5 Hal yang Harus dirimu Lakukan Setelah Tes UTBK 2021

5 Hal yang Harus dirimu Lakukan Setelah Tes UTBK 2021 — Mengikuti tes ujian UTBK pasti sudah sangat menguras energi dan konsentrasi.

Memahami perasaan itulah akhirnya Mamikos membuat artikel mengenai hal yang harus dirimu lakukan setelah UTBK 2021 tersebut hari ini.

Mamikos mengerti hal tersebut makanya Mamikos ingin membuat dirimu tetap termotivasi dan semangat dengan menyuguhkan artikel berisi kegiatan yang harus dirimu lakukan setelah UTBK 2021 tersebut. Penasaran apa saja, simak terus di sini.

Beberapa Hal yang Harus dirimu lakukan Usai Tes UTBK 2021

tirto.com

Seperti yang sudah Mamikos sampaikan sebelumnya bahwa ada beberapa hal atau kegiatan yang perlu dirimu lakukan usai mengikuti tes ujian UTBK 2021.

Namun sebelum mengetahui lebih lengkap kegiatan apa saja yang harus dirimu lakukan setelah tes UTBK, simak hal-hal penting apa saja yang harus dirimu lakukan sebelum mengikuti seleksi UTBK tersebut dalam artikel ini. Ketahui di sini informasi selengkapnya.

1. Pesan LTMPT Untuk Para Peserta UTBK

Baru-baru ini LTMPT mengimbau pada para peserta UTBK-SBMPTN 2021 untuk melakukan beberapa hal sebelum mengikuti tes atau seleksi UTBK nanti.

Apa saja pesan LTMPT pada para calon peserta UTBK tersebut? Semuanya bisa dirimu simak sebagai berikut.

  1. Jaga kesehatan, makan yang baik, istirahat cukup serta disarankan untuk tetap berada di rumah jika tidak ada kepentingan mendesak!
  2. Diwajibkan untuk mencari informasi lokasi ujian dan syarat mengikuti UTBK melalui laman Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yaitu Pusat UTBK pilihan.

Poin satu ini dikarenakan ada beberapa Pusat UTBK yang tidak memperkenankan peserta untuk melakukan cek lokasi secara langsung. Jadi dirimu bisa mengecek secara berkala di pusat LTMPT.

2. Persiapan di Hari H UTBK

  1. Poin pertama tentu saja dirimu perlu menyiiapkan dokumen diatas meja untuk diverifikasi oleh Pengawas (benda lain yang tidak diperlukan harus masuk ke dalam tas dan diletakkan di tempat yang disiapkan).
  2. dirimu bisa mengikuti instruksi dari Pengawas. Misalnya saja kapan harus log in, latihan soal dan patuhi tata tertib ujian.
  3. Usai dirimu masuk ruang ujian, jangan berbicara dengan peserta lain dengan alasan apapun.
  4. Kerjakan ujian sesuai petunjuk dan tetap mengikuti protokol kesehatan dan upaya pencegahan Covid-19. Jadi tetap gunakan masker dengan baik dan benar.
  5. Sebelum waktu ujian selesai, dirimu belum diperkenankan untuk keluar ruangan. Apabila ada pertanyaan (bukan materi soal ujian), sampaikan pada Pengawas dengan cara mengacungkan tangan.

Guna menekan kemungkinan penyebaran virus Covid-19 semaksimal mungkin, LTMPT pun mengimbau pada para siswa untuk menaati seluruh peraturan yang ditetapkan termasuk begitu siswa selesai melaksanakan tes seleksi UTBK tersebut.

3. Ikuti Langkah Ini Begitu Selesai Mengikuti Seleksi UTBK

Makanya, dirimu bisa melakukan beberapa hal yang akan Mamikos sebutkan di bawah ini setelah dirimu menyelesaikan ujian dirimu. Langsung saja simak apa saja yang harus dirimu lakukan setelah selesai melaksanakan tes UTBK!

Mamikos harap dirimu bisa memahami dengan seksama tata tertib yang akan dilampirkan di sini.

  1. Apabila waktu ujian UTBK telah selesai, usahakan tetap duduk sampai dirimu dipersilakan pengawas untuk keluar dari ruangan.
  2. Saat berjalan keluar ruangan, dirimu harus tetap mengikuti protokol kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19. Tetap gunakan masker dengan baik dan benar serta jaga jarak aman.

Usai tes UTBK tersebut, dirimu bisa segera pulang guna membersihkan diri.

