8 Ketentuan Resmi Peserta Ujian UTBK 2020 Selain Bawa Masker

8 Ketentuan Resmi Peserta Ujian UTBK 2020 Selain Bawa Masker – Sudah siap menjalani Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020?. Terdapat perubahan jadwal pelaksanaan, perubahan sesi ujian, dan perubahan ketentuan. Bagi anda yang akan mengikuti UTBK – SBMPTN 2020 tahun ini, pelaksanaan UTBK tetap perlu memperhatikan protokol kesehatan saat new normal.

Ketentuan Barang yang Dibawa Peserta UTBK 2020

unsplash.com

UTBK 2020 yang dilakukan saat Pandemi Covid-19 membuat panitia penyelenggara menerapkan aturan-aturan khusus. Jika saat pengumuman dirilis terdapat aturan untuk membawa Kartu Tanda Peserta UTBK – SBMPTN, selama masa new normal ini ada barang tambahan yang perlu dibawa. Apabila peserta UTBK – SBMPTN 2020 tidak membawa kelengkapan dokumen yang diperlukan, dikhawatirkan peserta tidak bisa ikut UTBK. Apa saja barang tersebut?

1. Kartu Peserta UTBK – SBMPTN 2020

unsplash.com

Jangan lupa untuk mencetak Kartu Tanda Peserta UTBK – SBMPTN 2020 terbaru. Adanya perubahan jadwal pelaksanaan tes turut berpengaruh pada data yang terdapat di Kartu Peserta UTBK – SBMPTN 2020. Adapun perubahan jadwal tes UTBK terbaru dalam dua tahap adalah:

No Tanggal Tes Sesi Pelaksanaan UTBK
1 UTBK – SBMPTN tahap 1: 5 Juli – 14 Juli 2020 Sesi 1: 09.00 – 11.15 (WIB/WIT/WITA)

Sesi 2: 14.00 – 16.15 (WIB/WIT/WITA)

2 UTBK – SBMPTN tahap 2: 20 Juli – 29 Juli 2020 Sesi 1: 09.00 – 11.15 (WIB/WIT/WITA)

Sesi 2: 14.00 – 16.15 (WIB/WIT/WITA)

Pastikan anda membaca data yang tercantum pada Kartu Peserta Ujian UTBK secara cermat agar tidak melewatkan informasi penting. Kartu UTBK terbaru bisa dicetak setelah ada pengumuman resmi dari LTMPT. Jadi, pantau terus update informasi terkait waktu pencetakan kartu.

2. Identitas Diri

radarbogor.id

Bawalah kartu identitas berisi data diri seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang memuat data lengkap. Nantinya peserta akan diperiksa sebelum bisa mengikuti UTBK dan masuk ke dalam ruangan. Tentunya KTP tersebut memang masih berlaku dan bisa terbaca dengan jelas. Apabila kondisi KTP rusak, segera urus KTP terbaru secara online agar anda bisa mendapatkan KTP kembali.

3. Surat Keterangan Lulus (SKL) atau Ijazah

unsplash.com

Peserta tes UTBK – SBMPTN 2020 wajib membawa dokumen bukti Surat Keterangan Lulus (SKL) bagi peserta yang lulus tahun 2020. SKL memang diperuntukkan bagi peserta yang belum mendapatkan ijazah. Tetapi perlu diingat bahwa SKL yang dibawa peserta wajib mencantumkan identitas lengkap, cap basah dan tanda tangan kepala sekolah, serta foto data diri terbaru. SKL wajib dibawa lulusan SMA sederajat tahun 2020 serta lulusan Paket C yang belum memiliki ijazah.

Bagi peserta UTBK – SBMPTN yang lulus tahun 2019 dan 2018, fotokopi ijazah wajib dibawa. Masukkan dokumen tersebut dalam map rapi agar tidak terlipat. anda juga bisa menyemprotkan disinfektan untuk mencegah adanya penularan virus.

4. Dokumen Perjalanan

pixabay.com

Jika anda datang ke lokasi pusat UTBK – SBMPTN menggunakan kendaraan pribadi, siapkan dokumen perjalanan. Dokumen tersebut misalnya Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Tidak ada yang tahu apakah nantinya ada pemeriksaan ketika peserta menuju lokasi pusat UTBK.

