7 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Melakukan Pendaftaran UTBK – SBMPTN 2020/2021

7 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Melakukan Pendaftaran UTBK – SBMPTN 2020/2021 – Proses yang wajib ditempuh pendaftar jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Pendaftaran UTBK – SBMPTN dilakukan setelah pendaftaran SNMPTN 2020. Tahun ini, pendaftaran UTBK 2020 dibuka mulai 2 Juni sampai tanggal 20 Juni.

Hal Penting yang Perlu Dilakukan Setelah Mendaftar UTBK – SBMPTN 2020/2021

https://insight.ieeeusa.org/

Waktu pendaftaran yang lebih dari dua minggu tersebut perlu anda manfaatkan dengan baik. Jangan sampai jadwal jadwal UTBK 2020/2021 terlewatkan karena anda lupa mencatat waktunya. Proses pendaftaran UTBK dilakukan dalam berbagai tahapan. Setelah memastikan bahwa syarat-syarat pendaftaran UTBK – SBMPTN 2020 terpenuhi, lakukan pendaftaran sebelum melebihi batas waktu. Terdapat hal penting yang perlu anda lakukan setelah melakukan pendaftaran UTBK – SBMPTN 2020/2021.

1. Melakukan Pembayaran Biaya UTBK – SBMPTN

pixabay.com

Setelah anda memastikan sudah memenuhi persyaratan pendaftaran UTBK – SBMPTN 2020, ikuti alur pendaftaran sampai selesai. Nantinya akan ada slip pembayaran yang perlu segera ditindaklanjuti. Pendaftar dapat melakukan pembayaran di bank yang ditunjuk, seperti Bank BNI, Bank Mandiri, serta Bank BTN. Biaya mengikuti UTBK – SBMPTN tahun 2020 adalah Rp 150.000.

Metode pembayaran UTBK – SBMPTN cukup beragam, mulai dari menggunakan ATM, mobile banking, internet banking, serta SMS banking. Gunakan metode pembayaran yang paling sesuai dengan kondisimu. Jangan sampai melampaui batas waktu yang sudah ditetapkan karena jika pembayaran dilakukan lebih dari 2 x 24 jam, anda perlu mengulang proses pendaftarannya dari awal.

2. Memilih Lokasi Pusat UTBK – SBMPTN

vexels.com

Pembayaran biaya UTBK – SBMPTN yang sudah anda lakukan bisa anda teruskan prosesnya untuk login kembali pada website. anda perlu memilih lokasi pusat UTBK – SBMPTN yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Bahkan, kampus-kampus negeri di Indonesia pun memfasilitas pelaksanaan UTBK yang terbagi dalam empat sesi per hari. Cermatilah pilihanmu, baik ketika melakukan pengisian tempat tes UTBK, sesi ujian UTBK, serta pilihan program studi tujuan.

3. Mencetak Kartu Peserta UTBK – SBMPTN

pixabay.com

Jangan lupa untuk mencetak kartu peserta UTBK – SBMPTN setelah anda menyelesaikan serangkaian proses pendaftaran UTBK. Kartu tersebut perlu dibawa ketika anda mengikuti ujian sesuai tanggal dan sesi pilihanmu. Siapkan pula identitas diri untuk dibawa ke dalam ruangan.

Sebaiknya anda mencetak kartu peserta UTBK – SBMPTN lebih dari satu lembar untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Persiapkan dokumen penting tersebut dengan memasukkannya ke dalam tas atau map yang akan anda bawa ke lokasi ujian.

4. Belajar Materi Ujian UTBK

pixabay.com

Pelajari dengan baik materi tes UTBK yang akan keluar. Tahun 2020 ini, materi yang diujikan pada UTBK adalah Tes Potensi Skolastik (TPS). Tes tersebut akan mengukur kemampuan kognitif calon mahasiswa baru, sehingga bisa diketahui kemampuannya ketika nanti sudah diterima sebagai mahasiswa.

Materi yang diujikan pada Tes Potensi Skolastik meliputi:
• TPS: Kemampuan penalaran umum
• TPS: Kemampuan memahami bacaan dan menulis
• TPS: Kemampuan kuantitatif
• TPS: Soal Pengetahuan dan pemahaman umum
Sebagai informasi tambahan, soal TPS tersebut disampaikan dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, sehingga secara tidak langsung anda juga perlu belajar bahasa Inggris. Perbanyaklah waktu untuk latihan soal-soal TPS UTBK karena semakin terbiasa anda mengerjakan soal TPS, akan semakin cepat pula ketika anda mengerjakan soal tersebut secara langsung.

