17 Tips Rahasia Lulus SBMPTN Kedokteran 2021/2022

17 Tips Rahasia Lulus SBMPTN Kedokteran 2021/2022 — Terlepas dari prestise atau kebanggaan yang didapat saat berhasil lulus SBMPTN Kedokteran, pasti anda juga menginginkan bisa berkuliah di salah satu jurusan dengan peminat yang tinggi itu bukan.

Dalam artikel ini Mamikos akan memberikan informasi lengkap terkait tips rahasia lulus SBMPTN Kedokteran yang bisa anda praktikkan sendiri nanti. Penasaran seperti apa tips rahasia lulusnya? Simak selengkapnya di sini.

Simak Tips Rahasia Lulus SBMPTN Kedokteran Terbaru Di sini

conservationabouther.net

1. Menguasai Materi  IPA

unsplash.com

Tips rahasia lulus SBMPTN Kedokteran yang Mamikos rekomendasikan adalah menguasai materi IPA. Sebab materi ini akan menjadi tantangan utama anda apabila ingin masuk ke jurusan Kedokteran. 

Apalagi dalam tes SBMPTN nanti anda akan menghadapi empat materi pelajaran yang akan diujikan yakni Fisika, Biologi. Kimia dan tentu saja Matematika.

Meskipun jurusan Kedokteran juga dikenal hanya harus menguasai ilmu Biologi dan Kimia, akan tetapi pada dasarnya Kedokteran akan mempelajari ilmu yang lebih kompleks lagi dari keempat mata pelajaran yang sudah Mamikos sebutkan tadi.

2. Mengecek Kuota Penerimaan Saat Memilih Kampus

kompas.com

Ini tentu saja sangat penting untuk anda perhatikan sebelum ingin masuk ke Jurusan Kedokteran. Mengecek kuota penerimaan di kampus yang memang anda incar ada di langkah kedua tips rahasia lulus SBMPTN Kedokteran yang perlu anda tahu.

Tujuannya agar anda bisa tahu apa yang harus anda persiapkan agar bisa masuk ke kampus idaman anda tersebut. Hal ini juga bisa menjadi motivasi khusus agar anda berjuang lebih keras.

3. Memulai Semuanya Sejak Awal

unsplash.com

Setelah anda tahu bahwa jika ingin masuk jurusan Kedokteran anda harus menguasai materi IPA, maka tips rahasia lulus SBMPTN Kedokteran selanjutnya yang akan Mamikos berikan adalah mulai sejak awal sekali.

Apalagi anda yang memang sejak awal sudah tahu ingin bisa lolos SBMPTN pasti anda akan berupaya lebih keras dan giat lagi dalam belajar.

4. Mengikuti Bimbingan Belajar Ekstra

elmundo.es

anda tahu bahwa masuk Kedokteran akan sangat menantang, makanya persiapan dan amunisi yang harus anda siapkan pun tidak biasa. Jika biasanya anda belajar di angka 7, maka kini anda harus bisa belajar di angka 8 bahkan 9.

Makanya mengikuti bimbingan belajar ekstra masuk dalam tips rahasia lulus SBMPTN Kedokteran versi Mamikos kali ini. Apabila anda mengikuti bimbingan belajar, anda membuktikan kesiapan dan keseriusan anda untuk  bisa lolos Kedokteran via jalur SBMPTN.

5. Tinjau Kemampuan Diri

unsplash.com

Tips rahasia lulus SBMPTN Kedokteran dari Mamikos berikutnya adalah meninjau kemampuan diri. Mengapa? Sebab anda harus tahu sekeras apa keinginan anda untuk lolos SBMPTN ini.

Jangan memaksakan diri apabila anda ragu pada diri sendiri. Namun jika anda ingin berjuang, maka berusahalah semaksimal mungkin. Meninjau kemampuan diri juga berarti menilai sejauh mana anda sanggup berjuang.

6. Berusaha Lulus Ujian Nasional

cnnindonesia.com

Untuk anda yang sudah berada di kelas dua belas pasti akan sangat sibuk menjelang Ujian Nasional. Berbagai simulasi macam try out atau latihan soal pun pasti akan dihadapi.

Nah, tips rahasia lulus SBMPTN Kedokteran Mamikos berikutnya adalah sebelum anda berharap lulus SBMPTN maka anda harus berjuang terlebih dahulu agar lulus Ujian Nasional dulu.

7. Mengaplikasikan Metode Belajar yang Efektif

unsplash.com

anda mungkin selama ini sudah percaya diri bahwa sudah belajar dengan benar dan tepat. Tapi pertanyaan Mamikos apakah sudah efektif? Belajar seharian penuh sampai lupa istirahat dan makan apakah itu efektif? Tentu saja tidak.

Maka saran Mamikos di tips rahasia lulus SBMPTN Kedokteran selanjutnya ialah anda wajib mengaplikasikan metode belajar yang efektif dan juga tepat sasaran.

Jangan sampai anda berpikir bahwa belajar terus menerus tanpa istirahat itu akan membuahkan hasil yang memuaskan. Karena sudah banyak kasusnya yang justru menjadi drop bahkan jatuh sakit.

8. Mengasah Kemampuan Berbahasa Inggris

pixabay.com

Poin ini sebenarnya disarankan untuk anda yang memilih jurusan apapun, tidak harus Kedokteran saja. Namun apabila anda memang ingin masuk jurusan Kedokteran, maka Mamikos sarankan untuk semakin mengasah kemampuan berbahasa Inggris anda.

