7 Jurusan Kuliah yang Paling Santai dan Mudah, anda Pilih yang Mana?

7 jurusan kuliah yang paling santai dan mudah, anda pilih yang mana? – Kehidupan sebagai mahasiswa sangat bertolak belakang dengan kehidupan murid sekolah menengah. Ada tanggung jawab besar yang perlu dipegang, seperti belajar di bangku kuliah hingga mendapatkan pekerjaan mapan setelah lulus.

Jurusan Kuliah yang Santai dan Mudah

unplash.com

Perjuangan masuk Perguruan Tinggi tidaklah mudah. Selain harus bersaing dengan pendaftar dari berbagai wilayah, anda juga dituntut untuk bisa bertahan di jurusan tersebut hingga lulus. anda akan mendapatkan materi perkuliahan dan menjalani berbagai macam ujian untuk menguji kompetensimu.

Saat ini banyak yang mencari peluang jurusan kuliah mudah dengan tujuan agar cepat lulus. Sebab, materi perkuliahan tidak semuanya mudah dan bisa diselesaikan dengan santai. Belum lagi jika mahasiswa harus menjalani masa remidi akibat nilai yang tidak sesuai harapan. Masa studi pun menjadi lebih lama karena mahasiswa harus mengulang mata kuliah di semester berikutnya. Lain halnya jika yang dipilih adalah jurusan kuliah mudah, maka proses perkuliahan tidak memakan waktu lama dan memungkinkan mahasiswa cepat menyelesaikan beban-beban studi.

Di Indonesia, terdapat jurusan kuliah yang dikenal sulit lulus dan jurusan kuliah yang mudah. Kali ini Mamikos akan memberikan informasi terkait jurusan kuliah yang santai dan mudah, terutama untuk anda yang berencana segera bekerja atau mengejar cita-cita setelah menyelesaikan studi nanti. Sebagai referensi, berikut ini adalah informasi mengenai jurusan kuliah yang santai dan mudah.

1.Jurusan Pariwisata

unplash.com

Suka jalan-jalan dan ingin mendalami ilmu tentang dunia pariwisata? anda akan belajar banyak tentang ragam destinasi wisata di Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke ada banyak destinasi yang bahkan belum tersentuh dan bisa anda cari tahu sekaligus anda kelola nantinya. Jurusan Pariwisata ditawarkan untuk jenjang Diploma hingga pascasarjana.

Apa saja yang dipelajari di Jurusan Pariwisata? Pastinya tidak hanya materi tentang tempat-wisata potensial saja, tetapi juga proses manajemen dan pengelolaan destinasi wisata. Selain itu, anda akan belajar tentang pembangunan kawasan wisata, bisnis tour and travel hingga perhotelan. Belajar di jurusan yang dianggap mudah ini memungkinkan anda mempelajari hal-hal terkait ekonomi, sejarah, geografi, budaya, dan sebagainya.

Prospek karier lulusan Jurusan Pariwisata juga sangat luas. Terjun di bidang pariwisata menjadi agen perjalanan hingga perhotelan sangat mungkin dilakukan. Profesi lain yang mungkin ditekuni adalah pemandu tur atau pemandu wisata, manajer di pusat rekreasi, perencana meeting, hingga manajer layanan makanan dan chef kepala koki.

Tertarik meneruskan studi di bidang pariwisata? Kampus di Indonesia yang memiliki jurusan ini antara lain:

  1. Akademi Pariwisata BSI Yogyakarta
  2. Institut Pertanian Bogor
  3. Politeknik Negeri Bali
  4. Politeknik Negeri Manado
  5. Pradita University
  6. Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta
  7. Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung
  8. Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali
  9. Sekolah Tinggi Pariwisata TRISAKTI
  10. Universitas Bunda Mulia
  11. Universitas Matana
  12. Universitas Negeri Padang
  13. Universitas Pancasila
  14. Universitas Papua
  15. Universitas Pendidikan Ganesha
  16. Universitas Stikubank
  17. Universitas Udayana

2.Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

unplash.com

Kegemaran berolahraga dan keinginan untuk senantiasa menjaga kebugaran tubuh bisa menjadi alasanmu untuk memilih Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Sesuai dengan namanya, anda akan belajar tentang pendidikan beserta seluk beluk kesehatan. Ilmu yang anda pelajari selama di bangku kuliah nantinya akan diterapkan pada peserta didik sebagai peneliti dan pengajar bidang pendidikan jasmani.

