17 Universitas Terbaik di Indonesia 2020 versi UniRank

17 Universitas Terbaik di Indonesia 2020 versi UniRank — Informasi mengenai peringkat universitas terbaik memang sedang banyak dicari. Apalagi saat mendekati masa-masa pendaftaran kuliah. Oleh karenanya, informasi tentang 17 universitas terbaik di Indonesia 2020 versi UniRank pastilah akan sangat membantu untuk anda yang hendak mendaftar kuliah.

17 Universitas Terbaik di Indonesia versi UniRank 2020

https://www.swarnanews.co.id/

Dalam blog Mamikos ini ada banyak sekali informasi yang bisa anda peroleh. Bukan hanya info 17 universitas terbaik di Indonesia versi UniRank 2020 saja. Tapi info tentang peringkat universitas di indonesia 2020 versi dikti, 100 universitas terbaik di indonesia 2020, peringkat universitas swasta di indonesia 2020, universitas terbaik di indonesia 2020 versi kemenristekdikti sampai universitas terbaik di dunia juga dapat anda ketahui.

Kuncinya anda cukup memantau update artikel terbaru di blog Mamikos ini dan nikmati beragam informasi seputar mahasiswa dan kampus di sini. Kalau begitu langsung saja simak penjelasan mengenai daftar 17 universitas terbaik di Indonesia 2020 versi UniRank sebagai berikut ini.

Daftar Kampus Terbaik Indonesia 2020 versi UniRank

1. Universitas Gadjah Mada

https://ugm.ac.id/

Dalam daftar universitas terbaik di Indonesia 2020 versi UniRank ada Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. UGM menempati peringkat pertama dari 573 institusi pendidikan tinggi di Peringkat Universitas Indonesia 2020, daftar tahunan telah dikeluarkan oleh direktori pendidikan tinggi internasional dan mesin pencari uniRank.

Sebelumnya dikenal sebagai 4 Sekolah Tinggi dan Universitas Internasional (4ICU), uniRank mendaftarkan universitas berdasarkan tiga kriteria. Diantaranya adalah diakreditasi oleh organisasi terkait pendidikan tinggi, menawarkan setidaknya gelar sarjana empat tahun atau gelar pascasarjana, dan menyediakan sebagian besar Program Studi di format tatap muka.

Di belakang UGM menyusul Universitas Indonesia (UI) yang berlokasi di Depok, Jawa Barat dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Bandung, Jawa Barat yang ada di posisi kedua dan ketiga. Langsung saja simak daftar universitas terbaik di Indonesia 2020 versi UniRank lainnya di bawah ini.

2. Universitas Indonesia

agoda.net

UI atau Universitas Indonesia menempati posisi kedua dalam daftar universitas terbaik di Indonesia 2020 versi UniRank. Kampus ini sudah berdiri sejak tahun 1950. Universitas Indonesia (Universitas Indonesia) terletak di kawasan perkotaan kota besar Depok, Jawa Barat.

UI sudah terakreditasi secara resmi dan / atau diakui oleh Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional, Republik Indonesia (Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional Republik Indonesia). UI juga menjadi salah satu kampus di Indonesia yang terbilang tinggi peminat. Mungkin anda salah satu yang berminat untuk masuk UI?

3. Universitas Pendidikan Indonesia

https://www.wowkeren.com/

Daftar berikutnya dari universitas terbaik di Indonesia 2020 versi UniRank ada UPI atau Universitas Pendidikan Indonesia. UPI merupakan Perguruan Tinggi yang menganut sistem multi kampus. Maksudnya UPI memiliki 6 kampus yang tersebar di dua provinsi yaitu Jawa Barat dan Banten.

Kampus utama UPI berlokasi di Jalan Setiabudhi 229, Bandung. Sedangkan kampus lainnya berlokasi di Cibiru, Tasikmalaya, Sumedang, Purwakarta, dan Serang. Universitas Pendidikan Indonesia didirikan pada tanggal 20 Oktober 1954 di Bandung, diresmikan oleh Menteri Pendidikan Pengajaran Mr. Muhammad Yamin.

