6 Data Penting Siswa untuk Daftar Akun LTMPT 2021

Informasi 6 data penting siswa untuk daftar akun LTMPT 2021 – Informasi terkait penerimaan mahasiswa baru dengan jalur Seleksi Nasinal Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sudah diumumkan. Salah satu syarat yang wajib dipenuhi pendaftar adalah akun LTMPT.

Kelengkapan Pendaftaran Akun LTMPT 2021

portal.ltmpt.ac.id

Persiapan masuk PTN tahun 2021 nanti tidak hanya sekadar persiapan ujian saja. Berdasarkan ketentuan dari penyelenggara seleksi masuk PTN yang resmi, yaitu LTMPT, pendaftar wajib memiliki akun LTMPT. Akun tersebut perlu dimiliki oleh pihak sekolah dan pihak siswa sebagai pendaftar. Tanpa adanya akun LTMPT, siswa tidak bisa mendaftar seleksi masuk PTN.

Bagi dirimu yang akan mendaftar seleksi masuk PTN tahun 2021, penting untuk mengetahui masing-masing persyaratan yang ditetapkan. Sebab, syarat untuk mendaftar jalur masuk PTN berbeda-beda. Jika tidak cermat memahami syarat masuk dan dokumen pendaftaran, sistem tidak akan memverifikasi proses pendaftaran dan dirimu bisa gagal mendaftar PTN tahun ini.

1.NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)

referensi.data.kemdikbud.go.id

Data pertama yang diperlukan untuk mendaftar akun LTMPT 2021 adalah Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Nomor ini akan diinput pada bagian data siswa. Cara mengecek NISN cukup mudah, yaitu:

  1. Buka laman website https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/index.php/Cindex/formcaribynama
  2. Masukkan “Nama siswa”
  3. Masukkan data “tempat lahir”
  4. Masukkan data “tanggal lahir”
  5. Ketik kode captcha yang ada pada laman website
  6. Klik “Cari Data” pada menu

Data Nomor Induk Siswa Nasional nantinya akan muncul. Data tersebut merupakan identitas siswa yang sifatnya untuk, standar, serta berlaku seumur hidup. NISN akan didapatkan setiap peserta didik yang menempuh studi di satuan pendidikan dengan NPSN serta sudah didaftarkan pada data di Kemendikbud.

2.NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional)

referensi.data.kemdikbud.go.id

Nomor Pokok Sekolah Nasional adalah nomor yang wajib diinput pihak sekolah ketika pendaftaran akun LTMPT dibuka. Proses pendaftaran dapat dilakukan di laman www.portal.ltmpt.ac.id. Pengecekan NPSN dapat dilakukan dengan mengikuti cara berikut ini:

  1. Buka laman website referensi.data.kemdikbud.go.id
  2. Klik menu “Data Master Pendidikan”
  3. Pada bagian submenu, pilih “Pendidikan Dasar & Menengah (Kategori Satuan Pendidikan NPSN)”
  4. Klik “nama Provinsi”
  5. Klik “nama Kabupaten”
  6. Klik “nama Kecamatan”

Data terkait NPSN akan muncul pada tabel sesuai nama sekolah. Untuk memudahkan pencarian, dirimu juga bisa menggunakan fitur search pada browser. Jika ingin mengetahui informasi tentang detail alamat sekolah, dirimu dapat mengeklik bagian angka NPSN. Data lainnya yang bisa dirimu dapatkan antara lain:

• Alamat sekolah
• Kode pos
• Desa/kelurahan (LN)
• Kecamatan/kota (LN)
• Kabupaten/kota/negara (LN)
• Status sekolah
• Waktu penyelenggaraan
• Jenjang pendidikan
• Dokumen dan perijinan: SK Pendirian, SK Operasional, SK Akreditasi
• Sarana prasarana (luas tanah, akses internet, sumber listrik)
• Kontak (fax, email, website)
• Galeri foto
• Maps

3.Tanggal Lahir Pendaftar

cermati.com

Tanggal lahir pendaftar diperlukan dalam proses pendaftaran akun LTMPT. Gunakan akta kelahiran atau dokumen Kartu Keluarga sebagai referensi untuk mengecek tanggal lahir. Jika dirimu mendapati ada perbedaan data, segera perbaiki dokumen tersebut agar tidak ada masalah di kemudian hari. Seringkali kendala pendaftaran akun LTMPT dan pendaftaran PTN menjadi terhambat karena identitas yang berbeda.

4.Email Aktif Pendaftar

support.google.com

Isikan email aktifmu ketika mendaftar akun LTMPT. Usahakan untuk menggunakan email formal, misalnya email dengan nama lengkap atau email yang mengandung unsur nama diri. Sebaliknya, hindari penggunaan email alay dan tidak formal agar tidak menyulitkan. dirimu bisa membuat email baru khusus untuk mendaftar akun LTMPT dan mengurus keperluan pendaftaran PTN.

