6 Pusat UTBK yang Wajib Bawa Surat Swab/Antigen COVID-19

6 Pusat UTBK yang Wajib Bawa Surat Swab/Antigen COVID-19 – Mendekati pergantian tahun ajaran menuju 2021/2022, serangkaian tes masuk ke perguruan tinggi sudah melakukan pendaftaran. Namun, Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang akan dilaksanakan mulai 12 April 2021 mendatang. Salah satu persyaratan agar peserta dapat mengikuti pelaksanaan UTBK adalah dengan membawa surat hasil tes swab/antigen COVID-19 untuk memastikan bahwa mereka terbebas dari virus ini. Kali ini Mamikos akan memberikan informasi terkait pusat UTBK mana saja yang mewajibkan peserta untuk membawa surat hasil tes swab/antigen COVID-19.

Perlunya Melakukan Swab/Antigen Test COVID-19

unsplash.com

Bagi anda yang akan mengikuti UTBK di kota tertentu, mungkin masih belum memahami sepenuhnya mengapa tes swab/antigen COVID-19 ini penting untuk dilakukan. Tidak hanya untuk mengikuti UTBK saja, tetapi jika bepergian juga perlu untuk melakukan tes ini terlebih dahulu. Masyarakat secara perlahan sudah mulai kembali beraktivitas seperti semula, namun bukan berarti pandemi sudah berakhir begitu saja. Virus corona COVID-19 masih dapat menyerang siapa saja meskipun sudah menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat.

Meskipun seseorang tidak merasakan gejala dari COVID-19, namun ini bukan berarti bahwa dirinya benar-benar terbebas dari virus tersebut. Seseorang bisa saja tetap sehat dan terbebas dari segala gejala yang ada, namun dirinya sebenarnya positif terkena virus ini. Tidak hanya menggunakan masker dan juga menjaga kebersihan tangan saja, namun sebelum bepergian perlu untuk melakukan tes swab/antigen terlebih dahulu. Hal ini untuk memastikan bahwa anda bukanlah seorang silent carrier dari virus ini. 

Saat ini banyak terdapat jenis tes yang harganya tidak terlalu mahal dan dapat lebih mudah dijangkau oleh masyarakat. Beberapa tes yang ada yaitu seperti swab PCR dan juga swab antigen. Meskipun hasilnya tidak sebaik tes swab PCR, namun swab antigen juga sudah memiliki tingkat keakuratan hasil yang cukup baik. Tes ini dilakukan untuk mengidentifikasi individu yang terindikasi positif COVID-19. Mengetahui hasil ini dapat membantu memutuskan tindakan apa yang harus dilakukan sehingga tidak menularkan virus kepada orang lain di sekitarnya.

Daftar Pusat UTBK yang Mewajibkan Peserta Membawa Surat Swab/Antigen COVID-19

Sebagai sebuah upaya untuk menghindari adanya klaster pasien COVID-19 baru pasca UTBK, beberapa pusat menerapkan kewajiban bagi peserta  untuk melakukan tes swab/antigen COVID-19. Surat hasil tes tersebut nantinya dibawa ketika akan memasuki area pelaksanaan UTBK. Berikut ini daftar beberapa universitas pusat pelaksanaan UTBK yang menghimbau peserta untuk membawa surat hasil tes swab/antigen tersebut.

1. Universitas Airlangga (UNAIR)

Pelaksanaan UTBK yang dilakukan di UNAIR nantinya akan dibagi pelaksanaannya menjadi selama satu minggu. Selain itu, lokasi pelaksanaan juga akan disebar untuk ke tiga kampus yang ada, yaitu Kampus A, Kampus B, dan Kampus C UNAIR. Hal ini guna untuk menghindari adanya kerumunan yang terbentuk dan mengikuti himbauan protokol kesehatan yang ada secara ketat.

Universitas ternama yang berlokasi di Surabaya ini mewajibkan bagi para peserta UTBK untuk menunjukkan hasil tes swab/antigen COVID-19 negatif. Oleh karena itu, peserta dihimbau untuk tidak bepergian terlebih dahulu dan menjaga kesehatannya. Hal ini karena UTBK hanya dapat dilakukan selama satu kali saja. Jika peserta tidak dapat mengikuti UTBK karena positif, maka kesempatannya akan hangus secara otomatis.

