23 Materi UTBK TPS yang Sering Keluar

23 Materi UTBK TPS yang Sering Keluar – Persiapan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) perlu dirimu persiapkan sejak dini. Sebab, seleksi dengan sistem UTBK akan menjaring calon mahasiswa yang memiliki skor tinggi.

Kisi-Kisi Materi UTBK TPS

pixabay.com

Materi UTBK dianggap sulit bagi siswa sekolah menengah. Tentu ini bukan hal yang aneh karena tingkat kesulitan soal pada UTBK lebih sulit dibandingkan soal ujian biasa. Bahkan, terkadang calon peserta UTBK harus mengambil kursus untuk mendalami materi-materi yang diujikan. Peserta UTBK berlomba-lomba mendapatkan skor tertinggi agar bisa diterima di program studi atau jurusan idamannya di Perguruan Tinggi. Bisa dibayangkan bagaimana keketatan persaingan masuk Perguruan Tinggi berbekal nilai UTBK. Padahal di suatu program studi kuota yang dibuka terbatas, sedangkan pendaftarnya melebihi kuota yang disediakan.

Namun dirimu tidak perlu khawatir karena terdapat kisi-kisi materi UTBK sebagai referensi dalam belajar. Kali ini Mamikos akan memberikan informasi terkait materi UTBK yang sering keluar, sehingga dirimu bisa mempersiapkan diri sejak dini. Penasaran apa saja materi-materi UTBK yang kerap diujikan?

Materi UTBK 2021

Sebelum membahas contoh-contoh materi UTBK dalam ujian, dirimu perlu mengetahui jenis materi yang diujikan saat UTBK. Berdasarkan pengumuman resmi LTMPT, materi UTBK tahun 2021 adalah:

1.Tes Potensi Skolastik (TPS)

Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan kognitif calon mahasiswa yang dianggap penting dalam mencapai keberhasilan belajar di Perguruan Tinggi. Materi yang diujikan pada Tes Potensi Skolastik UTBK adalah kemampuan penalaran umum, pengetahuan dan pemahaman umum, kemampuan kuantitatif, serta kemampuan pemahaman bacaan dan menulis. Kemampuan kuantitatif mencakup pengetahuan dan penguasaan matematika dasar. Perlu dirimu ketahui pula bahwa sebagian soal TPS UTBK akan diberikan dalam bahasa Inggris.

2.Tes Kompetensi Akademik (TKA)

Tes ini bertujuan untuk mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan calon mahasiswa agar berhasil menempuh Pendidikan Tinggi. Tes Kompetensi Akademik juga mengukur kemampuan kognitif yang berkaitan langsung dengan konten mata pelajaran saat di sekolah. Penekanan soal-soal Tes Kompetensi Akademik ada pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Berdasarkan penjabaran tersebut, pada artikel ini akan diulas kisi-kisi materi UTBK untuk soal Tes Potensi Skolastik.

1.Silogisme

Pada materi silogisme, soal yang keluar berkaitan dengan penyimpulan suatu kalimat dari premis-premis yang tersedia pada soal. Agar bisa sukses mengerjakan soal silogisme, pahami teori logika matematika dan rumusnya. Sebab, jika dirimu hanya menerjemahkan kata-per kata pada soal, bisa jadi kesimpulan yang dirimu ambil kurang tepat.

2.Penalaran Analitis

Soal tentang penalaran analitis menguji peserta untuk mengetahui urutan atau pola suatu kegiatan atau sekelompok orang berdasarkan soal cerita yang dibuat beserta persyaratannya. Seringkali soal penalaran juga berupa contoh beberapa benda. Tidak perlu bingung ketika menghadapi soal bacaan yang panjang. Catatlah poin-poin penting pada bacaan agar lebih mudah mendapatkan kata kunci untuk menjawab soal.

3.Deret Angka

Materi deret angka biasanya menanyakan pola tertentu dari deret suatu barisan angka, tetapi juga bisa huruf sesuai urutan yang logis. Kendala dalam mengerjakan soal tentang deret angka adalah pola. Bagi dirimu yang tidak terbiasa mengerjakan soal deret angka, akan diperlukan waktu lebih lama dalam menganalisis pola deret. Sebaliknya, jika dirimu sudah sering mengerjakan soal tersebut, soal deret akan menjadi soal termudah dalam UTBK nanti.

