6 Jurusan IPA Rasa IPS yang Bisa anda Pilih

6 Jurusan IPA Rasa IPS yang Bisa anda Pilih – Kesempatan lintas jurusan untuk masuk ke Perguruan Tinggi terbuka lebar bagi calon lulusan sekolah menengah. Bahkan, berbagai jalur masuk Perguruan Tinggi sudah menyediakan peluang lintas jurusan agar anda bisa menempuh jurusan atau program studi di bidang yang diminati.

Jurusan IPA yang Seperti IPS

pixabay.com

Fenomena lintas jurusan di Perguruan Tinggi sudah bukan hal yang aneh lagi. Siswa sekolah menengah dari jurusan IPA bisa memilih program studi kelompok soshum di Perguruan Tinggi. Begitu pula sebaliknya. Siswa sekolah menengah dari jurusan IPS diizinkan memilih program studi kelompok saintek di kampus tujuannya.

Kesempatan lintas jurusan ini banyak diambil oleh pendaftar yang ingin merasakan pengalaman berbeda, hingga mengambil jurusan di bidang yang berbeda. Misalnya saja siswa IPA yang mengambil Jurusan Ilmu Komunikasi atau Jurusan Ilmu Hukum. Padahal, jurusan tersebut ada di kelompok soshum yang diperuntukkan bagi siswa IPS.

Alasan untuk lintas jurusan yang lainnya adalah ingin menjalani kuliah dengan santai dan tidak terlalu banyak membahas teori dan hitung-hitungan. Jika anda ingin memilih kuliah jurusan IPA yang terasa seperti jurusan IPS, rekomendasi jurusan-jurusan berikut dapat anda pertimbangkan.

1. Jurusan Sistem Informasi

pixabay.com

Tertarik kuliah di bidang teknologi tapi ingin belajar materi seperti anak IPS? Di Fakultas Ilmu Komputer atau Fakultas Teknik biasanya ada Jurusan Sistem Informasi yang ditawarkan. Di jurusan ini, anda bisa belajar tentang perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) komputer. Mahasiswa akan diajarkan cara mengembangkan sekaligus mengelola sistem software. Tidak hanya itu, proses pemecahan masalah di perusahaan atau organisasi pun akan diajarkan dengan bantuan teknologi, sehingga prosesnya semakin efektif dan efisien.

Jangan bayangkan anda akan selalu berhadapan dengan coding dan pemrograman saja. Di Jurusan Sistem Informasi, terdapat mata kuliah yang membahas bisnis serta organisasi perusahaan. Hal inilah yang akan membuat lulusannya semakin siap ketika harus terjun di dunia kerja setelah lulus. Beberapa mata kuliah rasa IPS yang akan anda dapatkan di Jurusan Sistem Informasi adalah mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia, Prinsip-Prinsip Manajemen, dan Pengembangan dan Pemasaran Produk. Lulusan Jurusan Sistem Informasi bisa berwirausaha, menjadi konsultan bidang teknologi, serta menjadi web developer.

2. Jurusan Teknik Industri

pixabay.com

Masih jurusan yang berada di Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Industri memungkinkanmu menjalani perkuliahan dengan suasana seperti belajar ilmu sosial. Adanya mata kuliah tentang psikologi, ekonomi, bisnis, akuntansi, hingga manajemen wajib diambil oleh mahasiswa. Ada pula mata kuliah manajemen proyek, akuntansi dan biaya, psikologi industri, pemasaran industri, serta ekonomi teknik. Tidak jarang jika setelah menyelesaikan studi dari Jurusan Teknik Industri peluang karier di bidang sosial pun banyak diambil oleh lulusannya.

Jurusan Teknik Industri mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan industri pembuatan produk agar proses produksinya semakin efektif dan efisien. Meskipun namanya adalah ‘Teknik Industri’, ada banyak kombinasi mata kuliah ilmu teknik dengan ilmu sosial. Bagi anda yang mudah pusing ketika belajar angka, permesinan, dan rumus hitungan, jurusan ini bisa menjadi alternatif karena memberikan kesempatan untuk belajar ilmu sosial pula. Setelah lulus dari Jurusan Teknik Industri, anda bisa berkarir menjadi wirausaha, konsultan bisnis, teknisi ahli, pengembang produk, atau akademisi.

