6 Jurusan Buat anda yang Suka Menggambar

6 jurusan buat anda yang suka menggambar – Passion, cita-cita, hobi, hingga impian karier merupakan alasan kuat bagi anda untuk memilih jurusan kuliah. Jika anda memiliki hobi yang sudah ditekuni sejak lama dan ingin mengasahnya lebih dalam, memilih jurusan kuliah yang tepat bisa menjadi kunci kesuksesan.

Jurusan Kuliah yang Cocok untuk yang Suka Menggambar

pixabay.com

Jurusan kuliah yang dimiliki di kampus-kampus Indonesia sangat beragam. Bahkan, setiap kampus menawarkan jurusan berbeda untuk jenjang Diploma hingga Doktoral. Sebelum memilih jurusan tersebut, ada hal-hal yang perlu anda pertimbangkan. Terkadang siswa lulusan sekolah menengah memilih jurusan kuliah karena mengikuti tren atau meniru teman-temannya. Padahal, kegiatan perkuliahan memegang peranan penting dalam membantu mangasah kemampuan yang dimiliki mahasiswa.

Selain dilatih untuk bersikap kritis di kelas dan disiplin ketika mengerjakan tugas kuliah, anda juga akan diajarkan bidang keilmuan spesifik sesuai jurusan yang dipilih. Apabila anda menyukai aktivitas menggambar atau membuat ilustrasi, masuk ke jurusan kuliah yang berkaitan dengan kegiatan tersebut bisa mengasah kemampuanmu. Bahkan, bukan tidak mungkin anda bisa berkarier di bidang tersebut dan menjadi ahlinya. Lalu, apa saja jurusan kuliah yang cocok untuk yang suka menggambar? Berikut informasinya.

1. Jurusan Arsitektur

pixabay.com

Jurusan Arsitektur termasuk salah satu jurusan yang paling banyak diminati dan populer. Passing grade jurusan ini cukup tinggi, sehingga untuk bisa diterima di Jurusan Arsitektur diperlukan usaha keras. Meskipun jurusan ini seringkali dimasukkan pada Fakultas Teknik, materi perkuliahannya tidak hanya berkaitan dengan teknik, tetapi juga seni dan estetika bangunan. Di bangku perkuliahan, anda akan dibimbing untuk mempelajari desain serta rancangan konstruksi.

Jika anda suka menggambar, masuk Jurusan Arsitektur adalah pilihan tepat. Ada banyak bangunan unik dan estetik di sekitar kita hasil desain para arsitektur. anda akan diajarkan cara menuangkan ide, konsep, serta berbagai macam desain di atas kertas. Tentunya desain tersebut perlu dibuat dengan mempertimbangkan firmitas atau kekuatan bangunan, venustas atau keindahan bangunan, serta utilitas atau fungsi bangunan tersebut. Tidak perlu khawatir dengan proses pembangunan dan realisasi desainnya karena nantinya hal tersebut menjadi tugas teknik sipil.

Selain memerlukan keahlian terkait menggambar, ada karakter lain yang diperlukan, seperti senang menganalisis, senang melakukan riset, senang berhitung, dan tekun. anda juga perlu teliti, terstruktur, dan detail agar bisa sukses di Jurusan Arsitektur. Nantinya, desain bangunan yang anda buat tidak hanya indah, tapi juga kuat dan tentunya fungsional.

Peluang karier lulusan Jurusan Arsitektur sangat bagus. Lulusan jurusan ini banyak dicari perusahaan properti dan perusahaan konstruksi. Apalagi saat ini tren bisnis properti masih diminati. Adapun prospek lapangan kerja yang dapat ditempuh adalah sebagai arsitek, manajer arsitektur, perencanaan kota dan wilayah, manajer konstruksi, ahli peta geografi, desainer interior, pengawas konstruksi dan bangunan, dan sebagainya.

