7 Cara Agar dirimu Cepat Mendapatkan Topik Skripsi, Mahasiswa Tingkat Akhir Wajib Baca

7 Cara Agar dirimu Cepat Mendapatkan Topik Skripsi, Mahasiswa Tingkat Akhir Wajib Baca – Halo mahasiswa tingkat akhir, sudah siapkah dengan tugas akhirmu alias skripsi? Sebagai calon sarjana, satu tugas ini terkadang menjadi beban berat yang kadang tak dapat diselesaikan karena berbagai alasan. Bukan karena dirimu tak pintar, alasan yang banyak terjadi adalah kemalasan yang terpupuk dalam dirimu. Ayolah sob, ingat orang tuamu yang sudah mengorbankan banyak tenaga, pikiran, materi untuk menguliahkan anaknya demi menjadi seorang sarjana. Impianmu dan kedua orang tua sama-sama ingin sukses di masa mendatang. Ketika dinyatakan diterima di universitas impian, jangan sia-siakan kesempatan yang dirimu dapatkan dan usahakan untuk bisa lulus tepat waktu.

7 Cara Agar dirimu Cepat Mendapatkan Topik Skripsi, Mahasiswa Tingkat Akhir Wajib Baca

Skripsi menjadi momok semua mahasiswa tingkat akhir. Ada yang benar-benar rajin mengerjakan dari awal hingga akhir tenpa henti, ada mahasiswa yang dapat menyelesaikan skripsi hanya 2 bulan bahkan ada pula mahasiswa yang dapat selesai skripsi 1 bulan saja. Bagiamana caranya? Semua hal yang berkaitan dengan pengerjaan skripsi mereka lakukan dan fokus pada tujuan. Salah satu problema mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi adalah sulit menentukan topik yang akan dijadikan bahan penelitian.

Jika terlalu mudah, bisa ditolak dosen. Namun jika berpikir terlalu rumit bisa jadi dirimu tak dapat menyelesaikan tugasmu hingga selesai. Kegalauan mengerjakan skripsi kadang dimulai dari bingungnya menentukan topik. Dari topik saja sudah malas dan bingung, bagaimana dirimu bisa menyelesaikan tugas akhir dan lulus tepat waktu?Banyak mahasiswa yang telah memiliki topik namun tetap saja memakan banyak waktu dalam menyelesaikan skripsi karena beberapa alasan, di antaranya:

  • Kemalasan yang sulit hilang dari pikiranmu
  • Tak memiliki semangat yang baik
  • Dosen pembimbing yang sulit ditemui sehingga tak ada progress
  • Sibuk dengan urusan pribadi
  • Terlalu mengedepankan kesibukan di organisasi
  • Terpengaruh oleh teman
  • Sumber penelitian yang kurang
  • Terlalu nyaman dengan zona santai

Itulah faktor yang sering terjadi dan mengahambat proses mengerjakan skripsi. Buang sementera hal tersebut demi cita-citamu untuk dapat lulus sesuai harapan. Terlepas dari faktor-faktor yang harus dirimu hindari, saatnya untuk menentukan topik untuk judul skripsi yang menarik. Caranya lihat uraian berikut ini.

1. Gali minat dan passionmu secara spesifik

Cepat Mendapatkan Topik Skripsi
Cara agar dirimu cepat mendapatkan topik skripsi pertama adalah dengan mengetahui dan menggali minat serta passiona dirimu di perkuliah dengan cara spesifik. Semua mata kuliah yang dirimu dapatkan di kampus, ruang lingkupnya masih terlalu luas. Karenanya tak heran jika saat ini masih bingung dengan topik yang akan dirimu ambil untuk penelitian skripsimu.

Jangan lupa untuk mencari topik serta judul skripsi yang menarik. Hal-hal yang lebih dirimu sukai menjadi pemicu ide dalam menentukan topik yang baik lho. Misalnya, ketika dirimu kuliah lebih suka dengan mata kuliah analisis komputer. Nah dari situ dirimu bisa mengerucutkan pilihan topik yang berkaitan dengan analisis dan memfokuskan angle penelitianmu. Jika sudah senang dengan bidangnya maka dirimu tidak akan merasa terbebani dengan tugas akhirmu ini.

2. Selalu update dengan isu terkini

Salah satu kunci yang membuat judul skripsi mu menarik yaitu sesuai dengan isu atau fenomena yang sedang terjadi atau bahkan viral saat ini. Inspirasi topik bisa didapat bahkan bisa langsung melakukan penelitian dengan fenomena yang terjadi di lapangan. Jika yang dirimu dengar adalah berita berat, tak perlu dirimu ambil namun bisa mengkerucutkan atau bahkan mengembangkan topik lain yang masih satu isu dengan yang terjadi saat ini.

