6 Universitas Negeri yang Ada Jurusan Ilmu Gizi

6 Universitas Negeri yang Ada Jurusan Ilmu Gizi- Kualitas kesehatan seseorang salah satunya ditentukan oleh asupan zat pada makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari. Hal inilah yang menjadi perhatian bagi seorang ahli gizi.

Jurusan Ilmu Gizi di Kampus Negeri

gizi.fk.ub.ac.id

Kebutuhan gizi bagi masing-masing orang senantiasa berbeda. Hal ini tergantung pada kondisi setiap orang, termasuk jenis aktivitas fisik yang dilakukan sehari-hari. Misalnya saja, kebutuhan gizi bagi ibu hamil tentu tidak dapat disamakan dengan perempuan yang tidak sedang hamil. Di sinilah seorang ahli gizi berperan penting dalam memberikan pemahaman serta pedoman agar tidak terjadi kekurangan gizi atau kelebihan gizi.

Apabila tertarik untuk menjadi seorang ahli gizi, anda perlu berkuliah di jurusan yang relevan, yaitu jurusan ilmu gizi. Ilmu gizi sendiri dipahami sebagai ilmu yang mempelajari hubungan antara makanan dengan kesehatan. Agar dapat menghasilkan energi dan berfungsi dengan baik, tubuh kita memerlukan zat gizi atau nutrients.

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Gizi

gizi.fk.ub.ac.id

Ilmu gizi sendiri pada dasarnya merupakan bagian dari bidang keilmuan kesehatan. Maka, tidak heran apabila kebanyakan lulusan ilmu gizi berkarir di bidang ini. Salah satu profesi yang paling umum bagi seorang lulusan ilmu gizi adalah menjadi seorang ahli gizi di rumah sakit, puskesmas, atau klinik.

Tugas seorang ahli gizi di rumah sakit adalah memastikan kandungan gizi yang terdapat pada makanan untuk pasien rawat inap sesuai dengan kebutuhan gizinya. Sebagaimana kita tahu, beberapa jenis penyakit memiliki pantangan tertentu. Misalnya saja pasien diabetes yang tidak diperbolehan mengkonsumsi makanan yang mengandung gula. Selain itu, berat badan pasien juga akan berpengaruh pada porsi makanan yang diberikan.

Selain di rumah sakit, lulusan ilmu gizi juga dapat menjadi konsultan gizi untuk mendukung orang-orang yang berprofesi sebagai seorang atlet. Kebutuhan gizi seorang atlet tentu tidak bisa disamakan dengan masyarakat kebanyakan lantaran atlet senantiasa menjalani latihan secara konsisten. Aktivitas fisik seorang atlet terbilang tinggi sehingga membutuhkan asupan kalori lebih.

Menjadi lulusan ilmu gizi bukan berarti tidak dapat membangun usaha sendiri. Salah satu kemampuan yang akan dipelajari saat berkuliah di jurusan ini adalah kemampuan manajemen pengolahan makanan. Dengan demikian, lulusan ahli gizi tentu paham bagaimana menciptakan menu yang sehat dan seimbang bagi mereka yang menjalani diet. Artinya, lulusan ilmu gizi dapat juga membangun bisnis makanan sehat atau katering diet.

Di bidang industri makanan dan minuman, seorang lulusan ilmu gizi juga memiliki peran penting. Kalau anda coba mengamati, pada kemasan makanan yang kita beli sering kali terdapat tabel khusus yang memberikan informasi tentang kandungan nutrisi apa saja yang terdapat pada makanan tersebut. Penulisan kandungan makanan tersebut tentu membutuhkan ahli gizi yang mampu melakukan berbagai perhitungan serta riset.

Itu tadi sekilas mengenai prospek kerja lulusan ilmu gizi. Penjelasan di atas tentu menunjukkan betapa pentingnya lulusan ilmu gizi dalam berbagai bidang. Untuk anda yang berminat dengan ilmu ini, berikut beberapa universitas negeri yang memiliki jurusan ilmu gizi di Indonesia.