Setelah memastikan ada email yang masih aktif, periksa kata sandi atau password yang digunakan. Tanpa kata sandi tersebut, dirimu tidak akan bisa mengakses email. Apabila lupa dengan kata sandi, gunakan fitur ‘lupa kata sandi’ dan lakukan reset password. Catat password tersebut di tempat yang mudah dirimu ingat.

5.NIK (KTP/dari KK)

indonesia.go.id

Data Nomor Induk Kependudukan (NIK) wajib diisi ketika mendaftar akun LTMPT. Data NIK bisa dirimu dapatkan dengan mengecek Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK). Pengecekan NIK juga bisa dirimu lakukan melalui website kabupaten atau provinsi. Ketahui kode penyusun NIK yang ada pada identitasmu. Angka pada NIK tersebut dibuat dengan kode tertentu, misalnya:

• 2 digit awal NIK adalah kode provinsi
• 2 digit setelahnya adalah kode kota atau kabupaten
• 2 digit setelahnya adalah kode kecamatan
• 6 digit setelahnya adalah tanggal lahir dengan format HHBBTT (untuk wanita, tanggal lahir ditambah 40)
• 4 digit terakhir adalah nomor urut mulai dari 0001

Kode-kode pada NIK tersebut membuatmu tahu keterangan tanggal, bulan lahir, serta tahun lahir. Dari kode yang tercantum pada NIK, dirimu sekaligus dapat mengoreksi apabila terdapat kesalahan data.

6.Pas Foto Terbaru

edukasi.kompas.com

Pendaftaran akun LTMPT membutuhkan dokumen pas foto terbaru dengan ukuran 4 cm x 6 cm. Bagi dirimu yang masih memiliki stok foto dari tahun-tahun sebelumnya, usahakan untuk mengambil foto kembali agar lebih update. Dikhawatirkan terdapat perbedaan wajah dan perubahan lainnya yang membuat identitasmu gagal terverifikasi.

Hindari mengumpulkan pas foto dengan pose non formal atau pose bebas. Sebaliknya, dirimu perlu mengambil pas foto formal dengan baju rapi. Kumpulkan pas foto terbaru dengan latar belakang merah atau biru. Perhatikan pula ukuran maksimal foto yang dapat diunggah pada laman pendaftaran LTMPT. dirimu bisa menggunakan size converter atau pengubah ukuran foto agar menjadi lebih kecil, sehingga memudahkan proses upload. Selain bisa memperoleh di internet secara gratis, aplikasi tersebut juga bisa dirimu download di ponsel.

Cara Registrasi Akun LTMPT untuk SNMPTN

Setelah semua persyaratan di atas sudah dirimu siapkan dan diperiksa, saatnya melakukan registrasi akun LTMPT. Pastikan koneksi internetmu lancar agar proses pengunggahan dokumen tidak terganggu. Registrasi akun LTMPT akan dibuka pada 4 Januari 2021 jam 15.00 WIB. Adapun tahap mendaftar akun LTMPT adalah:

  1. Buka laman website https://portal.ltmpt.ac.id/
  2. Lakukan pendaftaran menggunakan NISN, NPSN, dan tanggal lahir
  3. Lakukan aktivasi akun menggunakan email aktif pendaftar
  4. Lakukan verifikasi akun dan validasi akun

Proses registrasi akun LTMPT tidak berhenti sampai di tahap validasi akun. Nantinya, masih ada tahap pendaftaran SNMPTN yang akan dilaksanakan pada 15 – 24 Februari 2021. Pantau terus perkembangan informasi pendaftaran SNMPTN melalui website resmi. Bagi dirimu yang berniat mendaftar SBMPTN, informasi resmi juga bisa dirimu peroleh melalui laman resminya.

Sudah siap mendaftar seleksi masuk PTN tahun 2021? Persiapkan diri sebaik mungkin dengan membuat akun LTMPT secara cermat. Pahami dokumen yang diperlukan dan lengkapi dokumen apabila dirimu menjumpai ada persyaratan yang masih kurang. Hindari melakukan pendaftaran di detik-detik akhir penutupan untuk menghindari server error dan kegagalan pendaftaran. Jika dirimu sudah siap dengan semua dokumen, segeralah mendaftar ketika semua dokumen sudah siap dan pendaftaran sudah dibuka. Demikian informasi 6 data penting siswa untuk daftar akun LTMPT 2021. Selamat berjuang masuk PTN tahun ini dan semoga berhasil!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close