6 Strategi Cara Belajar UTBK SBMPTN 2021 yang Efektif Tanpa Bimbel

6 Strategi Cara Belajar UTBK SBMPTN 2021 yang Efektif Tanpa Bimbel – Bisa masuk kampus idaman mungkin adalah idaman semua orang. Buat dirimu yang kemarin gagal dalam SNMPTN, kini dirimu masih memiliki kesempatan untuk bisa masuk perguruan tinggi negeri (PTN) pilihan dengan mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Untuk bisa lolos dalam SBMPTN, tentunya dirimu harus memiliki nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang baik. Nah, di bawah ini Mamikos sudah rangkumkan dirimu informasi terkait strategi cara belajar UTBK SBMPTN yang efektif tanpa harus mengikuti bimbel.

Berikut Cara Belajar UTBK SBMPTN 2021 yang Efektif Terbaru

cdn0-production-images-kly.akamaized.net

Pendaftaran UTBK dan SBMPTN tahun 2021 tak terasa sebentar lagi akan dibuka, yakni pada 15 Maret hingga 1 April 2021. Sudahkah dirimu mempersiapkan diri untuk menghadapi UTBK SBMPTN nanti? Jika tidak ada perubahan, UTBK akan dilaksanakan sebanyak dua gelombang yakni pada 12 hingga 18 April 2021 dan pada 26 April hingga 2 Mei 2021. Selagi menunggu pelaksanaan UTBK SBMPTN, ada baiknya dirimu mempersiapkan diri dari sekarang agar nantinya bisa mengerjakan soal-soal UTBK SBMPTN dengan baik dan benar.

Sekilas Tentang UTBK SBMPTN 2021

Setelah SNMPTN, kini LTMPT akan membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Jalur SBMPTN ini terbuka bagi siswa lulusan tahun 2019, 2021 dan 2021. Melansir dari akun Instagram Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), pendaftaran SBMPTN akan diawali dengan registrasi akun LTMPT pada 7 Februari hingga 12 Maret 2021. Setelah itu dilanjutkan dengan melakukan pendaftaran UTBK dan SBMPTN pada 15 Maret hingga 1 April 2021.

Berbeda dengan SNMPTN yang dilakukan berbasis pada nilai dan prestasi semasa sekolah, SBMPTN berpacu pada hasil dari Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Untuk itu, UTBK dan SBMPTN adalah kedua hal yang tidak bisa dipisahkan. UTBK sendiri baru diresmikan LTMPT pada tahun 2018 dan mulai dilaksanakan di tahun 2019.

Jadwal UTBK SBMPTN 2021

Di bawah ini adalah jadwal lengkap terkait pelaksanaan UTBK SBMPTN 2021 yang wajib dirimu ketahui:

  • Pendaftaran akun LTMPT: 7 Februari – 12 Maret 2021
  • Registrasi UTBK dan SBMPTN: 15 Maret – 1 April 2021
  • Pelaksanaan UTBK: 12-18 April 2021 (gelombang 1) dan pada 26 April – 2 Mei 2021 (gelombang 2)
  • Pengumuman SBMPTN: 14 Juni 2021 pada pukul 15.00 WIB

Syarat Peserta UTBK SBMPTN 2021

Untuk bisa mengikuti UTBK SBMPTN, tentunya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh seluruh calon pesera. Adapun di bawah ini adalah persyaratan untuk pendaftaran UTBK SBMPTN 2021:

  1. UTBK
    • Calon peserta wajib memiliki akun LTMPT
    • Calon peserta terdaftar sebagai siswa SMA/MA/MK Kelas 12 pada tahun 2021 atau merupakan peserta didik Paket C tahun 2021 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2021)
    • Calon peserta merupakan lulusan SMA/MA/SMK sederajat tahun 2019 dan 2020 atau lulusan paket C tahun 2019 dan 2020 dengan umur maksimal 25 tahun.
    • Hasil UTBK 2021 hanya berlaku untuk penerimaan tahun 2021.
    • Peserta harus membayar biaya UTBK 2021.
  2. SBMPTN
    • Calon peserta merupakan siswa SMA/MA/SMK sederajat lulusan tahun 2019/2020 harus sudah memiliki ijazah. Khusus bagi siswa lulusan SMA sederajat dari luar negeri, maka harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan. 
    • Calon peserta mengikuti dan memiliki nilai UTBK 2021.
    • Calon peserta wajib memiliki kondisi kesehatan yang memadai agar nantinya tidak mengganggu kelancaran perkuliahan.
    • Bagi peserta yang memilih program studi bidang Seni dan Olahraga wajib mengunggah portofolio.

