabay.com

Siapa bilang masuk Jurusan Statistika hanya bergelut dengan angka? Di jurusan ini, dirimu bisa mempelajari banyak hal. Jurusan yang materi perkuliahannya fokus pada pengumpulan, pengolahan, serta penyajian data ini ternyata memberikan kontribusi penting bagi masyarakat.

Apakah Jurusan Statistika itu sulit? Ternyata tingkat kesulitan suatu jurusan sangat subjektif. Bagi dirimu yang sudah terbiasa dengan soal hitung-hitungan dan analisis, berada di jurusan ini akan menjadi tantangan mengasikkan sekaligus memberikan banyak pengalaman. Mahasiswa yang memilih jurusan ini memiliki pemahaman matematika yang baik serta kemampuan pengorganisasian data. Tidak hanya itu, kemampuan programming, komunikasi, analisis, dan problem solving pun penting dimiliki. Inilah yang membuat prospek karier lulusan Jurusan Statistika cukup luas di perusahaan.

Berbekal kemampuan yang dipelajari di Jurusan Statistika, lulusan jurusan ini sering mendapatkan posisi penting di perusahaan. Ketika menempati posisi karier penting, gaji yang sebanding dengan beban kerja pun secara otomatis akan didapatkan. Jika dirimu masih belum yakin untuk memilih Jurusan Statistika sebagai tujuan studi, berikut ini adalah referensi prospek karier lulusan Jurusan Statistika.

1.Analis Anggaran

pixabay.com

Profesi sebagai analis anggaran bisa dimiliki lulusan Jurusan Statistika. Karier sebagai seorang analis anggaran terbilang penting di sebuah perusahaan. Barangkali dirimu masih bertanya-tanya mengapa anggaran perlu dianalisis. Bagi perusahaan besar, penyusunan anggaran adalah hal krusial agar di kemudian hari tidak ada masalah tentang kecukupan dana yang akan dibelanjakan dan yang telah dibelanjakan.

Untuk menjadi seorang analis anggaran yang baik, dirimu dituntut cermat dan kritis dalam melihat kondisi. Penggunaan dana pun juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Pertimbangan berbagai aspek sangat diperlukan untuk mencapai akurasi penyusunan anggaran. Analis anggaran akan diminta memberikan alternatif belanja serta ide-ide baru bagi para pembuat kebijakan.

2.Aktuaris

pixabay.com

Kebutuhan aktuaris di Indonesia sangat tinggi, apalagi saat ini asuransi di Indonesia semakin beragam. Aktuaris serta perusahaan asuransi adalah hal yang tidak terpisahkan. Namun, karier sebagai aktuaris tidak hanya bisa dilakukan di perusahaan asuransi saja. Berbagai perusahaan penting, seperti perusahaan investasi, perusahaan dana pensiun, perbankan, dan perusahaan yang berkaitan dengan manajemen risiko juga membutuhkan aktuaris.

Karier sebagai aktuaris terbuka lebar bagi dirimu yang berasal dari Jurusan Statistika. Bahkan, bisa saja dirimu bekerja di banyak tempat sekaligus karena posisi sebagai aktuaris di perusahaan banyak yang kosong. Pekerjaan seorang aktuaris berkaitan erat dengan perancangan produk asuransi dan preminya, penentuan status keuangan, pembuatan proyeksi keuangan perusahaan. Diperlukan kemampuan analisis serta pemahaman terhadap teori ekonomi, teori keuangan, serta ilmu matematika dan statistika.

3.Analis Riset Pasar dan Spesialis Pemasaran

pixabay.com

Profesi sebagai analis riset pasar serta spesialis pemasaran terdengar keren, apalagi jika dirimu bercita-cita bekerja di perusahaan multinasional setelah lulus. Persaingan untuk bisa diterima di posisi sebagai analis riset pasar tidak mudah. dirimu akan bersaing dengan sesama lulusan Jurusan Statistika serta lulusan dari jurusan lainnya.

Tugas seorang analis riset pasar adalah mencari tahu sekaligus menganalisis kondisi pasar di tingkat lokal, regional, hingga nasional. Diperlukan kecermatan agar bisa mendapatkan informasi tentang potensi penjualan produk atau layanan, serta kampanye yang efektif untuk pemasaran. Sebagai seorang analis, dirimu juga akan belajar tentang pesaing, harga, dan metode distribusi yang bisa menguntungkan perusahaan.

4.Peneliti Survei

pixabay.com

Karier sebagai peneliti survei ternyata terbuka lebar bagi para lulusan Jurusan Statistika. Namun, jangan bayangkan jika kata “peneliti” di sini membuatmu bekerja di laboratorium. Sebaliknya, bagi dirimu yang senang bekerja di lapangan dan bekerja bersama tim, karier ini sangat cocok untukmu. Di dunia kerja nanti dirimu akan bertugas melakukan monitoring serta evaluasi pengumpulan data.

