5 Cara Melihat Pengumuman SNMPTN 2021

5 cara melihat pengumuman SNMPTN 2021 – Berbagai macam persiapan dilakukan untuk menjalani Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2021. Pastinya semua peserta berharap lulus dalam seleksi ini.

Cara Mengecek Pengumuman SNMPTN 2021

https://awsimages.detik.net.id/

Dibandingkan dengan jenis seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri lainnya, SNMPTN memang berbeda. Siswa-siswi Sekolah Menengah yang mengikuti SNMPTN adalah siswa-siswi terpilih dan sudah diseleksi pihak sekolah. Bahkan, hanya angkatan tahun 2021 saja yang dapat mendaftar seleksi dan diizinkan mengikuti tahapannya.

SNMPTN 2021 menjadi harapan pertama para siswa-siswi yang ingin diterima di jurusan atau program studi impiannya tanpa melakukan tes tertulis. Meskipun demikian, pada beberapa program studi yang berhubungan dengan olahraga atau kesenian, siswa-siswi masih diminta untuk mengumpulkan portofolio. Di antara semua tahap seleksi SNMPTN 2021, bagian paling mendebarkan adalah saat pengumuman kelulusan. Selama proses seleksi SNMPTN 2021, dirimu dapat melihat berbagai macam informasi pengumuamn terkait kuota, perubahan jadwal, hingga pengumuman kelulusan.

Informasi Persaingan SNMPTN 2021

Pahami jadwal kegiatan SNMPTN tahun 2021 agar dirimu dapat mempersiapkan diri dan dokumen yang diperlukan. Jadwal berikut masih mungkin mengalami perubahan, sehingga sebaiknya dirimu senantiasa memantau informasi terbaru dari sumber yang update dan resmi.

  1. Jadwal layanan masa sanggah kuota SNMPTN: 28 Desember 2021 – 15 Januari 2021 diubah menjadi 7 Februari 2021
  2. Jadwal registrasi akun LTMPT: 4 Januari 2021 – 1 Februari 2021
  3. Jadwal penetapan siswa yang eligible (dilakukan pihak sekolah masing-masing): 4 Januari 2021 – 8 Februari 2021
  4. Jadwal pengisian data PDSS: 11 Januari 2021 – 8 Februari 2021
  5. Jadwal pendaftaran SNMPTN: 15 Februari 2021 – 24 Februari 2021
  6. Pengumuman kelulusan SNMPTN: 22 Maret 2021

Berdasarkan pengumuman terbaru LTMPT, terdapat perubahan layanan masa sanggah kuota SNMPTN 2021. Jika pada jadwal lama tertera batas masa sanggah tanggal 15 Januari 2021, pengumuman terbaru menyatakan bahwa layanan masa sanggah diundur hingga 7 Februari 2021 pukul 15.00 WIB. Tujuannya adalah memberikan peluang bagi sekolah yang belum menyelesaikan pengisian data sekolah dan data siswa.

Cara Melihat Pengumuman Update Informasi SNMPTN 2021

Sebagai seorang pendaftar jalur SNMPTN 2021, dirimu perlu memastikan bahwa informasi yang dirimu dapatkan valid serta dapat dipertanggungjawabkan. Adapun informasi akurat tentang SNMPTN 2021 dapat dirimu peroleh melalui sumber berikut:

• Sumber resmi website Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) : https://www.ltmpt.ac.id/
• Email LTMPT: [email protected]
• Facebook: LTMPT OFFICIAL
• YouTube: LTMPT OFFICIAL
• Instagram: @ltmptofficial
• Twitter: @ltmptofficial
• Telepon: 0804 1 450 450

Jika merasa ada informasi yang membingungkan tentang SNMPTN 2021, langsung akses salah satu media sosial di atas. Jangan sampai dirimu mendapatkan informasi salah yang akan membuatmu semakin bingung.

Cara Melihat Pengumuman Kuota SNMPTN 2021

Pengecekan kuota SNMPTN 2021 bagi siswa yang eligible dapat dilakukan melalui Portal LTMPT. Adapun tahapan yang bisa dirimu lakukan:

  1. Buka laman website www.ltmpt.ac.id
  2. Klik menu “SNMPTN”
  3. Pilih submenu “Kuota Sekolah”
  4. Saat muncul kota pendaftar setiap sekolah, dirimu bisa memilih pencarian berdasarkan lokasi sekolah dan pencarian berdasarkan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).
  5. Masukkan NPSN atau pilih provinsi sekolah yang dicari
  6. Jika memilih berdasarkan lokasi sekolah, pilih kabupaten atau kota
  7. Akan muncul tampilan daftar nama sekolah, akreditasi, dan persentase kuota

Apabila mendapati kesalahan data, lakukan sanggah dan perbaikan hingga batas waktu pada 7 Februari 2021.

