6 Macam Jurusan Manajemen yang Bisa anda Pilih

6 Macam Jurusan Manajemen yang Bisa anda Pilih – Menentukan jurusan kuliah sejak dini merupakan hal yang sangat penting. Pasalnya, jurusan kuliah akan mempengaruhi kenyamanan anda dalam belajar selama kuliah karena harus sesuai dengan minat serta kemampuan anda. Nah, salah satu jurusan yang ada di jenjang perkuliahan dan mungkin bisa anda pilih adalah jurusan Manajemen. Namun, sudahkah anda tahu bahwa tidak hanya satu tetapi ada berbagai macam jurusan Manajemen di jenjang perkuliahan?

Informasi Terbaru Seputar Macam Jurusan Manajemen

unsplash.com

Selama ini anda mungkin tahu bahwa di perkuliahan nanti ada sebuah jurusan bernama jurusan Manajemen. Sebenarnya, jurusan tersebut tidak hanya ada satu jurusan saja melainkan terdiri dari berbagai jenis jurusan terkait ilmu Manajemen. Nah, sebelum anda menentukan akan memilih jurusan Manajemen, anda perlu untuk tahu terlebih dahulu bidang ilmu Manajemen apa yang sesuai dengan minat anda. Sebagai pertimbangan, berikut Mamikos berikan daftar 6 macam jurusan Manajemen yang bisa anda pilih di jenjang perkuliahan nanti.

Daftar Lengkap Jurusan Manajemen yang Bisa anda Pilih di Perkuliahan

Ilmu Manajemen pada dasarnya merupakan ilmu yang sangat dibutuhkan bagi hampir seluruh perusahaan di sektor apapun. Di Indonesia, ada enam macam jurusan Manajemen yaitu Manajemen Bisnis, Manajemen Perbankan, Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM, Manajemen Keuangan, dan Manajemen Operasional. Ilmu yang dipelajari memang masih satu rumpun dengan ilmu Manajemen pada umumnya, namun beberapa jurusan tersebut mengajarkan ilmu yang lebih spesifik lagi. Simak daftar lengkap enam macam jurusan Manajemen yang telah Mamikos himpun berikut ini.

1. Manajemen Bisnis

unsplash.com

Macam jurusan Manajemen yang pertama adalah jurusan Manajemen Bisnis. Cabang ilmu Manajemen yang satu ini akan memberikanmu pengetahuan tentang bisnis serta kewirausahaan. anda akan mendapatkan beberapa pengetahuan dasar soal bisnis serta ilmu manajemen. Pada semester lanjutan, anda juga akan diberikan pengetahuan seputar praktik dan keahlian dalam bidang produksi, manajemen mutu, dan manajemen proyek. Jurusan ini akan sangat mengasah kemampuan anda dalam urusan kelayakan bisnis serta komunikasi bisnis.

Kalau anda memilih untuk kuliah di salah satu macam jurusan Manajemen ini, beberapa mata kuliah yang akan anda jumpai adalah matematika bisnis, ekonomi mikro dan makro, hingga komunikasi bisnis. Selama berkuliah, anda akan dipersiapkan menjadi seorang lulusan yang siap meniti karir di beragam bidang usaha dan bisnis di instansi swasta maupun pemerintah. anda bebas memilih bidang apapun karena ilmu yang anda dapatkan dibutuhkan di berbagai sektor usaha. Kalau anda tidak ingin bekerja di perusahaan, maka anda bisa membuka usaha atau bisnis anda sendiri berbekal pengetahuan dan pengalaman yang anda dapatkan selama berkuliah.

2. Manajemen Perbankan

unsplash.com

Apakah anda memiliki mimpi untuk meniti karir di sektor perbankan? Jika iya, maka macam jurusan Manajemen yang satu ini bisa dibilang cocok untuk mempersiapkan anda di bidang tersebut. Jurusan Manajemen Perbankan pada dasarnya akan membekali anda ilmu seputar perbankan, mulai dari pekerjaan teller, customer service, karyawan pembukuan unit giro, dan beragam ilmu lainnya soal produk perbankan. Dalam konteks jurusan ini, anda akan mempelajari seputar aktivitas operasional perbankan secara lebih spesifik lagi.

Sesuai dengan namanya, lulusan dari salah satu macam jurusan Manajemen ini dipersiapkan menjadi seseorang yang bekerja di sektor perbankan. Bisa dikatakan bahwa anda akan bekerja di jantung ekonomi dari sebuah negara, yaitu sebuah bank. Maka dari itu, anda mungkin akan menemukan beberapa mata kuliah untuk mempersiapkan anda menjadi seorang ahli seperti misalnya manajemen pemasaran bank, akuntansi bank, hingga analisa laporan keuangan. Tidak hanya di bank, anda juga bisa bekerja di luar sektor tersebut seperti di kantor pajak.

3. Manajemen Pemasaran

unsplash.com

Macam jurusan Manajemen yang berikutnya adalah jurusan Manajemen Pemasaran yang mungkin sudah sering anda dengar. Kalau anda belum tahu, jurusan yang satu ini secara garis besar mempelajari tentang ilmu perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan, pengawasan, hingga evaluasi dari proses dan kegiatan pemasaran barang dan jasa perusahaan. Di jurusan ini juga, anda akan mempelajari ilmu seputar pengembangan konsumen serta pergerakan produk dari tangan produsen ke konsumen. Ilmu lain yang juga akan anda pelajari adalah beberapa pemahaman penting terkait perilaku serta dinamika konsumen, analisa permintaan, teori harga, segmentasi pasar, metode dan media periklanan, dan aspek pemasaran lainnya.

