3 Universitas yang Ada Jurusan Perpajakan di Surabaya

3 universitas yang ada Jurusan Perpajakan di Surabaya – Jurusan Perpajakan banyak dicari para lulusan sekolah menengah yang ingin berkarier di bidang pajak. Lapangan pekerjaan yang luas dan banyaknya perusahaan yang membutuhkan lulusan dari jurusan ini pun turut menjadi motivasi.

Universitas yang Memiliki Jurusan Pajak di Surabaya

pixabay.com

Pilihan Jurusan Perpajakan banyak ditawarkan kampus-kampus di Indonesia dengan berbagai reputasi. Jika ingin berkuliah di Surabaya, pilihan universitas yang menawarkan Jurusan Perpajakan pun bisa dirimu dapatkan. dirimu bisa mempertimbangkan jarak kampus dari rumah, akreditasi universitas, hingga kurikulum yang ditawarkan kampus tersebut. Para alumni Jurusan Perpajakan di kampus Surabaya yang sukses juga bisa menjadi motivasi untukmu sebelum berkuliah.

Lama kuliah di Jurusan Pajak bervariasi tergantung program yang dipilih. Jika dirimu berkuliah pada program Diploma IV (D4) atau Strata 1 (S1), dirimu membutuhkan waktu hingga 4 tahun untuk menyelesaikan studi. Lain halnya jika dirimu mengambil Jurusan Pajak pada program Diploma III (D3), waktu yang dibutuhkan lebih singkat karena hanya 6 semester atau 3 tahun.

Materi perkuliahan di Jurusan Pajak tentunya sangat berkaitan erat dengan bidang pajak itu sendiri. dirimu akan mempelajari perencanaan pajak, akuntansi pajak, perpajakan internasional, kepabeanan dan cukai, pajak penghasilan orang pribadi, pajak penghasilan badan, pajak bumi dan bangunan, serta materi lainnya yang relevan. Bingung memilih universitas yang menawarkan Jurusan Pajak di Surabaya? Berikut Mamikos berikan referensinya.

1. Politeknik Universitas Surabaya (UBAYA)

profil.ubaya.ac.id

Universitas Surabaya merupakan salah satu kampus swasta di Surabaya yang sudah menyandang akreditasi A. Kampus yang sudah berdiri sejak 11 Maret 1968 dan memiliki visi “To Be the First University in Heart and Mind” ini terletak di Jalan Ngagel Jaya Selatan 169 Surabaya.

Jurusan Perpajakan di Politeknik Universitas Surabaya memiliki nama program Poltek Perpajakan yang sudah terakreditasi. dirimu bisa mengambil Jurusan Perpajakan di Politeknik Universitas Surabaya untuk Program Diploma (D3) selama 3 tahun dengan gelar Ahli Madya (A.Md). Untuk bisa diterima di jurusan ini, tidak ada kriteria jurusan khusus, sehingga lulusan SMA dan SMK dari semua jurusan dapat mendaftar.

Kurikulum yang ditawarkan Jurusan Perpajakan Politeknik UBAYA memungkinkan mahasiswa untuk bisa langsung terjun ke dunia kerja setelah lulus. Pada semester satu sampai lima mahasiswa akan mendapatkan mata kuliah berupa teori. Nantinya, di semester lima akan ada praktik kerja sebelum menjalani Tugas Akhir pada semester enam.

Kompetensi lulusan Politeknik Perpajakan UBAYA antara lain:

  1. Dapat menghitung pajak orang pribadi dan pajak badan
  2. Dapat menghitung Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), serta pajak lainnya.
  3. Dapat membuat perencanaan pajak
  4. Dapat menyusun laporan keuangan

Fasilitas perkuliahan yang ditawarkan di Jurusan Perpajakan Politeknik UBAYA adalah laboratorium pajak, khususnya bagi mahasiswa pajak, serta tax center atau pojok pajak yang dapat diakses oleh masyarakat. Lulusan Jurusan Pajak UBAYA dapat berkarir sebagai staff pajak, staff akuntansi, konsultan pajak, atau karier lainnya yang relevan.

Biaya kuliah di Politeknik Universitas Surabaya dan Informasi mengenai kampus Universitas Surabaya bisa dirimu dapatkan melalui laman website www.ubaya.ac.id atau melalui email di [email protected]

2. Universitas Airlangga (UNAIR)

republika.co.id

Peluang menempuh studi di Program Vokasi Jurusan Perpajakan bisa dirimu dapatkan di salah satu kampus terbaik Indonesia, Universitas Airlangga (UNAIR). Lokasi Fakultas Vokasi UNAIR yang menaungi program studi ini terdapat di Kampus B UNAIR, Jalan Srikana 65 Surabaya.

