7 Hal Penting untuk Persiapan Menghadapi UTBK SBMPTN 2021/2022

7 Hal Penting untuk Persiapan Menghadapi UTBK SBMPTN 2021/2022 – Momen seleksi masuk Perguruan Tinggi dengan seleksi nasional dibuka setiap tahun. Namun, persaingan yang sangat ketat membuat para pendaftar tidak seluruhnya diterima. Untuk anda yang masih duduk di bangku sekolah menengah dan berencana meneruskan studi, persiapan masuk Perguruan Tinggi perlu dilakukan sejak dini.

Persiapan Penting UTBK SBMPTN 2021/2022

pikiran-rakyat.com

Mungkin saja anda berkesempatan untuk mengikuti seleksi jalur SNMPTN tanpa harus ikut seleksi tertulis. Namun, anda tetap perlu berjaga-jaga dengan mempersiapkan diri mengikuti SBMPTN 2021. Seleksi masuk PTN dengan sistem Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dibuka bagi calon mahasiswa Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Seleksi tersebut terbilang kompetitif karena diikuti calon mahasiswa dari seluruh Indonesia. Bahkan, peserta pun harus bersaing dengan peserta SBMPTN tahun 2020 dan 2019 yang belum diterima. Apa saja persiapan penting yang perlu disiapkan untuk UTBK 2021?

1. Memahami Aturan UTBK SBMPTN

pixabay.com

Langkah pertama yang perlu anda lakukan sebelum mendaftar UTBK SBMPTN adalah mempelajari aturan yang ditetapkan. Meskipun aturan resmi terkait UTBK belum dirilis oleh panitia penyelenggara, anda bisa mengacu pada aturan tahun 2020. Biasanya aturan yang ditetapkan tidak akan terlalu berbeda jauh atau hanya disesuaikan dengan kebutuhan terkini. Mula-mula, tentukan apakah anda akan mengambil kelompok Soshum atau Saintek. Pemilihan kelompok tersebut akan berpengaruh pada seleksi yang akan ditempuh.

Pahami aturan umum dan aturan khusus agar bisa mendaftar SBMPTN. Karena pendaftar SBMPTN wajib mengikuti UTBK, artinya anda juga perlu mencari tahu syarat untuk ikut ujian tulis tersebut. Mekanisme pelaksanaan UTBK bisa berubah menyesuaikan kondisi di lapangan. Contohnya seperti UTBK tahun 2019 yang jauh berbeda dengan UTBK tahun 2020 karena sedang ada pandemi Covid-19. Baik tanggal pelaksanaan, jenis tes, dan materi yang diujikan banyak mengalami penyesuaian. Namun, anda tidak perlu khawatir karena semua pengumuman terkait pelaksanaan SBMPTN akan disampaikan secara resmi oleh panitia penyelenggara. Dengan memahami aturan UTBK SBMPTN, peluang untuk dapat mengikuti seleksi pun akan semakin tinggi.

2. Mengecek Passing Grade Kampus Tujuan

pixabay.com

Jangan lupa untuk mengecek passing grade program studi di kampus tujuanmu. Passing grade memang tidak dikeluarkan secara resmi oleh kampus. Namun, passing grade tersebut bisa menjadi gambaran awal untuk mengetahui tingkat persaingan masuk program studi atau jurusan. Ketika passing grade program studi tujuanmu cukup tinggi, artinya anda perlu belajar lebih keras.

Sebagai tambahan informasi, passing grade suatu jurusan tidak akan sama di setiap kampus. Ketahuilah jurusan favorit pada kampus atau jurusan yang banyak diminati. Jurusan yang berkaitan dengan bidang kedokteran dan teknik akan lebih banyak peminatnya dibandingkan jurusan lain. Untuk kelompok Soshum, perjuangan masuk jurusan hukum, manajemen, dan akuntansi juga lebih sulit dibandingkan jurusan lainnya.

3. Mempersiapkan Dokumen Pendaftaran

pixabay.com

Penyerahan dokumen pendaftaran UTBK SBMPTN biasanya akan dilakukan saat pengumuman SBMPTN sudah dirilis. Namun, anda bisa mencari tahu jenis dokumen yang diperlukan sejak sekarang agar bisa bersiap lebih awal. Jika mengalami masalah terkait dokumen tersebut, seperti rusak atau hilang, segera urus dan cari pengganti dokumen. Jangan sampai anda kehabisan waktu utnuk mempersiapkan dokumen saat pengumuman SBMPTN keluar.