2. Universitas Negeri Surabaya (Unesa)

Secara umum, pemerintah Kota Surabaya memang memiliki regulasi tersendiri yang perlu untuk diikuti demi pelaksanaan UTBK yang aman. Hal ini termasuk juga memastikan bahwa ruangan yang akan digunakan untuk pelaksanaan UTBK nantinya akan sesuai dengan protokol kesehatan yang ada. Termasuk juga pelaksanaan saat hari H dan aturan apa saja yang harus diberikan agar mengurangi kemungkinan penyebaran virus corona COVID-19 ini.

Salah satu regulasi yang diterapkan oleh Unesa yaitu peserta UTBK wajib untuk membawa hasil tes dari swab/antigen COVID-19 yang menyatakan dirinya negatif. Selain itu, peserta diwajibkan untuk menggunakan masker dan membawa masker cadangan, mencuci tangan sebelum masuk ke ruangan UTBK, dan juga letak lokasi duduk sudah ditentukan. Nantinya juga akan dilakukan pengecekan suhu untuk juga memastikan peserta dalam keadaan yang sehat.

3. Universitas Jember (UNEJ)

Universitas Jember juga menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat ketika pelaksanaan UTBK nanti. Lokasi pelaksanaan terbagi menjadi tiga lokasi, yaitu Kampus Tegalboto, Kampus Jember, dan juga Kampus Bondowoso. Panitia juga akan mengikuti protokol untuk ruangan hanya diisi setengah dari kapasitas yang ada guna menghindari munculnya kerumunan.

Panitia pusat UTBK yang ada pada Universitas Jember juga mewajibkan bagi pesertanya untuk melakukan tes swab/antigen terlebih dahulu. Kemudian, hasil dari surat tersebut nantinya dibawa untuk memastikan peserta terbebas dari infeksi virus COVID-19. Peserta sebelum masuk ke dalam ruangan saat hari pelaksanaan akan dilakukan pemeriksaan suhu tubuh terlebih dahulu. Selain itu, peserta yang datang dan panitia juga diwajibkan untuk menggunakan masker dan mematuhi protokol kesehatan yang ada.

4. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Pada dasarnya, IPB memberikan himbauan bagi para peserta UTBK untuk pelaksanaan di pusat UTBK ITB lebih diprioritaskan untuk siswa yang berdomisili di Jabodetabek, Cianjur, dan Sukabumi. Meskipun begitu, panitia tetap mewajibkan untuk para peserta UTBK melakukan tes swab/antigen terlebih dahulu. Bagi para peserta yang memiliki hasil negatif dapat membawa surat tersebut sebelum memasuki ruangan.

Peserta melakukan tes swab/antigen COVID-19 paling tidak tiga hari sebelum hari pelaksanaan UTBK. Selain itu, peserta juga diwajibkan untuk mengisi formulir protokol kesehatan yang sudah disediakan terlebih dahulu. Peserta juga dihimbau untuk mentaati protokol kesehatan dengan ketat agar memperkecil kemungkinan terjadinya penambahan kasus baru.

5. UPN Veteran Jawa Timur

UPN Veteran Jawa Timur juga menjadi pusat UTBK yang akan dilaksanakan pada beberapa hari mendatang. Dari seluruh peserta yang ada nantinya akan dibagi ke dalam beberapa gelombang dan ruangan yang berbeda. Panitia juga mewajibkan bagi para peserta UTBK untuk membawa hasil tes swab/antigen yang negatif atau non-reaktif.

Peserta juga wajib untuk menggunakan masker dan face shield jika dibutuhkan. Selain itu, peserta juga perlu untuk membawa sarung tangan serta diwajibkan untuk mencuci tangan dengan sabun atau membawa hand sanitizer. Ketika pelaksanaan nanti juga peserta akan dihimbau untuk tetap menjaga jarak dengan satu sama lain.

6. Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB sebelum pelaksanaan UTBK pada tanggal 12 hingga 18 April 2021 nanti sudah memberikan himbauan bahwa peserta tidak diperbolehkan untuk mengunjungi lokasi selain pada hari pelaksanaan. Selain itu, peserta juga diwajibkan untuk melakukan tes swab/antigen kemudian membawa surat hasilnya saat hari pelaksanaan. UTBK akan dilaksanakan secara ketat dengan mematuhi protokol kesehatan yang ada.

Jika anda nantinya melaksanakan UTBK di salah satu pusat di atas, pastikan sudah melakukan tes swab/antigen COVID-19 dengan hasil negatif. Jangan lupa persiapkan diri dengan baik dan jaga kesehatan agar dapat menjalani UTBK dengan lancar. Saat sudah diterima di perguruan tinggi nanti, cari kost dengan mudah melalui aplikasi Mamikos.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close