7 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Diserbu Maba di Indonesia

7 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Diserbu Maba di Indonesia – Sekarang itu ada banyak sekali jurusan kuliah yang bisa dipilih untuk kita melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Pendidikan yang lebih lanjut ini akan memberikan ilmu yang mendalam pada satu hal yang mungkin menjadi bekal untuk kehidupan kita. Tapi karena banyak pilihan, maka sering kali membuat kita kesulitan dalam memilih. 

Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Diserbu Maba

unsplash.com

Pemilihan jurusan dalam pendidikan kita yang lebih tinggi itu tidak bisa sembarangan ya, karena ini akan menentukan masa depan kita. Banyak orang yang salah memilih jurusan dalam perkuliahan, sehingga membuat ilmu yang didapat jadi tidak maksimal. Nah pada kesempatan ini kami akan informasikan mengenai beberapa jurusan yang menarik dan banyak diserbu Maba. 

Alasan Jurusan Banyak Diserbu

Ada beberapa alasan mengapa beberapa jurusan bisa diserbu oleh Maba di Indonesia, berikut ini beberapa alasannya. 

  1. Ilmu dari jurusan tersebut memang merupakan ilmu yang menarik bagi banyak orang
  2. Banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga dengan keahlian dalam jurusan tersebut, sehingga bisa dibilang mudah dapat pekerjaan
  3. Jurusan tersebut bisa menjadi bekal untuk memulai dan membangun usaha sendiri

Jadi sebenarnya dari alasan di atas, maka beberapa jurusan yang memang menjadi incaran banyak Maba itu adalah jurusan yang menguntungkan. Karena paling tidak kita akan bisa lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan setelah sudah lulus dari perkuliahan. Jadi jurusan kuliah yang favorit itu bisa menjadi satu rekomendasi bagi kita.

Jurusan Yang Paling Banyak Diserbu

Kalau berbicara jurusan, memang ada beberapa jurusan yang memang cukup banyak diserbu oleh mahasiswa baru di Indonesia. Tapi mungkin tidak banyak orang tua ataupun calon mahasiswa yang mengetahui beberapa jurusan yang memang banyak diminati dan bisa jadi rekomendasi. Berikut ini beberapa jurusan yang cukup banyak peminatnya.

1. Kedokteran

Salah satu jurusan yang memang banyak diminati bahkan dari jaman dahulu sampai sekarang itu adalah jurusan kedokteran. Salah satu sebabnya sebenarnya karena memang banyak anak kecil kalau di tanya cita-citanya adalah menjadi dokter. Sehingga ini berpengaruh pada jurusan kedokteran yang akhirnya banyak diminati. 

Jurusan kedokteran sendiri pun merupakan jurusan yang cukup menjanjikan, karena sudah pasti banyak dibutuhkan di Indonesia. Kesehatan merupakan kebutuhan utama dari setiap manusia, sehingga jelas kebutuhannya itu sangat tinggi. Dan yang membuat jadi menarik adalah nilai pendapatan yang sangat fantastis setelah sudah lulus dan mendapat profesi. 

2. Teknik Informatika

Jurusan kedua yang juga banyak diminati di tahun ini dan di masa sekarang adalah jurusan teknik informatika. Di jurusan ini kalian akan diajarkan mengenai berbagai macam sistem operasi menggunakan komputer dan program mulai dari cara membuat sampai maintain program tersebut supaya berjalan dengan lancar. 

Bila melihat di jaman sekarang, maka benar saja jurusan kuliah ini memang menjadi jurusan yang sangat menarik. Karena sudah pasti setiap perusahaan akan membutuhkan lulusan dari jurusan ini untuk bisa menjalankan perusahaan dengan lebih baik. Karena setiap perusahaan pasti akan memiliki sistem operasi untuk membantu operasional mereka. 

Karena sistem pada perusahaan itu kebutuhan, maka bila pun ada yang belum memilikinya pasti akan membutuhkan sistem program tersebut. Selain itu lulusan dari teknik informatika pun bisa membuat program sendiri untuk dijual. Karena mulai dari program aplikasi sampai game itu sekarang sangat laris dan bisa memberi hasil yang sangat besar. 

