7 Tips Supaya dirimu Tidak Mengulang Ikut UTBK SBMPTN

7 Tips Supaya dirimu Tidak Mengulang Ikut UTBK SBMPTN – Tidak terasa sebentar lagi pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 akan segera dibuka. Sudahkah dirimu menyiapkan diri untuk menghadapi ujian seleksi ini? Agar dirimu tidak mengulang ikut UTBK SBMPTN lagi dan lagi, ada baiknya dirimu mengikuti beberapa tips yang sudah Mamikos rangkum di bawah ini.

Berikut Tips Agar dirimu Tidak Mengulang Ikut UTBK SBMPTN

jemberkab.go.id

Sekarang memang sedang masa-masanya mencari informasi terkait UTBK SBMPTN, terlebih terkait cara untuk bisa lulus ujian seleksi ini. Tiap tahunnya pendaftaran UTBK SBMPTN selalu diserbu oleh siswa-siswi yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri. Untuk itu setiap siswa tentunya harus mempersiapkan diri sematang mungkin agar bisa lolos dan tidak perlu mengulang mengikuti UTBK SBMPTN lagi.

Apa itu UTBK SBMPTN?

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) adalah kedua hal yang tidak bisa dipisahkan. Meskipun berbeda, keduanya selalu dikait-kaitkan. Singkatnya, UTBK adalah metode tes yang wajib diikuti oleh seluruh siswa yang ingin mendaftar SBMPTN. Karena untuk bisa mendaftar SBMPTN, siswa harus memiliki nilai UTBK terlebih dahulu.

UTBK SBMPTN sejatinya baru diadakan mulai tahun 2019, mengingat sebelumnya metode tes yang dipergunakan untuk masuk ke perguruan tinggi negeri adalah tes tertulis UTBC. Tak hanya dapat dipergunakan untuk mendaftar SBMPTN saja, nilai UTBK juga bisa dirimu pergunakan untuk mendaftar jalur ujian mandiri jika dirimu gagal dalam SBMPTN. Oh iya, untuk nilai UTBK dan hasil SBMPTN sendiri nantinya akan diumumkan secara serentak setelah UTBK selesai dilaksanakan.

Kapan UTBK SBMPTN 2021?

Pendaftaran UTBK SBMPTN akan dibuka pada 15 Maret 2021, mulai pukul 15.00 WIB. Jika dirimu ingin mendaftar, sebelumnya dirimu harus memiliki akun LTMPT terlebih dahulu. Pendaftaran UTBK SBMPTN sendiri akan ditutup pada 1 April 2021. UTBK ini nantinya akan diadakan dengan dua gelombang di mana gelombang pertama akan dilaksanakan pada 12 hingga 18 April 2021, dan gelombang kedua akan dilaksanakan pad 26 April hingga 2 Mei 2021.

Jika Gagal UTBK SBMPTN 2020, Apakah Bisa Ikut UTBK SBMPTN 2021?

Jika dirimu gagal dalam UTBK SBMPTN 2020, tentunya dirimu masih bisa mendaftar mengikuti UTBK SBMPTN 2021. Asalkan dengan catatan dirimu harus lulusan SMA/sederajat tahun 2019/2020. Sebagai catatan, lulusan SMA/sederajat tahun 2018 ke bawah sudah tidak bisa lagi mendaftar UTBK SBMPTN tahun ini. Untuk itu perhatikan kembali info-info terbaru terkait pendaftaran di situs resmi LTMPT.

Yang terpenting jangan lupa untuk membuat akun LTMPT. Mengingat salah satu persyaratan utama untuk bisa mengikuti UTBK SBMPTN 2021 ini adalah memiliki akun LTMPT. Jangan lupa juga untuk membayar biaya UTBK sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

Tips Sukses Menghadapi UTBK SBMPTN 2021

Jika sebelumnya dirimu pernah gagal dalam UTBK SBMPTN, tak perlu berkecil hati karena dirimu tentunya sudah memiliki pengalaman dibandingkan siswa-siswi lainnya. dirimu pun pastinya akan lebih siap menghadapi ujian dibandingkan dengan peserta yang tidak mengulang. Agar dirimu tidak mengulang UTBK SBMPTN lagi, dirimu bisa ikuti tips yang Mamikos bagikan di bawah ini.