4.Operasi Hitung Sederhana

Materi operasi hitung sederhana pada UTBK biasanya berisi tentang tentang soal penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, pencarian nilai bilangan, serta operasi hitung bilangan lainnya. Pahami konsep operasi hitung terkait soal yang perlu didahulukan untuk dikerjakan. Seringkali peserta UTBK tidak teliti membaca angka yang ada di dalam kurung, sehingga jawabannya menjadi salah. Latihan kecepatan dalam mengerjakan soal operasi hitung juga penting dilakukan agar waktumu tidak terlalu banyak dihabiskan di soal tersebut.

5.Hubungan Kata

Jika dirimu senang mengerjakan soal-soal singkat, materi tentang hubungan kata tentu tidak akan terlalu menyulitkan. Pada materi ini, dirimu akan ditanya tentang kaitan antar kata kerja, kata benda, serta kata sifat sesuai bentukan kata dan hubungan logis keduanya. Agar berhasil mengerjakan soal UTBK hubungan kata, sering-seringlah membaca agar kosakatamu semakin luas.

6.Deret Gambar

Soal tentang deret gambar dianggap sebagai soal yang paling memakan waktu pada saat UTBK. Selain perlu analisis tinggi dan imajinasi dalam melihat gambar, kesimpulan yang perlu ditarik pun harus disesuaikan dengan soal. Terkadang peserta UTBK justru salah mengerjakan soal deret gambar karena bingung pada pola deret tersebut. Biasakan diri untuk mengerjakan soal tentang deret gambar agar dirimu terlatih membaca pola berbagai macam gambar.

7.Soal Cerita Matematis

Pernah membayangkan betapa sulitnya mengerjakan soal matematika, apalagi harus ditambah cerita? Di sinilah kemampuan pemahaman soal akan diuji. dirimu akan diberikan soal cerita yang bersifat matematis. Agar tidak bingung, berikan penanda pada kata kunci di soal, sehingga dirimu bisa tahu hal-hal yang perlu dicari dan dihitung. Pengecoh pada soal biasanya adalah angka yang tidak digunakan pada hitungan, sehingga peserta UTBK merasa kebingungan.

8.Hubungan Gambar

Pada soal hubungan gambar, dirimu bisa berhasil mengerjakan soal tersebut jika sering berlatih mengerjakan soal dengan konsep yang sama. Selain perlu menggunakan logika, libatkan pula imajinasimu agar bisa menjawab soal lebih cepat.

9.Padanan Kata

Soal tentang analogi kata atau padanan kata akan terasa mudah bagi dirimu yang senang membaca. Soal ini menuntut peserta ujian untuk mencari tahu analogi kata yang sesuai. Tentu akan sulit bagi dirimu yang memiliki sedikit kosakata. Agar berhasil mengerjakan soal tersebut, cobalah untuk membaca buku-buku sastra dan mencatat kata-kata sulit, kemudian mencari tahu artinya. Dibandingkan menghafalkan arti kata satu per satu, cara ini akan lebih efektif dan tidak membuatmu terbebani.

10.Hitungan Geometri

Persiapkan diri untuk mengerjakan soal-soal hitungan geometri. Sebisa mungkin pahami dan hafalkan rumus yang sering ditanyakan, seperti luas, besar sudut, dan volume berbagai macam bangun. Jika dirimu sudah memahami konsep-konsep dasar rumus tersebut, ketika ada soal yang mengombinasikan berbagai macam bangun dirimu akan lebih siap dan tidak bingung.

11.Pola 9 Gambar

Soal tentang gambar akan banyak ditanyakan pada TPS UTBK. Sekalipun soal pola 9 gambar sudah jarang muncul pada saat TPS, dirimu tetap perlu memahami konsep pengerjaannya. Bisa jadi soal yang tidak muncul pada UTBK beberapa tahun lalu akan kembali muncul di tahun 2021.

