5 Jurusan Kuliah yang Banyak Diminati Laki-Laki, dirimu Pilih Mana?

5 Jurusan Kuliah yang Banyak Diminati Laki-Laki, dirimu Pilih Mana? – Secara umum, laki-laki dipandang sebagai pihak yang kerap mengedepankan logika dalam mengambil setiap keputusan. Kecenderungan ini kemudian sedikit banyak berpengaruh pada pilihan jurusan perkuliahan.

Minat Lelaki Untuk Jurusan Ini Tinggi

pexels.com

Pilihan jurusan kuliah nantinya akan berpengaruh pada jenjang karir yang dijalani. Berbagai jenis profesi yang ditawarkan di dunia kerja tak jarang menuntut kemampuan untuk terjun langsung ke lapangan. Pekerjaan semacam ini tentu membutuhkan kemampuan fisik yang tangguh. Tidak heran jika kemudian instansi perguruan tinggi menyediakan jurusan yang sesuai dengan kemampuan tersebut. Jurusan ini pun kerap didominasi oleh kaum laki-laki.

Memadukan antara logika dan fisik, berikut 5 jurusan kuliah yang banyak diminati oleh laki-laki.

1. Jurusan Teknik Mesin

pexels.com

Jurusan kuliah pertama yang banyak diminati oleh laki-laki adalah jurusan teknik mesin. Masyarakat umum mungkin menyangka bahwa jurusan ini amat dekat dengan dunia otomotif. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah, mengingat lulusan teknik mesin juga dibutuhkan dalam perancangan mesin untuk kendaraan bermotor.

Selain berurusan dengan otomotif, jurusan kuliah teknik mesin juga dibutuhkan di industri manufaktur. Adapun materi yang dipelajari di jurusan ini antara lain terkait dengan perancangan, pengembangan, serta pengelolaan mesin. Saat berkuliah, mahasiswa jurusan Teknik Mesin tentu akan diberi kesempatan untuk melakukan kunjungan industri. Kunjungan semacam ini membuka pintu diskusi sehingga mahasiswa tidak sekadar paham teori saja.

2. Jurusan Teknik Informatika

pexels.com

Jurusan Teknik Informatika atau IT masih jadi salah satu jurusan unggulan pada masa sekarang. Prospek kerja lulusan IT masih sangat luas, mengingat maraknya perusahaan yang bergerak di bidang teknologi. Jurusan ini menawarkan berbagai konsentrasi seperti rekayasa sitem komputer, rekayasa perangkat lunak, dan rekayasa sistem informasi.

Salah satu kemampuan lulusan IT yang dekat dengan kaum lelaki adalah pengembang permainan alias game developer. Pofesi ini menuntut kreativitas serta nalar yang tinggi demi merancang karakter, alur, serta tampilan permainan yang menarik. Bagi dirimu yang betah berlama-lama memainkan game di depan layar, merancang dan mengembangkan game idaman tentu akan memunculkan kepuasan tersendiri.

3. Jurusan Teknik Alat Berat

pexels.com

Serupa dengan Teknik Mesin, jurusan Teknik Alat Berat juga mempelajari mengenai permesinan. Beberapa instansi pendidikan tinggi bahkan menjadikan jurusan ini sebagai bagian dari departemen Teknik Mesin.

Pada umumnya, jurusan Teknik Alat berat dibuka untuk jenjang diploma sehingga gelar yang akan didapat adalah Sarjana Terapan Teknik (S.Tr.Teknik). Sesuai dengan namanya, mahasiswa jurusan Teknik Alat Berat akan banyak belajar mengenai berbagai macam alat berat yang kerap digunakan untuk bidang pertambangan serta konstruksi. Adapun contoh alat berat yang dimaksud diantaranya seperti bulldozer, forklift, dan excavator. Maka, wajar jika jurusan ini membutuhkan stamina dan fisik yang tangguh. Sangat dekat dengan dunia laki-laki, bukan?

Selain kekuatan fisik, mahasiswa jurusan Teknik Alat Berat harus akrab dengan dunia hitung-hitungan. Beberapa mata kuliah yang diajarkan di jurusan ini antara lain matematika teknik, mekanika struktur, mekanika fluida, perawatan mesin, dan sistem hidrolik.

4. Jurusan Teknik Pertambangan

pexels.com

Mendengar kata tambang, pasti terbayang lokasi yang jauh dari ingar bingar kehidupan manusia. Kondisi tersebut membuat para pekerja di bidang pertambangan dituntut untuk tinggal di lokasi dengan segala keterbatasan fasilitas yang ada. Dengan tinggal di lokasi tambang, diharapkan pekerjaan pertambangan dapat dilakukan secara maksimal.

