7 Universitas yang Ada Jurusan Perbankan Terbaik

7 Universitas yang Ada Jurusan Perbankan Terbaik- Industri perbankan bisa dibilang merupakan bidang industri yang tidak akan pernah mati. Tidak heran jika banyak orang yang tertarik untuk bekerja di industri ini. Salah satu langkah awal bagi yang bermimpi bekerja di bidang perbankan adalah dengan berkuliah di universitas yang memiliki jurusan terkait dengan bidang tersebut.

Kampus Perbankan Terbaik

pexels.com

Secara umum, bank dipahami sebagai sebuah badan usaha di bidang keuangan yang menghimpun dana dari masyarakat. Bidang perbankan dapat digolongkan sebagai industri vital lantaran kegiatannya menyangkut hajat hidup banyak orang. Tak hanya memberikan jasa menabung atau penyimpanan uang, industri perbankan terbilang cukup kompleks lantaran turut berperan menyalurkan dana ke masyarakat yang membutuhkan dalam bentuk pinjaman.

Kompleksitas dan pertumbuhan industri perbankan senantiasa menuntut ketersediaan tenaga kerja yang mumpuni. Meski pekerja di industri perbankan kerap berasal dari berbagai latar belakang jurusan kuliah, tetap diperlukan karyawan yang benar-benar memahami industri ini. Untuk itulah kampus penyedia jurusan perbankan kemudian hadir mewarnai pilihan jurusan kuliah di Indonesia.

Jadi, apa saja universitas yang memiliki jurusan perbankan terbaik di Indonesia? Berikut rangkumannya.

1. Universitas Indonesia

ui.ac.id

Siapa tidak mengenal Universitas Indonesia? Salah satu perguruan tinggi negeri favorit di Indonesia ini rupanya memiliki program studi yang termasuk dalam bidang perbankan. Program studi perbankan di UI dikenal sebagai Program Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan. Jurusan tersebut termasuk dalam program studi vokasi. Artinya, lulusan Administrasi Keuangan dan Perbankan UI nantinya akan disebut sebagai tenaga ahli madya.

Sebagaimana program studi vokasi pada umumnya, jurusan Administrasi Keuangan dan Perbankan UI juga menekankan perkuliahan dengan kegiatan praktik di laboratorium serta program magang. Program magang ini diadakan di beragam perusahaan atau pelaku industri keuangan dan perbankan.

Demi mendukung kualitas lulusannya, Program Pendidikan Vokasi UI juga bekerja sama dengan berbagai asosiasi profesi. Artinya, lulusan Prodi Administrasi Keuangan dan Perbankan UI nantinya akan dipermudah untuk mendapatkan sertifikasi profesi.

2. Universitas Brawijaya Malang

republika.co.id

Universitas Brawijaya turut memasuki daftar universitas di Indonesia yang memiliki jurusan perbankan. Berbeda dengan Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya juga memiliki program sarjana untuk jurusan perbankan. Sebagaimana sarjana dari Fakultas Ekonomi pada umumnya, lulusan program sarjana perbankan di Universitas Brawijaya akan menyandang gelar Sarjana Ekonomi atau S.E.

Jurusan perbankan untuk program sarjana di Universitas Brawijaya bernama Program Studi Ekonomi, Keuangan, dan Perbankan. Tak tanggung-tanggung, prodi ini sudah menyandang peringkat akreditasi A dari BAN-PT. Untuk berkuliah di jurusan ini, dirimu tidak wajib menjadi lulusan SMA dari jurusan IPS saja. Lulusan SMA dari jurusan IPA dan Bahasa juga diperbolehkan untuk mendaftar. Selain itu, lulusan SMK dari jurusan akuntansi juga punya kesempatan untuk bergabung menjadi mahasiswa.

Apabila dirimu menginginkan masa studi yang lebih singkat, Universitas Brawijaya juga memiliki program vokasi untuk jurusan perbankan. Berbeda dengan program sarjana, jurusan perbankan dalam program vokasi bukan merupakan bagian dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.

3. Universitas Islam Indonesia

uii.ac.id

Jika dua kampus dalam daftar universitas yang memiliki jurusan perbankan merupakan perguruan tinggi negeri, kali ini pembahasan Mamikos akan sampai pada universitas swasta, yaitu Universitas Islam Indonesia (UII). Secara lengkap, jurusan perbankan di UII disebut dengan Program 3 Perbankan dan Keuangan.

