7 Prospek Kerja Ilmu Komunikasi dengan Gaji Tinggi

7 Prospek Kerja Ilmu Komunikasi dengan Gaji Tinggi – Pertanyaan tentang karier yang harus diambil setelah lulus dari Jurusan Ilmu Komunikasi sering ditanyakan para lulusan. Sebab, seringkali alasan dalam memilih jurusan kuliah adalah prospek kerja setelah lulus yang luas dan bergaji tinggi.

Prospek Kerja Gaji Tinggi untuk Lulusan Ilmu Komunikasi

pixabay.com

Jika anda merasa perjuanganmu menyelesaikan studi tidak mudah, pastinya anda merasa bahwa anda layak mendapatkan pekerjaan dengan gaji layak. Tidak jarang banyak yang mempertimbangkan besar gaji sebelum memutuskan untuk melamar kerja, termasuk para lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi.

Untunglah lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi banyak dicari di tempat kerja, sehingga tidak terlalu sulit mendapatkan pekerjaan setelah menyelesaikan studi. Lulusannya pun bisa mendaftar di berbagai bidang dengan bekal kemampuan yang dipelajari selama berada di bangku kuliah. Berwirausaha pun bisa menjadi pilihan.

Dalam memilih pekerjaan, lulusan Ilmu Komunikasi bisa mempertimbangkan passion, cita-cita, serta gaji di tempat kerja. Nantinya anda bisa mendapatkan pekerjaan yang menjanjikan, baik dari segi penghasilan maupun jenjang karier. Apa saja jenis pekerjaan bergaji tinggi untuk lulusan Ilmu Komunikasi? Simak referensinya berikut.

1.Event Organizer

pixabay.com

Profesi sebagai event organizer saat ini banyak digeluti, terutama bagi orang yang memiliki banyak relasi atau jaringan. Profesi event organizer juga dikenal sebagai event planner. Gaji rata-rata yang didapatkan antara 5 juta – 10 juta rupiah, bahkan bisa lebih bergantung besar event yang diadakan. Kemampuanmu sebagai lulusan ilmu komunikasi akan banyak membantu dalam bidang negosiasi dan relasi.

Peran event organizer pada sebuah acara sangatlah penting. Ibarat produser, semua kendali akan dipegang oleh pihak event organizer. Biasanya, acara yang membutuhkan bantuan adalah acara terkait launching produk, pameran, gathering, fun games, pesta pernikahan, pesta ulang tahun, festival kebudayaan, acara olahraga, maupun kegiatan lainnya. Meskipun demikian, ada pula acara skala kecil dan acara offline yang membutuhkan event organizer.

Apa saja yang dilakukan seorang event organizer? Selain berada di lokasi acara dan memastikan semua berjalan sesuai rencana, event organizer juga perlu menjadi konsultan yang baik untuk memberikan masukan. Diperlukan kreativitas, fisik, serta stamina kuat untuk bisa maksimal selama di lapangan. Keuntungan bekerja di bidang event organizer adalah waktu kerjanya fleksibel, penuh tantangan, bisa mengakomodasi kreativitas karyawan, serta lingkungan yang mengasikkan.

2.Jurnalis

pixabay.com

Profesi sebagai seorang jurnalis, reporter, atau wartawan menjadi salah satu profesi yang juga banyak diminati. Gaji jurnalis di Indonesia mulai dari 3 juta rupiah dan bisa lebih tinggi tergantung tempat kerja dan beban kerja yang diberikan. Belum lagi ada tambahan jaminan kesehatan dan tunjangan lainnya yang akan membantu karier jurnalis itu sendiri.

Apa saja tugas jurnalis? Sebagai lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi, anda akan melakukan kegiatan penulisan, analisis, hingga pelaporan peristiwa pada khalayak melalui media massa, baik secara online maupun offline. Peluang karier sebagai jurnalis terbuka lebar bagi anda yang ingin berkarier di bidang media massa, misalnya radio, majalah, televisi, serta media-media online. Kerja jurnalis membutuhkan kemampuan analisis kejadian yang akurat dan tidak memihak. Nantinya, jurnalis akan dibantu editor untuk mengolah narasi konten agar berkualitas.

3.Public Relations (Humas)

pixabay.com

Pernah mendapatkan lowongan pekerjaan sebagai Public Relations (PR)? Profesi ini tidak hanya bisa dijalani oleh lulusan Jurusan Hubungan Masyarakat saja. Bagi anda lulusan Jurusan Ilmu Komunikasi juga dapat bekerja sebagai PR dengan gaji mulai dari 4 juta rupiah hingga 8 juta rupiah. Profesi sebagai PR sangatlah penting, baik di perusahaan maupun di lembaga sebagai jembatan untuk berkomunikasi antarpihak.