Beberapa mata kuliah yang mungkin akan anda temui di salah satu macam jurusan Manajemen ini di antaranya seperti pemasaran digital, periklanan dan promosi penjualan, perencanaan pemasaran, hingga riset pemasaran. Untuk prospek kerja, anda tentunya akan memiliki peluang kerja yang cukup baik setelah lulus dari jurusan ini. Pasalnya, hampir seluruh kegiatan bisnis membutuhkan seorang marketer agar barang dan jasa yang dihasilkan bisa dikenal oleh konsumen. Bisa dibilang bahwa kemampuan dan pengetahuan yang anda dapatkan selama kuliah sangat dicari oleh perusahaan. Tidak hanya untuk perusahaan swasta, anda juga bisa berkarir di perusahaan milik pemerintah alias Badan Usaha Milik Negara atau BUMN.

4. Manajemen SDM

unsplash.com

Selanjutnya adalah macam jurusan Manajemen bernama Manajemen SDM atau Sumber Daya Manusia. Jurusan yang satu ini lebih menjurus kepada kajian pengelolaan dan pengembangan potensi sumber daya manusia di dalam suatu organisasi maupun perusahaan. Di jurusan ini juga anda akan mempelajari seputar kebijakan dan instruksi yang erat kaitannya dengan personil dan organisasi, hubungan kerja perusahaan dengan karyawan, hukum dan peraturan sumber daya manusia, rekrutmen dan seleksi, hingga dinamika sumber daya manusia di dalam perusahaan. Singkatnya, anda akan mempelajari seputar manajemen atau pengelolaan sumber daya manusia yang ada di dalam perusahaan.

Untuk mempersiapkan anda menjadi seorang manajer sumber daya manusia, anda akan dibekali dengan berbagai pengetahuan terkait. Beberapa mata kuliah yang akan anda temui di antaranya seperti sistem imbalan dan teknik remunerasi, audit manajemen SDM, hingga human resources assessment dan empowerment. Karena setiap perusahaan dan organisasi terdiri atas sekelompok manusia, maka anda memiliki prospek kerja yang cukup bagus dengan ilmu yang anda dapatkan selama kuliah. Banyak perusahaan yang membutuhkanmu dan anda bisa memilih beberapa jenis pekerjaan seperti staf HRD maupun star rekrutmen dan training karyawan baru di perusahaan impianmu.

5. Manajemen Keuangan

unsplash.com

Macam jurusan Manajemen yang kelima yaitu jurusan Manajemen Keuangan. Ilmu yang nanti akan anda pelajari jika kuliah di jurusan yang satu ini adalah seputar perencanaan, pengelolaan, serta penggunaan sumber daya keuangan perusahaan dengan baik. anda juga akan diajarkan bagaimana caranya menganalisis aspek keuangan dan moneter baik itu perusahaan bisnis, lembaga perbankan, maupun organisasi lainnya. anda juga akan diberikan bekal pengetahuan terkait akuntansi, instrumen keuangan, perencanaan modal, akuisisi dana, hingga manajemen aset dan utang.

Cakupan ilmu yang dibahas di jurusan ini cukup luas, jadi jangan heran jika anda akan menemui mata kuliah dengan topik beragam. anda mungkin akan bertemu dengan mata kuliah seperti obligasi, keuangan perusahaan dan pemerintahan, ekonometri, hingga seputar komputerisasi penganggaran. Ilmu yang anda dapatkan merupakan ilmu dasar kehidupan sehingga kemampuanmu pasti dicari oleh banyak perusahaan maupun instansi pemerintah untuk mengurusi urusan keuangan mereka. Dengan kata lain, anda memiliki peluang kerja yang baik di mana anda pasti dibutuhkan di sektor apapun dan di manapun.

6. Manajemen Operasional

Macam jurusan Manajemen yang terakhir yaitu jurusan Manajemen Operasional. Kalau anda tertarik dengan ilmu produksi dan distribusi, maka jurusan ini bisa menjadi salah satu pilihan tepat bagi anda yang akan melanjutkan ke jenjang perkuliahan. Pasalnya, anda akan banyak belajar mengenai analisis produk mulai dari proses produksi hingga distribusi sampai ke tangan konsumen. Bagi perusahaan yang berhubungan dengan produksi barang dan jasa, anda memiliki kesempatan besar untuk bekerja di sana setelah lulus nanti.

Nah, itu tadi sekilas informasi yang bisa Mamikos sampaikan seputar beberapa macam jurusan Manajemen yang bisa anda pilih untuk melanjutkan studi nanti. Sebelum menetapkan pilihan, pastikan terlebih dahulu bahwa anda telah memberi pertimbangan dengan matang terkait beberapa hal seperti minat dan kemampuan anda. Saat berkuliah nanti, jangan lupa juga untuk menambah pengalaman anda di luar kelas untuk mendukung anda saat mencari kerja nanti. Untuk anda yang sedang bingung mencari tempat tinggal di dekat sekolah atau kampus idaman, anda bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close