3. Teknik Industri

Jurusan berikutnya yang juga sering kali menjadi incaran banyak orang adalah jurusan teknik industri. Pada jurusan ini kita akan mempelajari hampir segala hal dalam industri itu sendiri, akan tetapi bukan berfokus pada mesin ya. Teknik industri lebih fokus pada bagaimana manajemen untuk meningkatkan produksi dan efektivitas dari produksi di sebuah industri. 

Untuk jurusan ini sendiri sebenarnya terbagi menjadi 3 fokus utama yang nantinya akan dipelajari. Pertama adalah manufakturnya seperti peningkatan kualitas produk, lalu manajemen keuangan dan semua manajemen industri lainnya. Selain itu juga sistem industri dan ekonomi akan di pelajar di teknik industri ini. 

4. Teknik Sipil

Jurusan kuliah yang juga banyak diincar Maba adalah teknik sipil, karena kebutuhannya itu sangat besar di era sekarang. Indonesia sendiri sekarang sedang berfokus pada pembangunan mulai dari infrastruktur dan juga perumahan untuk masyarakat. Sehingga kebutuhan akan teknik sipil pun sudah pasti meningkat pesat. 

Dengan kebutuhan yang sangat tinggi itu, maka lulusan dari jurusan tersebut sudah pasti akan bisa mendapatkan pekerjaan. Apalagi dengan arah pembangunan Indonesia ini, maka hasil uang yang bisa didapatkan dari lulusan ini pun sangatlah besar. Sehingga wajar saja kalau jurusan ini menjadi incaran banyak sekali Maba. 

5. Teknik Mesin

Berikutnya ada juga jurusan teknik mesin yang akan mempelajari mengenai mesin, dan hal ini juga sangat menarik. Pada jurusan ini kita akan mempelajari berbagai hal mengenai mesin mulai dari pembuatannya, cara perawatannya, materialnya, dan lain sebagainya. Kesemua hal tersebut sebenarnya menjadi kebutuhan tertinggi masa sekarang. 

Pertama kita pasti tahu kalau industri di Indonesia sudah makin meningkat, dan sudah pasti setiap pabrik akan menggunakan mesin. Jadi perusahaan seperti itu sudah pasti akan membutuhkan lulusan teknik mesin untuk menjalankan mesin dan juga merawat kalau terjadi sesuatu. Bayarannya pun bisa dibilang cukup besar, karena ini sangat krusial dalam pabrik. 

Selain itu kita tahu kalau pabrik kendaraan bermotor pun sudah semakin banyak, dan setiap pabrik motor pasti membutuhkan. Mulai dari inovasi dalam pembuatan mesin motor dan hal detail lainnya itu sangat mengandalkan lulusan teknik mesin. Jadi itu menjadi jurusan kuliah yang menjanjikan. 

6. Hubungan Internasional

Berikutnya ada juga jurusan hubungan internasional, di mana di sini kita akan mempelajari berbagai macam bahasa terutama bahasa Inggris. Selain itu akan mempelajari bagaimana mendapatkan hubungan yang baik dengan pihak asing. Ini menjadi salah satu jurusan terkini yang bisa dibilang sangatlah menarik dan juga sangat menjanjikan lho. 

Seperti kita tahu sekarang ini adalah era perdagangan global, sehingga banyak sekali usaha yang berhubungan dengan pihak asing. Dengan keadaan yang seperti ini, maka banyak usaha yang butuh berhubungan dengan pihak asing dan itu butuh lulusan tersebut. Dengan lulusan hubungan internasional, maka perusahaan bisa berhubungan baik. 

Bukan hanya soal perusahaan saja, akan tetapi negara pun membutuhkan hubungan dengan negara yang lainnya. Nah untuk hal tersebut dibutuhkan sekali lulusan hubungan internasional yang akan bisa membantu pemerintah dalam hubungan tersebut. 

7. Ilmu Komunikasi

Di jaman sekarang jurnalistik, publik relationship adalah hal yang sangatlah penting baik untuk perusahaan maupun untuk masyarakat. Nah kita bisa pelajar kesemua hal tersebut melalui ilmu komunikasi dengan mengambil jurusan tersebut. Ini juga menjadi jurusan yang menarik dan cukup menjanjikan, sehingga banyak yang mengambil jurusan kuliah ini.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close