Bisa dibayangkan jika SIM dan STNK tertinggal, peserta bisa terlambat ke lokasi atau bahkan tidak diizinkan mengikuti ujian. Waktu akan tersita di jalan karena peserta harus berhadapan dengan pihak berwenang karena melupakan dokumen perjalanan. Sebaiknya masukkan dokumen perjalanan ke dalam dompet atau map yang akan anda bawa ke lokasi UTBK – SBMPTN 2020.

5. Masker

unsplash.com

Salah satu protokol kesehatan yang ditetapkan bagi peserta UTBK – SBMPTN 2020 sebelum masuk ke ruang ujian adalah menggunakan masker. Pakailah masker yang standar dan dalam kondisi baru apabila masker yang dipakai adalah masker sekali pakai. Apabila anda memakai masker kain atau jenis masker lainnya, anda perlu mencuci dan memastikan kondisinya bersih.

Setidaknya bawalah lebih dari satu masker untuk berjaga-jaga. Jika maskermu kotor atau hilang, anda masih memiliki masker cadangan. Perlu anda perhatikan pula bahwa sekalipun anda sudah menggunakan masker, interaksi dengan peserta UTBK – SBMPTN lainnya pun tetap perlu dibatasi.

6. Faceshield

unsplash.com

Mungkin ketentuan untuk membawa faceshield ini terdengar asing bagi anda. Tapi, untuk bisa mengikuti UTBK – SBMPTN 2020 nanti, peserta wajib menggunakan faceshield. Sekalipun peserta sudah menggunakan masker, adanya faceshield akan meminimalisir penularan Covid-19. Protokol kesehatan yang diberlakukan saat UTBK tersebut memang ketat demi keamanan dan kenyamanan peserta ujian serta penyelenggara.

Bagaimana jika lupa membawa faceshield saat UTBK – SBMPTN?.

Bisa jadi di wilayah atau daerah tertentu ada kesulitan untuk mendapatkan faceshield. Langkah yang bisa anda lakukan adalah melakukan pemesanan secara online sejak jauh-jauh hari. Lakukan survey tempat penjualan faceshield di daerahmu atau beli faceshield secara kolektif dengan teman-teman. Apabila peserta tidak membawa faceshield saat UTBK, pihak panitia UTBK memang menyediakan. Tapi, akan lebih baik jika peserta membawa faceshield sendiri untuk mencegah kontaminasi sekaligus mengantisipasi jika faceshield yang disediakan panitia habis.

7. Sarung Tangan

pixabay.com

Bawalah sarung tangan ketika akan menuju lokasi pusat UTBK – SBMPTN 2020. Peserta wajib menggunakan sarung tangan meskipun ujian yang dilakukan berbasis komputer. Dengan menggunakan sarung tangan, interaksi berupa sentuhan langsung pada benda atau barang-barang bisa diminimalisir. Bawalah sarung tangan lebih dari satu untuk berjaga-jaga apabila sarung tangan yang anda bawa rusak atau sobek.

8. Hand Sanitizer

Peserta UTBK – SBMPTN 2020 sebaiknya berjaga-jaga dengan membawa hand sanitizer berukuran kecil yang praktis. Sebab, ketika di lokasi ujian nanti pastinya peserta akan berinteraksi dengan peserta lainnya. Tidak hanya itu, peserta juga akan menyentuh fasilitas publik. Dengan memakai hand sanitizer secara berkala, peserta bisa terhindar dari paparan Covid-19.

Sebenarnya panitia penyelenggara UTBK – SBMPTN 2020 akan menyediakan fasilitas ini. Tapi, akan lebih baik jika anda juga membawa untuk berjaga-jaga. anda juga bisa membawa alkohol spray untuk menyemprot bagian-bagian yang banyak digunakan orang, misalnya kursi. Patuhi protokol kesehatan yang berlaku di lokasi pusat UTBK – SBMPTN agar anda tetap bisa tes dengan nyaman.

Barang-barang tersebut masih mungkin mengalami perubahan. Panitia lokal di pusat UTBK bisa menambahkan ketentuan tambahan, tetapi tidak diizinkan untuk mengurangi. Sebelum mengikuti UTBK – SBMPTN 2020, pastikan anda sehat secara fisik, ya!. Sebab, nantinya peserta UTBK akan diperiksa sebelum memasuki ruang ujian. Apabila peserta tidak sehat, peserta tidak diizinkan mengikuti UTBK 2020. Sebaiknya anda mulai menjalankan isolasi mandiri selama 14 hari sekaligus menjaga kesehatan tubuh. Selamat menjalani ujian dan semoga sukses!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

 


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close