Kampus ini semula bernama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG), dan didirikan dengan latar belakang sejarah pertumbuhan bangsa, yang menyadari bahwa upaya mendidik dan mencerdaskan bangsa merupakan bagian penting dalam mengisi kemerdekaan.

4. Universitas Diponegoro

http://www.kampusundip.com/

Daftar berikutnya dari daftar universitas terbaik di Indonesia 2020 versi UniRank adalah Universitas Diponegoro. Pada 1957 ditetapkan sebagai tahun berdirinya Undip. Hal tersebut dengan memperhatikan realitas sejarah bahwa Universitas Semarang sebagai universitas swasta – yang berdiri tahun 1957 merupakan embrio Universitas Diponegoro.

Penetapan Dies Natalis Undip tanggal 15 Oktober 1957 telah dinyatakan dalam laporan Rektor pada Dies Natalis Undip yang ke 13. Perjalanan panjang Undip juga telah menghantarkan universitas ini menjadi salah satu perguruan tinggi nasional yang diharapkan dapat meningkatkan daya saing bangsa melalui alumni yang dihasilkannya dan karya-karya intelektual lain dalam bidang riset dan pemikiran.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1961, Universitas Diponegoro (Undip) adalah Perguruan Tinggi Negeri yang berkedudukan di Semarang, Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah.

5. Universitas Brawijaya

mediaindonesia.com

Universitas Brawijaya menjadi salah satu dari daftar universitas terbaik di Indonesia 2020 versi UniRank. Kampus ini berkedudukan di Kota Malang, Jawa Timur, didirikan pada tanggal 5 Januari 1963 dengan Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) Nomor 1 Tahun 1963, dan kemudian dikukuhkan dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 196 Tahun 1963 tepatnya pada 23 September 1963.

Pada awalnya kampus ini berstatus swasta. Dengan embrio sejak tahun 1957, yaitu berupa Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi yang merupakan cabang Universitas Swasta Sawerigading, Makassar. Kedua fakultas itu perkembangannya nampak kurang menggembirakan, sehingga di kalangan mahasiswa timbul keresahan.

Beberapa orang dan tokoh mahasiswa yang menyadari hal ini kemudian mengadakan pendekatan-pendekatan kepada para pemuka masyarakat. Hingga pada akhirnya, pada suatu pertemuan yang mereka lakukan di Balai Kota Malang pada tanggal 10 Mei 1957, tercetus gagasan untuk mendirikan sebuah Universitas kotapraja (Gemeentelijke Universiteit) yang diharapkan lebih dapat menjamin masa depan para mahasiswa.

6. Universitas Negeri Yogyakarta

harianjogja.com

Kampus berikutnya yang masuk dalam daftar universitas terbaik di Indonesia 2020 versi UniRank adalah UNY atau Universitas Negeri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memperingati hari lahirnya pada tanggal 21 Mei setiap tahun. Tanggal ini adalah tanggal berdirinya Institut Keguruan dan Ilmu Kependidikan (IKIP) Yogyakarta yang merupakan pendahulu UNY.

IKIP Yogyakarta diresmikan oleh Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) pada tanggal 21 Mei 1964. Sejarah IKIP Yogyakarta tentu tidak dapat dilepaskan dengan keberadaan Fakultas Pedagogik (FP) Universitas Gajah Mada yang didirikan pada tanggal 19 September !955. pada waktu itu FP UGM memiliki dua bagian, yaitu Bagian Pendidikan dan Bagian Pendidikan Jasmani.

Saat ini UNY terus berupaya meningkatkan diri melalui peningkatan kualitas manajemen institusi pendidikan dan dosen, keunggulan dan kepemimpinan, maupun dukungan fasilitas di semua fakultas dan unit-unit bertaraf internasional.