2.Jurusan Seni Rupa Murni

pixabay.com

Jurusan Seni Rupa Murni atau Fine Arts sangat cocok bagi anda yang senang menggambar, senang berkreasi, dan bereksperimen dengan karya seni. Pada jurusan ini, dipelajari berbagai macam jenis seni rupa, mulai dari tahap pembuatan hingga pengkajian hasil karya seni. Untuk memperkuat pengetahuan di bidang seni rupa, diajarkan berbagai macam teori terkait seni rupa, manajemen seni rupa, hingga kritik seni rupa.

Tenang, anda tidak akan terus belajar tentang teori. Pada saat perkuliahan, mahasiswa juga akan menjalani praktik studio, apalagi jurusan ini fokus pada seni lukis dan seni patung. Setelah menempuh kegiatan praktik, mahasiswa diminta membuat suatu karya seni.

Perlu anda ketahui, pada jurusan ini, nilai estetika serta nilai artistik lebih penting dibandingkan nilai guna karya. Selama hasil karyamu bagus dan estetik, karya akan semakin bermakna. Tentunya karya tersebut adalah karya yang orisinal dan tidak menjiplak seniman lainnya. Temukan ciri khas dan gaya seni agar anda dikenal.

Prospek karier lulusan Jurusan Seni Rupa Murni sangat luas. Selain bisa mengembangkan hobi menggambar di jurusan ini, anda juga dapat berkarier sebagai seniman seni lukis. Karier sebagai seniman pahat pun bisa anda jalani. Selain itu, anda juga bisa menjadi ilustrator, perancang perhiasan, perancang panggun dan set, kurator seni, seniman kerajinan, desainer produk komersial, dan desainer furnitur. Dengan kemampuan seni dan kemampuan bekerja mandiri, bukan hal yang sulit bagi lulusan Jurusan Seni Rupa Murni untuk berwirausaha.

3.Jurusan Tata Busana

pixabay.com

Jurusan Tata Busana (Fashion Design) sangat cocok bagi anda yang suka menggambar desain pakaian. Jangan sampai bakatmu hanya berakhir pada sketsa-sketsa di kertas gambar dan tidak pernah terealisasi. Di Jurusan Tata Busana, anda bisa mewujudkan desain tersebut menjadi sebuah pakaian bernilai jual tinggi. Materi perkuliahan di Jurusan Tata Busana sangat beragam, mulai dari belajar teknik mendesain, membuat pola, menjahit, hingga tahapan produksi. Setelah menyelesaikan materi perkuliahan, mahasiswa akan mengadakan fashion show sebagai tugas akhir.

Berkuliah di Jurusan Tata Busana akan membuat anda senantiasa update dengan fashion. Apalagi terdapat kampus-kampus yang mengadopsi kurikulum perkuliahan dari luar negeri. anda akan dilatih untuk update pada dunia mode yang berubah dinamis. Sangat penting bagi para mahasiswa Jurusan Tata Busana untuk memahami industri tekstil dan hal-hal terkait dengan mode. Kemampuan pendukung agar bisa sukses menempuh studi di jurusan ini adalah wawasan yang luas, senang melakukan riset, senang menganalisis, senang mengobservasi, dan independen.

Mimpimu untuk menjadi desainer terkenal bisa terwujud dengan belajar lebih banyak di Jurusan Tata Busana. Prospek kariernya pun terbuka lebar, apalagi jika anda ingin langsung terjun di dunia fashion. Profesi lulusan Jurusan Tata Busana bisa sebagai pembuat pola, konsultan fashion, jurnalis fashion, pembuat merchandise visual, perancang perhiasan, fashion stylist, bahkan make up artist. Ingin berwirausaha? Sangat bisa. Terapkan pengetahuan dan kemampuan yang sudah anda dapatkan di bangku kuliah dan rancang sendiri brand fashionmu.