3. Jurusan Agribisnis

pixabay.com

Melihat nama jurusannya, anda akan beranggapan bahwa kuliah di Jurusan Agribisnis tidak akan lepas dari belajar biologi, terutama tumbuh-tumbuhan. Jurusan yang berada di bawah Fakultas Pertanian tersebut ternyata membahas banyak mata kuliah menarik terkait bidang sosial. Pastinya anda akan belajar ilmu-ilmu bidang pertanian dari sisi pengelolaan. Namun, anda juga akan belajar sisi bisnisnya pula. Hal inilah yang membuat Jurusan Agribisnis semakin diminati.

Mata kuliah seperti ekonomi makro, ekonomi pertanian, pemasaran agribisnis, komunikasi agribisnis, serat pengembangan masyarakat akan anda dapatkan. Mata kuliah tersebut memberimu kesempatan untuk merasakan kuliah seperti mahasiwa soshum. Jangan khawatir dengan materi inti di Jurusan Agribisnis karena adanya mata kuliah tentang pengelolaan usaha pertanian, perikanan, perkebunan, hingga peternakan juga akan anda dapatkan. anda akan belajar proses awal usaha-usaha tersebut, pengembangannya, hingga pengolahan dan pemasarannya.

Setelah lulus dari Jurusan Agribisnis, peluang menjadi wirausahawan di bidang pertanian, peternakan, hingga perkebunan terbuka lebar. Karier di bidang manajemen sebagai manajer perusahaan untuk mengolah hasil pertanian dan sebagai penyuluh pertanian pun bisa anda tempuh.

4. Jurusan Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian

pixabay.com

Jurusan yang berada di bawah Fakultas Pertanian ini menawarkan mata kuliah di bidang soshum. Jika anda ingin masuk jurusan saintek, tetapi juga ingin belajar tentang komunikasi serta kehumasan, Jurusan Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian adalah pilihan tepat. Mata kuliah rasa IPS yang akan anda dapatkan adalah komunikasi antar budaya, sosiologi lingkungan, ekonomi pertanian, ekonomi mikro, komunikasi bisnis, komunikasi pertanian, organisasi dan kepemimpinan, pengembangan kepribadian, bahkan gender dan pembangunan.

anda tidak perlu khawatir dengan kualitas Jurusan Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian sekalipun ada banyak mata kuliah soshum di sana. Sebab, lingkup materi yang akan diajarkan di jurusan ini spesifik di bidang pertanian, sehingga tetap aplikatif. Setelah lulus dari jurusan ini, anda bisa menjadi seorang konsultan, penyuluh, jurnalis, peneliti, atau berwirausaha.

5. Jurusan Statistika

pixabay.com

Jurusan kuliah yang identik dengan angka dan hitungan ini ternyata memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk merasakan mata kuliah kelompok soshum. anda bisa mendapatkan mata kuliah tentang metode riset pemasaran, analisis keputusan bisnis, serta akuntansi. Secara umum, kuliah di Jurusan Statistika memungkinkanmu untuk belajar tentang perencanaan data, pengumpulan data, analisis data, interpretasi data, hingga penyajian data.

Setelah menyelesaikan studi di Jurusan Statistika, anda bisa berkarier di berbagai bidang. Lulusan Jurusan Statistika banyak dibutuhkan di perusahaan sosial dan sains. Karier sebagai seorang analis data, data saintis, marketing riset, hingga peneliti bisa anda jalani.

6. Jurusan Bisnis (IPB)

pixabay.com

Jika anda ingin mendaftar kuliah di Institut Pertanian Bogor (IPB), anda bisa mendapatkan materi kuliah bidang soshum di Jurusan Bisnis. Jurusan ini hanya dapat dimasuki calon mahasiswa dari jalur saintek. Ada banyak materi yang akan anda dapatkan terkait bisnis, keterampilan, serta wirausaha. Namun, yang membedakan Jurusan Bisnis IPB dengan jurusan di kampus lainnya adalah fokus mata kuliah pada bidang entrepreneurship berbasis pertanian, kelautan, serta biosains tropika.

Demikian informasi 6 jurusan IPA rasa IPS yang bisa anda pilih ketika seleksi pendaftaran masuk Perguruan Tinggi nanti dibuka. Sebelum memasukkan pilihan jurusan tersebut, cari tahu minat dan tujuan karier yang akan anda jalani. Jangan sampai pilihan jurusanmu hanya dilakukan karena tidak ingin serius kuliah atau ikut-ikut teman saja. Jika masih bingung terkait keputusan pengambilan jurusan, berkonsultasi pada orang tua dan guru BK bisa menjadi alternatif. Semoga berhasil!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close