1. Universitas Gadjah Mada

ugm.ac.id

Program studi Gizi Kesehatan di Universitas Gadjah Mada merupakan bagian dari Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK). Disahkan secara nasional pada tahun 2003, program studi ilmu gizi di UGM adalah penyelenggara Prodi S1 Gizi Kesehatan dan Program Pendidikan Profesi Dietisien pertama di Indonesia. Maka tidak heran apabila departemen ini kerap dijadikan sebagai institusi rujukan oleh penyelenggara pendidikan gizi lainnya di Indonesia. Prodi Gizi Kesehatan UGM memiliki status terakreditasi A dari BAN-PT sehingga bisa dibilang sebagai salah satu jurusan unggulan di Indonesia.

Prodi Gizi Kesehatan UGM memiliki lima divisi demi menjembatani perkembangan ilmu gizi yang kian melaju pesat. Kelima departemen tersebut adalah:

  1. Gizi Masyarakat
  2. Gizi Klinik
  3. Manajemen Penyelenggaraan Makanan
  4. Makanan Fungsional dan Nutrasetikal
  5. Gizi Molekuler

2. Universitas Airlangga

news.unair.ac.id

Berlokasi di kota Surabaya, Universitas Airlangga merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang memiliki Program Studi Ilmu Gizi. Program studi ini berada dalam naungan Fakultas Kesehatan Masyarakat yang menyediakan pembelajaran untuk program sarjana.

Nilai akreditasi yang diberikan untuk jurusan ilmu gizi di Universitas Airlangga adalah A. Nilai akreditasi ini masih berlaku hingga tahun 2023 mendatang. Idealnya, prodi ilmu gizi di universitas ini dijalani selama 8 semester. Untuk dapat menjadi seorang Sarjana Gizi, jumlah beban studi yang harus diambil adalah 166 SKS.

3. Institut Pertanian Bogor

kumparan.com

Program studi Ilmu Gizi IPB didirikan atas dasar kesadaran akan perlunya perbaikan status gizi masyarakat, khususnya yang terjadi pada anak-anak dan ibu menyusui. Dalam situs resmi jurusan ilmu gizi IPB, disebutkan bahwa Program Studi S1 Ilmu Gizi mengacu pada Kerangka Kurikulum Nasional Indonesia (KKNI). Kurikulum tersebut dirancang oleh berbagai organisasi profesi gizi di Indonesia.

Alumni Program Studi Ilmu Gizi IPB saat ini telah berkontribusi di berbagai bidang seperti bidang industri pangan dan kuliner, industri produk kesehatan, rumah sakit, dan juga instansi pemerintah.

4. Universitas Indonesia

republika.co.id

Pada tahun 2008, program studi gizi di Universitas Indonesia hadir untuk merespons berbagai persoalan terkait masalah kekurangan serta kelebihan gizi yang kemudian berdampak pada masalah kesehatan. Program studi tersebut merupakan program studi sarjana yang memiliki bobot 144 SKS.

Metode yang digunakan dalam pembelajaran di Program Studi Gizi UI adalah Student Centered Learning dengan pendekatan Problem Based Learning.  Artinya, mahasiswa diwajibkan untuk berdiskusi secara aktif dan intensif untuk memecahkan beragam persoalan di bidang gizi.

5. Universitas Brawijaya

republika.co.id

Jurusan ilmu gizi di Universitas Brawijaya terdiri dari dua program studi yaitu Program Studi S1 Gizi dan Program Studi Dietisien. Keduanya termasuk dalam naungan Fakultas Kesehatan Universitas Brawijaya.

6. Universitas Diponegoro

Program Gizi di Universitas Diponegoro rata-rata diselesaikan dalam rentang waktu 4 tahun 3 bulan. Jurusan ini bahkan memiliki ikatan alumni yang cukup kuat yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Alumni Sarjana Gizi Universitas Diponegoro Semarang (IKASAGI). Organisasi resmi ini bermanfaat untuk membangun jejaring usai mahasiswa jurusan tersebut resmi menyandang gelar Sarjana Gizi dan memasuki dunia kerja.

Itu tadi 6 perguruan tinggi negeri yang memiliki jurusan ilmu gizi. Semoga bermaanfaat bagi anda yang tertarik berkecimpung di bidang ini. Baca juga berbagai informasi menarik terkait perkuliahan, pendidikan, kost, dan lain sebagainya dengan rajin mengunjungi website Mamikos, Download dan install aplikasi Mamikos di smartphone milikmu juga yuk!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close