Sejak tahun 2007 UNY telah mengembangkan paradigma pembelajaran online terpadu (E-learning UNY) dan berlangganan jurnal elektronik dari proQuest yang memuat tidak kurang dari 700 jurnal internasional di bidang pendidikan.

Akses LAN di area kampus melalui nirkabel juga telah tersedia melalui hotspot wifi di 43 titik strategis dengan coverage area mencapai 80% wilayah kampus lho. Tidak hanya itu saja. UNY juga tengah membangun networking dengan berbagai universitas dan pusat riset seluruh dunia. Hal tersebut tentu membuat peminat calon mahasiswa kampus UNY pun selalu meningkat.

7. Universitas Lampung

https://lampungpress.com/

Unila memiliki visi pada Tahun 2025 Unila akan Menjadi Perguruan Tinggi Sepuluh Terbaik di Indonesia. Mungkin atas dasar itu juga, infrastruktur dan sarana-prasarana yang ada di Unila ini pun terus dibenahi agar layak menjadi kampus terbaik dan bisa go internasional.

Unila juga terus meningkatkan pelayanan dan kerja sama dengan berbagai pihak agar para lulusannya bisa berkompetisi di tingkat global. Apakah kalian tertarik untuk melanjutkan pendidikan di Unila? Sebab Unila juga masuk dalam daftar universitas terbaik di Indonesia 2020 versi UniRank lho.

8. Universitas Airlangga

https://www.konfrontasi.com/

Universitas Airlangga memiliki sejarah yang panjang. Sebelum Unair resmi berdiri, pada tanggal 9 dan 11 Oktober 1847, disampaikan usul kepada Pemerintah Kolonial Belanda untuk mendidik pemuda-pemuda Jawa yang berbakat menjadi ahli-ahli praktik kesehatan.

Kemudian pada tanggal 2 Januari 1849, melalui Keputusan Pemerintah No. 22, didirikan NIAS (Nederlandsch Indische Artsen School)[butuh rujukan] sebagai tempat pendidikan dokter di Surabaya. Universitas Airlangga secara resmi berdiri pada tahun 1954 berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 57/1954.

Unair diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 10 November 1954, bertepatan dengan perayaan hari pahlawan yang kesembilan. Pada tahun yang sama kemudian berdiri Fakultas Hukum yang dulunya merupakan cabang dari Fakultas Hukum, Ekonomi dan Sosial Politik Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Unair juga masuk dalam daftar universitas terbaik di Indonesia 2020 versi UniRank.

9. Institut Pertanian Bogor

https://infokampus.news/

Kampus berikutnya yang masuk dalam daftar universitas terbaik di Indonesia 2020 versi UniRank adalah Institut Pertanian Bogor. ITP merupakan perguruan tinggi yang menghasilkan inovasi-inovasi yang kualitasnya sudah diakui secara nasional maupun internasional.

Selama sepuluh tahun berturut-turut (tahun 2008-2018), bisa dikatakan Inovasi IPB yang terbanyak di antara perguruan tinggi lain di Indonesia. Hal tersebut berdasarkan hasil penilaian Business Innovation Center – Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI dalam Inovasi Indonesia Paling Prospektif (sebanyak 39,71 persen).

IPB didirikan pada tanggal 1 September 1963 sebagai wujud pemikiran yang visioner dari pemimpin bangsa dan mereka yang peduli dengan pendidikan tinggi pertanian agar bangsa besar ini mempunyai perguruan tinggi kelas dunia yang memiliki kompetensi dalam bidang pertanian, biosains, dan berbagai bidang yang terkait.
Maka tidak heran jika IPB masuk dalam daftar universitas terbaik di Indonesia 2020 versi UniRank bukan.

10. Universitas Negeri Semarang

https://tempo.co/

Bisa dikatakan bahwa Universitas Negeri Semarang (UNNES) merupakan universitas berwawasan konservasi. Apalagi visi dari UNNES adalah menjadi Universitas Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional. Maka tidak heran jika UNNES juga masuk dalam daftar universitas terbaik di Indonesia 2020 versi UniRank.