1. Pahami Tata Cara UTBK SBMPTN 2021

detik.com

Pertama-tama, pahamilah baik-baik tata cara pelaksanaan UTBK SBMPTN pada tahun ini. Karena pastinya tata cara pelaksanaan UTBK akan berbeda setiap tahunnya, terlebih di tengah kondisi pandemic Covid-19 ini. Jangan lupa untuk penuhi persyaratan yang diminta oleh panitia UTBK, jika dirimu melewatkan saja satu syarat maka dirimu pun terancam tidak boleh mengikuti UTBK. Jika dirimu tidak mengikuti UTBK, secara otomatis dirimu akan gagal dalam SBMPTN tahun ini.

2. Rutin Berlatih Mengerjakan Soal UTBK

jabarnews.com

Jauh sebelum hari ujian tiba, ada baiknya dirimu mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan berlatih mengerjakan soal-soal latihan UTBK dirumah. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya mengujiankan Tes Potensi Skolastik (TPS), di tahun 2021 ini UTBK kembali mengujiankan Tes Kompetensi Akademik (TKA). Untuk itu jangan lupa untuk berlatih mengerjakan soal TKA juga ya.

3. Mengikuti Try Out

kompas.com

Jangan lupa juga melakukan evaluasi pemahaman soal-soal UTBK dengan mengerjakan soal-soal evaluasi secara berkala. dirimu bisa mencoba untuk mengerjakan soal UTBK tanpa melihat kunci jawabannya terlebih dahulu. Setelah dirimu menyelesaikan semua soalnya, barulah periksa kembali jawaban dirimu dengan kunci jawaban yang sudah tersedia. 

Jika ingin lebih mengevaluasi pemahaman lagi, dirimu mungkin bisa mencoba untuk mengikuti beberapa try out. Dengan mengikuti try out maka dirimu pun bisa mengetes seberapa jauh kemampuan dirimu dalam mengerjakan soal-soal UTBK. Tak perlu repot mencari jadwal try out karena biasanya try out akan sering diadakan oleh beberapa lembaga menjelang waktu pelaksanaan UTBK tiba.

4. Buatlah Jadwal Belajar 

cdn.idntimes.com

Jika dirimu merasa belum begitu memahami beberapa materi UTBK, jangan lupa untuk membuat jadwal belajar secara rutin. Dengan memiliki jadwal belajar yang rutin maka dirimu pun dapat membagi waktu antara belajar dengan kegiatanmu yang lain. Namun perlu diingat pula bahwa jangan lupa untuk tetap memperhatikan jadwal istirahat di sela-sela waktu belajar. Hal ini dilakukan agar dirimu tidak stress karena terlalu memporsir diri untuk menghadapi UTBK.

5. Mempersiapkan Mental

viva.co.id

Hal terpenting yang perlu dirimu persiapkan untuk menghadapi UTBK agar tidak mengulang adalah mental. Ingat, jangan hanya fokus pada Latihan soal-soal saja namun berlatihlah pula untuk mengontrol stress. Cobalah untuk menenangkan pikiran, apalagi menjelang hari ujian tiba. Sempatkan pula diri dirimu untuk refreshing agar nantinya pada hari ujian dirimu tidak merasa panik dan lebih relaks lagi dalam mengerjakan soal-soal.

6. Jaga Kesehatan

kumparan.com

Di masa pandemi Covid-19 ini tentunya menjaga kesehatan juga menjadi poin utama. Jika dirimu tidak dalam kondisi fit, maka dirimu tentunya tidak akan diperbolehkan untuk mengikuti UTBK. Untuk itu jangan lupa untuk menjaga daya tahan tubuhmu dan jangan lupa juga untuk melakukan olahraga ringan di rumah, serta makan makanan bergizi.

7. Jangan Lupa Berdoa

popbela.com

Tips terakhir dari Mamikos, jangan lupa untuk perbanyak berdoa agar nantinya dirimu diberikan kelancaran saat hari ujian tiba. Selalu berpikir positif, serta tenangkan pikiran agar dirimu bisa mengerjakan soal-soal UTBK semaksimal mungkin. Ingat, apapun hasilnya nanti dirimu harus menerima dengan ikhlas dan lapang dada.

Oke, itu tadi informasi yang bisa Mamikos bagikan terkait beberapa tips supaya tidak mengulang UTBK SBMPTN 2021. Mamikos infokan kembali bahwa pendaftaran UTBK SBMPTN akan dibuka pada 15 Maret 2021, mulai pukul 15.00 WIB. Bacalah kembali persyaratannya dan daftarkan diri dirimu sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh LTMPT. Jika dirimu membutuhkan informasi seputar kost-kostan di dekat PTN pilihan, jangan lupa untuk download aplikasi Mamikos di ponsel dirimu ya!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: 

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya 

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close