Materi perkuliahan yang dipelajari di Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan sangat beragam. Terdapat mata kuliah tentang gizi, keamanan dan keselamatan, fisiologi, anatomi, kegiatan lapangan dan permainan, serta materi lainnya. Meskipun jurusan ini dianggap mudah, pendidik di bidang ini sangat dibutuhkan di sekolah untuk menyeimbangkan proses belajar-mengajar agar tidak hanya fokus di kelas.

Prospek karier lulusan Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan tentunya tidak terbatas pada guru olahraga saja. anda juga bisa menjadi instruktur olahraga, pelatih atlet, hingga pengusaha yang mengelola pusat kebugaran. Jika tertarik untuk mengambil jurusan ini, ada banyak kampus di Indonesia yang menawarkannya, baik kampus negeri maupun kampus swasta, seperti:

  1. Sampoerna University
  2. STKIP PGRI Jombang
  3. Universitas Abulyatama
  4. Universitas Bengkulu
  5. Universitas Cenderawasih
  6. Universitas Galuh Ciamis
  7. Universitas Halu oleo
  8. Universitas Hamzanwadi
  9. Universitas Islam 45 Bekasi
  10. Universitas Islam Indragiri
  11. Universitas Jambi
  12. Universitas Jenderal Soedirman
  13. Universitas Kristen Satya Wacana
  14. Universitas Lambung Mangkurat
  15. Universitas Lampung
  16. Universitas Mulawarman
  17. Universitas Musamus Merauke
  18. Universitas Negeri Gorontalo
  19. Universitas Negeri Jakarta
  20. Universitas Negeri Makassar
  21. Universitas Negeri Malang
  22. Universitas Negeri Manado
  23. Universitas Negeri Medan
  24. Universitas Negeri Padang
  25. Universitas Negeri Semarang
  26. Universitas Negeri Surabaya
  27. Universitas Negeri Yogyakarta
  28. Universitas Palangka Raya
  29. Universitas Pattimura
  30. Universitas Pendidikan Ganesha
  31. Universitas Pendidikan Indonesia
  32. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  33. Universitas PGRI Semarang
  34. Universitas Riau
  35. Universitas Sebelas Maret
  36. Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  37. Universitas Serambi Mekkah
  38. Universitas Siliwangi
  39. Universitas Singaperbangsa Karawang
  40. Universitas Sriwijaya
  41. Universitas Syiah Kuala
  42. Universitas Tadulako
  43. Universitas Tanjungpura
  44. Universitas Wahid Hasyim

3.Jurusan Sastra Indonesia

unplash.com

Tinggal di negara Indonesia dan sudah dibiasakan menggunakan bahasa Indonesia sejak kecil akan membuatmu lebih mudah dalam menempuh Jurusan Sastra Indonesia. Ditambah lagi jika anda sudah menyukai hal-hal yang berkaitan dengan karya seni berbahasa Indonesia. Jurusan ini dianggap mudah bagi kebanyakan orang dan dianggap santai karena materinya dan sumber belajarnya yang menarik. Tapi, tetap saja anda akan dituntut belajar hal-hal baru ketika mendalami kuliah di Jurusan Bahasa Indonesia.

Materi kuliah yang akan dipelajari di jurusan ini berkaitan erat dengan karya-karya seperti prosa, puisi, novel, cerpen, dan karya sastra berbahasa Indonesia lainnya. anda tidak hanya diminta membaca karya-karya tersebut, tetapi juga mengkaji karya agar memahami maksud penulis dan mengetahui nilai yang dapat diambil. Apabila senang membaca dan menulis, anda akan merasa nyaman dan santai menempuh studi di Jurusan Sastra Indonesia.

Peluang karier lulusan Jurusan Sastra Indonesia berkaitan erat dengan karya-karya sastra. Tapi, anda juga bisa mendalami pekerjaan sebagai seorang interpreter atau penerjemah lisan, translator atau penerjemah tulisan, penyiar, jurnalis, dosen, bahkan produser televisi atau radio. Jika tertarik untuk mengambil jurusan ini, kampus yang dapat anda pilih antara lain:

  1. Universitas Andalas
  2. Universitas Diponegoro
  3. Universitas Gadjah Mada
  4. Universitas Indonesia
  5. Universitas Jenderal Soedirman
  6. Universitas Negeri Jakarta
  7. Universitas Sebelas Maret
  8. Universitas Negeri Semarang
  9. Universitas Padjadjaran

4.Jurusan Ilmu Sejarah

unplash.com

Ingin belajar tentang masa lalu dan mencari tahu nilai-nilai penting dari peristiwa tersebut? Seseorang akan menjadi bijaksana dengan belajar sejarah. Motivasi ini bisa menjadi alasan kuat untuk memilih studi di Jurusan Ilmu Sejarah. anda akan belajar tentang cerita masa lalu, sejarah kuno, hingga zaman modern. Ada banyak ilmu yang dipelajari di Jurusan Ilmu Sejarah, seperti sosial, agama, politik, budaya, dan ekonomi. Secara tidak langsung, anda juga akan menjadi tahu perubahan suatu hal dari waktu ke waktu hingga peranan sejarah untuk membentuk kondisi sat ini.