Berwawasan konservasi memiliki makna cara pandang dan sikap perilaku yang berorientasi pada prinsip konservasi (pengawetan, pemeliharaan, penjagaan, pelestarian, dan pengembangan) sumber daya alam dan nilai-nilai sosial budaya.

Setidaknya prinsip tersebut kemudian menjadi landasan dalam kegiatan tri dharma Perguruan Tinggi di Unnes. Unnes juga memiliki reputasi internasional yang memiliki citra dan nama baik dalam pergaulan internasional serta menjadi rujukan dalam kegiatan tridharma perguruan tinggi di tingkat internasional.

11. Universitas Muhammadiyah Surakarta

https://www.karir.com/

Kampus ini sudah berdiri sejak tahun 1981. Sejak saat itu UMS selalu menjaga mutu kualitas pendidikannya agar senantiasa menciptakan lulusan yang kompeten sesuai dengan tuntutan zaman. UMS terus berpegang teguh pada cita-cita luhur yakni mencerdaskan bangsa. Maka kampus ini senantiasa meningkatkan sistem pendidikannya agar mampu bersaing di kancah global.

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) adalah salah satu universitas terbaik diantara 170 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) di Indonesia. Dalam kegiatan belajar mengajarnya, UMS menerapkan “Wacana Keilmuan dan Keislaman” yakni mampu menumbuhkan budaya Islami yang menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dilandasi nilai-nilai keislaman sesuai manhaj Muhammadiyah.

Universitas Muhammadiyah Surakarta juga tersebar di dua kota yakni Surakarta dan Sukoharjo. Kampus UMS berada di jalur strategis dan jantung kota, menjadikan UMS mudah di akses dari penjuru kota. Dengan luas wilayah total sekitar 40 hektar, UMS menyediakan Hutan Pendidikan (Edu Park) seluas 6,5 ha yang dijadikan sebagai ruang publik yang asri dan sejuk.

12. Institut Teknologi Bandung

https://itb.ac.id/

Didorong oleh gagasan dan keyakinan yang dilandasi semangat perjuangan Proklamasi Kemerdekaan serta wawasan ke masa depan, Pemerintah Indonesia kemudian meresmikan berdirinya Institut Teknologi Bandung pada tanggal 2 Maret 1959. ITB pun masuk dalam daftar universitas terbaik di Indonesia 2020 versi UniRank.

Bisa bilang bahwa Institut Teknologi Bandung lahir dalam suasana penuh dinamika mengemban misi pengabdian ilmu pengetahuan dan teknologi, yang berpijak pada kehidupan nyata di bumi sendiri bagi kehidupan dan pembangunan bangsa yang maju dan bermartabat.

Institut Teknologi Bandung (ITB), berdiri pada tanggal 2 Maret 1959. Kampus utama ITB saat ini merupakan lokasi dari Sekolah Tinggi Teknik pertama di Indonesia. Meski masing-masing institusi pendidikan tinggi yang mengawali ITB memiliki karakteristik dan misi masing-masing, namun semuanya memberikan pengaruh dalam perkembangan yang menuju pada pendirian ITB.

13. Universitas Negeri Malang

https://hoteldekatkampus.com/

Universitas Negeri Malang  adalah perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di bawah pembinaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yang berkedudukan di Kota Malang dan Kota Blitar Provinsi Jawa Timur.

Awalnya UM berasal dari Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) Malang yang didirikan pada tanggal 1 September 1954 dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Pengadjaran dan Kebudajaan Republik Indonesia Nomor 33756/Kb tanggal 4 Agustus 1954 yang dibuka dan diresmikan pada tanggal 18 Oktober 1954.

Namun terhitung mulai tanggal 20 November 1957, PTPG menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Malang pada Universitas Airlangga Surabaja. Berdasarkan Surat Putusan Menteri Pendidikan Pengadjaran dan Kebudajaan Republik Indonesia Nomor 119533/S tanggal 20 November 1957.