Peneliti survei bekerja di bidang sosial, sehingga banyak yang menyebut peneliti survei sebagai peneliti sosial. Bekerja sebagai peneliti survei akan memberikanmu banyak pengalaman, terutama berkaitan dengan interaksi langsung bersama orang-orang. Pengetahuan dan sudut pandangmu pun akan semakin luas seiring dengan perkembangan waktu. Untuk menjadi peneliti survey profesional, dirimu dituntut mampu menggunakan metode penelitian sosial, instrumen penelitian sosial, dan tentunya kemampuan di bidang statistik.

5.Analis Kontrol Kualitas

pixabay.com

Baru pertama kali mendengar istilah pekerjaan “analis kontrol kualitas”? pekerjaan ini sangat cocok untuk dirimu yang senang dengan kegiatan terkait pengujian suatu bahan baku, produk setengah jadi, dan produk jadi. Pekerjaan berupa tes stabilitas sampel pun akan dipercayakan pada seorang analis kontrol kualitas.

Pekerjaan yang akan dilakukan seorang analis kontrol kualitas pastinya menganalisis berbagai macam bahan secara rutin ataupun non rutin. Data yang sudah didapatkan dari uji laboratorium perlu dianalisis secara tepat agar hasilnya akurat. Sebagai seorang lulusan Jurusan Statistika, kemampuan menganalisis hasil tes hingga membuat rekomendasi tentang hasil tes dengan spesifikasi sangat diperlukan.

6.Analis Riset Operasional

pixabay.com

Pekerjaan sebagai analis riset operasional banyak dibuka di perusahaan industri. Pekerjaanmu akan banyak bersinggungan dengan proses penerapan matematika, analisis statistik, serta berbagai metode untuk mengambil keputusan. Seorang analis riset operasional juga akan diminta merumuskan kebijakan ataupun menjalankan fungsi-fungsi manajerial.

Bekerja sebagai analis riset operasional akan memberikanmu pengalaman baru. dirimu juga akan diminta menyiapkan berbagai macam laporan manajemen, menilai masalah-masalah di perusahaan beserta solusinya. Jangan bayangkan jika dirimu akan bekerja secara individu dan banyak berada di ruangan. Sebaliknya, dirimu akan diminta bekerja sama dengan pegawai lain, bahkan manajer senior untuk memastikan bahwa solusi terhadap suatu masalah tersebut sudah tepat dan berdampak positif bagi perusahaan.

7.Ahli Statistik

pixabay.com

Lulusan Jurusan Statistika pastinya sudah tidak asing lagi dengan karier sebagai ahli statistik atau statistikawan. Bidang kerjanya berkaitan erat dengan berbagai macam kegiatan statistik. dirimu akan terbiasa dengan kegiatan penyediaan data, informasi, serta analisisnya. Objek statistika yang akan dirimu observasi pun bergantung pada perusahaan tempat kerja.

Selama menjadi seorang ahli statistik, berbagai macam teori statistika dan metodenya akan dirimu aplikasikan. Jadi, jika ingin melamar pekerjaan sebagai seorang ahli statistik, lakukan review materi perkuliahan yang berkaitan dengan statistika. Tidak jarang dirimu harus mengumpulkan data menggunakan kuesioner yang kompleks, namun menyajikannya secara sederhana dan informatif.

8.Ahli Biostatistik

pixabay.com

Seorang ahli biostatistik memiliki ranah pekerjaan yang sedikit berbeda dengan ahli statistik. Jika dirimu tertarik dengan statistik dan biologi, karier sebagai ahli biostatistik layak dipertimbangkan. Di dunia kerja, dirimu akan diminta mengembangkan sekaligus mengimplementasikan teori serta metode biostatistik untuk belajar ilmu sains. Pengalaman mendesain penelitian bersama para ahli, ilmuwan bidang sains, dokter, dan profesional pun akan menjadi hal yang sering dirimu alami. Bukan tidak mungkin seorang ahli biostatistik membuka jasa konsultasi biostatistik pada klien dan kolega.

Setelah membaca informasi di atas, ternyata ada 8 prospek kerja Jurusan Statistika yang menjanjikan. Gaji lulusan Jurusan Statistika bervariasi tergantung lokasi kerja dan jenis pekerjaan yang dipilih. Perusahaan besar akan memberikan gaji mulai dari 3 juta rupiah. Tentunya gaji tersebut masih mungkin mengalami kenaikan dengan melihat kinerja karyawan.

Semakin tertarik mendalami Jurusan Statistika? Ada banyak Perguruan Tinggi di Indonesia yang menawarkan jurusan ini, baik PTN maupun PTS. Contohnya adalah kampus Institut Pertanian Bogor (IPB), Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), Universitas Brawijaya, Universitas Islam Indonesia (UII), dan kampus-kampus lainnya. Cari tahu jalur masuk Jurusan Statistika yang dirimu inginkan dan belajarlah sesuai jalur pilihanmu. Semoga berhasil!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close