21 Universitas dengan Peminat SNMPTN Terbanyak 2020

21 universitas dengan peminat SNMPTN terbanyak 2020 – Seleksi masuk universitas yang dilakukan di tingkat nasional secara serentak salah satunya adalah SNMPTN. Berbeda dengan jalur masuk yang mewajibkan pesertanya mengerjakan tes tertulis, pada SNMPTN seleksi dilakukan menggunakan nilai rapor dan prestasi lainnya yang mendukung.

Universitas yang Diminati pada SNMPTN 2020

Sekalipun seleksi dari jalur SNMPTN tidak memerlukan tes tertulis secara langsung, persaingannya pun terbilang ketat. Setelah didapatkan daftar siswa yang direkomendasikan oleh sekolah, nantinya akan dilakukan seleksi berdasarkan nilai rapor siswa dan prestasi lainnya. SNMPTN dianggap jalur masuk kampus yang lebih mudah dibandingkan SBMPTN karena tidak mengharuskan siswa ujian secara langsung.

Peserta SNMPTN tahun 2020 sangat banyak dengan pilihan kampus yang bervariasi. Peluang kelulusan ditentukan nilai siswa dan jurusan yang dipilih. Semakin tinggi nilai siswa, semakin tinggi pula peluang siswa tersebut diterima di universitas tujuan. Tentunya siswa perlu cermat dalam memilih kampus beserta jurusan. Jika ada banyak siswa yang memilih jurusan favorit di suatu universitas, persiangan jurusan tersebut menjadi ketat. Sebagai referensi, berikut ini adalah universitas-universitas dengan peminat terbanyak pada SNMPTN tahun 2020.

1. Universitas Brawijaya (UB)

sosiologi.ub.ac.id

Jumlah pendaftar UB sebanyak 30.932 orang. Kampus yang menduduki peringkat paling diminati pada SNMPTN tahun 2020 adalah Universitas Brawijaya. Adapun jurusan soshum Universitas Brawijaya yang paling diminati adalah Jurusan Manajemen, Jurusan Akuntansi, Jurusan Administrasi Bisnis, Jurusan Ilmu Hukum, dan Jurusan Ilmu Komunikasi. Jurusan saintek di Universitas Brawijaya dengan peminat tinggi saat SNMPTN 2020 adalah Jurusan Agroekoteknologi dan Jurusan Peternakan.

2. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Jumlah pendaftar UNDIP sebanyak 29.316 orang. Kampus yang terletak di Semarang ini juga dijuluki sebagai Kampus Pengabdian. 6 Jurusan yang banyak diminati di UNDIP saat SNMPTN 2020 adalah Jurusan Akuakultur, Jurusan Kesehatan Masyarakat, Jurusan Pendidikan Dokter, Jurusan Teknik Sipil, Jurusan Hukum, Jurusan Psikologi.

3. Universitas Gadjah Mada (UGM)

https://litbang.kemendagri.go.id/

Jumlah pendaftar UGM sebanyak 25.604 orang. Kampus di Yogyakarta ini termasuk salah satu kampus favorit di Indonesia. Jurusan yang paling banyak diminati pada kelompok saintek adalah Jurusan Kedokteran dan Jurusan Teknologi Informasi. Untuk kelompok Soshum, jurusan yang peminatnya paling banyak adalah Jurusan Psikologi, Jurusan Manajemen, dan Jurusan Hukum.

4. Universitas Padjadjaran (UNPAD)

pips.phys.unpad.ac.id/

Jumlah pendaftar UNPAD sebanyak 25.305 orang. Kampus yang terletak di Bandung ini menduduki peringkat keempat pada kampus yang diminati saat SNMPTN 2020. Adapun jurusan yang sangat ketat pada kategori saintek adalah Jurusan Teknik Informatika, Jurusan Farmasi, dan Jurusan Psikologi. Untuk kelompok soshum, Jurusan yang tingkat keketatannya tinggi saat SNMPTN 2020 adalah Jurusan Manajemen dan Jurusan Ilmu Komunikasi. Untuk bisa diterima di jurusan tersebut, anda harus bersaing dengan ratusan, bahkan ribuan peserta lainnya.