Menempuh studi di Jurusan Ilmu Sejarah terbilang santai dan mudah. Tapi, anda harus bisa menghafalkan momen-momen penting dan mengambil pelajaran dari setiap momen tersebut. Peluang karier lulusan Jurusan Ilmu Sejarah juga luas, seperti menjadi arkeolog, kurator seni, teknisi museum dan konservator, sejarawan, juru arsip, ahli antropologi, hingga diplomat. Tertarik masuk jurusan ini? Kampus di Indonesia yang memiliki Jurusan Ilmu Sejarah adalah:

  1. IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  2. Institut Agama Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi
  3. Universitas Airlangga
  4. Universitas Andalas
  5. Universitas Batanghari Jambi
  6. Universitas Brawijaya
  7. Universitas Bung Hatta
  8. Universitas Cenderawasih
  9. Universitas Darussalam Gontor
  10. Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  11. Universitas Dian Nuswantoro
  12. Universitas Diponegoro
  13. Universitas Flores
  14. Universitas Gadjah Mada
  15. Universitas Galuh Ciamis
  16. Universitas Graha Nusantara
  17. Universitas Halu oleo
  18. Universitas Hamzanwadi
  19. Universitas Hasanuddin
  20. Universitas Indonesia
  21. Universitas Indraprasta PGRI
  22. Universitas Islam Negeri Alauddin
  23. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  24. Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  25. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  26. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  27. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  28. Universitas Jambi
  29. Universitas Jember
  30. Universitas Jenderal Soedirman
  31. Universitas Khairun
  32. Universitas Lambung Mangkurat
  33. Universitas Lampung
  34. Universitas Lancang Kuning
  35. Universitas Mahasaraswati Denpasar
  36. Universitas Muhammadiyah Mataram
  37. Universitas Muhammadiyah Metro
  38. Universitas Muhammadiyah Palembang
  39. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  40. Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  41. Universitas Mulawarman
  42. Universitas Negeri Gorontalo
  43. Universitas Negeri Jakarta
  44. Universitas Negeri Makassar
  45. Universitas Negeri Malang
  46. Universitas Negeri Manado
  47. Universitas Negeri Medan
  48. Universitas Negeri Padang
  49. Universitas Negeri Semarang
  50. Universitas Negeri Surabaya
  51. Universitas Negeri Yogyakarta
  52. Universitas Padjadjaran
  53. Universitas Pattimura
  54. Universitas Pendidikan Ganesha
  55. Universitas Pendidikan Indonesia
  56. Universitas PGRI Madiun
  57. Universitas PGRI Palembang
  58. Universitas PGRI Yogyakarta
  59. Universitas Riau
  60. Universitas Sam Ratulangi
  61. Universitas Samudra
  62. Universitas Sanata Dharma
  63. Universitas Sebelas Maret
  64. Universitas Siliwangi
  65. Universitas Simalungun
  66. Universitas Sriwijaya
  67. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  68. Universitas Sumatera Utara
  69. Universitas Syiah Kuala
  70. Universitas Tadulako
  71. Universitas Tanjungpura
  72. Universitas Teknologi Yogyakarta
  73. Universitas Udayana

5.Jurusan Perhotelan

unplash.com

Jurusan kuliah yang santai dan mudah selanjutnya adalah Jurusan Perhotelan. anda akan belajar tentang tata cara mengelola hotel, menyeimbangkan berbagai macam aspek wisata, serta manajemen bisnis agar bisa sukses. Tentunya akan ada materi kuliah tentang pelayanan bagi pelanggan, perlindungan budaya lokal, hingga dampak enomomi pada masyarakat. Agar lebih siap menghadapi tamu-tamu asing, anda juga akan diberi bekal bahasa asing.