Kebutuhan terhadap sumber daya yang terampil di dunia kerja mendorong kampus ini untuk menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang pajak, kompeten, dan tentunya memiliki integritas tinggi. Program Studi Perpajakan D3 yang ditawarkan UNAIR sudah terselenggara sejak tahun 1989 dan menghasilkan alumni tersebar di seluruh Indonesia. Kualitas kegiatan perkuliahannya tidak perlu diragukan lagi karena berkualitas dan disiplin.

Kurikulum Program Studi Perpajakan di UNAIR sangat lengkap. Mahasiswa akan dibimbing untuk menguasai teori tentang pajak pada lima semester pertama. Nantinya, pada semester enam mahasiswa akan diminta menjalani Praktik Kerja Lapangan (PKL). Selama menempuh studi, mahasiswa Program Studi Perpajakan akan banyak menerapkan pengetahuan dengan cara mempraktikkannya secara langsung di kegiatan laboratorium.

3. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

stiesia.ac.id

Peluang meneruskan studi di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya yang sudah terakreditasi A terbuka lebar untuk dirimu yang berminat di Jurusan Pajak. Kampus ini menawarkan Program Studi D3 bidang Manajemen Perpajakan. Program studi ini menyelenggarakan pendidikan vokasi untuk menghasilkan tenaga profesional ahli madya di bidang perpajakan. Kualitas lulusan yang dihasilkan kompetitif dan bisa bersaing di tingkat nasional hingga internasional.

Apa saja yang akan dipelajari di Program Studi Manajemen Perpajakan? Meskipun tidak sama persis seperti materi kuliah di Jurusan Pajak, dirimu bisa mempelajari hal-hal berikut.

  1. Dasar pengetahuan di bidang pajak, akuntansi, serta manajemen dalam praktik bisnis.
  2. Pencatatan transaksi keuangan perusahaan (termasuk penghitungan dan pemotongan pajak)
  3. Penyusunan laporan keuangan dan laporan perpajakan badan usaha

Setelah lulus dari Program Studi Manajemen Perpajakan STIESIA, dirimu bisa menjadi pegawai pemerintahan, konsultan di bidang perpajakan, spesialis pajak, tax management, dan karier lainnya. Tidak perlu khawatir dengan peluang karier setelah menyelesaikan studi karena kampus STIESIA mempersiapkan lulusannya agar dapat berperan sebagai tenaga ahli di bidang manajemen pajak.

Keuntungan Kuliah di Jurusan Perpajakan

Jika dirimu belum mendapatkan motivasi untuk menyelesaikan studi di Jurusan Perpajakan, dirimu perlu mencari tahu passion dan rencana karier ke depan. Sebenarnya, seorang lulusan di bidang pajak bisa mendapatkan banyak keuntungan, diantaranya:

  1. Mendapatkan peluang kerja di Kantor Pelayanan Pajak, Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan, Badan Kebijakan Fiskal, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan, Pusdiklat Pajak, dan sebagainya
  2. Menjalankan fungsi pelayanan dan konsultasi perpajakan
  3. Menjalankan fungsi pengawasan dan penggalian potensi wajib pajak
  4. Dicari perusahaan yang membutuhkan ahli pajak untuk melaporkan hasil usahanya serta menghitung besar pajak
  5. Mendapatkan peluang karier yang menjanjikan

Prospek lapangan pekerjaan lulusan Jurusan Perpajakan sangat luas. Hampir setiap perusahaan besar membutuhkan para ahli pajak untuk menghitung hingga mengurus proses pajak perusahaan. Tanggung jawab untuk menyusun laporan tentang pajak, estimasi besar pajak, serta keperluan pajak lainnya membutuhkan kemampuan serta keilmuan yang mumpuni. Jadi, selama menempuh studi di Jurusan Pajak, belajarlah dengan baik agar bisa menerapkan keilmuan di dunia kerja.

Demikian informasi 3 universitas yang ada Jurusan Perpajakan di Surabaya yang dapat dirimu pilih. Lakukan survey kampus melalui website resmi agar dirimu mendapatkan informasi tepercaya dan ikuti media sosial kampus, terutama di Jurusan Perpajakan. Jangan lupa pula untuk mempersiapkan diri masuk Jurusan Perpajakan dengan berbagai jalur masuk universitas. Selain itu, pertimbangkan pula hunian sementara selama di kota ini apabila dirimu merantau dari luar Surabaya. Semoga berhasil!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close