12.Relasi Antarkalimat

Pada soal relasi antarkalimat, peserta UTBK akan diminta memilih kata hubung yang paling tepat untuk kalimat-kalimat dalam suatu paragraf. Tips sukses mengerjakan soal relasi antarkalimat adalah dengan banyak membaca buku berbagai genre, sehingga dirimu bisa mengetahui penyambung yang tepat untuk kalimat-kalimat pada soal.

13.Kelompok Kata

Soal tentang kelompok kata juga termasuk soal yang sudah jarang muncul saat TPS. Tapi, tidak ada salahnya belajar teori tentang kelompok suatu kata. Nantinya peserta akan diminta mengklasifikasikan suatu kata pada kelompok tertentu. Agar lebih mudah mengerjakan soal tersebut, cobalah membuat catatan tentang kesamaan penggolongan kata-kata yang ditanyakan pada soal, misalnya ayam, bebek, dan itik termasuk kelompok aves.

14.Sinonim Kata dan Antonim Kata

Pelajari persamaan kata atau sinonim kata serta lawan kata atau antonim kata. Tingkat kesulitan soal tersebut pastinya berbeda dengan soal-soal yang dihadapi saat ujian biasa. Apalagi pada soal terdapat banyak pengecoh, sehingga peserta UTBK justru terjebak pilihan yang salah.

15.Kesesuaian Pernyataan

Materi kesesuaian pernyataan pada TPS berisi pernyataan yang paling sesuai dengan isi wacana. Nantinya akan ada pernyataan tentang aspek 5W + 1H: apa, dimana, siapa, mengapa, kapan, dan bagaimana. Pahami isi bacaan agar tidak terjebak pilihan jawaban.

16.Ide Pokok

Soal tentang ide pokok menanyakan pokok pikiran, tema, gagasan utama, serta inti dari bacaan atau paragraf yang disajikan. Cari tahu karakter paragraf, apakah ide pokok berada di awal, tengah, atau justru di akhir paragraf.

17.Kesalahan Ejaan

Soal tentang kesalahan ejaan berkaitan dengan kesalahan penulisan huruf, kata, tanda baca, imbuhan, atau gabungan kata. Bacalah soal secara cermat untuk menemukan kesalahan ejaan pada soal.

18.Simpulan

Soal tentang simpulan memang sudah tidak banyak diujikan pada UTBK beberapa tahun terakhir. Namun, apabila muncul soal tentang simpulan, artinya dirimu diminta mencari rangkuman, intisari, ikhtisar, atau informasi yang tersirat.

19.Kalimat Efektif

Soal tentang kalimat efektif berkaitan dengan penulisan kalimat yang sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan, seperti subjek, predikat, objek, dan keterangan.

20.Comprehending Main Ideas

Soal bahas Inggris tentang comprehending main ideas menanyakan gagasan utama, pokok pikiran, tema, serta inti dari paragraf atau wacana bertema tertentu.

21.Restating Phrases and Sentences

Soal tentang restating phrases and sentences menanyakan kalimat dalam pilihan jawaban yang makna dan maksudnya sesuai dengan informasi pada bacaan. Agar bisa menjawab soal dengan benar, pahami isi bacaan dan sesuaikan pada pilihan jawaban walaupun sudah mengalami perubahan struktur.

22.Author-related Questions

Pada soal berbahasa Inggris terkadang menanyakan tujuan penulis dalam membuat bacaan, tone penulis, keberpihakan penulis pada soal, ataupun makna tersirat yang akan disampaikan penulis. Tentunya untuk menentukan jawaban tepat dirimu perlu memahami bacaan dan inti dari pertanyaan di soal.

23.Understanding Specific Information

Perhatikan soal tentang pernyataan yang paling sesuai dengan isi bacaan. Gunakan rumus 5W+1H untuk mendapatkan informasi spesifik agar tidak tertukar dengan informasi lainnya.

Demikian informasi 21 materi UTBK TPS yang sering keluar. Masih bingung dengan cara mengerjakan soal-soal tersebut? Selagi ada waktu, pelajari konsep-konsep materi pada setiap soal. Sebab, nantinya saat UTBK soal yang keluar tidak sama persis dengan apa yang dicontohkan Mamikos. Apabila dirimu sudah memiliki konsep yang matang, ketika dihadapkan dengan soal sejenis dirimu tidak akan mengalami kesulitan lagi. Selamat berjuang!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close