6 Universitas Swasta Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaik di Bandung

6 Universitas Swasta Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaik di Bandung- Selain memilih kampus favorit berdasarkan jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat, terkadang lokasi universitas juga jadi pertimbangan. Beberapa orang mungkin memilih untuk berkuliah di sekitar lokasi tempat tinggalnya. Namun sebagian orang justru memilih untuk merantau atau berkuliah di luar kota demi mencari suasana dan pengalaman baru.

Kampus Komunikasi Swasta Bandung

pexels.com

Salah satu kota di Indonesia yang bisa menjadi pilihan lokasi perkuliahan adalah Bandung. Kota ini dikenal dengan orang-orangnya yang kreatif. Selain itu, Bandung juga memiliki beragam pilihan universitas yang berkualitas, mulai dari perguruan tinggi negeri hingga perguruan tinggi swasta.

Jika anda termasuk orang yang cukup kreatif, selain berkuliah di kota Bandung, anda dapat pula memilih jurusan yang akan mendukung kreativitasmu. Misalnya saja jurusan Ilmu Komunikasi. Hingga kini, jurusan Ilmu Komunikasi bisa dibilang masih menjadi salah satu pilihan jurusan favorit. Hal ini bisa jadi karena prospek kerja lulusan komunikasi terbilang cukup luas.

Berkaitan dengan prospek kerjanya, jurusan ini pun memiliki beragam peminatan yang lebih spesifik yang lagi-lagi dapat semakin mengasah kreativitas mahasiswanya. Misalnya saja peminatan jurnalistik bagi anda yang tertarik untuk menjadi jurnalis atau wartawan. Ada juga peminatan untuk menjadi Public Relation atau Humas. Untuk anda yang tertarik dengan bidang periklanan, anda bisa mencari kampus yang memiliki bidang peminatan advertising. Peminatan yang tersedia tentu berbeda-beda, tergantung institusi pendidikannya.

Apabila anda merasa cukup tertarik untuk berkuliah di kota Bandung dan memilih jurusan Ilmu Komunikasi, selanjutnya anda mungkin akan dihadapkan pada pilihan untuk memilih kampus negeri atau swasta. Nah, untuk kali ini, Mamikos akan merangkum beberapa perguruan tinggi swasta di kota Bandung yang memiliki jurusan ilmu komunikasi terbaik.

1. Universitas Pasundan (UNPAS)

unpas.ac.id

Universitas swasta pertama dalam daftar ini yang memiliki jurusan Ilmu Komunikasi dan berlokasi di Bandung adalah Universitas Pasundan (UNPAS) . Jurusan ini sudah mengantongi sertifikat akreditasi A dari BAN-PT. Jurusan Ilmu Komunikasi di UNPAS merupakan bagian dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Fakultas ini merupakan salah satu fakultas yang hadir saat pertama kali UNPAS didirikan pada tahun 1960.

2. Universitas Islam Bandung (Unisba)

unisba.ac.id

Berbeda dengan UNPAS, program studi Ilmu Komunikasi di Universitas Islam Bandung memiliki fakultas tersendiri yakni Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom). Fikom Unisba bisa dibilang merupakan institusi perguruan tinggi swasta pertama di kota Bandung yang mempelajari bidang komunikasi. Fakultas ini diakui secara resmi pada tahun 1983.

Program Studi Ilmu Komunikasi Unisba sudah mendapat peringkat A dari BAN-PT. Prodi ini memiliki tiga bidang kajian peminatan yaitu:

  1. Ilmu Jurnalistik
  2. Ilmu Hubungan Masyarakat (Public Relations)
  3. Manajemen Komunikasi

3. Universitas Telkom Bandung

telkomuniversity.ac.id

Universitas Telkom atau Telkom University bisa dibilang merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbaik. Tak hanya di kota Bandung saja, Telkom University bahkan menduduki peringkat pertama perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia. Universitas ini juga memiliki program studi Ilmu Komunikasi yang berada dalam naungan Fakultas Komunikasi dan Bisnis.

Program studi Ilmu Komunikasi di Telkom University dibagi menjadi dua peminatan yakni:

  1. Marketing Communication
  2. Broadcasting

Pada peminatan Marketing Communication, mahasiswa akan banyak mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan pemasaran dan periklanan. Beberapa contoh mata kuliah yang dapat diambil untuk peminatan ini adalah perilaku konsumen, penulisan naskah iklan, dan manajemen penjualan.

