2 Hikmah Zakat Fitrah Menurut Yusuf Qardhawi Dan Penjelasannya

2 Hikmah Zakat Menurut Yusuf Qardhawi Dan Penjelasannya

Hikmah Zakat Menurut Yusuf Qardhawi | Sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa Yusuf Qardhawi adalah seorang cendekiawan muslim dan intelektual modern yang berasal dari Mesir. Ia banyak dikenal sebagai seorang mujtahid di era modern yang banyak mengeluarkan fatwa, karena ia juga ketua majlis fatwa, dan salah satunya mengenai hikmah zakat. Kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana hikmah zakat dalam kehidupan sosial menurut pandangan Syech Yusuf Qardhawi.

 Hikmah Zakat Menurut Yusuf Qardhawi Dan Penjelasannya 2 Hikmah Zakat Fitrah Menurut Yusuf Qardhawi Dan Penjelasannya

Hikmah Zakat Fitrah Yusuf Qardhawi

Pada intinya zakat fitrah itu sendiri, sebagaimana namanya yakni fitrah, merupakan media penyucian diri bagi setiap orang yang berpuasa, juga sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah swt atas segala nikmat yang telah diberikan selama satu tahun ke belakang dan juga sebagai bentuk syukur atas karuanianya karena telah menyempurnakan puasa bulan Ramadhan.

Berikut ini adalah 2 hikmah zakat fitrah menurut pandangan Yusuf Qardhawi :

  • Menyempurnakan puasa ramadhan jika di dalamnya ternodai oleh perkataan-perkataan kotor.

Sejatinya puasa itu adalah tidak hanya menahan diri dari segala hal yang membatalkan puasa namun ia juga menjaga dari hal-hal yang buruk baik dalam bentuk ucapan atau pun perbuatan, karena hal hal buruk tersebut tentunya akan menodai keutamaan puasa ramadhan yang sedang dijalankan.

  • Menunjukan kepada fakir miskin akan perhatian saudara mereka di hari ‘Id untuk ikut bergembira bersama mereka.

Jika dilihat dari ukuran besarnya zakat fitrah tentu itu bukanlah ukuran yang besar, namun hal yang terpenting dari sekedar jumlah ukuran zakat yang harus dikeluarkan ialah melatih kepedulian bagi setiap muslim yang mampu terhadap muslim lainnya yang kurang mampu.

Ibnu Abbas r.a. berkata, “Rasulullah saw. mewajibkan zakat fitrah itu sebagai pembersih orang yang berpuasa dari perkataan kotor, dan juga berbagai makanan dengan fakir miskin” (HR Ibnu Daud, Ibnu Majah, dan Hakim. Menurut Hakim, hadits ini sahih menurut syarat Al-Bukhari).

Demikianlah penjelasan mengenai hikmah zakat fitrah menurut pandangan Yusuf Qardhawiyang diambil dari buku “Hukum Islam” karya Dr. Mardani, semoga bisa menambah wawasan kita dalam memahami pentingnya zakat bagi umat islam.

Loading...
loading...
close