5. Universitas Negeri Semarang (UNNES)

tempo.co

Jumlah pendaftar UNESA sebanyak 24.581 orang. Jurusan dari kelompok Soshum dan Saintek yang paling banyak diminati adalah Jurusan Manajemen, Jurusan Kesehatan Masyarakat, Jurusan PGSD, Jurusan Akuntansi, Jurusan Pendidikan Matematika, Jurusan Psikologi, Jurusan Ilmu Hukum, Jurusan Ekonomi Pembangunan, dan Jurusan Teknik Informatika.

6. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

antaranews.com

Jumlah pendaftar UPI sebanyak 23.204 orang. Kampus pendidikan di Bandung ini sangat cocok untuk anda yang ingin meneruskan studi sebagai pendidik, seperti guru atau dosen. Agar bisa diterima di UPI melalui jalur SNMPTN, anda perlu mengetahui daya tampung SNMPTN UPI. Semakin banyak

7. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Jumlah pendaftar UNS sebanyak 22.011 orang. Jumlah peserta yang lolos dari SNMPTN 2020 di UNS 1.720 orang. Jurusan yang banyak diminati di UNS pada kelompok Saintek adalah Jurusan Farmasi, Jurusan Psikologi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan, Jurusan Kedokteran, Jurusan Statistika, Jurusan Teknik Industri, Jurusan Teknik Industri, Jurusan Pendidikan Matematika, Jurusan Agribisnis, dan Jurusan Arsitektur. Adapun jurusan dari kelompok Soshum yang diminati saat SNMPTN 2020 adalah Jurusan Ilmu Komunikasi, Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Jurusan Akuntansi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Jurusan Desain Komunikasi Visual, Jurusan PGSD, Jurusan Hubungan Internasional, Jurusan Sastra Inggris, dan Jurusan Sosiologi.

8. Universitas Sumatera Utara (USU)

Jumlah pendaftar USU sebanyak 20.859 orang dengan jumlah mahasiswa yang diterima sebanyak 3.080 orang. Jurusan favorit SNMPTN di USU adalah Jurusan Manajemen, Jurusan Farmasi, Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Jurusan Ilmu Komputer, Jurusan Ilmu Hukum, Jurusan Akuntansi, Jurusan Psikologi, Jurusan Teknologi Informasi, Jurusan Agribisnis, dan Jurusan Ilmu Kedokteran.

9. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

uny.ac.id

Jumlah pendaftar UNY sebanyak 20.509 orang. Jurusan yang paling diminati saat SNMPTN 2020 di UNY adalah Jurusan Manajemen, Jurusan Akuntansi, Jurusan PGSD, Jurusan Psikologi, dan Jurusan Administrasi Negara. Di UNY, anda juga bisa mengambil jurusan terkait pendidikan, mulai dari jenjang sarjana hingga doktoral.

10. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Jumlah pendaftar UNJ sebanyak 18.096 orang. Jurusan favorit saat SNMPTN 2020 di UNJ adalah Jurusan Sistem dan Teknologi Informasi, Jurusan Manajemen, Jurusan Akuntansi, Jurusan Ilmu Komunikasi, dan Jurusan Sastra Inggris.

11. Universitas Indonesia (UI)

Jumlah pendaftar UI sebanyak 17.356 orang. Namun, mahasiswa yang diterima di kampus UI hanya 1.106 orang. Kuota yang diberikan UI pada SNMPTN 2020 sebesar 20% dari total daya tampung jurusan. Peminat terbanyak terdapat pada Jurusan Pendidikan Dokter, Jurusan Sistem Informasi, Jurusan Ilmu Komputer, Jurusan Ilmu Hukum, Jurusan Psikologi, dan Jurusan Akuntansi.

12. Universitas Hasanuddin (UNHAS)

Jumlah pendaftar UNHAS sebanyak 16.931 orang. Jurusan yang diminati pada SNMPTN 2020 di UNHAS dari kelompok Saintek adalah Jurusan Farmasi, Jurusan Pendidikan Dokter, Jurusan Kesehatan Masyarakat, Jurusan Teknik Informatika, Jurusan Pendidikan Dokter Gigi, dan Jurusan Teknik Arsitektur. Pada kelompok soshum, jurusan yang diminati adalah Jurusan Akuntansi, Jurusan Manajemen, dan Jurusan Hukum.