3. Aktif dalam seminar yang berhubungan dengan minat

Tak ada salahnya untuk mengikuti setiap event seminar diadakan khususnya yang berhubungan dengan minat. Di kampus-kampus tentu selalu banyak event yang mengundang mahasiswa khususnya mahasiswa tingkat akhir. Jika tema skripsi sesuai dengan minatmu tak ada salahnya untuk bergabung di acara tersebut dan mengamati setiap uraian yang diberikan oleh pembicara. dirimu bisa mendapat ide lho dari sana.

4. Mencari literatur dan penelitian terdahulu

Pergilah ke perpustakaan kampus. Disana ada banyak literatur yang diarsipkan dari penelitan terdahulu. Pepatah mengatakan buku adalah gudang ilmu. dirimu bisa memanfaatkan waktu luang untuk mengunjungi perpustakaan dengan membaca jurnal akademik dan skripsi kakak tingkat atau tesis yang sekiranya sejalan dengan minat serta penelitianmu saat ini. dirimu akan mendapatkan latar belakang yang kuat dan bisa menjadi daftar pustaka di skripsimu nanti. Hati-hati, jangan sampai melakukan plagiat dari skripsi seniormu ya.

5. Berkonsultasi dengan dosen pembimbing

Kewajibanmu saat mulai mengerjakan skripsi adalah selalu berkonsultasi dengan dosen pembimbing dari tahap awal yaitu memilih topik. Tak ada salahnya untuk bertanya dan membuka dialog aktif dengan dosen yang telah menjadi pembimbing skripsimu saat ini. Kegalauan mengenai topik skripsi selalu menjadi problematika yang terjadi pada mahasiswa tingkat akhir sehingga dosen pun akan memakluminya. Beliau tentu memberikan dukungan serta solusi yang terbaik untuk masalah yang sedang terjadi padamu saat ini.

6. Melihat permasalahan di sekitar

Cepat Mendapatkan Topik Skripsi

Jika masih belum menemukan isu yang cocok dengan minatmu, cobalah buka mata untuk melihat masalah di sekitarmu saat ini. Bagi yang suka jalan-jalan atau mengobrol dengan masyarakat, cara ini bisa menjadi jalan untuk mendapatkan topik skripsi. Meksipun topiknya pernah dibahas oleh peneliti sebelumnya namun tentu kejadian dan tempat berbeda sehingga tak ada salahnya untuk dirimu pertimbangkan sebagai topik tugas akhir.

7. Diskusi dengan kakak tingkat

Cepat Mendapatkan Topik Skripsi

Untuk mencari cara agar dirimu cepat mendapatkan topik skripsi selanjutnya adalah berdiskusi dengan kakak tingkat. hal ini akan membuka peluang bagi penelitan lanjutannya. Mereka tentu memiliki batasan masalah yang diangkat pada penelitan yang dilakukan. Tak ada salahnya untuk dirimu lanjutkan penelitian mereka tanpa harus berplagiat. Selain melanjutkan penelitiannya, dirimu dapat mengembangkan topik yang belum ada pada penelitan sebelumnya.

Dari 7 Cara Agar dirimu Cepat Mendapatkan Topik Skripsi di atas, sudahkah dirimu mendapatkan gambaran seperti apa penelitan yang akan dilakukan? ingat, hindari hal-hal yang akan menganggu waktumu dalam menyelesaikan skripsi karena akan merugikan dirimu sendiri dan orang terkedekat seperti orang tua, saudara, pasangan. Untuk menjadi seorang sarjana sebenarnya tergantung dirimu sendiri. Mudah atau tidaknya merupakan pilihan masing-masing.

Masalah pintar atau tidak, semua mata kuliah dapat dipahami dan dikuasai. Satu hal yang dapat menghambat proses pengerjaan skripsi adalah tingkat kemalasan yang tak bisa dirimu tolak dalam diri. Mulailah pelan-pelan tanpa harus berpikir jauh tentang tugas akhir ini. Ketika sudah menemukan topik yang cocok segera konsultasikan kepada dosen pembimbing dan jelaskan pula tentang latar belakang penelitian, objek dan jenis penelitian supaya dosen semakin tertarik dengan penelitan yang akan dirimu angkat saat ini.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close