Kemudian sejak tanggal 4 Agustus 1999 berubah menjadi Universitas Negeri Malang dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 93 Tahun 1999 tanggal 4 Agustus 1999. UNM pun masuk dalam daftar universitas terbaik di Indonesia 2020 versi UniRank.

14. Universitas Sumatera Utara

tribunnews.com

Kampus berikut ini masuk juga dalam daftar universitas terbaik di Indonesia 2020 versi UniRank. Sejarah Universitas Sumatera Utara (USU) dimulai dengan berdirinya Yayasan Universitas Sumatera Utara pada tanggal 4 Juni 1952. Pendirian yayasan tersebut dipelopori oleh Gubernur Sumatera Utara untuk memenuhi keinginan masyarakat Sumatera Utara khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya.

Dalam perkembangannya, beberapa fakultas di lingkungan USU telah menjadi embrio berdirinya tiga Perguruan Tinggi Negeri baru. Diantaranya Universitas Syiah Kuala di Banda Aceh, yang embrionya adalah Fakultas Ekonomi dan Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan USU di Banda Aceh.

Kemudian disusul berdirinya Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Negeri Medan (1964), yang sekarang berubah menjadi Universitas Negeri Medan (UNIMED) yang embrionya adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan USU. Setelah itu, berdiri Politeknik Negeri Medan (1999) yang semula adalah Politeknik USU.

15. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

https://www.unisifm.com/

Tentu saja UMY pun masuk dalam daftar universitas terbaik di Indonesia 2020 versi UniRank. Dalam pemeringkatan tersebut UMY berhasil meraih peringkat kedua dari PTS Nasional dan mendapatkan peringkat ke-15 dari 571 perguruan tinggi di Indonesia. UMY sudah menyatakan bahwa gelar tersebut didapatkan UMY dengan meningkatkan sederet upaya.

Diantaranya dengan memperbaiki kualitas website UMY dan memperbaiki kontennya. Apalagi dengan adanya pelatihan bagi pengelola website (admin), saat ini isi konten website UMY sudah menjadi lebih baik. Upaya tersebut dilakukan UMY demi meningkatkan kualitas pendidikan serta layanan situs akademik yang lebih edukatif bagi masyarakat luas.

16. Universitas Bina Nusantara

https://riwaymail.files.wordpress.com/

Universitas Bina Nusantara atau juga dikenal dengan sebutan BINUS University merupakan lembaga swasta yang memiliki lebih dari 30.000 mahasiswa, hubungan industri aktif dengan 5.000 perusahaan dan kemitraan dengan 190 universitas di luar negeri.

Universitas Binus juga telah menjalankan berbagai program normal dan dua gelar, di tingkat Sarjana dan Pascasarjana. Binus memiliki upaya untuk merekrut bakat internasional. Oleh karena itu Binus juga menawarkan beasiswa sarjana setiap tahun kepada siswa internasional yang menunjukkan potensi kepemimpinan.

Saat ini Universitas BINUS memiliki 9 kampus di Jabodetabek. anda bisa mengakses portal resmi binus.ac.id untuk mempelajari lebih lanjut tentang kampus tersebut apabila anda tertarik berkuliah di Binus.

17. Universitas Telkom

medium.com

Pada 2019, Telkom University pernah meraih predikat sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik No 1 dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Jadi tidak mengherankan jika Universitas Telkom ini masuk dalam daftar universitas terbaik di Indonesia 2020 versi UniRank.

Berdasarkan indikator penilaian yang diberikan Kemenristekdikti 2019, Telkom University kabarnya paling menonjol dari sisi proses jumlah akreditasi Prodi (Program Studi).

Itulah tadi penjelasan Mamikos terkait universitas terbaik di Indonesia 2020 versi UniRank yang bisa disampaikan. Akses terus aplikasi pencari kost Mamikos untuk pembaruan terkait info hunian kost-kostan. anda bisa mengunduh aplikasinya sekarang juga via iOs dan Android.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Loading...


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close