7 Fakta dan Hoaks Seputar UTBK SBMPTN 2021

7 Fakta dan Hoaks Seputar UTBK SBMPTN 2021 – Kemajuan teknologi dan dunia digital ternyata tidak hanya memberikan pengaruh positif pada dunia pendidikan, tapi juga memberi pengaruh negatif. Salah satu dampak positif yang telah dirasakan adalah kemudahan dalam proses pendaftaran dan seleksi mahasiswa baru seperti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMNPTN). Sayangnya, kemudahan tersebut dibarengi dengan berita bohong atau hoaks yang memperlambat setiap prosesnya.

Fakta dan Hoaks UTBK SBMPTN

pixabay.com

Berita bohong atau hoaks tidak hanya memperlambat sebuah proses, tapi juga sangat merugikan. Bayangkan saja, calon mahasiswa UTBK SNMPTN 2021 termakan hoaks seperti peserta hanya diperbolehkan memilih 2 program studi dari PTN saja. Padahal peserta dapat memilih 2 program studi dari kombinasi perguruan tinggi. Bukankah hal ini merugikan peserta? Secara tidak langsung kesempatan peserta untuk mendaftar di jenis kampus yang berbeda hilang begitu saja. 

Kejadian seperti ini sungguh sangat disayangkan. Dalam keriuhan calon mahasiswa menghadapi proses UTBK SNMPTN 2021, banyak berita hoaks yang beredar cukup membingungkan mereka. 

Fakta dan Hoaks UTBK SBMPTN 2021

  1. Hoaks: Peserta hanya bisa memilih dua program studi Saintek atau dua program studi Soshum:
    Fakta: Peserta UTBK SBMPTN 2021 dapat memilih paling banyak dua PTN dan memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN. Bagi peserta UTBK SBMPTN 2021 pemegang KIP Kuliah, peserta tidak dapat memilih PTN maupun program studi yang berada di PTN di bawah Kementrian Agama (UIN).
  2. Hoaks: Peserta memilih 2 program studi hanya dari PTN saja atau dari Poltek saja atau dari PTKIN saja.
    Fakta: Peserta boleh memilih 2 program studi kombinasi PTN/Poltek atau PTN/PTKIN, atau Poltek/PTN atau Poltek/PTKIN, atau PTKIN/PTN atau PTKIN/Poltek, atau keduanya berasal dari PTN/PTKIN/Poltek. Peserta KIP kuliah tidak bisa memilih di PTKIN. 
  3. Hoaks: Biaya UTBK sama semua untuk seluruh kelompok ujian dan bayarnya langsung pada saat ujian.
    Fakta: Biaya UTBK 2021 
    a. Rp 200.000 untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum. 
    b. Rp 300.000 untuk kelompok ujian Campuran. 
    c. Biaya UTBK dapat dibayarkan melalui Bank Mandiri, BNI, BTN, atau BRI. Tata cara pembayaran biaya UTBK dpat dilihat pada laman https://ltmpt.ac.id 
    d. Calon peserta Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) yang dinyatakan lolos persyaratan tidak dipungut biaya. 
  4. Hoaks: Calon peserta dapat menentukan gelombang, jadwal dan sesi UTBK sendiri.
    Fakta: Peserta UTBK hanya dapat memilih pusat UTBK, sedangkan untuk gelombang, jadwal dan sesi ujian akan otomatis oleh sistem. Jadwal dan sesi UTBK dapat dilihat saat peserta mencetak kartu tanda peserta UTBK SBMPTN 2021.
  5. Hoaks: Calon peserta UTBK-SBMPTN 2021 harus memilih pusat UTBK sesuai dengan pilihan Prodi dan PTN.
    Fakta: Peserta UTBK-SBMPTN 2021 direkomendasikan dengan sangat untuk memilih pusat ITBK yang dekat dengan domisili dimana peserta sekarang berada untuk menghindari mobilisasi antar-kota/provinsi. Peserta UTBK-SBMPTN dapat memilih 74 pusat UTBK untuk peserta Reguler dan 51 pusat UTBK untuk peserta Tuna Netra (cek laman https://ltmpt.ac.id ) dan klik menu Pusat UTBK. 
  6. Hoaks: Peserta hanya cukup mendaftar secara daring dan membayar melalui bank mitra LTMPT.
    Fakta: Peserta UTBK-SBMPTN 2021 wajib untuk menyelesaikan pendaftaran UTBK-SBMPTN hingga mencetak kartu peserta UTBK-SBMPTN 2021 guna mengetahui nomor peserta, gelombang, tanggal dan waktu ujian.
  7. Hoaks: Peserta dapat memilih sendiri kelompok ujian.
    Fakta: Peserta akan otomatis oleh sistem dikelompokkan pada jenis ujian sesuai dengan pilihan prodi. Pastikan peserta memperhatikan syarat dan ketentuan program studi dan PTN yang dituju. 

Jadwal Pendaftaran UTBK SBMPTN 2021

Berikut ini adalah jadwal pendaftaran UTBNK SBMPTN 2021 yang harus dirimu cermai. Periksa selalu fakta dan hoaks UTBK SBMPTN termasuk setiap jadwal pelaksanaannya.  