Sementara itu, peminatan broadcasting di Telkom University akan sesuai bagi anda yang berminat untuk bekerja sebagai jurnalis atau di bidang penyiaran. Beberapa mata kuliah untuk peminatan ini adalah jurnalistik media, reportase dan penyuntingan berita, manajemen penyiaran, dan produksi program radio.

4. Universitas Langlang Buana

fisip.unla.ac.id

Sama seperti Universitas Pasundan, jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Langlangbuana merupakan bagian dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Program studi ini sudah menjalani akreditasi BAN-PT dengan peringkat B. Lulusan dari juruan komunikasi Universitas Langlangbuana diharapkan akan mampu menerapkan pengetahuan serta keterampilan yang mereka miliki, khususnya terkait dengan teknologi komunikasi di era globalisasi.

Perkuliahan di jurusan Ilmu Komunikasi Unla idealnya diselesaikan dalam waktu kurang lebih 4 tahun. Agar dapat menyandang gelar Sarjana Ilmu Komunikasi, mahasiswa harus menempuh beban studi sebanyak 146 SKS. Beberapa mata kuliah yang akan dipelajari di Ilmu Komunikasi Unla antara lain kewirausahaan komunikasi, komunikasi visual, komunikasi digital, dan penulisan kreatif.

5. Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Bandung

sekolah-tinggi-ilmu komunikasi-stikom-bandung.business.site

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Bandung adalah salah satu institusi pendidikan tinggi swasta di kota Bandung yang memiliki enam konsentrasi atau peminatan dalam program studi Ilmu Komunikasi. Keenam peminatan tersebut meliputi:

  1. Jurnalistik
  2. Broadcasting
  3. Public Relation
  4. Multimedia
  5. Komunikasi Bisnis
  6. Manajemen Komunikasi

STIKOM Bandung sendiri didirikan atas kerjasama antara Lembaga Penelitian dan Pelatihan Komunikasi (LP3K) Bandung dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang berada di kawasan Jawa Barat. Pendirian institusi pendidikan ini merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di bidang informasi dan komunikasi yang profesional dan berkualitas. Harapannya, lulusan STIKOM Bandung nantinya akan menjadi praktisi komunikasi yang dapat diandalkan.

Meski merupakan program studi dengan jenjang S1, STIKOM Bandung turut memberikan penekanan dalam penguasaan keterampilan komunikasi. Untuk mendukung hal ini, tersedia berbagai macam fasilitas seperti laboratorium radio siaran, laboratorium komputer grafis, dan laboratorium televisi.

6. Universitas Sangga Buana

sanggabuana.ac.id

Universitas Sangga Buana merupakan universitas swasta yang bernaung dalam Yayasan Pendidikan Keuangan dan Perbankan. Universitas yang resmi didirikan pada tahun 2006 ini merupakan gabungan dari STIE YPKP dan STT YPKP yang kemudian menambahkan fakultas baru yakni Fakultas Ilmu Komunikasi dan Administrasi (FIKA).

Program studi Ilmu Komunikasi di Universitas Sangga Buana termasuk dalam jenjang sarjana atau S1. Lama masa studi yang perlu ditembuh adalah selama kira-kira 4 tahun atau 8 semester. Lulusannya akan dibekali dengan ilmu, keterampilan, serta etika profesi yang disesuaikan dengan peminatan yang tersedia. Terdapat empat peminatan atau konsentasi, yaitu:

  1. Hubungan Masyarakat (Public Relations)
  2. Periklanan (Advertising)
  3. Penyiaran (Broadcasting)
  4. Jurnalistik

Itu tadi 6 perguruan tinggi swasta di kota Bandung yang memiliki program studi Ilmu Komunikasi. Mudah-mudahan menambah wawasan bagi anda yang tertarik untuk berkuliah di Bandung atau penasaran dengan jurusan Ilmu Komunikasi.

Cari tahu beragam informasi lain mengenai pendidikan, mahasiswa, kost-kostan, dan perkuliahan lewat tulisan-tulisan di website Mamikos . Download dan install aplikasi Mamikos  juga yuk untuk tahu lokasi kost-kostan di sekitar kampus idamanmu.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close