Pekerja di sektor pertambangan dikenal bergaji besar. Hal ini tentu sepadan dengan tuntutan yang harus dijalani mengingat area tambang memiliki risiko kecelakaan yang cukup tinggi. Teknik Pertambangan sendiri merupakan jurusan kuliah yang fokus pada ilmu ekplorasi dan eksploitasi bahan galian atau sumber daya mineral seperti aluminium, perak, batu bara dan sebagainya.

Untuk berkuliah di jurusan Teknik Pertambangan, dirimu harus mampu melakukan analisis dan observasi. Mengingat di lokasi tambang juga akan ada pekerja lain, kemampuan untuk bekerja secara tim juga tak kalah penting. Beberapa ilmu dasar yang perlu dipahami ketika berkuliah di jurusan ini adalah ilmu matematika, kimia, dan fisika.

Salah satu institusi pendidikan tinggi yang memiliki jurusan Teknik Pertambangan adalah Institut Teknologi Bandung (ITB). Di ITB, jurusan ini dispesifikkan kembali menjadi:

1. Tambang Eksplorasi

Bertujuan mendidik mahasiswa agar menjadi teknisi eksplorasi tambang yang terampil serta mengetahui eksplorasi sumber daya bumi secara efektif dan efisien. Diharapkan lulusannya akan mampu membuat estimasi sumber daya dan cadangan mineral/ batu bara.

2. Tambang Umum

Bertujuan menjadikan mahasiswa sebagai teknisi pertambangan dengan keterampilan serta pengetahuan pada eskavasi mineral dan batu bara.

5. Jurusan Teknik Perminyakan

pexels.com

Jurusan kuliah kelima yang juga banyak diminati oleh laki-laki adalah teknik perminyakan. Secara garis besar, pekerjaan di bidang jurusan ini tidak jauh berbeda dengan jurusan Teknik Pertambangan. Keduanya sama-sama memiliki risiko cukup besar terkait keselamatan kerja.

Yang menjadi pembeda antara jurusan Teknik Pertambangan dan Teknik Perminyakan tentu berupa jenis objek yang dieksplorasi dan dieksploitasi. Apabila jurusan Teknik Pertambangan mempelajari mineral dalam bentuk padat, jurusan Teknik Perminyakan fokus pada penambangan dalam bentuk fluida. Fluida dalam hal ini meliputi minyak bumi, panas bumi, dan gas alam.

Teknik Perminyakan sendiri dapat dibagi menjadi tiga bidang keahlian yaitu:

1.Teknik Reservoir

Yang dimaksud reservoir adalah tempat pengambilan minyak bumi. Teknik reservoir sendiri berupaya mengetahui keberadaan minyak bumi. Caranya adalah dengan mengamati interaksi antara fluida dengan batuan tempat minyak terperangkap.

2. Teknik Pengeboran

Usai mengetahui di mana lokasi minyak bumi tersimpan, mahasiswa jurusan Teknik Perminyakan akan mengkaji tentang bagaimana cara pembuatan sumur bor untuk mengambil minyak bumi tersebut. Pada tahap ini, mahasiswa perlu melakukan analisis mendalam supaya pembuatan sumur dapat efektif dan efisien. Termasuk mempertimbangkan dampaknya untuk lingkungan.
Selain itu, pembangunan lokasi pengeboran minyak serta produksi minyak juga merupakan proses jangka panjang. Artinya, analisis perlu dilakukan secara mendalam agar lokasi pengeboran tersebut awet atau dapat beroperasi dalam jangka waktu yang lama.

3. Teknik Produksi

Sesudah pengeboran dilakukan, kemudian minyak bumi dibawa ke surface atau permukaan. Minyak bumi ini masih tercampur beragam zat-zat lain seperti air, gas, dan zat-zat pengotor lainnya. Untuk itu diperlukan proses pemisahan.

Itu tadi informasi lengkap mengenai 5 jurusan kuliah yang banyak diminati oleh laki-laki versi mamikos. Namun demikian, untuk dirimu yang perempuan tidak perlu berkecil hati. Asalkan punya minat dan kemampuan, dirimu tetap punya peluang untuk masuk di jurusan tersebut, kok. dirimu tentu juga wajib beradaptasi dengan lingkungan perkuliahan serta lingkungan kerjamu. dirimu bisa juga mencari alternatif jurusan yang dirimu rasa paling sesuai dengan dirimu sendiri.

Buat dirimu yang masih merasa perlu mendapat beragam informasi terkait jurusan kuliah, pendidikan, dunia kerja, kos-kosan, dan sebagainya, dirimu bisa mengakses website Mamikos. dirimu boleh juga men-download dan meng-install aplikasi Mamikos di smartphone atau gawai kesayangan dirimu!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close