Jangan lupa untuk mengecek secara berkala berbagai informasi penting melalui portal resmi dari LTMPT. Apalagi jika dirimu adalah peserta UTBK 2021 yang baru saja mengikuti tes dan setelah selesai mengikuti tes nanti.

4. Beberapa Hal yang Perlu dirimu Lakukan Setelah Menjalani Tes UTBK

Sampailah kita pada pembahasan informasi utama mengenai hal yang perlu dirimu lakukan usai menjalani tes atau seleksi UTBK.

Beberapa hal ini sudah Mamikos susun berdasarkan pengalaman dari siswa dan siswi yang baru saja mengikuti tes UTBK.

Penasaran apa saja aktivitas atau kegiatan yang bisa dilakukan usai tes UTBK tersebut? Simak penjelasan lengkapnya sebagai berikut ini.

1. Menenangkan Diri

Mamikos memahami bahwa saat menjelang seleksi dan tes UTBK dirimu sudah menggunakan sebagian besar waktu dirimu untuk belajar dan berusaha agar maksimal di hari H. Oleh sebab itu, Mamikos menyarankan agar dirimu menenangkan diri.

Tarik nafas dalam dan hembuskan. Tenangkan pikiranmu dan ajak dirimu sendiri berbicara. Bahwa dirimu sudah melakukan segala upaya yang terbaik dan maksimal. Sekarang tinggal mempersiapkan diri untuk step selanjutnya di depan.

2. Menikmati Hari

Hal selanjutnya yang bisa dirimu lakukan usai menjalani tes UTBK adalah dengan menikmati hari-hari dirimu. Setelah berjuang dan berupaya untuk mengikuti UTBK dirimu pasti rentan terhadap stres dan juga mengalami semacam tekanan secara tidak langsung.

Nah, ini adalah kesempatan dirimu untuk melepaskan stres dengan menikmati hari-hari dirimu. dirimu mungkin bisa bangun dengan perasaan jauh lebih lega sebab satu persatu beban yang sempat memberatkan pundak dirimu sudah terlepas.

3. Berbincang Bersama Teman Seperjuangan

Hal berikutnya yang dapat dirimu lakukan setelah menjalani tes UTBK 2021 yang dapat dirimu lakukan adalah dengan hangout bersama teman seperjuangan dirimu menjalani UTBK.

Mulai dari belajar bersama, pergi bimbel bersama hingga bertukar informasi terkait UTBK, materi pelajaran dan lainnya dirimu lakukan bersama mereka.

Maka ketika beban itu sudah terlepas sedikit, alangkah baiknya dirimu pergi bersama mereka, tanpa membawa-bawa topik cerita mengenai tes seleksi UTBK.

dirimu bisa benar-benar melakukan hal layaknya remaja lakukan. Karena sekarang sedang masa pandemi, dan dirimu kemungkinan tidak bisa nongkrong di cafe seperti biasa, maka dirimu bisa melakukan hangout virtual.

Sambil bercerita hal-hal remeh temeh dijamin stres dirimu akan jadi jauh lebih berkurang hingga dirimu pun siap untuk menghadapi step berikutnya.

4. Persiapan Langkah Selanjutnya

dirimu boleh bersantai sejenak, melepas penat dan hal lainnya. Namun jangan lupa perjuangan dirimu belum selesai sampai di sini.

Oleh sebab itu dirimu perlu mempersiapkan diri sedini mungkin. Apapun hasil akhirnya nanti, dirimu harus sudah siap menghadapi hal tersebut.

5. Perbanyak Doa dan Legawa

Pada akhirnya kita pun akan kembali pada Sang Khalik, di mana Dia lah yang memegang kendali penuh atas setiap keputusan.

Meskipun upaya yang sudah kita lakukan sudah kita rasa maksimal, namun ada hal-hal yang mungkin tidak dapat kita ketahui.

Yakni apa yang terjadi di masa depan. Maka, Mamikos sarankan untuk perbanyak berdoa dan bertawakal pada hasil akhir dari usaha yang dirimu lakukan saat ini.

Dengan demikian usai sudahlah penjelasan Mamikos terkait hal yang harus dirimu lakukan setelah mengikuti tes UTBK 2021 pada kesempatan ini.

Mudah-mudahan saja apa yang telah Mamikos beritakan di atas bermanfaat dan dapat memberikan dirimu sebuah pencerahan atau pengetahuan baru.

Jangan lupa untuk selalu mengunjungi atau mengakses aplikasi pencari kos Mamikos apabila dirimu memerlukan info hunian kos terjamin dan terpercaya.

Ada banyak sekali pilihan yang akan memanjakan dirimu. Unduh sekarang juga aplikasinya via Appstore dan Playstore, gratis.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close