Dokumen penting yang sering digunakan bisa anda scan atau dijadikan file digital. Cara ini akan memudahkanmu ketika diminta mengunggah berkas pendaftaran saat SBMPTN nanti. Adapun dokumen yang baru bisa disiapkan setelah lulus, seperti Surat Keterangan Lulus (SKL) atau ijazah dapat anda persiapkan nanti.

4. Belajar Materi UTBK

pixabay.com

Hal terpenting yang wajib anda persiapkan dengan baik adalah materi Ujian Tulis Berbasis Komputer. Selama belum ada pengumuman resmi terkait pelaksanaan UTBK tahun 2021, anda bisa belajar materi UTBK dari tahun sebelumnya. Untuk berjaga-jaga, pelajari materi ujian sesuai kelompok yang dipilih, seperti kelompok saintek dan kelompok soshum. Perbedaan pemilihan kelompok sangat berpengaruh pada soal UTBK yang diujikan.

Jangan lupa pula untuk belajar materi TPS atau Tes Potensi Skolastik. Baik peserta dari kelompok soshum maupun kelompok saintek akan menjalani tes tersebut. Materi TPS dapat dipelajari, sehingga anda bisa mulai meluangkan waktu untuk memahami tipe dan karakter soal. Usahakan untuk menjawab pertanyaan dengan cepat dan tepat. Nantinya skor UTBK yang anda peroleh akan menjadi penentu diterima atau tidaknya anda di kampus tujuan.

Cara belajar materi UTBK dapat anda sesuaikan dengan gaya belajar masing-masing. Jika nyaman belajar sendiri, buatlah jadwal teratur agar proses belajar tidak asal-asalan. Mulailah dengan memetakan materi yang perlu dipelajari dan progress atau kemajuanmu dalam memahami materi tersebut. Jika anda lebih nyaman belajar bersama teman, membentuk kelompok belajar adalah pilihan yang tepat.

5. Mengambil Kursus Tambahan

pixabay.com

Apabila anda merasa kesulitan belajar materi UTBK atau tidak percaya diri, mengambil kursus tambahan bisa menjadi solusi. Ada banyak lembaga penyelenggaran bimbingan SMBPTN, baik secara langsung (offline) maupun daring (online). Sesuaikan waktu belajar atau kursus dengan kesibukan agar tidak mengganggu aktivitas utama. Keuntungan belajar di tempat kursus berupa materi yang terukur dan terarah. Selain itu, anda bisa mengikuti simulasi atau try out untuk menguji kemampuan, sehingga nantinya ketika UTBK tiba anda lebih siap.

6. Menjaga Kesehatan

pixabay.com

Menjaga kesehatan selama proses persiapan menghadapi UTBK SBMPTN 2021 sering diabaikan. Padahal, jika tubuh tidak fit selama belajar, materi yang dipelajari tentu tidak maksimal. Bahkan, peserta UTBK bisa gagal karena kurang menjaga stamina. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk berolahraga setiap hari secara rutin. Tidak perlu berlama-lama asalkan anda sudah berusaha beraktvitas fisik. Hindari belajar dengan sistem begadang dan jaga pola makan. Dengan menjaga kesehatan tubuh, proses belajar bisa lebih optimal.

7. Mempersiapkan Biaya Kuliah

Memutuskan untuk meneruskan studi di Perguruan Tinggi artinya perlu bersiap dalam hal biaya kuliah. Sebagai calon mahasiswa baru, nantinya anda akan diminta mengisi data penghasilan orang tua untuk menentukan kisaran biaya studi yang perlu dikeluarkan. Sistem tersebut disebut dengan Uang Kuliah Tunggal (UKT). Semakin tinggi penghasilan orang tua, biaya studi per semester juga akan semakin besar. Namun, anda tidak perlu khawatir jika kesulitan dalam membayar biaya kuliah. Terdapat kesempatan untuk mendaftar program pemerintah yang memungkinkan calon mahasiswa bebas biaya studi.

Demikian informasi 7 hal penting untuk persiapan menghadapi UTBK SBMPTN 2021/2022. Selagi mempersiapkan diri untuk menjalani UTBK, jangan lupa mencari tahu jenis tempat tinggal yang akan dihuni ketika sudah diterima nanti. anda bisa menggunakan aplikasi nyari kost Mamikos untuk mendapatkan informasi kost dekat kampus atau untuk menginap saat UTBK akan dilaksanakan. Adanya pilihan kost berbagai jangka waktu sewa dan berbagai fasilitas akan membuatmu semakin mudah dalam beraktivitas. Segera download Mamikos di ponsel kesayanganmu, ya!

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close