  1. Registrasi Akun LTMPT: 07 Februari  – 12 Maret 2021
  2. Pendaftaran UTBK-SBMPTN: 15 Maret – 01 April 2021
  3. Pelaksanaan UTBK Gelombang I: 12 – 18 April 2021
  4. Pelaksanaan UTBK Gelombang II: 26 April – 02 Mei 2021
  5. Pengumuman Hasil SBMPTN: 14 Juni 2021

Alur Pendaftaran UTBK SBMPTN 2021

  1. Login menggunakan akun LTMPT di https://portal.ltmpt.ac.i
  2. Melengkapi Biodata
  3. Memilih Program Studi
  4. Mengunggah Portofolio
  5. Memilih Pusat UTBK
  6. Melihat Nomor Pendaftaran
  7. Konfirmasi Kartu Peserta
  8. Unduh Kartu Peserta (wajib)

Ingat! Periksa Fakta dan Hoaks UTBK SBMPTN agar dirimu tidak salah mengikuti alur pendaftaran.

Pendaftaran UTBK SNMPTN 2021 hanya dilakukan melalui laman portal LTMPT http://ltmpt.ac.id dan diakses menggunkan akun LTMPT Siswa. Pastikan dirimu sudah melakukan “Simpan Permanen” sampai dengan cetak kartu peserta. Batas akhir pendaftaran adalah 01 April 2021, pukul 15.00 WIB.

Cara Memastikan Fakta dan Hoaks UTBK SBMPTN 

1. Periksa Sumber berita

Platform media sosial yang digunakan untuk berbagi informasi, baik fakta maupun berita bohong/hoaks sangat beragam. Fakta dan hoaks UTBK SBMPTN juga banyak beredar melalui platform-platfiorm tersebut. dirimu harus memilah-milah informasi atau berita yang beredar di berbagai media sosial dengan lebih cermat dan bijak.

pixabay.com

Berita yang diperoleh dari situs internet harus dirimu pastikan kredibilitasnya dengan cara melihat icon gembok di bagian kanan atas, di depan alamat situs. Situs yang memiliki icon gembok dapat dipastikan kredibilitasnya. Selain itu, situs yang aman menggunakan “https”, bukan “http”.

Media sosial chatting dan berbagai foto seperti Whatsapp, Instagram, Twitter, Telegram, dan lainnya adalah platform yang cukup sulit untuk untuk di identifikasi kebenaran informasi yang beredar di sana. Oleh sebab itu, informasi yang dirimu dapatkan dari media sosial harus dirimu konfirmasi dan bandingkan dengan sumber berita yang lebih kredibel. 

Ingat, informasi resmi mengenai seleksi masuk Perguruan Tinggi Negri Indonesia hanya dikeluarkan oleh LTMPT melalui media sosial @LTMPTOfficial dan laman http://ltmpt.ac.id. Jika dirimu mendapat informasi dari media sosial lain, segera cek fakta dan hoaks UTBK SBMPTN pada kedua sumber tersebut 

2. Periksa keaslian Foto/Gambar

pixabay.com

Menyajikan informasi dengan foto/gambar memang lebih menarik bagi pembacanya. Tendensi membaca sebuah informasi dari foto/gambar lebih besar daripada membaca tulisan dalam bentuk deskripsi. Itulah sebabnya, menyebarkan berita hoaks dengan menggunakan foto/gambar lebih mudah mempengaruhi pembaca.

Kemajuan teknologi mampu memanipulasi sebuah foto/gambar yang akan digunakan untuk menyebar berita hoaks. Apabila menghadapi hal seperti ini, dirimu dapat melakukan drag-and-drop ke kolom pencarian Google Images. Di sana dirimu akan menemukan gambar-gambar sejenis sehingga mudah mengidentifikasi keaslian berita/foto/gambar. 

3. Tanamkan Sikap Tidak Mudah Percaya

Untuk menanggapi fakta dan hoaks UTBK SBMPTN, dirimu harus tanamkan sikap tidak mudah percaya. Tapi, jangan salah mengartikan maksud ini, ya. Menanamkan sikap tidak mudah percaya bukan berarti dirimu harus mencurigai segala aspek dalam kehidupan. Khususkan hal ini untuk menanggapi berita atau informasi yang beredar di dunia maya. 

pixabay.com

Meskipun dirimu mendapatkan sebuah berita atau informasi dari orang terdekat dan terpercaya, dirimu harus lebih bijak menanggapinya terutama beberapa isu sosial yang penting dan banyak dibicarakan masyarakat. dirimu perlu melakukan konfirmasi dan membandingkan berita atau informasi tersebut dengan sumber berita lain. 

Pendaftaran UTBK SNMPTN adalah momen yang berarti bagi para calon mahasiswa di seluruh Indonesia. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui fakta dan hoaks UTBK SBMPTN agar dirimu tidak salah langkah. Informasi yang benar cukup menentukan kelancaran proses pendaftaran, loh. Jadi, selalu sempatkan waktu untuk mencari informasi yang kredibel, ya. 

Itu dia fakta dan hoaks UTBK SBMPTN 2021 yang sedang beredar di luar sana. Fakta-fakta yang Mamikos jabarkan di atas bersumber langsung dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebagai penyelenggara UTBK SBMPTN 2021. Jadi, dapat dipastikan kebenarannya. Selamat berjuang calon mahasiswa.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close