9. Belajar Untuk Tes Kemampuan Akademik (TPA)

pixabay.com

Tips rahasia lulus SBMPTN Kedokteran yang Mamikos sarankan berikutnya adalah belajar untuk tes kemampuan akademik anda. 

Sebab untuk berkuliah di jurusan Kedokteran, anda tentu harus menguasai kemampuan akademik yang nanti akan diujikan. Makanya Mamikos sarankan agar anda menghafal dan memahami semua materi nanti.

Apabila anda masih bingung harus memulai belajar dari mana, anda bisa memanfaatkan internet atau belajar pada orang yang sudah lebih dulu lulus jurusan Kedokteran. Bisa juga senior anda di sekolah.

unsplash.com

Selanjutnya dari rangkaian tips rahasia lulus SBMPTN Kedokteran anda juga harus melatih dan meningkatkan teknik menulis dan bahasa Indonesia anda lho. Sebab kemampuan satu ini juga akan ikut dinilai. 

Sepengetahuan Mamikos, soal Bahasa Indonesia akan muncul lebih kurang 15 soal dalam SBMPTN. Untuk meningkatkan ilmu satu ini, anda bisa mencari materi soal di internet atau bisa juga dengan mengikuti bimbel.

11. Menghafal Rumus Sedini Mungkin

shutterstok.com

Untuk mempersiapkan lulus SBMPTN Kedokteran tentu saja Mamikos tidak melupakan untuk menyarankan anda agar menghafal rumus sedini mungkin. Tujuannya agar anda semakin mantap saat menghadapi soal yang keluar nanti.

12. Mengurangi Kegiatan Kurang Bermanfaat

unsplash.com

Menjelang ujian SBMPTN nanti, Mamikos sarankan untuk mengurangi juga kegiatan kurang bermanfaat. Apalagi jika anda ingin mendaftar di jurusan Kedokteran. anda harus tahu kalau anda harus mempersiapkan fisik agar selalu sehat dan fit.

Oleh karena itu mengurangi kegiatan kurang bermanfaat masuk dalam daftar tips rahasia lulus SBMPTN Kedokteran yang harus anda aplikasikan sekarang juga. Sebab ketika anda tidak enak badan atau bahkan sakit, malah bisa jadi repot nanti. 

Percayalah dengan mengurangi waktu bermain dengan teman akan sangat efektif untuk menjaga kondisi tubuh dan konsentrasi anda pada apa yang sangat anda inginkan saat ini. Yakni lulus SBMPTN Kedokteran.

13. Jangan Lupa Rehat 

unsplash.com

Istirahat cukup seringkali dilupakan saat anda sedang hendak mencapai sesuatu. Maka dari itu Mamikos tidak akan melewatkan untuk memasukkannya dalam rangkaian tips rahasia lulus SBMPTN Kedokteran.

Istirahat yang cukup dan tidak memforsir tenaga untuk belajar atau begadang akan sangat membantu anda menjaga kondisi tubuh. 

14. Makan Dengan Baik, Selingi Olahraga

unsplash.com

Selain menjaga istirahat dan tidak begadang, makan dengan baik dan menyelingi olahraga akan sangat membantu tubuh anda lebih fit. Ketika tubuh anda bugar, niscaya kemampuan anda dalam menyerap ilmu dan belajar akan jauh lebih baik.

15. Memanfaatkan Waktu Sebaik Mungkin

unsplash.com

Percayalah waktu akan berjalan sangat cepat sekali berlalu. Makanya jangan sia-siakan waktu anda sedikit pun untuk menganggap remeh dan enteng. Apalagi sampai bermalas-malasan.

Tips rahasia lulus SBMPTN Kedokteran Mamikos yang ini juga ingin mengingatkan agar anda mensetting waktu khusus untuk belajar. Misalkan tiga jam belajar dan satu jam istirahat. Atau buat jadwal yang sesuai dengan kesanggupanmu juga boleh. 

16. Perbanyak Berdoa

pixabay.com

Berusaha semampunya dan berdoa sebanyak-banyaknya menjadi tips rahasia lulus SBMPTN Kedokteran dalam rangkaian artikel Mamikos kali ini. Sebab Mamikos rasa berupaya saja tanpa melibatkan Sang Pencipta tidak akan afdol rasanya.

17. Persiapkan Mental Apapun yang Terjadi

unsplash.com

Tips rahasia lulus SBMPTN Kedokteran Mamikos yang terakhir adalah mempersiapkan mental anda, apapun yang kemudian terjadi. Tentu anda mengharapkan semua baik dan berjalan sesuai rencana.

Namun anda harus ingat ada hal-hal lain yang bisa terjadi diluar kuasa manusia. Jadi, selalu siapkan mental anda, apapun yang terjadi nanti. 

Demikianlah artikel mengenai tips rahasia lulus SBMPTN Kedokteran yang dapat Mamikos sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang sudah Mamikos berikan di sini dapat bermanfaat dan memberikan inspirasi baru.

Mamikos juga ingin menyampaikan bahwa ada aplikasi Mamikos yang dapat anda unduh sekarang juga apabila anda memerlukan informasi hunian.

Ada ribuan kos-kosan berbagai tipe yang bisa anda temukan di sana. anda bisa unduh di appstore dan playstore. Gratis!


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah


Sumber: Mamikos

Loading...
loading...
close