Pada soal TPS UTBK, terdapat beberapa pola menjawab soal yang dapat anda gunakan. Selalu catat informasi penting terkait cara pengerjaan soal TPS UTBK agar pola pengerjaan tersebut dapat anda terapkan untuk menjawab soal-soal lainnya. Ikuti pula try out online TPS UTBK, baik yang gratis maupun berbayar untuk menguji kemampuanmu. Jika tidak bisa mengikuti, anda bisa mengerjakan soal-soal simulai UTBK dan menganalisis kemampuanmu sendiri.

5. Mengecek Lokasi Ujian dan Transportasinya

pixabay.com

Jadwal SBMPTN 2020/2021 yang sudah keluar bisa menjadi acuanmu untuk meluangkan waktu survey lokasi ujian. Saat menjalani tes UTBK 2020, pendaftar dapat memilih lokasi serta sesi yang akan dijalani. Karena beberapa wilayah masih menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), sebaiknya pilihlah pusat UTBK yang dekat dari tempat tinggalmu. Selain meminimalisir keterlambatan, biaya transportasi menuju pusat UTBK juga lebih murah.

Apabila memungkinkan, lakukan pengecekan lokasi dan ruangan ujian, apalagi bagi anda yang belum pernah datang ke tempat tes. Hal ini sangat penting agar anda tidak bingung ketika hari ujianmu tiba. anda juga bisa melakukan survey biaya transportasi untuk menuju lokasi. Saat ini sudah ada berbagai macam moda transportasi yang dapat anda gunakan, seperti ojek online, bus, hingga kendaraan pribadi.

Kendala tempat tinggal yang cukup jauh dari lokasi pusat UTBK pun dapat disiasati dengan tinggal di penginapan atau kost dekat lokasi UTBK. Gunakan aplikasi kost Mamikos untuk memudahkan proses pencarian hunian tanpa perlu datang langsung. Tersedia pilihan kost harian hingga kost mingguan yang sangat cocok disewa sebelum waktu ujian UTBK tiba.

6. Menjaga Kesehatan Tubuh dan Pikiran

pixabay.com

Sangat penting bagi anda untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran sebelum UTBK SBMPTN tiba. Buatlah waktu belajar dengan teratur, misalnya anda dapat meluangkan waktu 1-2jam per hari untuk belajar materi TPS. Jadi, dalam sehari anda bisa meluangkan waktu 4-8 jam untuk mempelajari semua materi TPS. Di tengah jeda proses belajar tersebut, istirahatkan diri dan pikiran dengan maksimal.

Konsumsi makanan sehat, mulai dari sayur-sayuran hingga buah-buahan. Hindari makanan berpengawet atau makanan dengan zat aditif tambahan. Luangkan waktu pula untuk melakukan olahraga ringan di masa Pandemi agar tubuh tetap bugar. Jangan lupa juga menjaga kesehatan tubuh dengan tidur secara cukup serta menghindari begadang sekalipun anda begadang untuk belajar. Akan lebih baik jika anda belajar sedikit demi sedikit namun konsisten dibandingkan belajar materi UTBK dengan sistem kebut semalam.

7. Berpikir Positif Sebelum Ujian UTBK

pixabay.com

Pikiran positif akan membuat hidupmu terasa lebih ringan. Ujian UTBK persaingannya memang sangat ketat, tetapi hal tersebut tidak perlu membuatmu terlalu memikirkannya. Lakukan yang terbaik dengan menerapkan tips-tips di atas. Dengan hati yang tenang, anda bisa lancar mengerjakan soal-soal ujian UTBK. Setelah anda berusaha dengan maksimal, berdoalah agar mendapatkan hasil yang terbaik.

Ketika hari ujian UTBK sudah tiba, cek kembali semua persiapanmu. Berangkatlah ke lokasi lebih awal agar bisa sampai ke lokasi maksimal 30 menit sebelumnya. Dengan datang lebih awal, anda akan lebih tenang karena tidak terlambat. Selain itu, datang lebih awal ketika ujian UTBK juga membuat mental semakin siap.

Demikianlah informasi terkait hal yang harus dilakukan setelah melakukan pendaftaran UTBK – SBMPTN 2020/2021. Persiapkan diri sebaik mungkin sebelum waktu ujianmu tiba. Persiapan yang matang akan menentukan keberhasilanmu ketika ujian. Terapkan tips di atas atau lakukan modifikasi tips sesuai kebutuhanmu. Semoga berhasil mengerjakan tes UTBK, ya!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close