13. Universitas Andalas (UNAND)

unand.ac.id

Jumlah pendaftar UNAND sebanyak 15.110 orang. Jurusan yang diminati di kampus UNAND dari kelompok saintek adalah Jurusan Farmasi, Jurusan Pendidikan Dokter, dan Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat. Pada kelompok saintek di UNAND, peminat terbanyak saat SNMPTN terdapat pada Jurusan Hukum, Jurusan Manajemen, dan Jurusan Akuntansi.

14. Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

Jumlah pendaftar UNESA sebanyak 15.099 orang. Jurusan favorit di UNESA saat SNMPTN 2020 dari kelompok soshum adalah Jurusan Manajemen, Jurusan PGSD, Jurusan Akuntansi, Jurusan Psikologi, Jurusan Ilmu Administrasi Negara, dan Jurusan Ilmu Komunikasi. Adapun jurusan dari kelompok saintek yang peminatnya paling banyak adalah Jurusan Gizi.

15. Institut Pertanian Bogor (IPB)

news.detik.com

Jumlah pendaftar IPB sebanyak 15.077 orang. Jurusan favorit di IPB dari kelompok saintek adalah Jurusan Ilmu Gizi, Jurusan Teknologi Pangan, dan Jurusan Agronomi dan Hortikultura. Jurusan dari kelompok soshum yang persaingannya cukup ketat di IPB adalah Jurusan Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Jurusan Manajemen, serta Jurusan Bisnis.

16. Universitas Riau (UNRI)

jawapos.com

Jumlah pendaftar UNRI sebanyak 14.955 orang. Persaingan untuk masuk di kampus yang terletak di Pekanbaru ini cukup ketat. Sebab, kuota yang ditawarkan untuk setiap jurusan 20% dari total seluruh kuota.

17. Universitas Negeri Malang (UM)

https://hoteldekatkampus.com/

Jumlah pendaftar UM sebanyak 14.809 orang. Kampus yang terletak di Malang ini diminati peserta SNMPTN tahun 2020 terutama pada Jurusan Manajemen, Jurusan Akuntansi, dan Jurusan PGSD.

18. Universitas Airlangga (UNAIR)

Jumlah pendaftar UNAIR 14.732 orang. Jurusan yang banyak diminati kelompok saintek di UNAIR adalah Jurusan Kedokteran, Jurusan Kesehatan Masyarakat, Jurusan Farmasi, Jurusan Gizi, dan Jurusan Kedokteran Gigi. Pada kelompok Soshum, jurusan yang diminati adalah Jurusan Manajemen, Jurusan Psikologi, Jurusan Akuntansi, dan Jurusan Ilmu Hukum.

19. Universitas Sriwijaya (UNSRI)

detik.com

Jumlah pendaftar UNSRI sebanyak 14.644 orang dan jumlah mahasiswa yang diterima sebanyak 1.523 orang. Kuota penerimaan mahasiswa baru dari jalur SNMPTN di UNSRI sebanya 20%. Peserta yang sudah dinyatakn lolos SNMPTN 2020 kemudian menjalani prosedur lanjutan untuk bisa diterima secara resmi sebagai mahasiswa UNSRI.

20.Universitas Negeri Padang (UNP)

bisnis.com

Jumlah pendaftar UNP sebanyak 14.233 orang. Pada kelompok Soshum, jurusan yang paling diminati adalah Jurusan PGSD, Jurusan Manajemen, Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Jurusan Psikologi, Jurusan Manajemen Perhotelan, dan Jurusan Akuntansi. Adapun jurusan pada kelompok saintek yang banyak diminati adalah Jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Jurusan Teknik Sipil, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Jurusan Biologi, dan Jurusan Pendidikan Biologi.

21. Institut Teknologi Bandung (ITB)

itb.ac.id

Jumlah pendaftar ITB sebanyak 14.000 orang. Namun, mahasiswa yang diterima sebanyak 1.470 orang. Peminat terbanyak terdapat pada Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dan Fakultas Teknologi Industri.

Demikian informasi 21 universitas dengan peminat SNMPTN terbanyak 2020. Persiapkanlah diri dengan baik sebelum SNMPTN tahun selanjutnya tiba. Peluangmu untuk diterima di universitas tujuan bisa didapatkan dengan melakukan analisis matang terkait kampus dan jurusan. Periksa kembali nilai rapor yang akan digunakan dan passing grade jurusan. Jangan lupa pertimbangkan passion atau cita-citamu ketika memilih jurusan kuliah.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close