Cara Melihat Pengumuman Kelulusan SNMPTN 2021

Sudah tidak sabar melihat pengumuman kelulusan SNMPTN tahun 2021? Ada beberapa cara yang dapat dirimu gunakan. dirimu memang tidak perlu datang ke kampus atau universitas tujuan untuk memastikan status diterima atau tidaknya di program studi pilihanmu. Sebaliknya, dirimu dapat tetap berada di rumah dan melihat pengumuman kelulusan berbekal koneksi internet.

Sebelum jadwal resmi pengumuman SNMPTN 2021 dilakukan tanggal 22 Maret, pasti sudah banyak yang mencari bocoran hasil SNMPTN. Tujuannya agar pencari bisa tahu informasi lebih dulu sekaligus mengetahui status kelulusan teman-teman yang lain. Padahal, pengumuman SNMPTN 2021 hanya dapat diakses secara resmi. Penasaran bagaimana cara melihat pengumuman SNMPTN 2021?

1.Melalui Website Resmi

dirimu tidak perlu khawatir dan bingung dengan cara melihat pengumuman SNMPTN 2021 dan cara membuka pengumuman SNMPTN. Adanya website resmi memberikan fasilitas bagi dirimu untuk melihat pengumuman. Saat pengumuman SNMPTN 2021 dilaksanakan, dirimu dapat langsung membuka laman pengumuman.snmptn.ac.id. Masukkan data yang diminta, seperti NPSN dan tanggal lahir. Kemudian tunggu website menampilkan status kelulusan pendaftar.

2.Melalui Laman Mirror

Pengumuman SNMPTN 2021 dapat diketahui dari link alternatif pengumuman SNMPTN. Link tersebut bermanfaat bagi peserta SNMPTN yang kesulitan mengakses link utama. Biasanya, karena ada banyak pengakses yang membuka laman website bersamaan, server menjadi down. Dengan mengakses pengumuman lewat link alternatif, proses melihat pengumuman pun menjadi lebih lancar. Pantau terus informasi terkait daftar link mirror yang dapat dirimu gunakan untuk membuka pengumuman.

3.Melalui Media Online

Berbagai media online juga akan mengumumkan hasil SNMPTN 2021. Untuk bisa mengetahui mana saja media yang memberikan informasi kelulusan SNMPTN, selalu ikuti perkembangan berita terbaru di media online populer.

4.Melalui Website Universitas

Pengumuman kelulusan SNMPTN 2021 juga akan dilakukan oleh setiap universitas. Namun, untuk mengetahui daftar seluruh nama siswa yang lulus tersebut diperlukan waktu satu hingga beberapa hari setelah pengumuman resmi dirilis. Keuntungan mencari tahu pengumuman SNMPTN 2021 di website universitas adalah adanya dokumen pengumuman SNMPTN 2021 pdf yang bisa dirimu unggah. Selain itu, dirimu juga dapat mengetahui daftar nama calon mahasiswa yang diterima di kampus tersebut.

5.Melalui Media Cetak

Pemberitaan mengenai kelulusan SNMPTN 2021 juga akan disorot media cetak. Waktu pengumuman di media cetak pun beragam, ada yang berselang sehari hingga beberapa hari. Jika melihat dari media cetak, dirimu tidak hanya menemukan namamu, tetapi juga nama teman-teman lainnya yang diterima. Apabila membeli media cetak skala lokal, pengumuman kampus juga berskala lokal atau cakupannya hanya di wilayah tertentu.

Kendala Saat Melihat Pengumuman SNMPTN 2021

Kendala dalam melihat status dan pengumuman terkait SNMPTN 2021 biasa dialami oleh siswa. Apabila masalah yang dialami berkaitan dengan jaringan internet, solusi yang dapat dilakukan adalah mengganti kartu yang koneksinya bagus. Selain itu, menggunakan wifi berkecepatan tinggi juga akan memudahkanmu melihat status pengumuman. Koneksi internet lancar tentu perlu didukung browser yang sudah update. Hal ini berpengaruh pada kecepatan dan kualitas tampilan pengumuman.

Demikian informasi 5 cara melihat pengumuman SNMPTN 2021 yang bisa dirimu lakukan. Agar proses pengecekan pengumuman berjalan lancar, pastikan koneksi internet lancar. Biasanya pengumuman SNMPTN yang diakses dari satu server bersamaan akan membuat proses menunggu semakin lama. Jika pengumuman SNMPTN 2021 dilakukan pukul 15.00 WIB, untuk menghindari akses yang lambat dirimu bisa membuka website pukul 16.00 WIB atau setelahnya. Semoga berhasil!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close