Menurut situs resmi UII, Program D3 Perbankan dan Keuangan UII memiliki beragam keunggulan. Program turut ini mendukung program sertifikasi profesi bagi mahasiswanya. Kompetensi profesi tersebut diberikan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

4. Universitas Muhammadiyah Malang

republika.co.id

Selain Universitas Brawijaya, kampus di Malang yang juga memiliki jurusan perbankan adalah Universitas Muhammadiyah Malang. Jurusan ini secara lengkap disebut sebagai Program Studi Diploma 3 Keuangan dan Perbankan. Program D3 tersebut dirancang agar dapat dituntaskan dalam rentang waktu tiga tahun. Program pembelajarannya pun didominasi oleh 60% praktikum.

Program Studi Diploma 3 Keuangan dan Perbankan UMM turut membangun kerjasama dengan berbagai lembaga keuangan perbankan yang berlokasi di Jawa Timur seperti Bank BNI, Bank jatim, Bank BCA, Bank Mandiri Syariah, dan sebagainya. Lembaga perbankan ini nantinya akan dijadikan sebagai tempat praktik kerja lapangan.

5. Universitas Syiah Kuala

unsyiah.ac.ic

Universitas yang memiliki jurusan perbankan di Indonesia tidak hanya berlokasi di pulau Jawa saja. Buktinya, di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh memiliki jurusan Keuangan dan Perbankan. Di program studi ini, mahasiswa akan mempelajari operasional perbankan, baik untuk bank konvensional maupun bank yang menerapkan sistem syariah. Dalam situs resmi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsyiah, disebutkan bahwa jurusan ini lahir untuk menjawab kebutuhan tenaga profesional di bidang keuangan dan perbankan.

Seperti kebanyakan jurusan perbankan di Indonesia, unsyiah juga menyelenggarakan program Keuangan dan Perbankan untuk jenjang D3. Dengan demikian, gelar yang akan diraih oleh lulusan Universitas Syiah Kuala untuk program ini adalah Ahli Madya Diploma (A.Md.)

6. Politeknik Negeri Bandung

e-learning.polban.ac.id

Perguruan tinggi keenam yang memiliki jurusan perbankan adalah Politeknik Negeri Bandung (Polban). Adapun jurusan terkait perbankan di institusi pendidikan tersebut adalah Jurusan D3 Keuangan dan Perbankan. Polban juga termasuk salah satu instansi pendidikan tinggi yang jurusan perpajakannya sudah mendapatkan nilai akreditasi A dari BAN-PT. Lulusan dari jurusan ini diharapkan akan mampu menerapkan komunikasi bisnis yang efektif di berbagai lembaga keuangan, pasar modal, hingga pasar uang.

7. Politeknik Negeri Semarang

pmb.polines.ac.id

Selain Politeknik Negeri Bandung, politeknik lainnya yang juga memiliki jurusan perbankan adalah Politeknik Negeri Semarang (Polines). Serupa dengan Politeknik Negeri Bandung, nama program studi yang mempelajari perpajakan di Polines adalah Program Studi Keuangan dan Perbankan. Prodi ini pun ada pada jenjang pendidikan vokasi atau D3.

Tidak hanya memiliki satu program studi di bidang perbankan, Polines juga memiliki Program Studi Perbankan Syariah. Prodi ini tentu turut menjawab kebutuhan pasar tenaga kerja di dunia perbankan lantaran pengelolaan bank syariah berbeda dengan bank konvensional. Baik Prodi Keuangan dan Perbankan maupun Prodi Perbankan Syariah di Polines sama-sama sudah mengantongi akreditasi A.

Sekian informasi mengenai 7 perguruan tinggi yang memiliki jurusan perbankan. Seperti yang sudah dirimu baca, jurusan perbankan di berbagai kampus di atas memang hampir seluruhnya berupa program diploma. Artinya, jangka waktu pendidikannya pun tentu lebih sebentar sehingga lebih hemat waktu dan biaya.

Dapatkan banyak informasi seputar jurusan perkuliahan, mahasiswa, pendidikan, kos, dan lain sebagainya di website Mamikos. Download dan install  aplikasi Mamikos  juga, ya!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close