4. Jurusan Game dan Animasi

pixabay.com

Berkuliah di Jurusan Game dan Animasi tidak hanya membutuhkan kemampuan di bidang IT dan teknologi. Untuk bisa merancang game serta animasi menarik, diperlukan kemampuan menggambar. Jurusan ini mempelajari pembuatan atau perancangan game, sistem pelevelan game, karakter game, animasi dan storyboard, user interface, hingga proses produksi game dan pendistribusiannya.

Bekal kemampuan dan hobi menggambar akan mendukung perkuliahanmu di jurusan ini. Game tidak hanya menjadi pengisi waktu luang saja, tetapi juga bisa menghasilkan uang. Seiring dengan perkembangan teknologi, terdapat berbagai genre game yang dapat anda kembangkan. Ada juga game edukasi yang dapat anda buat untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Peluang industri game yang kian berkembang menjadi alasan tepat bagi anda untuk mendaftar jurusan ini. Prospek karier dan lapangan pekerjaan luulsannya antara lain sebagai pengembang atau developer game, menjadi ahli di bidang game, animator dan seniman di bidang multimedia, UI atau UX designer, desainer game, arsitek big data, desainer efek visual, serta esport gamer. Kemampuan hobi menggambarmu yang terus diasah di Jurusan Game dan Animasi pun bisa menjadi bekal karier sebagai pengembang aplikasi android dan iOS.

5. Jurusan Desain Komunikasi Visual

pixabay.com

Jurusan Desain Komunikasi Visual akan memfasilitasi mahasiswa yang senang menggambar. Biasanya, jurusan ini termasuk Fakultas Seni Rupa dan Desain. Namun, tidak cukup hanya berbekal kemampuan menggambar saja. Ada teknik serta media yang perlu dikuasai, sehingga pesan yang anda gambar pada media visual atau rupa dapat diterima target.

Berbeda dengan Jurusan Seni Rupa Murni yang lebih menekankan aspek seni, Jurusan Desain Komunikasi Visual lebih mengutamakan maksud yang disampaikan. Oleh karena itu, sangat penting membuat desain yang kreatif sekaligus komunikatif. Prospek karier lulusan Jurusan Desain Komunikasi Visual adalah sebagai desainer di bidang multimedia, menjadi wirausaha di bidang desain, grafis, sebagai fotografer, animator, atau desainer website. Peluang kerja pada perusahaan sebagai biro konsultan desain, biro iklan, percetakan dan penerbitan, di bidang humas, hingga di stasiun TV pun bisa anda dapatkan.

6. Jurusan Desain Produk

pixabay.com

Berkuliah di Jurusan Desain Produk dapat mengakomodasi hobi menggambar yang anda miliki. Pada jurusan ini, akan dipelajari perencanaan serta perancangan produk untuk memenuhi kebutuhan manusia. Mahasiswa akan juga akan belajar tentang rekayasa produk, gaya hidup konsumen, ergonomi, seni rupa 2D dan 3D, serta proses desain yang baik dan benar. Produk yang dihasilkan mengutakan nilai guna produk dan nilai estetika. Jadi, anda perlu memiliki sifat kreatif dan inovatif untuk bisa menghasilkan produk yang diperlukan masyarakat.

Peluang karier lulusan Jurusan Desain Produk terbagi menjadi tiga bidang: desainer produk industri, desainer produk wirausaha, dan periset desain produk. Sangat mungkin bagi lulusan jurusan ini untuk bekerja di perusahaan manufaktur, pabrik, pemilik usaha, bahkan berwirausaha. Peluang karier lainnya yang dapat ditempuh adalah sebagai desainer furnitur, food stylist, perancang perhiasan, seniman kerajinan, dan manajer produksi industri.

Demikian informasi terkait 6 jurusan buat anda yang suka menggambar. Untuk bisa diterima di jurusan tersebut, anda perlu mencari tahu jalur masuk yang dibuka, seperti jalur seleksi nasional maupun jalur mandiri. Persaingan untuk masuk ke jurusan tersebut tingkat kesulitannya berbeda-beda, sehingga anda perlu belajar agar bisa diterima.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close