Peluang pekerjaan setelah lulus dari Jurusan Perhotelan tentunya tidak hanya terbatas bekerja di hotel saja. anda sudah memiliki nilai lebih tentang manajerial dan skill penunjang lain. Peluang kerja sebagai concierge hotel, sales hotel, event organizer, dosen, wedding organizer, hingga staf maskapai penerbangan bisa anda coba. Kampus di Indonesia yang memiliki Jurusan Perhotelan dan yang berkaitan antara lain:

  1. Akademi Pariwisata Jakarta
  2. Akademi Pariwisata Paramitha
  3. Politeknik Negeri Balikpapan
  4. Politeknik Negeri Samarinda
  5. Politeknik Pariwisata Makassar
  6. Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali
  7. Universitas Gadjah Mada
  8. Universitas Mulawarman
  9. Universitas Negeri Padang
  10. Universitas Pendidikan Ganesha

6.Jurusan Sastra Daerah

unplash.com

Jika anda ingin melestarikan sastra daerah dengan mengambil bidang keilmuan terkait ketika studi, Jurusan Sastra Daerah sangat cocok menjadi pilihan. Kekayaan Indonesia pada ragam bahasa akan membuatmu semakin memahami perbedaan dan termotivasi menjaga keragamannya. Pada jurusan ini, akan dipelajari sastra serta bahasa daerah di Indonesia, seperti bahasa Jawa, bahasa Sunda, bahasa Batak, bahasa Melayu, bahasa Bugis, bahasa Minangkabau, dan sebagainya. Tidak hanya itu, norma serta kaidah tentang pengkajian bahasa, sasatra, serta filologi juga akan dipelajari.

Menariknya, di jurusan yang dikenal santai ini juga akan diajarkan penafsiran teks-teks dari berbagai zaman serta tradisi. Peluang kerja setelah lulus dari Jurusan Sastra Daerah cukup beragam, apalagi saat ini ada banyak tenaga dibutuhkan untuk melestarikan kebudayaan daerah. anda dapat menjadi jurnalis, pemandu wisata, penerjemah lisan, serta penerjemah tulisan. Selain itu, peluang bekerja di bidang wedding organizer dan event organizer pun dapat ditempuh. Kampus yang menawarkan Jurusan Sastra Daerah antara lain:

  1. Universitas Andalas
  2. Universitas Gadjah Mada
  3. Universitas Hasanuddin
  4. Universitas Indonesia
  5. Universitas Lancang Kuning
  6. Universitas Negeri Semarang
  7. Universitas Padjadjaran
  8. Universitas Sebelas Maret
  9. Universitas Sumatera Utara
  10. Universitas Udayana

7.Jurusan Sosiologi

unplash.com

Berkuliah dengan santai juga bisa anda dapatkan dengan mengambil Jurusan Sosiologi. Di jurusan ini, materi terkait perilaku sosial individu, kelompok, maupun keduanya akan dibahas. Berbagai macam struktur, karakter, masalah, fenomena, dan gerakan masyarakat juga dipelajari. Menariknya, materi perkuliahan sangat dekat dengan kehidupan, sehingga anda bisa langsung menerapkan keilmuannya di lapangan.

Setelah menyelesaikan studi di Jurusan Sosiologi, karier yang dapat ditempuh adalah sebagai dosen, aktivis, pemandu wisata, jurnalis, market researcher, dan sebagainya. Terjun di bidang pendidikan dan bidang media sangat mungkin dilakukan, apalagi jika anda mengambil fokus studi di bidang tersebut. Banyak mahasiswa sosiologi yang merasakan kesenangan mempelajari materi-materi kuliahnya, sehingga terasa santai dan mudah. Namun, jangan salah dengan ritme belajar santai tersebut karena keilmuan sosiologi sangat dibutuhkan di masyarakat. Jika ingin memilih Jurusan Sosiologi, terdapat kampus-kampus berikut sebagai pilihan:

  1. Universitas Andalas
  2. Universitas Gadjah Mada
  3. Universitas Hasanuddin
  4. Universitas Indonesia
  5. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
  6. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  7. Universitas Lambung Mangkurat
  8. Universitas Negeri Yogyakarta
  9. Universitas Padjadjaran
  10. Universitas Sebelas Maret
  11. Universitas Sumatera Utara

Setelah membaca artikel di atas, 7 jurusan kuliah yang paling santai dan mudah, anda pilih yang mana? Alasan memilih jurusan kuliah yang santai tentu bermacam-macam. Dengan kuliah di jurusan tersebut, anda tidak hanya fokus pada kegiatan kuliah saja, tetapi juga kegiatan pengembangan diri, bahkan bekerja part time. Selain itu, jurusan kuliah yang mudah membuat mahasiswanya lebih cepat lulus dan menjalani wisuda. Tertarik untuk mendaftar salah satu jurusannya?


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close