Pastinya anda sebagai lulusan ilmu komunikasi tidak mengalami kesulitan untuk menerapkan prinsip-prinsip ilmu komunikasi dan menyusun strategi-strategi agar komunikasi berjalan lancar. Kecakapan seorang PR dalam mengeksekusi program sangat diperlukan. Jika anda senang menjalin relasi dengan masyarakat dan pandai membangun citra positif, anda tidak akan mengalami banyak kendala ketika bekerja.

4.Konsultan Media dan Periklanan

pixabay.com

Bidang pekerjaan pada perusahaan periklanan bisa anda dapatkan sebagai konsultan media dan periklanan. Perusahaan tersebut memiliki peranan penting untuk menangani rencana iklan (promosi), membuat rancangan yang tepat, mempersiapkan materi yang cocok untuk target sasaran, hingga memasang iklan di media massa maupun media lainnya. Kesuksesan penjualan produk atau jasa juga dipengaruhi iklan. Gaji yang akan didapatkan dengan profesi sebagai konsultan media dan periklanan rata-rata mulai dari 4 juta rupiah.

5.Marketing Communications

pixabay.com

Tertarik bekerja sebagai marketing communications? anda akan diminta untuk bekerja di bidang penulisan serta penyusunan konten iklan. Agar bisa sukses di bidang pekerjaan ini, wawasan luas terhadap bidang pemasaran digital sangat diperlukan. Adanya kemampuan bahasa asing, misalnya bahasa Inggris juga bisa menunjang karier karena anda bisa mencari referensi dari media asing dan dari luar negeri. Gaji seorang marketing communications tentu berbeda di satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Namun, rata-rata seorang marketing communications akan mendapatkan gaji mulai dari 3 juta rupiah dan akan meningkat seiring dengan jam kerja yang semakin bertambah.

6.Announcer, Presenter, dan Pembawa Acara Berita

pixabay.com

Jika anda bercita-cita menjadi pembawa acara berita, announcer, dan presenter, setelah lulus dari Jurusan Ilmu Komunikasi, anda dapat bekerja di bidang tersebut. Tugas seorang announcer tentunya berkaitan erat dengan penyampaian informasi sesuai skrip program, baik di stasiun radio maupun televisi. Kemampuan pengolahan kata sangat diperlukan agar pendengar bisa memahami informasi yang disampaikan.

Presenter juga akan memandu acara, mengenalkan media yang dibawanya, hingga berinteraksi dengan mewawancarai narasumber. Gaji yang akan didapatkan seorang announcer mulai dari 4,5 juta hingga 8 juta rupiah. Bahkan, ada yang memberlakukan gaji berdasarkan jam kerja yaitu sebesar 300 ribu rupiah per jam. Bayangkan saja jika dalam sehari anda bekerja selama 5 jam mulai dari Senin sampai Minggu, berapa banyak gaji yang bisa anda dapatkan? Namun, anda perlu mengetahui bahwa tingkat persaingan pekerjaan di bidang ini cukup ketat.

7.Pengusaha

pixabay.com

Profesi sebagai pengusaha termasuk dalam pekerjaan dengan gaji terbesar di Indonesia. Semakin sukses usaha yang anda jalankan, semakin besar pula pendapatan yang bisa anda peroleh setiap bulan, mulai dari belasan juta hingga miliaran rupiah. Para lulusan Ilmu Komunikasi bisa menjadi seorang pengusaha sukses sekaligus menerapkan keilmuannya di dunia kerja. Jika menjadi pengusaha, anda tidak akan terikat waktu kerja dan bisa lebih fleksibel. Bahkan, anda akan mendapatkan kontrol sepenuhnya pada usaha yang anda jalankan. Hal ini sebanding dengan besar risiko yang akan dijalani.

Setelah membaca artikel 7 prospek kerja ilmu komunikasi dengan gaji tinggi di atas, apakah salah satunya adalah pekerjaan impianmu? Memilih karier dan pekerjaan yang tepat membutuhkan waktu. Gaji untuk lulusan ilmu komunikasi di atas dipengaruhi berbagai macam faktor, seperti UMR, UMP, kebijakan perusahaan, dan ketentuan lainnya. Cari tahu jenis pekerjaan yang akan anda hadapi di tempat kerja agar semakin siap. Semoga berhasil!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close