Strategi Cara Belajar UTBK SBMPTN 2021

Agar dirimu bisa lebih matang lagi dalam menghadapi UTBK SBMPTN 2021, ada baiknya jika dirimu sudah mempersiapkan diri mulai dari sekarang. Nah, di bawah ini Mamikos sudah rangkumkan dirimu beberapa strategi cara belajar UTBK SBMPTN 2021 yang efektif tanpa harus mengikuti bimbel.

1. Mencoba mengerjakan soal UTBK tahun sebelumnya

kelaspintar.id

Hal pertama yang bisa dirimu lakukan sebelum menghadapi UTBK adalah dengan mempelajari soal UTBK tahun sebelumnya. Dengan mengerjakan soal-soal UTBK tahun sebelumnya, paling tidak dirimu memiliki gambaran seputar kesulitan-kesulitan soal-soal tersebut. dirimu juga bisa mengukur kesiapan dirimu kira-kira sudah sejauh mana.

2. Mengevaluasi kesiapan diri

lp3i.ac.id

Setelah dirimu mencoba mengerjakan soal-soal UTBK tahun sebelumnya, tentu dirimu sudah bisa membayangkan kira-kira akan seperti apa soal yang nantinya dihadapi. Jika dirimu merasa tingkat kesulitan soal-soal yang dirimu kerjakan sangat mudah, maka dirimu disarankan untuk tidak langsung menyepelekan soal-soal yang nantinya akan keluar. Namun, teruslah asah kemampuan dirimu agar nantinya dirimu bisa lebih mudah menghadapi UTBK.

3. Membuat jadwal belajar

educenter.id

Setelah mengevaluasi materi, strategi jitu menghadapi UTBK selanjutnya adalah dengan membuat jadwal belajar setiap minggunya. Jadwal belajar ini nantinya dapat bermanfaat guna sebagai penghitung mundur hingga hari ujian tiba. Dalam membuat jadwal ujian, dirimu bisa mengisi dengan memetakan mater-materi apa saja yang akan dirimu pelajari pada hari itu. Sebagai catatan, dalam membuat jadwal belajar utamakan pada materi yang belum dirimu pahami agar dirimu bisa mempersiapkannya dengan matang dan mengejar ketertinggalan.

4. Belajar memahami konsep

stoodnt.com

Sebagian besar siswa masih belajar dengan pola menghapal saja tanpa memahami maksud dari materi yang dipelajari. Belajar dengan menghafal memang tidak ada salahnya, namun ada baiknya jika dirimu memahami sebuah konsep dasar dari materi soal. dirimu bisa menguji pemahaman dirimu dengan mengerjakan soal-soal yang sebelumnya belum pernah dirimu kerjakan.

5. Mengikuti try-out

cdn-2.tstatic.net

Untuk lebih mendalami materi, dirimu juga bisa mengikuti try-out. Hal ini untuk menghindari fokus dirimu yang hanya pada satu materi hingga dirimu pun lupa untuk melatih kemampuan dirimu. Dengan mengikuti try-out, dirimu bisa melihat sejauh mana perkembangan dirimu. Jika ingin melihat pencapaianmu, jangan lupa untuk membandingkan pencapaian hasil try-out dirimu sebelumnya dengan try-out yang baru saja dirimu ikuti.

6. Mempersiapkan mental

img.okezone.com

Setelah semua strategi sebelumnya diterapkan, kini hal terpenting yang juga tak boleh dirimu lupakan adalah mempersiapkan mental. Jika dirimu merasa belum siap, maka mulailah perkuat mental dirimu dengan mengumpulkan segala alasan yang membuat dirimu belum siap. Ingat, persiapan untuk menghadapi UTBK cukup panjang. Untuk itu diperlukan mental yang kuat untuk menghadapinya.

Nah, itu tadi informasi yang bisa Mamikos share kepada kalian terkait strategi belajar UTBK SBMPTN yang efektif tanpa harus mengikuti bimbel. Yuk mulai terapkan lima strategi belajar UTBK SBMPTN di atas agar dirimu pun jauh lebih percaya diri menghadapi UTBK nanti. Oh iya, jika dirimu butuh informasi seputar kost-kostan yang dekat dengan PTN pilihan, jangan lupa ya untuk gunakan aplikasi Mamikos. Di Mamikos, dirimu bisa menemukan seluruh informasi terbaru seputar kost-kostan di seluruh Indonesia.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: 

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya 

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close